Dapur
20 Jun 2023

Inspirasi Desain Dapur Basah & Kering, Ini Tips Renovasinya

Sekarang fungsi dapur tidak hanya sebagai tempat memasak tapi juga bisa dijadikan tempat berkumpul keluarga. Memiliki dapur basah dan dapur kering termasuk hal wajib yang harus ada di setiap rumah. Kalau belum memilikinya, coba gunakan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) untuk merenovasi dapur.

Sebenarnya dapur basah dan dapur kering tidak hanya ada di rumah-rumah besar. Rumah minimalis pun banyak yang memiliki dua jenis dapur tersebut. Itu karena fungsi keduanya sangat penting dalam proses memasak.

Apa Itu Dapur Kering?

Apa kamu belum pernah mendengar istilah dapur kering? Kalau iya itu tandanya kamu belum paham tentang dapur jenis ini. Dapur kering adalah bagian dapur yang biasanya dipakai untuk tempat menyiapkan makanan yang hampir jadi atau makanan siap konsumsi.

Seperti namanya bagian dapur kering hanya dipakai untuk aktivitas memasak yang tidak begitu berat. Contohnya seperti membuat roti bakar, memotong buah, membuat salad, menghangatkan sisa makanan, dan aktivitas semacamnya.

Area dapur kering biasanya dijadikan tempat untuk meletakkan perabotan dapur, seperti lemari es, microwave, mesin pembuat kopi, dan sejenisnya. Bagian ini juga tidak memerlukan proses pembersihan yang terlalu intens karena biasanya tidak begitu kotor.

Apa Itu Dapur Basah?

Sebenarnya dapur kering dan dapur basah merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Berbeda dengan dapur kering, dapur basah adalah bagian dapur yang dipakai untuk aktivitas memasak yang lebih berat.

Seperti namanya, dapur basah dijadikan tempat untuk mengolah makanan mentah yang belum siap konsumsi. Contohnya mencuci buah dan sayur, memotong daging mentah, menggoreng, merebus, dan kegiatan memasak lainnya.

Area dapur basah adalah tempat yang ideal untuk meletakkan wastafel dan mesin pencuci piring. Tidak hanya itu, tapi juga menjadi tempat meletakkan kompor dan oven.

Proses pembersihan dan perawatannya juga berbeda dengan dapur kering. Karena sering dipakai untuk aktivitas memasak yang intensif, dapur basah perlu dibersihkan secara menyeluruh agar bebas dari minyak dan kotoran.

Area dapur basah harus memiliki ventilasi udara terutama di bagian tempat meletakkan kompor. Ventilasi  berguna untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap berjalan dengan baik, serta untuk mengurangi bau tidak sedap dan jamur.

Inspirasi Desain Dapur Kering dan Dapur Basah

Membuat dapur kering dan dapur basah memang tidak boleh asal-asalan. Kamu harus memperhatikan konsep dan desainnya secara matang agar tampilannya terlihat estetik.

Kalau masih bingung menentukan desainnya,  kamu bisa mencoba salah satu inspirasi desain dapur kering dan dapur basah di bawah ini.

●        Dapur Kering Tanpa Kitchen Set

Desain ini cocok buat kamu yang ingin memiliki dapur kering yang terlihat ringkas dan simpel. Area dapur kering ini tidak menggunakan kitchen set sebagai gantinya cukup menggunakan meja bar dan kursi kayu berkaki panjang.

Untuk mempercantik tampilannya kamu bisa menambahkan ornamen keramik bermotif di bagian dindingnya. Jangan lupa tambahkan lampu gantung estetik sebagai pencahayaan.

●        Dapur Kering Bernuansa Colorful

Kalau kamu tipe orang yang periang dan suka warna-warna cerah, coba gunakan desain dapur kering ini. Di bagian dinding dan perabotannya menggunakan cat warna cerah yang dibuat senada agar terlihat menarik.

Sebaiknya jangan mengombinasikan banyak warna agar tidak terlihat aneh. Cukup dua warna saja agar perpaduannya terlihat harmonis, contohnya warna pastel dan merah cerah, merah muda dan biru, hijau dan kuning.

