Remittance adalah layanan perbankan untuk mengirimkan uang dalam bentuk valuta asing dari dalam negeri ke luar negeri atau sebaliknya yang dilakukan oleh bank maupun non bank.
Kirim atau transfer uang ke luar negeri tidak perlu datang ke kantor cabang. Transfer kapan saja dan di mana saja untuk segala kebutuhan bisnis atau pribadi kamu. Kirim uang ke keluarga, kerabat atau bisnis partner tinggal klik dengan Aplikasi digibank by DBS.
Transaksi ini merupakan pengiriman uang dari dalam negeri ke luar negeri. Pengiriman uang dilakukan dengan mengirim uang dalam mata uang Rupiah yang nantinya akan diterima oleh penerima dalam mata uang asing.
Akses 24/7 tanpa harus ke cabang tinggal klik langsung dari Aplikasi digibank by DBS.
Gratis biaya transfer ke lebih dari 20 tujuan dengan 7 mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP.
FX Rate terkini dan juara nilai tukar yang kompetitif buat transfer jadi lebih ringan.
Sampai di hari yang sama untuk transaksi yang dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.
Limit transfer valas bulanan
Bank menetapkan limit transaksi konversi/pembelian valuta asing terhadap Rupiah yang dapat dilakukan melalui aplikasi digibank by DBS adalah sebesar akumulasi ekuivalen USD 100,000 per bulan per nasabah yang mencakup transaksi di seluruh channel yang dimiliki Bank untuk melakukan pembelian valuta asing tersebut (antara lain: cabang, aplikasi digibank by DBS, dan lain sebagainya).
Perbaikan / Koreksi terhadap Transaksi
Transaksi transfer valas yang sudah dikirim tidak bisa dibatalkan atau tidak bisa diubah kecuali jika terjadi pengembalian oleh bank penerima atas data transaksi yang tidak benar. Atas dasar tersebut, Bank akan menghubungi nasabah untuk mengkonfirmasikan hal tersebut.
Dalam hal nasabah tidak dapat dihubungi dalam periode tertentu sebagaimana kebijakan Bank atau nasabah menginstruksikan untuk membatalkan transaksi, maka Bank akan mengembalikan dana ke rekening nasabah dengan menggunakan kurs pada saat waktu pengembalian. Biaya transfer yang sudah dikenakan, tidak dapat dikembalikan, serta atas instruksi perbaikan, maka nasabah akan dikenakan biaya perubahan seperti yang telah tertera di tabel biaya.
Verifikasi kepada Nasabah
Bank akan menghubungi nasabah untuk melakukan verifikasi bilamana dibutuhkan atas transaksi transfer valas yang dilakukan. Jika nasabah tidak bisa dihubungi oleh Bank atau nasabah menolak untuk memberikan informasi yang diperlukan oleh Bank maka Bank tidak bisa melanjutkan transaksi transfer valas tersebut.
Kewajiban Penggunaan Rupiah di Wilayah NKRI
Sehubungan dengan Peraturan Bank Indonesia tentang Kewajiban Penggunaan Rupiah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seluruh transaksi di Indonesia wajib menggunakan Rupiah. Dalam hal Nasabah tetap akan melakukan transaksi dalam Valas, maka Nasabah diharuskan untuk mengisi tujuan transaksi atas Transfer Valas tersebut.
Tujuan Transfer |
Mata Uang |
Batas waktu mata uang |
Australia |
AUD |
09.30 WIB |
Singapura |
SGD |
12.30 WIB |
Inggris |
GBP |
13:30 WIB |
Negara-negara di Eurozone (Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan lain-lain) |
EUR |
13:30 WIB |
Hongkong |
HKD |
14:30 WIB |
Kanada |
CAD |
16:00 WIB |
Amerika Serikat |
USD |
16:00 WIB |
Biaya layanan yang dikenakan kepada nasabah atas transaksi Transfer Valas dibedakan berdasarkan layanan yang digunakan untuk melaksanakan transaksi tersebut, yaitu sebagai berikut:
BIAYA |
Layanan Bebas Biaya |
Layanan Regular |
Biaya Transfer |
||
Biaya Servis |
Gratis |
USD 10 / ekuivalen |
Biaya Bank Agen |
Gratis |
Min. USD 25 / ekuivalen |
Biaya Apabila Terdapat Perubahan / Pembatalan / Pengecekan |
||
Biaya Perubahan / Pembatalan |
USD 15 / ekuivalen |
USD 15 / ekuivalen |
Biaya Refund / Biaya Pengecekan |
Ditentukan oleh bank penerima |
Ditentukan oleh bank penerima |
Beberapa bank penerima mungkin akan mengenakan biaya di luar biaya transfer, misalnya biaya penerimaan sesuai dengan kebijakan bank tersebut.
