Seserahan
05 May 2023

7 Strategi Sukses Usaha Seserahan dengan Pengajuan KTA

Salah satu jenis pinjaman yang bisa digunakan untuk kebutuhan mengembangkan bisnis, yaitu pinjaman KTA. Dengan melakukan pengajuan KTA, kamu bisa menggunakan dana pinjaman tersebut untuk merintis bisnis menjadi lebih besar lagi.

Bicara soal bisnis, salah satu usaha yang belakangan ini kian terus berkembang, yaitu usaha seserahan dan hantaran untuk sebuah acara. Apabila kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis di bidang ini, maka kamu perlu untuk menyusun strategi yang tepat agar keuntungan yang didapatkan bisa semakin besar.

Untuk itu, artikel ini akan mencoba membahas tentang strategi apa saja yang bisa dilakukan oleh para pebisnis seserahan untuk bisa mengembangkan bisnisnya. Namun sebelum itu, kamu perlu pelajari terlebih dahulu tentang peluang dari usaha seserahan dan hantaran yang akan dibahas pada poin berikut ini.

Peluang Usaha Seserahan dan Hantaran

Seserahan dan hantaran biasanya menjadi salah satu hal yang dibutuhkan di sebuah rangkaian prosesi pernikahan. Ritual seserahan di sebuah prosesi pernikahan, sesuai namanya adalah sebuah proses yang dilakukan dengan cara menyerahkan beberapa barang dari pihak mempelai pria kepada pihak mempelai wanita sebagai simbol keseriusan sekaligus menyambut keduanya menuju mahligai pernikahan.

Biasanya, barang-barang yang diberikan sebagai seserahan yaitu dalam bentuk barang yang memenuhi kebutuhan mempelai wanita. Sebagai gambaran, barang yang umumnya diberikan saat ritual seserahan, yaitu perhiasan, alat kosmetik, pakaian, tas, sepatu, dan sebagainya.

Sementara selain seserahan, terdapat juga hantaran. Hantaran ini sendiri biasanya diberikan dalam bentuk barang yang lebih umum seperti misalnya makanan, bisa kue atau buah-buahan. Tidak hanya itu, sembako juga bisa dijadikan opsi sebagai barang yang diberikan saat prosesi hantaran.

Kemudian berbeda dengan ritual seserahan yang mana barangnya ditujukan secara spesifik kepada mempelai wanita, hantaran umumnya diberikan kepada pihak keluarganya. Selain itu, jika seserahan disiapkan oleh satu pihak saja, yaitu pihak laku-laki ke perempuan, untuk hantaran ini biasanya dilakukan oleh kedua pihak, atau umumnya masing-masing keluarga mempersiapkan hantaran untuk saling bertukar.

Meski begitu, ritual seserahan dan juga hantaran mungkin saja berbeda ketentuan dan standarnya di masing-masing daerah atau adat pernikahan. Akan tetapi hampir di setiap adat pernikahan di tanah air ini ada ritual pemberian barang-barang tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dinilai bahwa peluang untuk mengembangkan bisnis ini terbilang besar. Selama memiliki strategi yang tepat, bisnis seserahan yang kamu rintis tersebut akan bisa menemukan pasarnya sendiri dan bersaing dengan para pesaing bisnis yang lain.

Dikatakan demikian karena pernikahan merupakan suatu ritual sakral yang wajib dilakukan oleh pasangan supaya bisa menjadi pasangan yang sah di mata hukum dan agama. Sehingga meskipun bisnis di bidang seserahan dan hantaran ini kemungkinan akan memiliki banyak pesaing, namun orang yang akan melakukan pernikahan juga banyak jumlahnya.

Untuk bisa sukses mengembangkan bisnis ini, aspek kreativitas penting untuk dimiliki supaya bisa menghasilkan ide seserahan beserta dekorasinya yang unik dan berbeda dari pesaing bisnis yang sudah ada sebelumnya.

Maka dari itu, jika kamu berminat untuk mengembangkan bisnis di bidang ini, pada poin pembahasan selanjutnya akan dijelaskan seputar beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam menjalankan bisnis atau usaha seserahan dan hantaran.

7 Strategi Sukses Usaha Seserahan dan Hantaran

Setiap bisnis pasti membutuhkan strategi yang matang untuk bisa berkembang dan bersaing di antara banyaknya kompetitor, tidak terkecuali pada bisnis seserahan dan hantaran. Pada poin sebelumnya telah dibahas mengenai bisnis di bidang ini yang memiliki peluang besar.

