Investasi menjadi strategi tepat yang dapat Anda ambil untuk mencapai tujuan finansial

Memilih Reksadana Berdasarkan Profil Risiko dan Jangka Waktu

Investasi menjadi strategi tepat yang dapat Anda ambil untuk mencapai tujuan finansial. Langkah ini bisa dilakukan melalui berbagai jenis instrumen dan salah satunya adalah Reksadana. Instrumen investasi ini memiliki banyak kelebihan dan terbilang cocok untuk investor yang tak punya banyak waktu melakukan analisis pasar sendiri.

Lewat instrumen investasi ini Anda bisa menyetorkan dana kepada Manajer Investasi untuk dikelola secara optimal. Manajer Investasi yang akan bekerja mengelola dana dan mengalokasikannya ke aset-aset atau produk yang potensial. Peluang profit investasi di instrumen ini juga terbilang baik.

Jenis Produk

Sebelumnya perlu diketahui dulu bahwa instrumen investasi ini memiliki beberapa pilihan jenis produk. Agar bisa mendapatkan profit yang optimal maka perlu dipahami jenis produk apa saja yang bisa dipilih. Tentunya pilihan produk harus disesuaikan dengan profil risiko juga tujuan finansial. Berikut adalah beberapa jenis produk Reksadana yang bisa dijadikan aset investasi:

  • Reksadana Pasar Uang
    Pertama ada Reksadana Pasar Uang atau money market mutual fund. Ini merupakan jenis investasi dimana dana akan ditempatkan di pasar uang. Misalnya saja dalam bentuk tabungan, giro, deposito, juga surat utang. Aset investasi yang satu ini banyak dijadikan pilihan bagi orang-orang yang ingin mempelajari teknik investasi lebih jauh lagi.

    Perlu diketahui juga bahwa jenis investasi ini memiliki likuiditas yang cukup aman. Hanya saja nilai profit atau imbal hasil yang diberikan relatif lebih rendah dibandingkan jenis Reksadana lainnya. Jenis investasi ini juga bisa jadi alternatif untuk diambil saat Anda ingin melakukan diversifikasi. Profit yang dihasilkan dari investasi ini bisa menjadi pendukung untuk aset lain yang Anda gunakan.

  • Reksadana Pendapatan Tetap
    Berikutnya ada Reksadana Pendapatan Tetap atau fixed income mutual fund. Arti Reksadana Pendapatan Tetap adalah investasi yang dananya dialokasikan pada efek penghasil pendapatan tetap. Misalnya saja ditempatkan pada surat utang atau obligasi. Surat utang ini nantinya akan memberikan profit secara rutin atau tetap, misalnya selama tiga bulan sekali.

    Jenis investasi ini dikenal memiliki cara pengelolaan dana yang aman. Selain itu, dananya juga likuid dan bebas pajak. Peluang return yang dihasilkan juga terbilang menguntungkan. Dari segi transparansi, jenis investasi ini terbilang transparan sehingga bisa dipercaya.

  • Reksadana Campuran
    Ada pula Reksadana Campuran yang bisa dijadikan pilihan investasi atau diversifikasi. Instrumen ini akan menempatkan dana investasi Anda ke berbagai jenis aset. Mulai dari saham, obligasi, saham, juga pasar uang secara bersamaan. Namun perlu diketahui bahwa jumlah alokasi dana untuk masing-masing aset ini tidak boleh lebih dari 79%.

    Mengapa komposisinya tidak boleh lebih dari 79%? Apabila komposisi dananya lebih dari angka tersebut maka akan berubah menjadi Reksadana lain. Jenis investasi ini dinilai bisa menghasilkan potensi return yang memuaskan. Selain itu, diversifikasinya juga efektif dan relatif lebih aman karena ada penempatan di beberapa jenis aset yang berbeda. Investasi ini bisa jadi sarana yang tepat untuk belajar tentang diversifikasi.

  • Reksadana Saham
    Berikutnya ada Reksadana Saham yang juga sangat populer dan sering dijadikan sebagai andalan para investor untuk mencari profit atau return. Perlu diketahui bahwa jenis investasi ini berbeda dari investasi saham. Investasi saham akan dilakukan secara mandiri, berbeda dengan jenis investasi ini dimana dana investor akan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional.

