Kartu Kredit
02 May 2023

Cara Termudah untuk Apply Kartu Kredit

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, sistem pembayaran pun sudah semakin maju. Salah satu buktinya yaitu dengan hadirnya kartu kredit yang semakin memudahkan kamu dalam bertransaksi. Dengan pengajuan kartu kredit termudah di Indonesia, tentu menjadi keuntungan untuk kamu sebagai nasabah.

Kini pengajuan kartu kredit pun sudah dapat dilakukan secara online, sehingga kamu tidak perlu repot untuk pergi ke kantor cabang bank yang bersangkutan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengajuan kartu kredit, simak ulasannya berikut ini.

Cara Pengajuan Kartu Kredit Termudah

Dalam membuat kartu kredit, kamu dapat melakukannya baik secara offline maupun online. Untuk pengajuan secara offline, kamu dapat langsung mengunjungi kantor cabang bank yang bersangkutan.

Sementara untuk pengajuan secara online, kamu dapat mengunjungi website bank tersebut. Pada umumnya, berikut ini langkah pembuatan kartu kredit secara offline:

●       Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum kamu mengajukan pembuatan kartu kredit, pastikan kamu menyiapkan dokumen persyaratan terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan info terkait dokumen yang dibutuhkan di website resmi bank yang bersangkutan.

Setiap bank tentu memiliki prosedur dan persyaratan yang berbeda-beda. Namun secara umum, dokumen yang dibutuhkan berupa:

  1. Fotokopi KTP atau Paspor
  2. Fotokopi NPWP
  3. Fotokopi bukti penghasilan atau berupa slip gaji
  4. Fotokopi buku tabungan (umumnya selama tiga bulan terakhir)
  5. Surat keterangan dari perusahaan yang berasal dari tempat kamu bekerja
  6. Dokumen lain yang biasanya dibutuhkan adalah keterangan bahwa sejarah kredit kamu tidak bermasalah atau dapat dikatakan bersih

●       Kunjungi Kantor Cabang dari Bank yang Kamu Pilih

Jika dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah kamu dapat mendatangi langsung kantor cabang dari bank yang bersangkutan. Ambil nomor antrian, kemudian kamu dapat bertemu langsung dengan customer service (CS) untuk proses pengajuan.

Jangan lupa untuk mengajukan pertanyaan terkait berbagai hal yang ingin kamu ketahui mengenai kartu kredit tersebut. Pastikan untuk menanyakan jenis kartu kredit yang cocok untukmu, besar cicilan yang akan dikenakan, iuran tahunan, hingga reward yang ditawarkan dari produk kartu kredit tersebut.

●       Isilah Formulir Kemudian Serahkan Dokumen Persyaratan

Selanjutnya, CS akan memberikan formulir yang perlu kamu isi secara lengkap. Jika kamu sudah mengisinya dengan lengkap, serahkan kembali formulir tersebut beserta dokumen persyaratan yang diminta. Kemudian dokumen tersebut akan diproses oleh pihak bank.

●       Melakukan Proses Wawancara

Apabila berkas kamu sudah melalui proses review oleh pihak bank, maka kamu akan melanjutkannya dengan sesi wawancara bersama pihak bank.

Biasanya, pertanyaan yang diajukan terkait dengan data pribadi yang tercantum di formulir, dokumen persyaratan, alasan mengajukan kartu kredit hingga pertanyaan lain yang terkait dengan pengajuan kartu kredit tersebut.

Dari jawaban tersebut, akan menjadi penentu apakah pengajuan kartu kredit milikmu disetujui atau tidak. Atau bisa saja pengajuan diterima namun limit bulanannya lebih rendah karena menyesuaikan dengan kemampuan finansial kamu.

●       Menunggu Kabar dari Pihak Bank

Jika kamu sudah melewati tahapan-tahapan sebelumnya, kamu hanya perlu menunggu kabar dari pihak bank yang akan menginformasikan apakah pengajuan kartu kreditmu disetujui atau tidak.

Namun jika dalam dua minggu tidak ada kabar dari bank, kamu dapat menanyakan perkembangannya secara langsung ke pihak bank.

●       Konfirmasi

Jika ternyata kartu kreditmu diterima, pihak bank tentu akan mengkonfirmasi kepada kamu, lalu kartu kredit akan langsung dikirimkan ke alamat rumahmu.

Sementara, untuk pengajuan kredit secara online, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi website bank yang bersangkutan. Cari menu produk kartu kredit, kemudian kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada pada website tersebut.

Jangan lupa, pastikan kamu menyiapkan terlebih dahulu data-data atau dokumen yang dibutuhkan, baik dokumen fisik maupun dokumen dalam bentuk softfile. Jika kamu sudah mengikuti semua langkahnya, kamu hanya perlu menunggu kabar apakah pengajuan tersebut disetujui atau tidak.

Pengajuan kartu kredit secara online rasanya dapat menjadi cara pengajuan kartu kredit termudah yang dapat menjadi solusi untuk kamu.

4 Keuntungan Punya Kartu Kredit

Berikut ini beberapa keuntungan kartu kredit yang bisa kamu dapatkan jika mengajukannya sekarang:

●       Dapat Membayar di Akhir

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan adalah dapat memungkinkan kamu untuk membeli atau membayar sesuatu sekalipun sedang tidak memiliki uang cash. Kartu kredit juga dapat sangat membantu dalam kondisi darurat.