LIMIT |
Minimum per transaksi |
Maksimum per transaksi |
Maksimum per bulan |
Transfer Valas |
Rp 100,000 / ekuivalen |
USD 100,000 / ekuivalen |
USD 100,000 / ekuivalen |
Biaya dapat berubah dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Nasabah mengacu ke ketentuan yang berlaku. Untuk menghindari pengembalian dana oleh bank penerima, pastikan data-data yang diisi sudah benar.
Bebas biaya transfer berlaku ke lebih dari 20 negara tujuan (Amerika Serikat, Singapura, Australia, Hong Kong, Inggris, Kanada, dan negara-negara Eurozone) untuk pengiriman dengan mata uang berikut:
Amerika Serikat (USD)
Singapura (SGD)
Australia (AUD)
Negara-Negara Eurozone (EUR)
Kanada (CAD)
Hong Kong (HKD)
Inggris (GBP)
Untuk kombinasi mata uang di atas, dana dapat diterima di hari yang sama (same-day) selama dana dikirim sebelum batas waktu mata uang. Beberapa bank penerima dapat mengenakan biaya atas penerimaan valas sesuai dengan ketentuan di masing-masing bank tersebut.
Kamu bisa mengirim dana ke 80+ negara lainnya melalui Aplikasi digibank by DBS di luar jalur layanan Transfer Valas Bebas Biaya. Biaya dan proses normal (tidak same-day) akan berlaku untuk jalur reguler ini.
Nama penerima, bank penerima, nomor rekening penerima, jumlah yang dikehendaki untuk diterima. Ingat ya, untuk melakukan transfer ini tidak diperbolehkan untuk merevisi / membatalkan kemudian.
IBAN atau International Bank Account Number adalah standar penomoran rekening bank dan biasanya digunakan di negara-negara Eropa. Kamu bisa mendapatkan kode ini langsung dari bank tujuan transfer internasional atau minta penerima transfer untuk memberikannya.
Kode SWIFT digunakan untuk mengidentifikasi bank-bank di dunia yang tergabung dalam Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication. Nama lain dari kode ini adalah Bank Identifier Code (BIC) dan terdiri dari 8 hingga 11 karakter. Kamu dapat mencari kode SWIFT yang diperlukan untuk transfer ke luar negeri dengan klik "Cari Kode SWIFT" yang terdapat di layar saat mengisi detail penerima transfer.
Kamu dapat mengecek status transfer valas dengan cara berikut:
Masuk ke menu utama berwarna merah di pojok kiri atas Aplikasi digibank by DBS-mu.
Pilih opsi "Transaksi" dan klik "Transfer valas".
Tekan "Histori Transaksi" yang terlihat di layer.
Selain itu, kamu dapat mengecek status pengiriman melalui notifikasi yang dikirimkan keemail terdaftar.
Jika status transfer ke luar negeri gagal, Bank akan mengembalikan dana yang sudah diproses ke rekening kamu dengan kurs yang berlaku saat pengembalian dilakukan. Transfer ke luar negeri bisa gagal karena berbagai alasan, antara lain:
Ketidaklengkapan atau kesalahan detail data penerima.
Tidak terpenuhinya informasi tambahan yang diperlukan dari pengirim.
Jika mengalami hal tersebut, silakan hubungi Bank penerima atau hubungi kami DBSI Customer Centre di 0804 1500 327 atau +6221 298 52888 (dari luar Indonesia). Kami akan mencoba menghubungi Bank Penerima untuk mengembalikan dana yang sudah diproses dengan usaha terbaik kami.
Transaksi transfer valuta asing di digibank by DBS bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan diantaranya:
Kebutuhan transaksi bisnis.
Pembayaran biaya sekolah di luar negeri.
Kebutuhan transaksi pribadi lainnya.
Untuk melihat Kurs Mata Uang Ter-Update di aplikasi digibank-mu, kalian bisa klik disini.
di aplikasi Digibank by DBS untuk menikmati kemudahan transaksi Anda
Hubungi - 0804 1500 327Â atauÂ
+6221 29852888 (dari luar negeri)
Business hour pukul 09.00 WIB - 17.00 WIB