KTA
29 Oct 2023

Harus Tahu! Tips Pilih KTA yang Tepat Untukmu

Kebutuhan ekonomi masyarakat semakin sini memang akan semakin bertambah. Hal ini seiring dengan bertambahnya kebutuhan akan biaya hidup. Kini cara untuk mendapatkan dana pun beragam dan salah satunya adalah kredit tanpa agunan atau KTA. Pinjaman semacam ini semakin diminati oleh banyak orang terutama jika pinjaman bunga rendah.

Hal terpenting dalam mengajukan KTA adalah memastikan pihak pemberi pinjaman sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu dapat mencari informasi mengenai perusahan pemberi kredit yang terdaftar di portal resmi OJK.

Jenis-Jenis KTA, Termasuk Pinjaman Bunga Rendah

Jenis-jenis KTA sangatlah beragam. Mengetahui fakta ini, maka sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan KTA, lebih baik pastikan kamu mengetahui dan memahami jenis-jenis tersebut. Berikut adalah masing-masing poin beserta penjelasannya:

●     KTA Tenor Panjang

Seperti namanya, KTA ini merupakan jenis pinjaman dari bank tanpa menggunakan jaminan dengan jangka waktu pelunasan yang relatif lama biasanya lebih dari tiga tahun. Hadirnya jenis pinjaman satu ini bermaksud untuk memudahkan debitur dalam mendapatkan dana dan meringankan dalam membayar tagihan setiap bulannya.

Jenis KTA seperti ini sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan pinjaman dengan nominal yang cukup besar namun dengan masa pelunasan yang relatif lebih lama. Biasanya digunakan untuk tujuan modal bisnis. 

●     KTA Dana Cepat

Produk KTA satu ini melalui proses pencairan yang relatif lebih cepat. Biasanya pengajuan pinjaman ini diproses dan dapat cair dalam jangka waktu yang tidak lebih dari satu minggu. KTA ini ditujukan untuk nasabah yang membutuhkan dana secara cepat dan dalam keadaan mendesak seperti untuk biaya pengobatan atau biaya pendidikan.

●     KTA Payroll atau Gaji

KTA ini merupakan jenis payroll yang ditujukan khusus untuk nasabah yang penghasilannya disalurkan menggunakan bank tertentu. Dengan sistem pembayaran gaji semacam itu akan membuat pihak bank pemberi pinjaman lebih yakin akan kemampuan nasabah melunasi utangnya. Ini karena pendapatan tiap bulan nasabah tersebut dapat diketahui. 

●     KTA tanpa Kartu

Pada beberapa bank, mengharuskan kepemilikan kartu kredit sebagai sebuah persyaratan untuk mengajukan pinjaman. Namun tidak demikian dengan KTA tanpa kartu. Ini karena nasabah dapat mengajukan kredit tanpa diharuskan memiliki kartu kredit sebagai sebuah persyaratan.

Jenis KTA ini sangat cocok bagi kamu yang belum pernah mengajukan kredit sebelumnya dan tengah membutuhkan dana pinjaman yang cukup besar.

●     KTA Bebas Bayar Awal

Seringnya, ketentuan pinjaman KTA yaitu memberlakukan denda penalti apabila nasabah mempercepat pelunasan pinjaman. Sementara untuk KTA satu ini tidak memberlakukan denda tersebut. Hal ini justru akan memungkinkan pelunasan pinjaman menjadi lebih cepat tanpa harus khawatir akan dikenai denda pinalti.

Tips Memilih KTA yang Tepat untuk Kebutuhanmu

Dari sekian banyaknya jenis KTA yang ada, berikut ini beberapa tips dalam memilih KTA yang sesuai dengan kebutuhanmu.

●       Mengajukan Pinjaman Sesuai dengan Kebutuhan

Cobalah untuk memperhitungkan kebutuhanmu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman uang ke Bank. Pastikan kamu tidak mengajukan pinjaman dengan nominal yang tinggi padahal kebutuhanmu tidak sebanyak itu.

Tanamkan dalam ingatanmu bahwa semakin besar nominal yang kamu pinjam, semakin besar pula nominal cicilan yang perlu dibayarkan setiap bulannya. Kini sudah banyak bank pemberi pinjaman yang menyediakan simulasi pinjaman sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran pelunasannya.

