Informasi Rekening Valas

Rekening Valas

 

How to

 

Tambah Dana dan Konversi
1. Bagaimana cara saya untuk melakukan penambahan dana ke Rekening Valas yang baru saya buka?

Kamu dapat melakukan penambahan dana dari bank lain langsung ke Rekening Valas-mu ataupun melakukan penambahan dana dari rekening rupiah atau rekening mata uang asing yang sudah kamu miliki sebelumnya di DBS.


2. Bagaimana cara saya untuk melakukan penambahan dana dari bank lain ke Rekening Valas yang baru saya buka?
  1. Di halaman utama Aplikasi digibank by DBS tekan menu “Tabungan dan Giro” lalu tekan menu “Rekening Valas”.
  2. Cek nomor Rekening Valas-mu dengan cara klik menu “Detail”.
  3. Lanjutkan ke proses berikutnya.

3. Jika saya sudah memiliki rekening mata uang asing sebelumnya di DBS, bagaimana cara saya mentransfer dana tersebut ke Rekening Valas?

Kamu dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Di halaman utama Aplikasi digibank by DBS tekan menu “Tabungan dan Giro” lalu tekan menu “Rekening Valas”.
  2. Pilih mata uang tujuan lalu tekan ikon “Tambah Dana”.
  3. Pilih rekening mata uang asing sudah kamu miliki sebagai rekening asal. Pastikan rekening asal yang kamu miliki aktif!
  4. Pilih Rekening Valas tujuan dengan mata uang yang sama dengan rekening asal.
  5. Masukkan jumlah uang dan lanjutkan ke proses berikutnya.

4. Bagaimana cara saya melakukan konversi (membeli atau menjual) valuta asing?
  1. Di halaman utama Aplikasi digibank by DBS tekan menu “Tabungan dan Giro” lalu tekan menu “Rekening Valas”.
  2. Tekan ikon “Konversi” lalu pilih rekening asal yang akan dijadikan sumber dana. Pastikan rekening kamu aktif!
  3. Pilih mata uang yang akan dijadikan penerima
  4. Masukkan jumlah uang dan lanjutkan ke proses berikutnya.

5. Apakah ada batas minimum untuk melakukan konversi di Rekening Valas?

Kamu bisa melakukan konversi mulai dari:

- 10 USD, SGD, CAD, GBP, AUD, EUR, CHF, NZD

- 1.000 JPY

- 100 HKD

- 100.000 IDR


6. Apakah saya dapat menginformasikan nomor Rekening Valas saya ini ke kerabat saya yang ingin kirim uang ke saya?

Ya, kamu dapat menginformasikan nomor rekening tersebut untuk penerimaan dana dari bank luar atau dalam negeri.


7. Jika kerabat saya ingin mengirimkan mata uang asing seperti USD ke Rekening Valas saya, data apa saja yang harus saya infokan?

Kamu cukup menginformasikan nomor Rekening Valas-mu dan swift code PT Bank DBS Indonesia. Sistem bank akan secara otomatis mengidentifikasi mata uang asing yang diterima dan memasukkan dana tersebut ke Rekening Valas dengan mata uang yang sama. Swift code PT Bank DBS Indonesia adalah DBSBIDJAIBD.


8. Apakah saya bisa membatalkan transaksi yang telah terjadi (contoh karena tidak setuju dengan nilai konversi yang tertera)?

Kamu tidak dapat membatalkan transaksi yang sudah diinput dan dikonfirmasi melalui Aplikasi digibank. Pastikan kamu memeriksa detil transaksimu sebelum menekan tombol lanjut di halaman konfirmasi transaksi.

FAQ ( Tanya Jawab )

Informasi Rekening Valas
1. Apa itu digibank Rekening Valas?

digibank Rekening Valas merupakan rekening dengan 1 (satu) nomor rekening dalam beberapa mata uang asing. Saat ini terdapat 10 mata uang, yaitu USD, SGD, AUD, EUR, GBP, CAD, CHF, HKD, JPY, NZD.

2. Apa manfaat dari digibank Rekening Valas?
  1. Simpan dalam 10 mata uang asing dengan nilai tukar dan bunga kompetitif
  2. Tanpa biaya rekening dan biaya konversi
  3. Akses 24/7 tanpa perlu ke cabang
3. Apakah ada limit transaksi untuk melakukan konversi valas?

Bank menetapkan limit transaksi konversi/pembelian valuta asing terhadap Rupiah yang dapat dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS adalah sebesar akumulasi ekv. USD25,000 per bulan per nasabah,yang mencakup transaksi di seluruh channel yang dimiliki Bank untuk melakukan pembelian valuta asing tersebut (antara lain: cabang, dll.).