Pembayaran tagihan dapat dilakukan di akhir periode sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Agar reputasi kreditmu tetap baik, pastikan untuk selalu membayar tagihan tepat waktu.

●       Mendapatkan Poin Reward

Keuntungan kartu kredit lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah adanya poin reward yang bisa didapatkan apabila kamu melakukan transaksi dengan kartu kredit.

Tak hanya itu, biasanya kartu kredit memberikan berbagai promo seperti cashback atau diskon untuk transaksi tertentu.

●       Keamanan yang Terjamin

Kartu kredit memiliki sistem keamanan khusus yang menjamin keamanan untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Kemudian, jika kamu kehilangan kartu kredit, maka perusahaan kartu kredit tersebut dapat menahan seluruh transaksi yang menggunakan kartu kreditmu sebagai langkah pencegahan terhadap tindak kejahatan.

●       Menjadi Sarana untuk Membangun Track Record

Kartu kredit nyatanya dapat dijadikan sebagai sarana untuk membangun track record kredit yang baik, dengan syarat kamu harus membayar tagihan sesuai dengan waktu jatuh tempo yang telah ditentukan.

Informasi terkait kedisiplinanmu dalam membayar kredit dapat menjadi salah satu faktor keberhasilanmu dalam mengajukan kartu kredit lain.

Manfaat Menggunakan Kartu Kredit

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam penggunaan kartu kredit adalah penggunaannya yang praktis dan mudah untuk dibawa kemanapun. Tak sampai situ saja, berikut ini beberapa manfaat lain dari penggunaan kartu kredit:

●       Transaksi Dapat Lebih Praktis

Kehadiran kartu kredit tentu dapat memudahkan kamu dalam bertransaksi seperti berbelanja baik di dalam maupun di luar negeri. Perlu kamu tahu bahwa saat ini hampir seluruh tempat berbelanja baik online maupun offline sudah menerima pembayaran dengan kartu kredit.

●       Tersedianya Berbagai Promo dan Diskon yang Menguntungkan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biasanya kartu kredit menawarkan berbagai promo, diskon, cashback dan juga penawaran menarik lainnya. Kamu dapat memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan berbagai promo yang menarik.

●       Membantu Mengatur Keuangan

Dengan adanya kartu kredit, kamu dapat lebih mengatur pengeluaran menjadi lebih disiplin karena setiap transaksi akan terekam dan tercatat dengan sangat baik. Kamu hanya perlu memeriksa rekaman transaksi yang kamu lakukan setiap bulannya.

Dengan begitu, kamu dapat mengontrol dan mengevaluasi setiap pengeluaran yang dilakukan apakah memang sudah sesuai dengan anggaran atau belum.

●       Dapat Membantu Dalam Kondisi Terdesak

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kamu bisa mendapatkan dana secara cepat ketika dalam kondisi yang terdesak. Karena kita tidak pernah mengetahui kapan kondisi darurat dapat terjadi.

●       Poin Reward Dapat Ditukar dengan Berbagai Kebutuhan

Dengan adanya sistem poin reward, kamu sebagai nasabah tentu akan merasa sangat diuntungkan karena poin tersebut dapat kamu tukarkan dengan berbagai kebutuhan.

Misalnya kamu dapat menggunakannya untuk berbelanja, membayar tagihan seperti internet dan telepon hingga dapat ditukar untuk mendapatkan fasilitas perjalanan yang nyaman.

Lalu Kapan Kamu Perlu Membuat Kartu Kredit?

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat kartu kredit, pastikan kamu mengetahui dengan jelas tujuan dari pembuatan kartu kredit tersebut. Karena jika kamu tidak menggunakannya dengan bijak, kartu kredit ini dapat menjadi bencana untuk kamu. Lalu kapan sebaiknya kamu membuat kartu kredit? Berikut ulasannya!

●       Adanya Transaksi yang Mengharuskan Memiliki Kartu Kredit

Memang terdapat beberapa transaksi yang mengharuskan kamu memiliki kartu kredit, seperti beberapa platform pemesanan hotel.

●       Ketahui dengan Jelas Kegunaannya

Pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu tujuan kamu membuat kartu kredit tersebut. Misalnya untuk dana darurat atau untuk kebutuhan sehari-hari. Pelajari seluk beluk terkait kartu kredit tersebut agar nantinya kamu dapat menggunakannya secara bijak.

●       Pendapatan Stabil

Usahakan untuk mengajukan pembuatan kartu kredit jika pendapatanmu telah stabil. Hindari menggunakan kartu kredit dengan limit bulanan yang lebih besar dibandingkan dengan gaji yang kamu dapatkan.

Jika sudah mengetahui seluk beluk terkait kartu kredit dan kamu sudah merasa sangat yakin untuk membuatnya, pastikan untuk memilih pengajuan kartu kredit termudah dan kartu kredit yang akan memberikan banyak keuntungan seperti Kartu Kredit Digital digibank. Untuk lebih jelasnya, kunjungi laman berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/kartu/kartu-digibank/digibank-digital-kredit-card.