Meskipun demikian, terkadang peluang bisnis yang bagus saja belum tentu bisa membawa sebuah bisnis menjadi sukses. Ada aspek lain yang dibutuhkan oleh pebisnis lebih dari sekedar persentase peluang menjalankan bisnis yang besar. Salah satu aspek yang bisa membuat bisnis mengalami perkembangan yang pesat, yaitu strategi bisnis yang dirancang dengan matang.

Kepemilikan strategi yang matang ini nantinya dapat mengantarkan bisnis yang dirintis tersebut menuju gerbang kesuksesan. Untuk itu, kali ini akan dibahas mengenai macam-macam strategi yang sekiranya dapat dilakukan oleh pegiat bisnis untuk mengembangkan usaha seserahan dan hantaran. Jika kamu memiliki ketertarikan untuk mengembangkan bisnis di bidang ini, simak pembahasan lengkapnya pada poin-poin di bawah ini.

●       Menentukan Fokus Bisnis

Untuk bisa sukses merintis bisnis di bidang seserahan dan hantaran, strategi pertama yang perlu kamu terapkan tentu saja kamu harus menentukan fokus dari bisnis tersebut terlebih dahulu.

Dalam bisnis seserahan dan hantaran ini, ada beberapa pilihan bisnis yang bisa kamu jadikan sebagai fokus dari bisnismu tersebut. Apa saja fokus bisnis yang bisa dijadikan pilihan?

-       Bisnis Menghias Seserahan dan Hantaran

Bisnis pertama yang bisa kamu pilih, yaitu hanya berfokus pada jasa menghias seserahan dan hantaran saja. Artinya fokus bisnis ini hanya menghias seserahan saja dan tidak menyediakan barang atau perlengkapan seserahannya.

Jika memilih konsep bisnis ini maka kamu perlu menawarkan berbagai model hiasan yang menarik agar calon konsumen bisa mendapatkan banyak variasi ide hiasan yang ingin dipilih sebagai hiasan seserahan maupun hantarannya.

-       Bisnis Menyewakan Perlengkapan Seserahan dan Hantaran

Kedua, kamu bisa menjalankan bisnis fokus seserahan dan hantaran dengan hanya berfokus pada menyewakan perlengkapannya saja. Artinya, fokus bisnis ini ada pada penyewaan perlengkapan pada ritual seserahan, seperti misalnya menyewakan kotak seserahan.

Belakangan ini, bisnis dengan menyewakan perlengkapan seserahan lebih banyak digemari. Hal ini dikarenakan fokus bisnis ini lebih mudah dilakukan.

-       Bisnis Menjual Paket Seserahan dan Hantaran

Kemudian ada juga fokus bisnis yang mencakup seluruhnya, yaitu bisnis yang menjual paket seserahan dan juga hantaran. Artinya dengan menjalankan bisnis ini, kamu menjual paket seserahan yang berisikan barang-barang dengan sudah termasuk hiasannya.

Kamu bisa menjual paket seserahan dengan barang yang sudah ditentukan olehmu maupun membuat opsi request order yang membebaskan calon pelanggan untuk menentukan sendiri barang seserahan yang ingin diberikannya.

●       Mempelajari Tradisi Seserahan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meski seserahan umumnya selalu ada di tiap prosesi acara pernikahan, tapi ada kemungkinan standar dan ketentuannya akan berbeda. Jadi, supaya kamu bisa menarik calon pelanggan dari berbagai macam kelompok kalangan, kamu perlu memahami beragam tradisi seserahan yang ada. Kamu bisa mempelajari tradisi seserahan berdasarkan suku maupun agama.

Dengan mempraktikkan hal ini, kemungkinan bisnis yang kamu jalankan semakin dikenal oleh banyak orang juga semakin besar.

  • Menyesuaikan Harga Jual Produk dengan Target Pasar

Strategi yang bisa dilakukan berikutnya supaya bisnis seserahan bisa berkembang dengan sukses, yaitu kamu perlu memasang harga jual dari produk atau jasamu sesuai dengan target pasar yang kamu miliki.