4. Apakah ada batas waktu untuk transaksi konversi valas?

Bank menerapkan adanya batas waktu pemrosesan pada jam 17.00 WIB. Transaksi konversi valas yang dilakukan di atas batas waktu tersebut, termasuk transaksi valas yang diinput pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur akan diproses pada hari kerja berikutnya.

5. Apakah transaksi konversi yang saya input setelah batas waktu pemrosesan (termasuk di hari Sabtu, Minggu dan hari libur) akan langsung diproses pada hari kerja berikutnya atau saya harus menghubungi pihak bank untuk memprosesnya kembali?

Transaksi konversi valas kamu akan langsung diproses oleh sistem secara otomatis pada hari kerja berikutnya. Kamu akan mendapatkan notifikasi sukses apabila transaksi berhasil dijalankan. Jika tidak, maka kamu akan mendapatkan notifikasi gagal.

6. Apakah nilai kurs transaksi yang saya input setelah batas waktu pemrosesan akan berubah saat akan diproses?

Tidak, nilai kurs yang akan digunakan oleh Bank saat pemrosesan transaksi adalah nilai kurs pada saat transaksi tersebut diinput di Aplikasi digibank.

7. Apakah yang dimaksud dengan simbol “≈” pada Estimasi total saldo?

“≈” artinya adalah akumulasi semua mata uang pada Rekening Valas-mu dalam jumlah ekuivalen rupiah dengan menggunakan kurs tengah BI.

8. Apakah saya bisa menutup beberapa mata uang di Rekening Valas saya?

Kamu akan secara otomatis mendapatkan tabungan dalam 10 mata uang. Saat ini, kami tidak dapat melakukan penutupan salah satu mata uang tersebut, namun kami dapat membantu proses penutupan Rekening Valas secara keseluruhan melalui kantor cabang terdekat.

9. Apakah mata uang CNH juga terdapat di digibank Rekening Valas ini?

Saat ini mata uang CNH belum bisa diakses melalui digibank Rekening Valas. Tapi jangan khawatir, fitur ini sedang kami kembangkan.
Transaksi dengan Rekening Valas
1. Transaksi apa saja yang bisa dilakukan di Rekening Valas?

Kamu bisa melakukan transaksi konversi valas di digibank Rekening Valas. Untuk transaksi lainnya, seperti transfer dalam negeri, Transfer Valas, Bayar & Beli, penempatan deposito, dan pembelian eSBN, dapat dilakukan menggunakan rekening utama rupiah digibank kamu.


2. Apakah saya dapat melakukan transfer mata uang asing melalui fitur Transfer Valas dengan menggunakan dana yang sudah ada di Rekening Valas saya?

Sementara ini Transfer Valas dengan sumber dana dari Rekening Valas hanya dapat dilakukan melalui cabang. Tapi jangan khawatir, kami akan terus meningkatkan layanan kami untuk kamu.


3. Apakah saya dapat menggunakan Rekening Valas ini untuk pembelian produk investasi lainnya?

Kamu dapat melakukan pembelian produk investasi lainnya melalui cabang kami terdekat.


4. Apakah saya dapat menarik dana dari Rekening Valas saya dalam bentuk bank notes, sesuai dengan mata uang yang saya inginkan?

Mata uang yang berlaku dan tersedia di kantor cabang Bank DBS Indonesia untuk transaksi penarikan tunai dapat berubah dari waktu ke waktu, sehingga disarankan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menghubungi cabang Bank DBS Indonesia di mana kamu akan melakukan transaksi atau menghubungi RM kamu.


5. Apakah saya bisa menggunakan jasa dan servis yang tersedia di kantor cabang DBS dengan menggunakan Rekening Valas ini?

Kamu dapat menggunakan jasa dan layanan yang tersedia di kantor cabang Bank DBS Indonesia sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Bank dari waktu ke waktu.


6. Apakah saya dapat menghubungkan Rekening Valas saya pada Kartu Debit saya?

Layanan ini masih dalam proses pengembangan oleh tim kami. Ditunggu ya, kami akan terus meningkatkan layanan kami untuk kamu.


7. Apakah saya dapat melakukan pembelian online di situs internasional menggunakan rekening ini?

Saat ini kamu belum dapat melakukan pembelian online di situs internasional menggunakan Rekening Valas. Tapi jangan khawatir, kami akan terus meningkatkan layanan kami untuk kamu.


Produk Terkait