percetakan
20 Nov 2023

Kembangkan Bisnis Percetakan? Aplikasikan Tips Penting Ini

Setiap bisnis, agar tidak stuck di satu tujuan saja, maka perlu melakukan pengembangan. Seperti misalnya pada bisnis percetakan, agar bisnis tersebut lingkup dan keuntungan yang didapatkan semakin besar, maka pengembangan sangat perlu dilakukan.

Agar bisnis percetakan bisa berkembang dengan baik, maka faktor yang perlu dipersiapkan agar proses pengembangannya berjalan lancar ialah perihal budget. Dengan budget yang memadai, maka kamu juga bisa mengembangkan bisnis dengan lebih maksimal. Bicara soal budget pengembangan bisnis, pinjaman bunga rendah bisa digunakan untuk tujuan satu ini!

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan mengenai tips yang bisa diaplikasikan dalam proses mengembangkan bisnis percetakan di bawah ini.

Tips Penting Mengembangkan Bisnis Percetakan

Untuk bisa mengembangkan bisnis percetakan, maka kamu perlu mempersiapkan modalnya dengan matang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk kebutuhan mengembangkan bisnis, saat ini kamu bisa memanfaatkan pinjaman bunga rendah.

Dengan pinjaman tersebut, nantinya dana yang sudah cair dapat kamu gunakan untuk tujuan pengembangan bisnis percetakan seperti misalnya untuk membeli peralatan yang lebih canggih.

Selain perlu mempersiapkan modal, sama dengan bisnis lainnya, agar pengembangan bisnis sesuai dengan yang direncanakan, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan dan diaplikasikan.

Untuk itu, pada poin ini akan dijelaskan mengenai tips-tips yang bisa kamu terapkan dalam mengembangkan bisnis percetakan agar keuntungan yang didapatkan juga bisa menjadi lebih besar. Tips-tips yang dimaksud antara lain, yaitu:

●       Menawarkan Portofolio Menarik

Agar bisnis percetakanmu dapat berkembang dan mengundang banyak cuan, maka kamu perlu memiliki portofolio bisnis yang menarik. Maksud dari portofolio bisnis di sini ialah, kamu perlu membuat contoh-contoh hasil cetakan yang pernah dilakukan oleh bisnismu.

Dengan memiliki portofolio yang lengkap dan menarik, maka hal ini akan bisa membantu para calon konsumen untuk menilai kemampuan dan juga pelayanan yang bisnis percetakanmu tawarkan.

Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan portofolio yang berisikan macam-macam proyek dari klien yang sudah pernah bekerja sama denganmu, mulai dari proyek undangan, poster, hingga majalah atau buku.

Untuk memudahkan, maka kamu bisa menyediakan portofolio tersebut di bagian depan toko agar bisa dilihat oleh para calon konsumen dengan lebih leluasa.

●       Mengedepankan Kualitas

Tips penting berikutnya agar bisnis percetakanmu bisa berkembang dengan baik, ialah kamu perlu mengedepankan faktor kualitas. Apabila kamu menawarkan kualitas yang baik, entah itu dari segi kualitas hasil percetakan maupun kualitas pelayanan, maka para klien atau konsumen akan merasa lebih puas.

Agar kualitas cetakan yang dihasilkan bisa berkualitas tinggi, maka hal ini perlu didukung pula dengan penggunaan peralatan-peralatan yang kualitasnya juga terbaik.

Selain penting untuk menjaga kualitas hasil cetakan, apabila kamu ingin membuat banyak konsumen betah dan terus menerus menggunakan jasamu, maka kamu perlu menawarkan kualitas pelayanan bintang lima. Pastikan untuk selalu melayani konsumen dengan ramah.

Apabila kualitas dari bisnis percetakanmu secara keseluruhan memuaskan, maka hal ini juga bisa menjadi nilai positif yang akan menarik lebih banyak konsumen di masa mendatang.

●       Menentukan Harga Kompetitif

Apabila kamu telah yakin bahwa bisnismu menghasilkan cetakan yang berkualitas, maka kamu juga sudah mulai bisa untuk memainkan harga dan memasang harga yang kompetitif.

Dengan maraknya bisnis percetakan saat ini, maka kamu perlu melakukan pengamatan sebelum akhirnya menentukan harga yang tepat untuk bisnis percetakanmu. Sebaiknya jangan pasang harga yang terlalu tinggi terlebih memasang harga yang terlalu rendah,

Pasalnya apabila bisnismu memasang harga yang terlalu tinggi dikhawatirkan konsumen akan berpindah langganan, sementara apabila memasang harga yang terlalu rendah, alih-alih untung bisnismu bisa rugi.

