Cara investasi Reksadana
23 Feb 2023

5 Persiapan Pensiun Dini Makin Cuan untuk Karyawan Swasta

Apakah Anda punya rencana pensiun dini? Jika iya, maka investasi Reksadana bisa jadi salah satu langkah persiapan yang bisa diambil sekarang. Cara investasi Reksadana juga terbilang mudah dan bisa diambil sebagai investasi jangka pendek maupun panjang. Apalagi sekarang investasi ini bisa diakses melalui aplikasi online juga.

Tidak ada salahnya jika Anda ingin merencanakan pensiun dini. Jika Anda melakukan pensiun dini, maka ada lebih banyak waktu yang bisa Anda nikmati untuk diri sendiri. Tentu saja untuk mencapainya Anda harus melakukan persiapan yang matang, khususnya dari segi finansial.

Persiapan Pensiun Dini untuk Karyawan Swasta

Bagi Anda yang saat ini berstatus sebagai karyawan swasta dan ingin pensiun dini, mari mulai persiapkan diri dari sekarang. Tidak mustahil bagi seorang karyawan swasta untuk beristirahat meskipun usianya masih muda. Berikut adalah beberapa tips persiapan pensiun dini yang dapat Anda terapkan:

1.   Bijak Atur Finansial Sejak Dini

Pertama-tama, mulailah mengatur finansial dengan bijak sedini mungkin. Selama Anda masih produktif, usahakan untuk mengelola finansial secara efektif. Biasakan untuk membuat anggaran bulanan sehingga pengeluaran selalu tercatat dengan baik. Anda juga harus terbiasa mengontrol penggunaan uang sehingga isi rekening tidak akan bocor.

Sebisa mungkin terapkan pola hidup yang sesuai dengan kemampuan dan jangan tergoda dengan tren. Kalau perlu Anda bisa menerapkan pola hidup minimalis dan frugal. Ini merupakan gaya hidup yang bisa membantu Anda berhemat lebih banyak. Jadi selama masih produktif, jangan menghambur-hamburkan uang tapi simpanlah banyak-banyak agar impian pensiun dini bisa terwujud.

2.   Tingkatkan Potensi Pemasukan

Cobalah untuk meningkatkan potensi pemasukan selama masih mampu. Jika Anda belum pensiun dan masih produktif, maka berusahalah untuk mendapat pemasukan sebanyak mungkin. Apalagi di era digital seperti sekarang ini ada banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan demi menambah penghasilan. Jangan ragu dan tidak perlu merasa gengsi untuk mendapatkan pekerjaan tambahan.

Jika Anda punya rencana pensiun dini, maka usahakan setelah pensiun Anda tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi fokus saja saat masih produktif. Semakin besar pemasukan yang Anda miliki maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menabung lebih banyak lagi.

3.   Persiapkan Bisnis untuk Ditekuni

Sangat disarankan untuk mengelola bisnis setelah memutuskan pensiun nanti. Namun perlu diketahui bahwa bisnis tidak bisa langsung ada dalam waktu sekejap. Jadi memang harus dipersiapkan dan dimulai sedini mungkin. Selama Anda masih produktif bekerja, cobalah untuk mulai mempersiapkan rencana bisnis di masa pensiun nanti.

Cari tahu prospek bisnis apa yang bisa dijalankan sambil menikmati masa-masa pensiun dan bebas dari kerjaan kantor. Pilihlah jenis bisnis yang menyenangkan dan sesuai dengan passion Anda. Sebisa mungkin buat rencana bisnis yang rinci supaya nanti eksekusinya lebih mudah. Anda juga bisa mulai merintis bisnis tersebut jika memang waktu dan kondisinya memungkinkan.

4.   Fokus Persiapkan Passive Income

Saat pensiun nanti, Anda pasti tetap butuh uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lebih baik Anda mulai mempersiapkan passive income dari sekarang. Pendapatan pasif merupakan uang yang akan Anda peroleh tanpa harus aktif bekerja. Mudahnya, pendapatan pasif ini akan datang dengan sendirinya tanpa Anda harus melakukan apapun.

Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bisa menikmati masa pensiun sambil menerima pendapatan pasif. Anda tidak perlu lelah bekerja tapi tetap menerima pemasukan dan bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan. Ada beberapa contoh passive income yang bisa Anda manfaatkan seperti profit investasi dan bisnis properti seperti kos-kosan misalnya.

5.   Mulailah Berinvestasi

Jangan lupa, mulailah berinvestasi sekarang juga supaya bisa lebih siap pensiun dini. Investasi adalah cara terbaik untuk menjaga nilai aset Anda dan membuatnya bertumbuh dari waktu ke waktu. Anda bisa tentukan dulu kapan ingin pensiun dini lalu hitung berapa banyak waktu tersisa untuk mengumpulkan dana pensiun.

Tidak perlu menunggu lama, langsung saja lakukan investasi ke beberapa instrumen. Anda bisa mulai dari Reksadana terlebih dahulu. Pilih produk investasi Reksadana terbaik yang paling sesuai dengan profil risiko Anda. Sebaiknya jadikan instrumen tersebut sebagai investasi jangka panjang dan ambil profitnya saat Anda mulai pensiun.

Jika Anda menerapkan strategi investasi yang tepat, maka bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif dari investasi. Profit investasi bisa terus masuk ke rekening apalagi jika Anda melakukan diversifikasi ke beberapa jenis instrumen yang menjanjikan.

Mulai Investasi Reksadana Anda bersama digibank by DBS

Mari mulai langkah investasi Anda melalui digibank by DBS. Cara investasi Reksadana disini sangatlah mudah dan praktis. Anda juga akan merasakan beragam keuntungan jika berinvestasi lewat layanan ini. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan:

  • Transaksi pembelian Reksadana berkala sangatlah praktis dan fleksibel bisa diatur nominalnya.
  • Tersedia 3 fitur kategori, yaitu kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik
  • Tersedia lebih dari 50 jenis produk Reksadana yang bisa dibeli.
  • Daftar SID (Single investor identification) jual, beli, dan switch produk semua dilakukan dalam aplikasi digibank by DBS

Melalui Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa merasakan pengalaman investasi Reksadana terbaik. Cara investasinya mudah dan praktis untuk diakses dari mana saja. Tidak ada alasan lagi untuk menunda investasi karena semakin awal Anda memulai maka semakin cepat pula target finansial tercapai.

Langsung mulai perjalanan investasi Anda sekarang juga! Cara investasi Reksadana melalui Aplikasi digibank by DBS sangat mudah dan modalnya juga terjangkau. Dapatkan informasi lebih lengkapnya di sini.