KTA bunga rendah
30 Jan 2024

3 Keunggulan Sekolah IB (International Baccalaureate)

Setiap orang tua pasti ingin memberi fasilitas pendidikan terbaik untuk anak-anaknya, itu sebabnya tidak boleh sembarang dalam memilih sekolah. Sekolah berstandar IB (International Baccalaureate) layak dipertimbangkan karena termasuk salah satu pilihan unggul dalam dunia pendidikan internasional. 

Materi pelajaran pada kurikulum IB diciptakan untuk menumbuhkan pemahaman dan pengetahuan tentang konsep-konsep utama. Serta mendorong anak agar berpikir secara kritis dan kreatif.

Biaya sekolah berstandar IB memang mahal tapi nilai tersebut sangat sesuai dengan kualitas pendidikannya. Kamu bisa menggunakan KTA online untuk memasukkan buah hati kesayangan ke sekolah unggulan tersebut.

Apa Itu IB (International Baccalaureate)?

Kurikulum pada sekolah berstandar IB merupakan salah satu sistem pembelajaran yang telah diakui oleh perguruan tinggi di seluruh dunia. Sistem pendidikan IB pertama kali dicetuskan pada 1968 di Swiss, International School Geneva merupakan sekolah pertama yang menerapkan sistem pendidikan ini.

Kurikulum IB awalnya digunakan untuk mempersiapkan siswa SMA ke jenjang perguruan tinggi. Ada tiga komponen dalam proses penilaian di setiap mata pelajaran di antaranya:

●       Extended Essay

Pada komponen ini para siswa akan dihadapkan pada sebuah topik dan diwajibkan untuk mengerjakan essay sepanjang 4000 kata. Dalam mengerjakannya siswa harus melakukan penelitian terlebih dulu, penelitian tersebut dapat dilakukan melalui jurnal, survei, artikel, atau metode lainnya.

Setiap siswa mengerjakannya secara individual dan diwajibkan menerapkan ilmu yang sudah dipelajari untuk menganalisis dan membahas topik yang diberikan. Extended essay sangat bermanfaat untuk melatih siswa dalam menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan di perguruan tinggi.

●       Theory of Knowledge (TOK)

Komponen penilaian berikutnya terdiri dari 6 bidang pembahasan, yaitu sains, matematika, ilmu sosial, sejarah, etika, dan seni. Siswa akan dilatih untuk mengutarakan argumen dan pendapatnya dengan didukung teori atau berita yang sudah mereka pelajari.

Melalui metode penilaian ini, guru dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami teori atau berita yang sudah mereka pelajari sebelumnya. Serta melihat kemampuan siswa dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah yang terjadi dalam dunia nyata atau kehidupan sehari-hari.

●       CAS (Creative, Action, Service)

Umumnya CAS dilakukan di luar kelas dan setiap siswa dapat memilih berdasarkan mata pelajaran yang diambil. Misalnya, anak kamu mengambil mata pelajaran ilmu sosial, maka dia bisa membuat acara sosial atau mengedukasi masyarakat tentang suatu topik.

Setelah memilih topik kegiatan yang tepat, siswa ditugaskan untuk mengatur jalannya kegiatan tersebut. Melalui CAS mereka dapat berlatih terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat. Dengan begitu, mereka akan mendapat wawasan dan menjadi lebih terbuka terhadap lingkungan sekitar.

4 Program Pendidikan IB

Di dalam sistem pendidikan international baccalaureate terdapat beberapa jenjang pendidikan. Masing-masing tingkatan memiliki fokus pembelajaran yang berbeda-beda. Berikut 4 program pendidikan pada sistem bertaraf IB:

●       Primary Years Programme (PYP)

Tingkatan yang pertama merupakan jenjang yang paling dasar dan diperuntukkan untuk anak-anak usia 3 sampai 12 tahun. Dalam program pendidikan ini terdapat 5 mata pelajaran utama, yaitu sains, ilmu sosial, matematika, seni, karakter individu, dan olahraga.

Pada jenjang PYP, siswa akan dibentuk menjadi pribadi yang aktif, peduli, mudah beradaptasi, dan saling menghormati. Biaya masuk ke sekolah PYP berstandar IB umumnya menyentuh angka puluhan juta.