    Arti Reksadana Saham adalah investasi yang dilakukan dengan cara penyetoran dana ke Manajer Investasi untuk dibelikan saham emiten tertentu. Jenis investasi ini juga sering disebut sebagai equity mutual fund. Return yang didapatkan nanti berasal dari selisih naik dan turunnya harga saham. Potensi nilai return-nya terbilang tinggi bahkan bisa mencapai angka 20%.

Dari penjelasan ini mungkin bisa langsung diambil kesimpulan, mana instrumen atau produk yang dirasa paling menguntungkan. Namun Anda sebaiknya tidak langsung mengambil pilihan tanpa analisis yang tepat. Pastikan bahwa instrumen yang akan dipilih memang sesuai dengan tujuan investasi Anda.

Ada lagi faktor yang harus diperhatikan dalam memilih produk investasi yaitu profil risiko. Anda harus paham profil risiko yang dimiliki sebagai seorang investor. Pastikan bahwa jenis investasi yang Anda pilih sesuai dengan profil risiko tersebut. Berikutnya akan dibahas pilihan aset apa yang paling tepat sesuai profil risiko Anda, termasuk jangka waktu investasi yang diharapkan.

Pilihan Aset sesuai Profil Risiko dan Jangka Waktu

Mari pahami bagaimana memilih aset atau instrumen Reksadana sesuai dengan profil risiko juga jangka waktu investasi yang diinginkan. Pilihan ini memang harus disesuaikan agar Anda bisa merasakan profit yang optimal dari investasi tersebut. Berikut adalah pilihan jenis investasi yang disesuaikan dengan profil risiko dan jangka waktu:

  • Risiko Rendah
    Pertama ada investor yang memiliki profil risiko rendah. Artinya investor ini termasuk ke dalam tipe konservatif atau risk averse. Ini merupakan tipe investor yang lebih menyukai instrumen investasi dengan kategori aman. Biasanya investor dengan risiko rendah ini akan merasa takut jika modal pokok investasi berkurang.

    Untuk jenis investor seperti ini, pasar uang akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Jenis investasi ini terbilang punya risiko rendah dan peluang return-nya lumayan memuaskan. Selain itu pendapatan tetap juga bisa jadi pilihan untuk investor dengan tipe konservatif. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk investasi jangka menengah sampai jangka panjang.

    Namun perlu diketahui bahwa pasar uang juga bisa diandalkan jadi pilihan investasi jangka pendek. Biasanya instrumen ini akan jadi pilihan bagi investor yang ingin mendapatkan untung lebih cepat meskipun nilainya memang tidak begitu tinggi. Hanya saja memang ada sebagian investor yang memilih menggunakannya sebagai investasi jangka menengah sampai panjang.

    Sebenarnya, investor dengan tipe konservatif seperti ini lebih disarankan untuk melakukan investasi dengan jangka panjang. Perlu diingat bahwa investasi dengan risiko rendah akan menghasilkan return atau profit yang juga rendah. Jadi akan jauh lebih baik jika investasi dilakukan dalam jangka yang panjang sehingga keuntungannya bisa lebih besar.

  • Risiko Sedang
    Berikutnya ada investor yang memiliki tipe moderat atau risiko sedang. Investor yang memiliki profil risiko seperti ini jauh lebih berani untuk mengambil risiko daripada investor tipe konservatif. Biasanya investor tipe moderat juga akan memilih instrumen yang memiliki fluktuasi jangka pendek. Investor tersebut juga mengharapkan potensi profit yang lebih tinggi daripada Deposito.

    Banyak sekali investor tipe moderat yang sebenarnya paham bahwa instrumen investasi itu nilai return-nya bersifat fluktuatif. Artinya nilai return bisa naik atau turun sesuai kondisi pasar. Namun investor tetap akan berharap bisa mendapatkan keuntungan atau profit optimal dan tidak menanggung kerugian investasi tersebut.

    Untuk tipe investor dengan risiko sedang atau moderat, reksadana campuran bisa jadi pilihan terbaik. Ini merupakan jenis investasi yang resikonya relatif rendah namun profitnya cukup menjanjikan. Produk ini juga sangat disarankan untuk investor yang ingin melakukan investasi jangka menengah sampai jangka panjang.