●        Dapur Kering Modern Minimalis

Kalau ukuran dapur di rumahmu tidak terlalu besar lebih baik gunakan desain satu ini. Dapur kering ini menggunakan desain meja dan kitchen set multifungsi yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa barang.

●        Dapur Kering Bernuansa Monokrom

Kalau kamu ingin dapur kering yang simpel dan tidak terlihat mencolok coba gunakan sentuhan monokrom. Perpaduan warna abu-abu dan hitam membuatnya terlihat sederhana namun tetap modern.

●        Dapur Basah Bernuansa Alami

Desain dapur basah ini cocok untuk kamu yang suka dengan nuansa alam. Selain menggunakan sentuhan kayu, desain ini juga menggunakan perpaduan warna yang soft. Sehingga memberikan kesan hangat dan nyaman saat memasak.

●        Dapur Basah yang Dilengkapi Mini Bar

Memiliki mini bar di rumah sebenarnya bukan hal yang wajib. Tapi tidak ada salahnya jika kamu melengkapi dapur basah dengan meja bar dan kursi untuk tempat bersantai bersama pasangan.

●        Dapur Basah Bernuansa Cerah

Desain dapur basah bernuansa cerah lebih cocok diterapkan di dapur yang sempit. Warna cerah seperti putih, kuning, dan cream akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Jangan lupa tambahkan jendela kaca ukuran besar untuk mendapat pencahayaan alami di siang hari.

●        Dapur Basah yang Dilengkapi Sekat Kaca

Jika kamu ingin membuat pembatas antara tempat makan dan dapur basah coba gunakan sekat kaca. Sekat kaca akan membuat ruangan terlihat lebih modern dan elegan.

●        Dapur Basah Semi Terbuka

Kalau kamu punya area belakang rumah yang luas, coba manfaatkan untuk membuat dapur basah semi terbuka. Desain dapur ini sangat cocok bagi kamu yang tidak suka mencium aroma dapur di dalam rumah.

Untuk melindunginya dapur dari air hujan kamu harus melengkapinya dengan kanopi. Tambahkan meja makan atau mini bar untuk tempat bersantai sembari menikmati udara luar.

Tips Menata Dapur Kering dan Dapur Basah

Selain memikirkan desain dan konsep, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal saat menata dapur kering dan dapur basah. Jika salah penataan kemungkinan tampilannya akan terlihat kurang sinkron dan terkesan aneh.

Agar hal tersebut tidak terjadi di dapurmu sebaiknya pelajari dulu cara merenovasi dan menata dapur yang tepat. Berikut ada beberapa tips agar tampilan dapur di rumahmu terlihat lebih estetik dan modern. 

●        Perhatikan Tata Letak Kabinet

Agar dapur terlihat tertata rapi sebaiknya pikirkan dulu penempatan kabinet yang pas. Kabinet punya fungsi penting untuk menyimpan berbagai peralatan dan perlengkapan dapur.

Jika penempatannya dilakukan asal-asalan maka tidak heran jika tampilan dapur terlihat kurang menarik. Desain kabinet juga perlu kamu perhatikan, sesuaikan modelnya dengan konsep desain dapurmu.

●        Tambahkan Gantungan

Sebenarnya peralatan dapur tidak harus diletakkan di dalam kabinet. Beberapa alat dapur yang sering dipakai perlu digantung agar kamu lebih mudah saat mengambilnya.

Contohnya alat dapur yang biasanya diletakkan di gantungan adalah:

  • Pisau
  • Centong
  • Sendok sayur
  • Penggorengan mini
  • Alat peniris minyak
  • Dan lainnya

Pilih model gantungan yang menggunakan sekrup agar lebih kuat menopang berat barang. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir barang-barang tersebut jatuh.

●        Pasang Penyedot Asap

Selain hal-hal tadi, kamu juga perlu memasang penyedot asap. Untuk menghilangkan asap yang dihasilkan dari panggangan, api kompor, dan asap masakan.

Asap yang terus-menerus dibiarkan bisa menimbulkan bau tidak sedap dan noda di dinding. Oleh karena itu, kamu wajib memasang penyedot asap agar asap yang ada di dapur bisa langsung terbuang keluar rumah.

