green house
30 Aug 2023

Ingin Miliki Green House di Belakang Rumah? Intip 9 Ide Ini!

Saat ini, banyak orang yang membangun green house dengan Kredit Tanpa Agunan. Dengan green house, orang-orang tersebut bisa melakukan dan mengembangkan hobinya di bidang berkebun.

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama supaya waktu luangmu lebih bermanfaat. Namun sebelumnya, kamu perlu mengetahui apa itu green house beserta ide-ide desainnya. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Apa Itu Green House?

Jadi green house merupakan bangunan yang dirancang untuk merawat tanaman tertentu. Biasanya tanaman-tanaman tersebut merupakan tanaman lunak atau tanaman yang tak bisa hidup di cuaca ekstrem.

Umumnya green house berbentuk rumah kaca yang berfungsi untuk menangkap dan menyebarkan sinar matahari. Rumah kaca tersebut juga bisa melindungi tanaman dari cuaca atau suhu ekstrem.

Dalam penerapannya, terdapat berbagai model green house dengan bentuk yang berbeda-beda. Hal ini diperbolehkan selama tanaman masih bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup dan terlindungi dari kondisi luar.

Ide Desain Green House

Ada berbagai ide desain yang bisa kamu terapkan untuk membangun green house dengan Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Berikut beberapa di antaranya:

1.             Piggyback

Desain piggyback sering ditemukan di berbagai wilayah tropis seperti Indonesia. Green house dengan desain ini akan berbentuk seperti rumah.

Bedanya, bangunan ini mempunyai ventilasi yang transparan di bagian dinding serta atapnya agar sinar matahari bisa masuk.

Selain itu, bagian atap atau dinding atas kerap dibuka sedikit. Dengan demikian, udara bisa keluar masuk dengan mudah. Tak hanya itu saja, hal ini juga bisa menjaga kelembapan udara.

2.             Hoophouse

Berbentuk setengah lingkaran, desain green house yang satu ini cocok untuk kamu dengan lahan terbatas.

Sebagai pembatas ruangannya, kamu bisa menggunakan rangka besi yang ditutup oleh kaca, plastik atau bahan serupa. Jangan lupa untuk memberi pintu di bagian depannya.

Biasanya green house jenis ini digunakan untuk tumbuhan yang langsung ditanam di tanah agar lebih menghemat tempat. Selain cocok dibangun di wilayah tropis, green house jenis ini juga bisa dibangun di area subtropis.

3.             Salvaged Stunner

Kalau kamu mempunyai lahan yang cukup luas, maka kamu bisa mempertimbangkan desain green house yang satu ini. Desain ini berbentuk rumah tinggi dengan rangka kayu dan dinding serta atap kaca.

Dengan green house seperti ini, kamu bisa merawat tanaman tinggi di dalamnya. Bahkan kamu juga mempunyai cukup ruang untuk menggantung sebagian tanaman di sana.

4.             Modern Tilt

Bosan dengan bentuk green house yang itu-itu saja? kamu bisa mencoba desain yang satu ini untuk dibangun dengan Kredit Tanpa Agunan.

Memang green house ini masih berbentuk rumah. Namun atapnya berbentuk miring alih-alih segitiga. Kamu bisa menggunakan material apa saja untuk membuat green house seperti ini.

Misalnya, rangka batu bata dan kaca sebagai atap serta jendelanya. Jangan lupa untuk memberinya ventilasi agar sirkulasi udara tetap dapat terjaga.

5.             A-Frame

Seperti hoophouse, desain yang satu ini juga cocok untuk kamu yang mempunyai lahan terbatas. Bedanya, green house ini berbentuk segitiga atau huruf A. Itulah mengapa disebut sebagai A-Frame.

Kamu bisa menggunakan batang besi untuk membentuk rangka green house ini. Lalu, gunakan kaca atau sejenis plastik agar sinar matahari dapat masuk ke sana. Jangan lupa beri celah agar udara serta kamu sendiri bisa keluar masuk dengan mudah.

6.             Tunnel

Sesuai namanya, desain green house yang satu ini berbentuk seperti terowongan panjang. Di Indonesia sendiri desain ini sering dipakai untuk melindungi bibit-bibit tanaman.

Pembuatan green house yang satu ini cukup mudah, yakni menggunakan besi melengkung dan plastik yang panjang.

Namun kamu bisa memodifikasinya dengan kaca jika menginginkan green house yang bersifat lebih permanen. Jangan lupa juga untuk menyediakan media tanam atau tanah yang baik.

7.             Storefront

Ide desain yang satu ini mengambil dari bentuk gudang di mana berbagai barang ditata dengan rapi di dalamnya. Maka dari itu, kamu akan memerlukan sekat-sekat untuk menata tanaman-tanamanmu.

Bentuk green house dengan desain ini pun bisa kamu sesuaikan dengan selera. Salah satu bentuk paling sederhana dan mudah ditiru adalah kubus seperti gudang pada umumnya.

Bedanya kamu perlu menggunakan kaca sebagai dinding dan atap agar sinar matahari bisa masuk.

8.             Green House dan Tempat Nongkrong

Tidak ada nama khusus bagi ide desain yang satu ini karena kamu bisa menggunakan berbagai ide lainnya. Bedanya, kamu bisa menambahkan kursi serta meja di dalamnya.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengisi green house-mu dengan rak berisi buku serta penyeduh kopi. Tentu kamu akan memerlukan green house dengan ukuran yang cukup besar agar bisa mengisinya dengan berbagai barang tersebut.

9.             Multispan

Kalau kamu ingin membuat green house berkonsep tunnel namun dalam ukuran besar, maka kamu bisa mempertimbangkan multispan. Biasanya, desain yang satu ini digunakan di dataran tinggi. Seperti tunnel, kamu bisa menggunakan rangka besi dan plastik dalam ukuran besar untuk desain ini.

Itulah berbagai ide desain green house yang bisa kamu bangun. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu bisa menggunakan KTA untuk mendukungmu dalam membuat green house idaman. Apa itu KTA?

KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah kredit yang bisa diajukan tanpa menggunakan jaminan. Salah satunya adalah digibank KTA dari digibank by DBS.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik sehingga kamu tak perlu khawatir dalam menggunakannya. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

 

Apply digibank KTA