Dengan pemberlakuan Work from Home, tentunya Anda membutuhkan ruang kerja nyaman di rumah
20 Jul 2020

5 Tips Membuat Ruang Kerja Nyaman di Rumah

Nasabah DBS Treasures, kemunculan wabah corona menyebabkan hampir semua negara memberlakukan kebijakan Work from Home (WFH). Selain bekerja dari rumah, setiap orang juga dihimbau untuk mengurangi segala jenis kegiatan diluar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran wabah. Karena itu, rumah yang selama ini telah menjadi tempat bernaung, mempunyai peran yang semakin penting di tengah pandemi ini. Sudah sewajarnya Anda memberikan perhatian khusus pada kondisi rumah agar semakin nyaman menghabiskan waktu di dalamnya, misalnya dengan mempercantik tampilan rumah, melakukan renovasi atau perbaikan bagian yang rusak, atau dengan membuat ruang kerja pribadi yang nyaman untuk menunjang WFH.

Aktivitas bekerja di rumah merupakan hal yang menyita setidaknya 8 jam dari waktu Anda dalam sehari. Oleh karena itu, tidak ada salahnya berinvestasi membuat ruang kerja yang nyaman digunakan selama berjam-jam. Apalagi, sebagai nasabah DBS Treasures, Anda bisa mewujudkan ruang kerja impian dengan mudah, melalui layanan kredit rumah DBS atau biasa disebut sebagai DBS Home Loan.

Bagaimana cara membuat ruang kerja di rumah agar nyaman dan produktif? Simak di tips-tips yang telah dirangkum DBS dibawah ini!

  1. Pilih lokasi yang tenang

    Ketika bekerja, Anda perlu mencurahkan konsentrasi 100% tanpa distraksi apapun. Tak jarang, Anda juga harus mengikuti meeting online dengan klien maupun kolega kantor. Oleh karena itu, ruang kerja Anda harus berada di lokasi yang tenang dan strategis di rumah. Hindari memposisikan ruang kerja di daerah yang ramai, seperti kamar anak-anak atau ruang tengah.

  2. Siapkan perabot dan perlengkapan kerja

    Kebanyakan orang yang bekerja dari rumah menggunakan perabot seadanya, seperti membuka laptop di atas kasur, mengetik di meja makan, atau bahkan meja setrika. Padahal, pemilihan perabot dan perlengkapan kerja merupakan elemen penting agar ketika Anda memasuki ruang kerja di rumah, mindset Anda siap untuk bekerja dengan produktif. Walaupun sama-sama meja, namun kegunaan dari meja makan tentu berbeda dari meja yang didesain khusus untuk bekerja.

    Berikut ini adalah beberapa perlengkapan standar yang Anda butuhkan agar dapat bekerja dengan nyaman: meja kerja (ukuran ideal 120-150 cm dengan ketinggian 70-75 cm), kursi kantor ergonomis, rak penyimpanan, laci dokumen, lampu, dan alat tulis. Pemilihan meja dan kursi yang tepat juga akan membantu Anda menjaga postur tubuh agar tidak pegal ketika bekerja terlalu lama.

    Kabar baiknya, sebagai nasabah bank prioritas, Anda bisa mendapatkan fasilitas bantuan kredit rumah atau DBS Home Loan yang ringan serta terjangkau untuk keperluan renovasi rumah. Sementara untuk keperluan perabot maupun tambahan dekorasi lain, DBS juga menyediakan fasilitas pinjaman multiguna. Jadi, tak perlu khawatir tabungan menipis!

  3. Bermain dengan warna

    Tahukah Anda bahwa setiap warna akan menghasilkan efek mood yang berbeda? Hal ini penting diketahui sebelum Anda mengecat ruang kerja di rumah atau menambahkan elemen dekoratif. Berikut adalah beberapa warna yang umum dipakai:

    1. Warna biru dikenal sebagai warna yang merangsang otak dan meningkatkan fokus. Warna ini pas digunakan untuk pekerja kantoran yang mengerjakan tugas rutin atau repetitif.
    2. Warna kuning membuat semangat, keceriaan, dan sisi emosional lebih terpacu, sehingga warna ini ideal untuk pekerja di industri kreatif yang membutuhkan ide-ide out-of-the-box setiap saat.
    3. Warna hijau dikenal sebagai warna yang memberikan ketenangan dan keseimbangan, cocok bagi Anda yang bekerja di industri finansial atau perbankan.
    4. Selain ketiga warna tersebut, tentunya warna dinding putih juga menjadi pilihan aman karena menghasilkan tampilan yang clean, rapi, dan membuat ruang kerja terlihat lapang.
  4. Letakkan tanaman di sekitar ruang kerja

    Kehadiran tanaman di ruang kerja di rumah akan membuat mood Anda ceria selama bekerja. Menurut teori yang dikemukakan Rachel dan Stephen Kaplan, dengan melihat pemandangan atau elemen alam, maka otak manusia akan lebih mudah untuk bekerja dan berkonsentrasi. Bahkan, adanya elemen tanaman di lingkungan kerja bisa meningkatkan kekuatan memori dan attention span hingga 20%, lho! Tidak hanya itu, tanaman hijau juga berfungsi untuk mempercantik ruang kerja dan menjernihkan udara.

    Beberapa tanaman yang cocok menghiasi ruang kerja Anda adalah: kaktus (succulent), lidah buaya mini, baby breath, anggrek, dan lidah mertua.

  5. Berikan sentuhan dekorasi personal

    Agar semakin betah bekerja di rumah, Anda bisa menambahkan dekorasi yang kreatif dan personal. Tambahkan elemen penghangat seperti karpet, bantal duduk, pigura, buku, foto, hingga hiasan-hiasan dinding dan meja yang menarik, agar ruangan tidak terkesan kaku. Karena ini merupakan area kerja Anda pribadi, maka Anda mempunyai kebebasan lebih untuk berkreasi dan menunjukkan ekspresi lewat ruang kerja yang apik dan elegan.

Nah, sudah memiliki gambaran untuk membuat ruang kerja yang nyaman di rumah? Sebagai nasabah bank prioritas, salah satu kenyamanan menjadi nasabah DBS Treasures adalah kemudahan mewujudkan ruang kerja impian dengan bantuan kredit rumah dari DBS Home Loan. Caranya mudah dan praktis, langsung saja hubungi RM Anda sekarang. Kami siap membantu semua nasabah bank prioritas untuk mewujudkan rumah yang lebih nyaman!

Selamat bekerja dari rumah dengan semangat baru!