●       Mengkalkulasikan Dana yang Dibutuhkan

Jika kamu sudah mendapatkan gambaran akan kebutuhanmu, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengkalkulasikan dana yang kamu butuhkan. Cobalah untuk mengurutkan berbagai kebutuhan mulai dari yang terpenting dengan menggunakan skala prioritas.

Kamu perlu benar-benar memperhitungkan dana yang sesuai dengan kebutuhan yang paling penting agar nantinya dana yang dibutuhkan dapat dimanfaatkan secara efektif. Selain mengkalkulasikan kebutuhan dana, kamu juga perlu mempertimbangkan kemampuanmu untuk membayar tagihan setiap bulannya.

●       Memilih yang Suku Bunganya Lebih Ringan

Adanya fasilitas KTA tentu cukup menarik perhatian nasabah karena dinilai dapat meringankan nasabah dalam melunasi hutangnya. Namun jangan sampai kamu tergoda hanya karena melihat kemudahan pencairan dananya, pastikan untuk memilih produk pinjaman dana tunai  yang suku bunganya lebih ringan agar tidak memberatkan kamu di kemudian hari.

●       Mencari KTA dengan Tenor yang Fleksibel

Sebelum mengajukan KTA, kamu juga harus memperhatikan jangka waktu pelunasan atau tenornya. Perlu kamu ketahui bahwa pemilihan tenor juga dapat mempengaruhi besaran cicilan yang harus dibayarkan nasabah setiap bulannya.

Semakin pendek tenor pinjaman, cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya pun semakin besar, begitupun sebaliknya. Maka dari itu penting bagi kamu untuk menyesuaikan tenor pinjaman dengan kemampuan finansial yang kamu miliki agar tidak memberatkanmu di kemudian hari.  

●       Dibutuhkan Kesiapan untuk Disiplin dalam Mengangsur

Hal penting lainnya yang perlu kamu ingat adalah selalu pastikan untuk menjaga kedisiplinan dalam membayar cicilan. Jangan sampai kamu dikenakan denda hanya karena kamu tidak tepat waktu membayar cicilan.

Umumnya, pinjaman KTA memberikan denda keterlambatan sebesar 5 persen. Jika kamu tidak disiplin dalam membayar tagihan, penilaian skor kredit kamu akan menurun. Hal ini tentu akan merugikan kamu sebagai debitur, karena bisa jadi kamu akan kesulitan mengajukan pinjaman lain.

Untuk menghindari keterlambatan pembayaran cicilan, kamu dapat memilih layanan KTA dengan autodebit. Dengan begitu, saldo di rekeningmu akan secara otomatis terpotong.

●       Memilih KTA dengan Proses Pengajuan yang Mudah

Dengan beragamnya jenis KTA yang tersedia, beragam pula persyaratan untuk pengajuannya. Agar semakin memudahkan kamu dalam mengajukan pinjaman, pilihlah KTA dengan persyaratan pengajuan yang lebih mudah. Dengan begitu, kamu tidak membutuhkan waktu terlalu lama dalam pengajuannya.

Saat ini, sebagian besar bank pemberi pinjaman telah memperbaiki sistemnya sehingga persyaratan pengajuan KTA pun semakin mudah dan cepat untuk pencairannya. Itu mengapa kamu perlu lebih cermat dalam menggali informasi pengajuan pinjaman dari beberapa bank pemberi pinjaman.

●       Hindari Mengajukan Double Cicilan

Sebelum mengajukan pinjaman KTA, pastikan kamu tidak memiliki cicilan lain yang harus dibayarkan. Hal ini karena memiliki dua cicilan hanya akan mempersulit kamu dalam membayar utang.

Pastikan kamu memperhitungkan perbandingan jumlah cicilan dengan pendapatanmu setiap bulannya. Idealnya porsi cicilan kamu setiap bulannya tidak melebihi 30% dari pendapatan. Jika melebihi porsi tersebut, hanya akan memberatkanmu dalam mengatur keuangan.

Penting bagi kamu untuk mencari produk KTA yang sekiranya tidak memberatkanmu dalam pembayaran cicilan, persyaratan pengajuan pinjaman, juga waktu pencairan dana yang terbilang singkat seperti halnya DBS KTA. Kredit Tanpa Agunan ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mendapatkan dana hingga Rp300 juta dengan approval hanya 60 detik.

Apabila kamu tertarik untuk memeroleh informasi lebih lanjut mengenai pinjaman bunga rendah DBS KTA dan promo lainnya, kamu hanya perlu mengeceknya di sini.

 

 

Apply digibank KTA