usaha apotek
28 Dec 2023

5 Tips untuk Mengembangkan Usaha Apotek

Jauh sebelum pandemi melanda, bisnis apotek selalu dibutuhkan. Bagaimanapun juga setiap orang selalu mencari obat hingga suplemen untuk merawat dan menjaga kesehatan mereka. Maka tak heran jika bisnis apotek terus menjamur. Jika berencana untuk mengembangkan usaha apotek yang kamu miliki, tak ada salahnya untuk memanfaatkan pinjaman KTA sekarang juga!

Tips Mengembangkan Bisnis Apotek

Agar bisnis apotek dapat berjalan dengan lancar, cobalah menerapkan beberapa strategi yang kami bagikan berikut ini:

●       Fokus pada Pasien

Menurut swiperxapp, prinsip berbisnis sejatinya adalah penyedia usaha yang membutuhkan pelanggan. Oleh sebab itu, segala usaha akan dilakukan demi meningkatkan kepuasan pasien.

Selain memberikan obat, apotek berkualitas tentu akan menghadirkan pelayanan yang juga fokus pada sisi empati dan simpati pasien. Pastikan untuk memprioritaskan complaint pasien dan pastikan masalah mereka dapat terselesaikan.

●       Belajar dari Ketidakpuasan Pasien

Jika menemukan pasien atau pelanggan yang merasa kurang puas terhadap service yang diberikan, pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada pasien tersebut. Akan lebih baik lagi jika apotek menyediakan feedback device untuk menampung segala keluhan pasien terkait pelayanan yang diberikan.

Hal ini penting dilakukan untuk kemajuan bisnis apotek yang dimiliki. Dengan mengetahui keluhan pelanggan, maka proses evaluasi dalam apotek pun dapat dilakukan dengan secara terukur.

●       Memilih Staf Apotek yang Sejalan dengan Tujuan Bisnis

Baik pemilik maupun pegawai apotek harus mempunyai visi dan misi yang sama untuk mencapai tujuan bisnis. Begitupun sebaliknya, setiap pihak yang terlibat di dalam bisnis apotek juga wajib memegang prinsip mengenai hal-hal yang tak boleh dilakukan.

Oleh sebab itu, pilihlah staf apotek yang memiliki inovasi dalam pengembangan bisnis apotek. Karena staf apotek merupakan orang yang paling banyak melakukan interaksi dengan pelanggan maka staf apotek mempunyai kontribusi besar terhadap kepuasan pasien.

●       Investasi pada Staf Apotek

Staf apotek yang berkualitas juga perlu didukung oleh pemilik apotek melalui program-program pelatihan. Training diperlukan untuk mengembangkan kapasitas soft skill maupun hard skill pegawai.

Dengan memiliki pegawai apotek yang profesional, maka tentu akan memberikan hasil yang maksimal juga terhadap kemajuan bisnis apotek. Pelanggan dan pasien puas, bisnis apotek pun dapat terus berjalan dengan baik.

Kamu bisa memanfaatkan pinjaman KTA bunga rendah sebagai bentuk investasi terhadap para staf yang ada di apotekmu. Gunakan modal yang kamu ajukan untuk mengikutkan mereka pada program-program pelatihan yang meningkatkan skill mereka sebagai seorang pegawai apotek.

●       Gunakan Teknologi

Penggunaan teknologi dalam berbagai lini bisnis hari ini seharusnya juga diterapkan dalam usaha apotek. Kehadiran teknologi dapat membuat pekerjaan menjadi semakin efektif dan efisien. Dengan menerapkan teknologi, maka apotek yang kamu miliki pun bisa bersaing dengan apotek-apotek lainnya.

Perlu kamu tahu bahwa saat ini sudah banyak bisnis apotek yang menjalankan sistem apotek lewat perangkat lunak. Software tersebut tentu akan lebih memudahkan pegawai untuk mengakses data yang lebih akurat. Tak hanya data obat-obatan, riwayat pasien yang berkunjung ke apotek pun dapat bisa diketahui lewat software yang digunakan.

