Kasir Online Moka POS, Solusi Mesin Kasir Konvensional

Inovasi di bidang financial technology (fintech) memiliki perkembangan yang cukup pesat. Salah satunya adalah inovasi pada sistem Point of Sales (POS), yaitu diartikan sebagai tempat kasir (check-out-counter) dengan mesin kasir (cash register).

kasir-online-moka-pos-solusi-mesin-kasir-konvensional

Author: DBS Group Research

Inovasi di bidang financial technology (fintech) memiliki perkembangan yang cukup pesat. Salah satunya adalah inovasi pada sistem Point of Sales (POS), yaitu diartikan sebagai tempat kasir (check-out-counter) dengan mesin kasir (cash register). Point of Sale (POS) ini merupakan titik dimana pembeli dan penjual melakukan pembayaran atas barang/jasa yang sudah diterima. Penjual kemudian akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen, memberikan pilihan pembayaran dan mengeluarkan tanda terima transaksi pembelian yang disebut ‘struk’. Sebagai bisnis yang mengembangkan sistem Point of Sales (POS), start-up Moka POS sangat menarik untuk diulas.

Moka POS memberikan solusi kemudahan sistem kasir Point of Sale (POS) melalui mobile bagi para penjual. Perangkat mobile ini berfungsi sebagai metode input pengganti mesin kasir konvensional. Prosesnya, kasir dapat melakukan transaksi di toko melalui aplikasi Moka POS di tablet iOS dan Android dengan memasukkan pesanan konsumen, sedangkan owner bisa memantau laporan penjualan, mengatur stok, dan sebagainya melalui back-office. Selain itu, konsumen dapat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atapun debit. Start-up ini diluncurkan pada bulan Februari 2015 dengan tujuan agar dapat memudahkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengelolaan kasir dan bisnisnya. Melalui Moka POS, owner dapat memantau keseluruhan transaksi penjualan dengan mudah hanya dengan masuk ke situs www.mokapos.com.

Menariknya, Moka menyediakan fitur untuk pengelolaan karyawan serta manajemen data dan feedback dari pelanggan. Kuitansi pembayaran pun dapat dikirimkan ke konsumen melalui e-mail. Selain itu, Moka POS juga memungkinkan penjual bekerja sama dengan pihak Bank untuk memberikan diskon kepada pelanggannya.  Fitur yang ada di Moka POS adalah solusi dari fasilitas yang tidak dimiliki oleh mesin POS tradisional. Moka POS menyediakan kemanan yang lebih baik dan bisa diandalkan karena berbasis teknologi cloud yang memungkinkan akses data secara langsung.

Moka POS didirikan oleh Haryanto Tanjo dan Grady Laksmono. Dilansir dari id.techinasia.com, pada awalnya mereka bertemu di Los Angeles ketika Haryanto sedang belajar di UCLA Anderson School of Management dan Grady sedang bekerja sebagai software engineer di Zynga, perusahaan yang membuat game online seperti Farmville, Coasterville, dan lain-lain. Latar belakang Grady yang mengambil jurusan Computer Science di California State University untuk S1 dan di University of Southern California untuk S2.Selain itu Grady juga memiliki pengalaman di start-up Openx dan Albumatic. Disisi lain Haryanto juga pernah bekerja Cisco, Webster Pacific, McKinsey&Company dan kuliah di University of California Berkeley. Keduanya kemudian memutuskan untuk kembali ke Indonesia karena melihat jutaan UMKM yang belum memiliki sistem dalam menjalankan usaha mereka. Latar belakang yang saling melengkapi inilah yang membuat keduanya memulai bisnis start-up Moka Pos ini.

Moka POS mendapatkan pendanaan pertamanya dari East Ventures pada bulan April 2014 dan kemudian kembali lagi mendapatkan pendanaan dari East Ventures dan Wavemaker pada bulan Agustus 2015. Moka POS juga bekerja sama dengan Telkomsel untuk menawarkan layanan mobile point of sale kepada UMKM yang berada di jaringannya. Menurut Rini Apriliani General Manager Corporate Business Solution Management Telkomsel, Kehadiran Moka POS sejalan dengan misi Telkomsel untuk membangun ekosistem digital di Indonesia. Selain itu, Moka Pos juga bekerja sama dengan Bank Mandiri dan Ingenico Group untuk kemudahan platform pembayaran.

Sumber :