Obligasi menjadi pilihan investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Raih Keuntungan Investasi Obligasi untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga apalagi di masa pandemi tentu memerlukan sikap yang hati-hati. Terutama dalam hal mengatur anggaran rumah tangga untuk membuat neraca keuangan tetap stabil. Tapi bukan berarti Anda harus memangkas pos anggaran untuk investasi.

Meski pandemi, Anda tetap harus menyisihkan uang untuk investasi. Tetap cermat dan bijak dalam memilih instrumen investasi. Bila salah pilih, Anda bisa saja menambah risiko terhadap perencanaan keuangan keluarga.

Cerdas dalam memilih instrumen investasi menjadi kunci yang akan menjaga keuangan keluarga. Apalagi selama pandemi dan masa new normal, sebagai ibu rumah tangga setumpuk tugas dan rutinitas baru membuat waktu Anda banyak tersita. Karena itu pilihan investasi yang aman dan minim risiko seperti investasi Obligasi sangat cocok untuk ibu rumah tangga.

Investasi Obligasi: Pengertian, keuntungan, dan hal yang perlu diperhatikan

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan maupun pemerintah termasuk ke dalam jenis investasi jangka menengah karena memiliki jangka waktu sekitar 2-3 tahun. Selain itu, investasi Obligasi kini makin banyak dipilih investor karena menawarkan jaminan pengembalian modal berdasarkan Undang-Undang, dan memiliki suku bunga yang relatif lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan maupun Deposito di perbankan konvensional.

Ketika Anda memutuskan untuk membeli Obligasi, bisa juga diartikan Anda memberikan pinjaman dalam jumlah tertentu kepada suatu perusahaan atau pemerintah yang menerbitkan Obligasi tersebut. Dikarenakan sifatnya pinjaman, pihak perusahaan atau pemerintah wajib mengembalikan dana tersebut beserta bunga pada waktu jatuh tempo yang telah ditetapkan sebelumnya.

Agar bisa meraih keuntungan dari investasi Obligasi, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Tentukan pilihan investasi Obligasi

    Saat ini terdapat banyak pilihan investasi Obligasi yang bisa Anda pilih. Dengan begitu, sebagai ibu rumah tangga bisa menyisihkan anggaran untuk berinvestasi Obligasi Ritel. Anda bisa membeli Obligasi di Pasar Perdana pada saat penawaran perdana atau IPO, atau membelinya lewat Pasar Sekunder.

    Beberapa jenis Obligasi berdasarkan penerbitnya adalah government bond, corporate bond, municipal bond, dan foreign bond. Government bond atau Obligasi Pemerintah diterbitkan oleh pemerintah. Jenis obligasi ini memiliki risiko yang cenderung lebih kecil karena ditanggung langsung oleh negara. Contohnya adalah Obligasi yang diterbitkan Kementerian Keuangan atau bank milik negara.

    Selanjutnya ada corporate bond atau Obligasi Korporasi yaitu surat utang yang diterbitkan perusahaan. Corporate Bond memberikan tingkat bunga yang lumayan tinggi kepada pemegangnya. Meski begitu, Obligasi jenis ini biasanya memiliki jangka waktu yang relatif panjang dan risiko yang lebih tinggi.

    Ada juga municipal bond yaitu Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah. Prinsip kerjanya mirip dengan jenis government bond. Sedangkan yang terakhir adalah foreign bond yaitu obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan atau lembaga asing yang dalam penerapannya menggunakan mata uang asing.

  2. Kenali investasi Obligasi yang dipilih

    Agar bisa mengoptimalkan keuntungan, pastikan sudah mengenal lebih jauh mengenai investasi Obligasi yang akan dibeli. Anda perlu membaca dengan detail prospektus penerbitan Obligasi untuk mengetahui rencana penggunaan anggaran, jangka waktu investasi Obligasi, dan memperkirakan kesanggupan penerbit memenuhi pembayaran.

    Anda juga perlu mencatat beberapa informasi penting seperti nama perusahaan atau lembaga penerbit, jumlah besaran imbal hasil atau kupon Obligasi yang harus dibayarkan, periode jatuh tempo, periode pembayaran, underwriter, dan jumlah pokok utang yang akan dibayarkan.