●        Pilih Material Dinding dan Lantai yang Tepat

Di area dapur basah sebaiknya lapisi bagian dinding dengan keramik agar lebih mudah dibersihkan. Karena dinding di area dapur basah rawan terkena percikan minyak dan noda masakan.

Sementara untuk dinding di dapur kering cukup gunakan cat tembok biasa. Karena di dinding di area ini jarang terkena cipratan minyak maupun noda masakan. Untuk bagian lantainya sebaiknya gunakan lantai keramik agar lebih mudah disapu dan dipel.

●        Gunakan Elemen Dekorasi

Agar tampilan dapurmu tidak terlihat monoton dan membosankan. Sebaiknya tambahkan beberapa elemen dekorasi di beberapa bagian dapur.

Pastikan elemen dekorasi tersebut sudah sesuai dengan konsep dan desain dapur. Bila memungkinkan tambahan beberapa tanaman hias mini untuk memberikan kesan yang fresh dan alami.

●        Pilih Warna Dasar yang Tepat

Jangan lupa juga memilih warna dasar yang sesuai dengan konsep desain yang kamu inginkan. Jika kamu ingin menerapkan desain dapur minimalis sebaiknya gunakan warna-warna cerah untuk mendapat ilusi ruangan yang luas.

Jika kamu ingin menerapkan desain dapur yang bernuansa alami. Sebaiknya gunakan warna dasar cream, coklat muda, atau putih. Jangan lupa perbanyak sentuhan ornamen kayu untuk memperkuat nuansa alaminya.

Kenapa Harus Punya Dapur Kering dan Dapur Basah?

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari pentingnya dua jenis dapur ini. Dapur kering dan dapur basah memiliki fungsi yang berbeda dalam mendukung proses memasak. Sehingga setiap rumah harus memiliki keduanya agar proses memasak bisa dikerjakan dengan mudah.

Kalau kamu masih ragu karena belum memiliki dana renovasi, coba ajukan KTA cepat cair untuk membangun dapur kering dan dapur basah di rumahmu. Supaya lebih yakin, coba simak alasan kenapa kamu harus punya dua jenis dapur ini di rumah.

●       Mempermudah Proses Memasak

Apa kamu termasuk orang yang hobi memasak? Kalau iya kamu wajib punya dua jenis dapur ini untuk mempermudah aktivitasmu saat di dapur. Memiliki dapur basah yang terpisah dengan dapur kering akan lebih menguntungkan, terutama bagi kamu yang sering memasak bersama keluarga.

●        Menambah Nilai Estetika Dapur

Selain untuk mempermudah aktivitas saat memasak, memiliki dapur kering dan dapur basah juga dapat menambah nilai estetika ruangan. Dapur kering yang terpisah dari dapur basah akan terlihat lebih rapi dan tertata.

●        Bisa Dijadikan Bar

Dapur kering yang terpisah dari dapur basah bisa kamu manfaatkan untuk membuat bar atau meja makan. Dengan begitu, dapur kering di rumahmu memiliki dua fungsi sekaligus.

Tambahkan dapur kering dengan meja dan kursi untuk dijadikan mini bar. Di bagian ini kamu bisa bersantai sambil menikmati secangkir kopi dengan nyaman.

Apa kamu tertarik membuat dapur kering dan dapur basah di rumah? Kalau belum memiliki dana untuk merenovasinya, tenang saja kamu bisa mengajukan pinjaman di digibank by DBS.

Dengan digibank KTA kamu bisa mendapat pinjaman sampai Rp200 juta untuk merenovasi rumah dan dapur. Proses pengajuannya sangat mudah karena bisa kamu lakukan secara online tanpa perlu memberikan dokumen fisik.

Layanan pengajuannya juga dibuka dalam 24 jam penuh jadi kamu bisa mengajukannya kapan saja. Dapatkan informasi selengkapnya tentang digibank KTA di sini. Yuk segera ubah tampilan dapur di rumahmu dengan menggunakan pinjaman dana dari digibank by DBS.

 

 

Apply digibank KTA