Jika ingin memberi pendidikan yang terbaik untuk buah hati kamu bisa menggunakan KTA bunga rendah untuk melakukan pendaftaran.

●       Middle Years Programme (MYP)

Program pendidikan selanjutnya yaitu MYP yang dikhususkan untuk anak usia 11 sampai 16 tahun.

Secara umum MYP memiliki metode pembelajaran yang hampir sama seperti PYP. Namun, lebih fokus pada metode pembelajaran secara praktikum. Selain pembelajaran pokok, siswa juga diajarkan tentang penggunaan bahasa dan sastra.

●       Diploma Programme (DP)

Jika ingin si buah hati menempuh pendidikan sarjana di luar negeri, sebaiknya masukkan dia ke sekolah diploma programme setelah lulus dari MYP atau SMP. Jenjang pendidikan ini setara dengan SMA nasional tapi ada tiga komponen tambahan yang bersifat wajib.

Tiga komponen tersebut adalah activity and service, theory of knowledge, extended essay, dan creativity. Setiap siswa juga dapat memilih tiga mata pelajaran yang disukai (Higher Level). Mata pelajaran yang masuk dalam Higher Level akan diajarkan secara intens.

Bahkan beberapa sekolah menerapkan 6 jam pembelajaran per minggu untuk mata pelajaran Higher Level. Sedangkan mata pelajaran yang masuk dalam daftar Standard Level hanya diberikan sekitar 4 jam per minggu.

●       Career Related Programmer (CRP)

Jenjang pendidikan yang terakhir yaitu CRP yang merupakan program pendidikan baru pada kurikulum berbasis International Baccalaureate. CRP pertama kali hadir pada tahun 2021 lalu dan bertujuan untuk menunjang karier para siswa. Para siswa yang masuk pada program pendidikan ini harus menyelesaikan dua kurikulum khusus.

Keunggulan Sekolah dengan Kurikulum IB 

Ada banyak keunggulan yang didapat saat menempuh pendidikan di sekolah berstandar IB. Kelebihan tersebut seimbang dengan biaya yang dikeluarkan. Jika ingin memasukkan buah hati ke sekolah berstandar IB kamu bisa mengajukan KTA online untuk membayar biaya pendaftarannya. Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan para siswa:

●       Berpeluang Besar Diterima di Universitas Ternama Dunia

Sistem pembelajaran pada kurikulum IB telah diakui di seluruh dunia, kurikulum ini sudah digunakan di lebih dari 160 negara. Siswa yang menempuh pendidikan di sekolah berstandar IB memiliki peluang lebih besar diterima di universitas ternama dunia.

●       Memiliki Pemahaman yang Kritis

Sekolah berstandar IB tidak hanya membekali siswanya dengan pengetahuan dan keterampilan. Mereka juga membentuk siswa agar memiliki pemahaman dan pemikiran yang kritis dan analitis. Kemampuan ini sangat berguna dalam membantu siswa menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

●       Pembelajaran yang Fleksibel

Kurikulum IB dirancang untuk memberi kesempatan pada masing-masing siswa untuk melakukan personalisasi. Setiap siswa dapat memilih mata pelajaran yang mereka minati dan sesuai dengan keterampilannya.

Pendidikan merupakan bekal dasar yang harus diberikan orang tua pada anak-anaknya. Untuk membantu mereka meraih kesuksesan kamu harus memberi fasilitas pendidikan yang terbaik, sekolah berstandar IB dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pengalaman pendidikan yang diberikan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Jadi tidak perlu ragu mendaftarkan buah hati ke sekolah IB unggulan di kotamu. Jika belum mempersiapkan dananya, kamu bisa mengajukan KTA bunga rendah.

Kredit tanpa agunan satu ini menawarkan dana pinjaman hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik. Kamu bisa apply tanpa perlu melampirkan dokumen fisik dan cicilan dapat dilakukan sampai 36 bulan.

Tunggu apalagi? Segera ajukan KTA online dari digibank KTA dan dapatkan pinjaman biaya pendidikan anak hingga Rp200 juta! Tata masa depan buah hati dengan mempersiapkan pendidikan terbaik mulai dari sekarang! Jika kamu tertarik mengenai detail ketentuan dan persyaratannya, klik di sini!