Indonesia
30 Aug 2023

10 Cara Mudah Jadi Traveler yang Bertanggung Jawab!

Hidup dengan penuh kesadaran agar bisa tetap menjaga kelestarian lingkungan bisa dilakukan dari mana pun, termasuk saat kita traveling. Banyak manfaat yang bisa diambil ketika traveling. Bagi para traveler, bisa mendapatkan pengalaman berharga dengan mengunjungi tempat baru dan berinteraksi dengan warga lokal. Sementara bagi warga lokal, tentunya mereka bisa meningkatkan pendapatan, yang nantinya dimanfaatkan untuk memperbaiki infrastruktur dan juga meningkatkan kualitas hidup. Selain itu, warga lokal juga berkesempatan mengenalkan budayanya pada masyarakat lebih luas lagi.

Jangan sampai kegiatan traveling yang kita lakukan malah membawa dampak buruk terhadap warga lokal dan juga lingkungan yang kita kunjungi. Ikuti tips di bawah untuk jadi traveler yang bertanggung jawab!

  1. Pelajari Tempat yang Mau Kamu Kunjungi, Termasuk Bahasa Daerahnya
    Gunakan pakaian sesuai dengan nilai yang dianut oleh warganya, seperti berpakaian sopan jika itu adalah norma yang berlaku. Jika mau berfoto dengan warga lokal, jangan lupa untuk izin terlebih dahulu. Selain itu, kamu bisa juga pelajari bahasa dasar yang digunakan di daerah tersebut, seperti bagaimana mengatakan “Halo”, “Sampai jumpa”, dan “Terima kasih”. Ini juga akan menunjukkan bahwa kamu menghormati mereka sebagai tuan rumah.
  1. Gunakan Bus atau Kereta Sebisa Mungkin
    Tahukah kamu, bahwa jejak karbon pesawat jauh lebih besar dibandingkan bus atau kereta? Selain bisa lebih lama menikmati pemandangan di jalan, kamu juga bisa turut serta dalam menjaga lingkungan!
  1. Jika Gunakan Pesawat, Usahakan Pilih Penerbangan Langsung
    Namun, jika kamu memang harus menggunakan pesawat terbang, kamu bisa pilih penerbangan langsung atau direct flight untuk mengurangi jejak emisi karbon. Beberapa airlines juga menyediakan pesawat dengan bahan bakar biofuel, yang menggunakan minyak dari tumbuhan, dan hasil pembuangan agrikultur. Ini dapat mengurangi emisi karbon hingga 80%!
  1. Bawa Kantong, Botol Minum, dan Kotak Makan
    Jika kamu mau jajan, usahakan untuk menghindari penggunaan kemasan sekali pakai. Kamu bisa siapkan kantong belanja, botol minum, dan kotak makan sebagai gantinya. Saat ini, sudah banyak yang tersedia dalam bentuk foldable atau dapat dilipat agar hemat tempat di tas!
  1. Konsumsi Pangan Hasil Bumi Daerah Tersebut
    Salah satu yang diincar saat traveling tentunya adalah menikmati hidangan lokal, setuju? Selain lebih segar karena menggunakan bahan-bahan dari hasil bumi daerah, kamu juga bisa mendapatkan citarasa khas daerah tersebut! Tidak hanya itu aja, limbah dari pengemasan produk dan logistik juga dapat dikurangi. 
  1. Beli Oleh-oleh di Toko Lokal
    Selain mendukung pertumbuhan ekonomi warga lokal, kamu bisa mengurangi limbah yang terbuang dari proses pengiriman barang. Tambahan lagi, tentunya kamu bisa mendapatkan kenang-kenangan barang khas daerah yang kamu kunjungi! Apalagi jika oleh-olehnya adalah hasil karya tangan para warga.
  1. Sayangi Alam Sekitar
    Jika kamu pergi ke daerah yang menjadi rumah berbagai satwa liar, pastikan untuk tidak terlalu mendekati mereka, atau sembarangan memberi makan. Gunakan suara pelan agar tidak mengganggu mereka. Sayangi dan hargai para satwa, karena tiap spesies memiliki fungsinya tersendiri dalam menjaga keseimbangan ekosistem.
  1. Hindari Meninggalkan Jejak
    Apabila kamu pergi hiking, pastikan untuk tetap berjalan sesuai dengan jalur yang sudah disediakan. Selain lebih aman untukmu, hal ini juga untuk menjaga tumbuhan dan rumah satwa yang ada di sekitar.
  1. Anggap Seperti Rumah Sendiri
    Saat kamu di rumah, kamu tentu tidak mengganti handuk setiap hari, kan? Bayangkan juga tagihan listrik yang perlu kamu bayar jika kamu meninggalkan ruangan tanpa mematikan lampu dan AC. Jangan lupa untuk tetap bijak menggunakan air saat mandi, ya!
  1. Berdonasi untuk Dukung Warga Lokal
    Mendukung pertumbuhan ekonomi warga lokal adalah salah satu dampak positif yang didapat saat kamu traveling. Tahukah kamu, bahwa kini kamu bisa menabung sekaligus berdonasi untuk warga lokal di pelosok Indonesia?

 

Dengan DBS Green Savings, kamu bisa menabung kebutuhan traveling-mu selanjutnya sambil membantu sesama melalui Yayasan Tangan Pengharapan. Setengah dari hasil suku bunga green savings kamu akan didonasikan untuk membantu pemenuhan perahu dan motor perahu untuk dukungan transportasi guru-guru di Nabire, Papua. Donasi ini akan membantu guru-guru ini untuk lebih leluasa pergi ke kota untuk membeli bahan makanan dan mengajar murid-murid di berbagai pulau. 

Green Savings adalah salah satu produk dari Bank DBS Indonesia dengan tujuan untuk mendorong nasabahnya merangkul gaya hidup ramah lingkungan dan investasi berkelanjutan. DBS Green Savings saat ini juga bermitra dengan Krakakoa dalam mendukung keberlanjutan para petani cokelat.

Nah, apakah kamu sudah siap traveling dan menjelajah tempat-tempat baru? Jangan lupa untuk coba tips-tips di atas agar bisa menjadi traveler yang bertanggung jawab terhadap tuan rumah dan lingkungan sekitar!