    Semakin banyak informasi yang bisa dikumpulkan maka akan semakin tenang dalam mempercayakan dana untuk dipinjamkan pada penerbit Obligasi. Harus selalu diingat bahwa berinvestasi Obligasi berarti Anda sedang meminjamkan sejumlah uang pada penerbitnya, baik pemerintah maupun perusahaan swasta.

  3. Tentukan tujuan investasi

    Sama halnya dengan instrumen investasi lain, Anda juga harus menentukan target investasi yang akan dilakukan apakah untuk jangka panjang, menengah, atau pendek. Bila untuk tujuan jangka menengah dan panjang, Anda bisa membeli Obligasi Pasar Perdana dan menyimpannya sampai masa pelunasan tiba. Namun, bila untuk tujuan jangka pendek Anda bisa berinvestasi Obligasi Pasar Sekunder.

    Investasi Obligasi Pasar Sekunder memberi Anda kesempatan untuk bisa melakukan transaksi kapan pun sehingga bisa mendapat keuntungan tambahan melalui selisih nilai beli dan nilai jual atau capital gain.

    Untuk Obligasi Pemerintah, terdapat dua seri Obligasi yang biasa diperjualbelikan di Pasar Sekunder yaitu Obligasi negara dengan mata uang IDR konvensional (FR), dan Obligasi negara dengan mata uang USD (INDON, INDOIS). Obligasi seri FR dan INDON diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam jangka waktu tertentu dengan nilai kupon tetap.

Investasi Obligasi bersama DBS Treasures

Untuk bisa mendapatkan manfaat optimal berinvestasi Obligasi, Anda bisa memulai investasi dengan membeli produk Obligasi melalui DBS Treasures. DBS Treasures merupakan perbankan prioritas untuk Nasabah Bank DBS Indonesia dengan penempatan dana minimal Rp500 juta.

Berinvestasi bersama DBS Treasures akan sangat membantu bagi ibu rumah tangga yang harus multitasking dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, DBS Treasures akan memberikan manajemen kekayaan yang mencermati kebutuhan Anda atau intuitive wealth management agar Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat.

Dengan memanfaatkan layanan wealth management DBS Treasures, Anda bisa memperhitungkan semua kebutuhan finansial baik jangka pendek maupun jangka panjang, dan melakukan persiapan dan investasi yang tepat.

Jika Anda menjadi Nasabah DBS prioritas, di DBS Treasures Anda akan didampingi tim ahli finansial yang berkolaborasi menganalisa data pasar terkini dan profil risiko, kemudian secara proaktif menyampaikan peluang dan wawasan terkini, serta didukung ragam inovasi digital berkelanjutan seperti Aplikasi digibank by DBS yang memungkinkan transaksi investasi 24/7.

Saat memutuskan membeli Obligasi melalui DBS Treasures, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan di antaranya sebagai berikut:

  • Kupon atau Imbal Hasil Reguler. Dengan adanya kupon atau pendapatan imbal hasil reguler, Anda akan memperoleh pendapatan tetap yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi.

  • Potensi capital gain. Beberapa jenis Obligasi berpotensi mendapatkan capital gain. Obligasi ini dapat diperjualbelikan kapanpun sebelum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

  • Kupon atau imbal hasil kompetitif. Obligasi yang tersedia di DBS Treasures memberikan tingkat kupon atau imbal hasil yang kompetitif di atas rata-rata Deposito berjangka.

  • Tidak ada biaya tambahan. DBS Treasures tidak mengenakan biaya tambahan dalam transaksi Obligasi. Transaksi hanya dikenakan spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).

  • Transaksi 24/7. Dengan adanya Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa melakukan transaksi kapan saja di saat ada waktu senggang. Juga tersedia ragam produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan dalam mata uang rupiah dan dolar AS.

Investasi obligasi dengan memanfaatkan layanan DBS Treasures akan membawa Anda pada pencapaian baru berinvestasi, Jadi meski menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti Anda tak bisa turut mengembangkan finansial keluarga.

Dengan berinvestasi cerdas serta memanfaatkan berbagai keuntungan menjadi Nasabah DBS Treasures, Anda bisa menjadi unstoppable Mom!

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?