Reksa Dana dapat menjadi pilihan investasi yang lebih baik
10 Mar 2022

Bagaimana cara memilih Reksa Dana yang tepat untuk Anda?

Reksa Dana dapat menjadi pilihan investasi yang lebih baik karena ia memiliki tujuan untuk mendiversivikasi portfolio dan mengungguli kinerja pasar, sebagaimana dijelaskan pada artikel sebelumnya, Namun, dengan berbagai jenis Reksa Dana yang tersedia, memilih yang tepat menjadi hal yang penting mengingat hal ini dapat membuat perbedaan yang signifikan pada hasil investasi Anda.

Jadi, bagaimana Anda, seorang investor, membuat keputusan yang tepat?

MENERAPKAN PENDEKATAN TERSTRUKTUR

Sebagai aturan praktis, tujuan Anda menentukan portofolio Anda! Investor perlu mengidentifikasi preferensi investasi, horison investasi (durasi dari investasi), serta profil risiko untuk menyaring dan memilih Reksa Dana yang sesuai dengan kebutuhan portofolio dan tujuan investasi mereka.

Sebuah pendekatan strategis membantu setiap investor mencapai tujuan investasi mereka. Sebagai contoh, seorang investor jangka panjang atau seseorang yang ingin berinvestasi selama 3 - 5 tahun atau lebih dan dengan maksud untuk membentuk dana pensiun, dapat berinvetasi di portofolio campuran. Hal ini dapat termasuk investasi di seluruh kelas aset utama, sektor berbeda, dan geografis, tergantung dari tujuan akhir mereka. Sebuah portofolio campuran akan memungkinkan investor untuk mengurangi konsentrasi risiko. Seorang investor jangka pendek, di sisi lain, yang mungkin ingin berinvestasi selama kurang dari 3 tahun dengan tujuan untuk mengumpulkan dana untuk pendidikan tinggi anaknya atau sedang mencoba untuk membayar utang, dapat memilih pendapatan sebagai tujuannya. Pendekatan mereka dapat berupa pencarian aset berkualitas dan memiliki likuiditas tinggi dengan tingkat volatilitas lebih rendah. Investor juga dapat memilih Reksa Dana pada sektor yang spesifik misalnya kesehatan atau energi, tergantung dari pendekatan mereka.

Apapun tujuan investasi Anda, terdapat Reksa Dana yang didesain untuk memenuhinya. Namun hal ini dapat bekerja jika Anda memiliki sebuah rencana seperti investor institusional dan profesional: Pendekatan 5P.

 

Meski memantau sejarah kinerja dari Reksa Dana sangat disarankan, kondisi pasar mempengaruhi P yang lainnya - People, Process, Product, dan Portfolio. Empat P yang lain ini memiliki kekuatan untuk mempengaruhi kinerja reksa dana. Untuk seorang investor, karena itu, penting untuk melihat semua faktor secara keseluruhan dari pada hanya mengandalkan salah satunya.

Hanya mengandalkan sejarah kinerja

Beberapa Reksa Dana mendapatkan momentum berdasarkan kinerja industri, sektor atau geografi tertentu pada saat itu. Oleh karena itu, penting untuk mengingat prediksi pasar dan melihat kemampuan dana untuk memberikan hasil yang konsisten.

Membandingkan apel dengan jeruk

Reksa Dana yang berhasil hari ini tidak berarti selaras dengan tujuan Anda. Lebih baik pilih reksa dana yang cocok dengan portofolio, filosofi, dan margin harga Anda.

Hanya fokus pada jangka pendek

Reksa Dana bekerja lebih baik bagi investor yang mencari hasil jangka panjang. Sebagai seorang investor, Anda dapat menentukan tujuan jangka panjang Anda dan memberikan tenggat waktu untuk Reksa Dana yang tepat bekerja untuk Anda.

Memilih Reksa Dana di luar portofolio Anda

Beberapa Reksa Dana mungkin terlihat menguntungkan melihat imbal hasil pasar mereka saat ini. Namun, jika tidak sesuai dengan portofolio Anda, lebih baik Anda berpikir dua kali sebelum berinvestasi di dalamnya.

Mencari NAV terendah

NAV yang rendah tidak berarti bahwa dana tersebut tersedia dengan harga murah, begitu pula NAV yang lebih tinggi menunjukkan harga yang mahal. Hal ini hanya mencerminkan nilai rata-rata tertimbang dari semua aset yang dimiliki dalam portofolio. Oleh karena itu, sebaiknya jangan fokus pada NAV, tetapi pada bagaimana dana tersebut dikelola.

Keunggulan DBS

Menemukan Reksa Dana yang tepat dan selaras dengan tujuan investasi Anda mungkin terlihat sulit. Namun hal ini tidak mustahil jika dilakukan dengan benar dan dengan strategi yang jelas untuk hasil dan manajemen risiko.

Bersama perbankan prioritas DBS Treasures, temukan produk yang paling sesuai dengan tujuan investasi, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat disaat yang tepat.

tentang solusi keuangan komprehensif DBS Treasures

untuk mendapatkan strategi manajemen kekayaan yang dipersonalisasikan dan dikomunikasikan secara konsisten kepada Anda.

Aplikasi Digibank by DBS untuk menikmati kemudahan transaksi reksa dana dalam mata uang Rupiah maupun Dolar Amerika yang tersedia 24/7