Maka dari itu, riset penting untuk dilakukan. Perhatikan juga aspek kualitas dan aspek pelayanan yang kamu tawarkan agar bisa menentukan harga yang paling tepat.

●       Menawarkan Berbagai Layanan

Untuk mendukung perkembangan bisnismu, maka kamu perlu memperluas pula layanan yang ditawarkan oleh bisnis percetakanmu. Semakin bervariasi layanan percetakan yang ditawarkan, maka rentang konsumen yang menjadi sasaran juga akan semakin besar.

Dengan potensi besar tersebut, maka kamu akan mengundang semakin banyak orang untuk menjadi konsumen dari bisnis percetakanmu. Sebagai gambaran, apabila pada mulanya kamu hanya melayani jasa cetak dokumen, maka kamu bisa mulai menawarkan jasa cetak undangan hingga brosur.

Sediakan juga jasa layanan custom agar para konsumen bisa lebih leluasa untuk mencetak keperluannya di bisnismu.

●       Melakukan Promosi dengan Gencar

Dalam upaya mengembangkan bisnis percetakan agar bisa lebih luas lagi jangkauan konsumennya, maka kamu dan timmu perlu melakukan promosi dengan gencar. Oleh karena sekarang ini zamannya sudah serba digital, maka kamu bisa memanfaatkan platform media sosial hingga situs resmi untuk memasarkan bisnis percetakanmu.

Usahakan bangun branding bisnis percetakanmu sebaik mungkin. Kamu bisa memanfaatkan beragam fitur pada media sosial seperti Instagram, TikTok maupun Facebook agar hasil pemasaran yang dilakukan bisa lebih optimal.

Kamu juga tetap bisa melakukan promosi secara offline seperti mengikuti pameran yang bertemakan tentang percetakan, tergabung dalam komunitas, maupun sekadar menyebarkan informasi tentang bisnis percetakanmu dari mulut ke mulut.

●       Memastikan Kestrategisan Lokasi Usaha

Mengutip dari laman Binus University, memiliki lokasi usaha yang tepat atau strategis merupakan salah satu faktor yang bisa menunjang keberhasilan dari sebuah usaha. Hal ini penting untuk diterapkan apabila kamu berencana untuk mengembangkan bisnis percetakanmu.

Agar lebih mudah dijangkau oleh konsumen, maka kamu perlu memastikan bahwa lokasi dari bisnis percetakanmu berada di tempat yang strategis.

Umumnya, konsumen dari bisnis percetakan ialah orang dari kalangan perkantoran maupun mahasiswa. Dengan begitu, kamu bisa memilih lokasi di sekitar kawasan kantor maupun kampus.

●       Melengkapi Peralatan Percetakan

Satu lagi tips penting yang bisa menunjang perkembangan bisnis percetakanmu ialah melengkapi peralatan yang dibutuhkan atau meng-upgrade peralatan yang sudah ada ke peralatan baru yang lebih canggih.

Dengan adanya pembaruan peralatan, kamu dan timmu jadi bisa bekerja dengan lebih baik. Namun pastikan kamu hanya meng-upgrade peralatan yang memang dibutuhkan saja, ya!

Nah untuk melengkapi peralatan percetakan ini, kamu dapat memanfaatkan pinjaman dana cepat. Dengan mengajukan dana pinjaman, maka kamu jadi bisa memiliki dana tambahan untuk membeli peralatan yang perlu diperbaharui, seperti printer maupun komputer.

Demikian pembahasan terkait tips-tips yang bisa diaplikasikan apabila kamu berencana untuk mengembangkan bisnis percetakan. Berdasarkan poin-poin di atas, salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan untuk menunjang proses pengembangan bisnis ini ialah biaya.

Namun apabila kamu memiliki kendala terkait biaya, jangan khawatir, karena sekarang ini kamu dapat mengajukan pinjaman berbunga rendah seperti digibank KTA.

Pinjaman digibank KTA bisa menjadi solusi yang tepat untuk mendukung pengembangan bisnis. Sebab, limit pinjaman yang ditawarkan bisa mencapai Rp200 juta dan waktu approval-nya sangat singkat hanya dalam 60 detik.

Apabila kamu tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk pinjaman bunga rendah digibank KTA kamu dapat klik di sini!

 

 

Apply digibank KTA