Produk Selain Obat yang Wajib Ada di Apotek

Selain tips di atas, kamu juga perlu melakukan gebrakan inovasi terhadap bisnis apotekmu. Salah satunya adalah dengan menghadirkan beberapa barang selain obat yang juga sering dicari oleh pasien maupun pelanggan. Manfaatkan pinjaman KTA bunga rendah untuk membeli beberapa produk-produk berikut:

●       Sampo dan Conditioner

Umumnya beberapa apotek hanya menjual obat-obatan saja. Padahal, banyak pula pelanggan yang sering mencari sampo maupun pelembap rambut. Bahkan. Beberapa bisnis apotek di kota-kota besar sudah lama bekerja sama dengan perusahaan raksasa seperti Unilever maupun Proctor & Gamble dalam memasarkan sampo dan conditioner.  

Apotek juga dianggap sebagai penjual produk yang aman. Label atau garansi aman yang diberikan banyak orang membuat produsen-produsen sampo dan pelembap rambut bekerja sama dengan berbagai toko-toko obat dan apotek-apotek besar.  

●       Kosmetik

Selain shampo dan pelembab rambut, kamu juga patut mempertimbangkan kosmetik untuk dijual di dalam apotek. Bahkan, jika dibandingkan toko-toko kecantikan lainnya, apotek justru lebih sering menawarkan harga kosmetik yang lebih murah.

Penawaran kupon promosi dari perusahaan kosmetik kepada apotek menjadi salah satu alasan mengapa harga miring kosmetik lebih banyak ditemukan pada apotek. Silakan memanfaatkan pinjaman KTA yang sudah banyak ditawarkan oleh perbankan untuk membeli berbagai macam merek dan jenis kosmetik untuk apotekmu.

●       Sereal

Pengunjung apotek umumnya adalah ibu-ibu. Terutama orang tua yang sedang mencari obat untuk kebutuhan anak mereka. Melihat peluang ini, tak ada salahnya untuk menjual produk makanan berupa sereal pada apotekmu.

Pastikan untuk memilih jenis sereal yang memang berkualitas. Kualitas sereal yang kamu pasarkan tentu menjadi nilai lebih bagi para konsumen terutama untuk orangtua yang memiliki anak maupun cucu.

●       Sabun dan Losion

Banyak yang menganggap jika sabun mandi ataupun pelembap tubuh yang dijual di apotek lebih terjamin dari segi kesehatan. Hal ini dikarenakan citra apotek sebagai penyedia barang atau obat-obatan yang tentu saja bertujuan untuk menyehatkan badan.

Selain itu, kehadiran staf dengan latar belakang sebagai farmasi juga menjadi nilai lebih bagi konsumen. Apotek dianggap lebih aman dan terpercaya untuk membeli produk-produk kecantikan termasuk sabun dan losion.

●       Deterjen

Deterjen atau pembersih pakaian juga bisa kamu jual di apotek. Umumnya, beberapa ibu rumah tangga merasa bingung saat ingin membeli deterjen di swalayan atau supermarket. Pasalnya, deterjen yang tersedia di supermarket sangatlah beragam. Sehingga, mereka pun kesulitan untuk memilih.

Sedangkan di apotek, pembersih pakaian yang dipajang pada etalase apotek tidaklah sebanyak yang ada di supermarket. Oleh sebab itu, para ibu-ibu pun tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk berpikir.

Jadi, saat memutuskan untuk memasukkan produk deterjen ke dalam bisnis apotek, pastikan untuk benar-benar selektif dalam memilih merek dan jenis deterjen. Pilihlah deterjen yang banyak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan agar produk yang kamu jual dinilai lebih trusted oleh konsumen.

Kesimpulan

Mengembangkan bisnis apotek memang gampang-gampang susah. Produk dan obat-obatan yang ingin dijual sebenarnya mudah untuk ditemukan, akan tetapi memilih produk yang benar-benar berkualitas dan akan digunakan langsung oleh konsumen juga wajib diseleksi sedemikian rupa.

Citra apotek di mata masyarakat akan menjadi tolak ukur sukses tidaknya bisnis apotek yang kamu jalankan. Oleh sebab itu, pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik dari segi barang dan obat berkualitas maupun pelayanan responsif dan ramah kepada semua pelanggan.

Jika memerlukan modal untuk menunjang bisnis apotek, kamu bisa mengajukan pinjaman KTA recommended, yaitu DBS KTA. Selain menawarkan total pinjaman dengan limit hingga Rp300 juta, pinjaman ini juga memberikan bunga flat mulai dari 0,88%. Kamu pun bisa melakukan cicilan pinjaman hingga 36 bulan. Informasi lebih lanjut bisa kamu cek di sini!

 

 

 

Apply digibank KTA