Supaya bisa mendapatkan harga jual yang paling sesuai, sebelumnya kamu perlu menentukan target pasar yang akan menjadi target dari bisnismu terlebih dahulu. Tidak hanya itu, kamu juga perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu supaya nantinya harga yang ditetapkan masih tetap bisa bersaing dengan para kompetitor.

●       Menentukan Ciri Khas

Strategi sukses untuk menjalankan bisnis seserahan dan hantaran berikutnya, yaitu kamu perlu menentukan ciri khas tersendiri. Ciri khas ini bisa kamu buat mulai dari gaya menghias seserahannya hingga perlengkapan seserahan yang digunakan.

Tidak hanya itu, ciri khas bisnis seserahan juga bisa dibuat berdasarkan barang-barang seserahannya sendiri jikaa fokus bisnismu menjual paket seserahan. Beberapa pilihan paket seserahan yang bisa dipilih seperti misalnya set perhiasan, set peralatan mandi, set kebaya, maupun set kue kering sebagai hantaran.

●       Mengelola Keuangan dengan Pintar

Kunci sukses lainnya dalam menjalankan bisnis, tidak terkecuali pada bisnis seserahan dan hantaran, yaitu kamu perlu mengelola keuangan dengan pintar. Supaya bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, kamu perlu menekan modal seminim mungkin.

Artinya kamu perlu menemukan supplier dengan kualitas terbaik tapi sebisa mungkin biaya yang dikeluarkan seminim mungkin. Beberapa supplier yang biasanya dibutuhkan dalam bisnis ini, yaitu supplier yang membuat kotak seserahan hingga supplier untuk barang-barang seserahan tersebut.

Tips yang bisa kamu terapkan, yaitu kamu bisa mencari supplier tangan pertama agar harganya lebih murah. Sebagai contoh, kamu bisa mencari pengrajin rotan atau kayu untuk dijadikan sebagai supplier-mu jika fokus bisnismu adalah menyewakan kotak seserahan.

●       Update Terhadap Perkembangan Tren

Strategi penting lainnya agar bisnis seserahan dan hantaran ini bisa sukses, yaitu kamu harus update terhadap tren yang sedang berkembang. Dengan memantau perkembangan tren di masyarakat, kamu jadi bisa memanfaatkan hasil pantauanmu tersebut untuk semakin mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Jadi semisal ada dekorasi atau gaya hiasan baru yang digunakan untuk mempercantik seserahan, kamu bisa ikut mempelajarinya. Dengan begitu, bisnismu akan terus berkembang dan tidak tertinggal dari bisnis-bisnis yang lain.

●       Gencar Melakukan Promosi

Faktor terpenting yang bisa membuat bisnis berkembang dan menjadi sukses, yaitu bisa dilihat dari kegiatan promosi yang dilakukan. Maka dari itu, jika kamu ingin bisnis seserahan dan hantaran yang kamu rintis tersebut sukses, kamu perlu gencar dalam melakukan promosi.

Sekarang ini ada banyak opsi strategi promosi yang bisa dilakukan. Kamu bisa memasarkan bisnismu secara online dengan menggunakan bantuan media sosial maupun secara offline dengan menggunakan media brosur dan sebagainya.

Semakin gencar kamu melakukan promosi, maka akan semakin banyak pula orang yang akan mengenal bisnis seserahan dan hantaranmu. Meskipun begitu, kamu tetap perlu berhati-hati dalam memutuskan strategi promosi. Jangan sampai sudah mengeluarkan biaya banyak, namun hasil yang didapatkan tidak ada.

Nah itu dia tujuh strategi yang sekiranya dapat kamu lakukan untuk mensukseskan bisnis usaha seserahan dan hantaran. Apabila kamu tertarik untuk mengembangkan bisnis ini, kamu bisa melakukan pengajuan KTA dengan nominal Rp80 - Rp200 juta sebagai modalnya.

Untuk yang belum tahu apa itu KTA bank, KTA bank merupakan sebuah produk pinjaman yang umumnya ditawarkan oleh lembaga peminjam kepada nasabah yang mana nantinya nasabah dapat melakukan pinjaman yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan tanpa diperlukannya jaminan.

Bicara mengenai produk KTA, salah satu produk yang bisa kamu pilih jika ingin melakukan pengajuan KTA, yaitu digibank KTA. Selengkapnya mengenai detail produk pinjaman satu ini dapat kamu ketahui dengan mengunjungi link berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.