  • Risiko Tinggi
    Bagi investor dengan profil risiko tinggi, maka investasi dalam bentuk reksadana saham akan menjadi pilihan tepat. Instrumen ini memang memiliki risiko yang tinggi namun return-nya juga terbilang besar. Investor seperti ini bisa dikatakan sebagai investor tipe agresif atau risk taker. Mereka akan siap kehilangan uang besar demi memperoleh hasil yang jauh lebih besar lagi.

    Berdasarkan profil risikonya, sebenarnya investor tipe agresif ini bisa melakukan investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Selama hasil atau return-nya besar maka investor akan bersedia untuk mengeluarkan dana yang juga besar jumlahnya. Hanya biasanya, investor tipe ini cenderung lebih memilih jenis investasi yang berjangka panjang.

Dari penjelasan ini, kira-kira mana yang menjadi profil risiko Anda? Selain memahami arti Reksadana yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, Anda juga harus paham cara menilai profil risiko sendiri. Anda harus tahu seberapa jauh Anda ingin berinvestasi dan seberapa banyak dana yang siap dikeluarkan untuk berinvestasi.

Tetapkan juga tujuan investasi Anda dan tentukan jangka waktunya. Apakah tujuan Anda memang bisa tercapai dengan instrumen investasi jangka pendek atau jangka panjang? Ini akan membantu Anda untuk menemukan instrumen yang tepat dengan return yang paling memuaskan.

Mulai Investasi bersama DBS Treasures

Investasi reksadana kini jauh lebih mudah dan aman untuk dilakukan bersama DBS Treasures. Perbankan prioritas ini akan memberikan Anda kemudahan untuk berinvestasi di berbagai jenis aset, sehingga Anda dapat yakin mengambil langkah di saat yang tepat. Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh DBS Treasures:

  • Bermitra dengan Manajer Investasi Profesional
    Melalui DBS Treasures, Anda akan menyalurkan dana investasi untuk dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional. Jika Anda memilih jenis instrumen ini maka Anda harus yakin memilih Manajer Investasi yang bisa diandalkan. Profesionalisme Manajer Investasi akan membantu Anda untuk mencapai profit yang jauh lebih menguntungkan.

  • Dukungan Wawasan dari Tim Ahli
    Selain bermitra dengan Manajer Investasi yang profesional, DBS Treasures juga memberikan dukungan wawasan dari tim ahli finansial. Tim ahli ini akan mempersonalisasi dan mengkomunikasikan strategi terbaru terkait minat investasi Anda, dalam hal ini reksadana. Selain itu Anda juga akan menerima analisis terbaru serta peluang investasi yang bisa mendukung Anda memenuhi aspirasi Anda.

  • Diversifikasi Mudah
    Investor perlu melakukan diversifikasi untuk membantu mengoptimalkan profit dan meminimalkan risiko investasi. Bersama DBS Treasures, Anda bisa melakukan diversifikasi dengan mudah sekaligus aman. Langkah diversifikasi lebih mudah dilakukan karena pilihan produk tersedia lengkap. Dukungan dari tim ahli finansial juga akan mempermudah Anda untuk melakukan diversifikasi secara tepat.

  • Investasi via Aplikasi digibank by DBS
    Anda juga akan merasakan kemudahan investasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Transaksi jual, beli, juga switching aset Reksadana jauh lebih mudah untuk dilakukan dalam satu aplikasi saja. Pilihan produk yang tersedia juga sangat beragam sehingga mempermudah Anda untuk berinvestasi.

Khusus bagi investor baru, dibutuhkan langkah registrasi agar bisa mendapatkan Single Investor Identification atau SID. Menariknya lagi, Anda tak perlu berganti platform untuk melakukan registrasi. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi yang sama dan Anda juga bisa segera mendapatkan SID untuk mulai berinvestasi.

Reksadana dapat menjadi pilihan instrumen investasi yang berpotensi menguntungkan. Pilihan produknya beragam dan diversifikasi juga lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, peluang profit instrumen ini juga terbilang menjanjikan. Risikonya bisa disesuaikan dengan profil risiko yang Anda miliki sekaligus bisa disesuaikan dengan tujuan finansial yang ingin dicapai.

Mari Diskusi

Mari Diskusi bersama kami sekarang untuk mulai berinvestasi Reksadana.

Lokasi Kami Kunjungi cabang terdekat kami di kota Anda.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?