pilot
20 Nov 2023

Wujudkan Menjadi Pilot Terbaik dengan KTA

Pilot merupakan sebuah profesi dengan jenjang karir terbaik yang mana permintaannya selalu tinggi. Sesuai data statistik yang dirilis oleh Kementerian Perhubungan RI, rata-rata kebutuhan pilot per tahunnya adalah 800 orang untuk memenuhi penerbangan komersial domestik.

Ternyata angka ini belum terpenuhi melihat minat masyarakat yang masih cukup rendah untuk menempuh pendidikan pilot. Banyak alasan yang melatarbelakangi rendahnya minat orang bersekolah pilot, terutama soal biaya pendidikan.

Namun, saat ini kamu yang berminat untuk masuk sekolah pendidikan pilot tidak perlu khawatir tentang biaya. Karena adanya pinjaman bunga rendah KTA yang tepat dapat membantu persoalan biaya pendidikanmu.

Informasi Berbagai Divisi Sekolah Penerbangan

Bagi kamu yang berminat untuk menempuh pendidikan sekolah penerbangan, wajib mengetahui seluk-beluk informasi mengenai pendidikan satu ini. Berikut ini rangkuman apa saja pengetahuan yang kamu wajib pahami sebelum menempuh pendidikan penerbangan:

●       Syarat Daftar Pendidikan Penerbangan

Informasi pertama yang wajib kamu ketahui adalah syarat yang wajib dipenuhi ketika mendaftar di sekolah penerbangan. Syarat-syarat wajib tersebut terdiri dari tinggi badan minimal 160 cm, memiliki kondisi fisik dan mental yang sehat dan tidak buta warna.

Namun, beberapa sekolah penerbangan memiliki tambahan standar persyaratan yang berbeda-beda. Selain itu, kamu juga wajib mengikuti serangkaian tes tulis dan lisan yang setiap sekolah juga memiliki standar berbeda-beda.

Misal, sekolah penerbangan Aero Flyer Institute Tangerang yang memiliki syarat masuk yaitu minimal lulus SMA, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Fotokopi KTP, pas foto full body, daftar Riwayat hidup (CV), pas foto dengan pakaian putih berlatar belakang merah dan sebagainya.

●       Jenjang Karir Pendidikan Penerbangan

Ketika seseorang lulus dalam ujian pendidikan penerbangan dan menjadi seorang pilot, maka hal pertama yang wajib dimiliki adalah sertifikasi terbang atau pilot license. Sertifikasi penerbangan ini terdiri dari PPL, CPL, ATPL dan ME.

Faktanya, sekolah penerbangan tidak hanya diperuntukkan untuk kamu yang ingin menjadi pilot. Terdapat variasi jenjang karir yang dapat kamu tempuh, seperti flight attendant, FOO (Flight Operation Officer), marshaller, ground staff, ATC (Air Traffic Controller) dan lain sebagainya.

Untuk divisi pilot sendiri, tentu terdapat jenjang karir yang wajib kamu tempuh. Pertama, kamu akan menjadi second officer yang mana peruntukkan bagi para pilot pemula yang baru lulus.

Kedua, first officer merupakan jenjang karir yang mana kamu sudah dapat mengemudikan pesawat namun masih wajib didampingi kapten. Terakhir adalah captain, yang mana jenjang karir tertinggi seorang pilot dan memiliki semua tanggung jawab ketika penerbangkan pesawat.

●       Tugas-Tugas Ketika Lulus Pendidikan Penerbangan

Setelah menjalani pendidikan penerbangan dan menjadi pilot atau profesi lainnya, tentu terdapat tugas-tugas yang wajib dijalani. Tugas-tugas tersebut berfokus pada kelancaran sistem dan transportasi di udara negara Indonesia.

Beberapa tugas yang umumnya wajib diemban ketika kamu lulus pendidikan penerbangan adalah menerbangkan pesawat (lulusan pilot), mengatur lalu lintas udara untuk lulusan ATC, mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang di dalam transportasi pesawat (lulusan flight attendant), dan sebagainya.

4 Tips Jitu Menjadi Pilot Di Sekolah Penerbangan

Sebagian informasi detail mengenai pendidikan penerbangan dan menjadi pilot sudah kamu ketahui. Maka saatnya kamu wajib mengikuti berbagai tips jitu agar kamu dapat diterima menjadi bagian dari pelajar sekolah penerbangan dan menjadi pilot.

Dapat dibilang awal perjuangan menjadi seorang pilot cukup berat. Namun, jika ada kemauan tentu pasti ada jalan. Berikut ini 4 tips jitu yang dapat kamu ikuti ketika memutuskan untuk memilih sekolah penerbangan untuk menjadi pilot:

●       Siapkan Budget Pendidikan

Tips pertama tentu berkaitan dengan budget, yang mana kamu wajib persiapkan paling awal. Biaya sekolah penerbangan tentu berbeda-beda, misal biaya keseluruhan sekolah penerbangan  Bali International Flight Academy (BIFA) yaitu Rp985 juta dengan deposit mahasiswa Rp25 juta.

Kamu yang ingin memilih sekolah penerbangan terbaik ini tak usah ragu masalah biaya. Karena, pertama kamu dapat mencari beasiswa dan kedua kamu dapat memanfaatkan pinjaman bunga rendah KTA yang tepat untuk membiayaimu.

●       Latihan Fisik dan Mental

Mempersiapkan fisik dan mental secara optimal menjadi tips jitu kamu dapat diterima sebagai mahasiswa sekolah penerbangan. Bagaimana tidak, ketika mendaftar pun kamu diwajibkan memiliki riwayat kesehatan yang baik.

Maka dari itu, jika kamu memiliki tekad untuk menjadi pilot, persiapkan fisik kamu dengan latihan ringan sampai berat. Misal, setiap hari berlatih kardio seperti lari dan berenang untuk mendapatkan bentuk badan yang sehat dan tegap.

●       Penuhi Jam Terbang

Selama masa pendidikan, seorang cadet pilot wajib mengumpulkan sekitar 160-220 jam terbang agar dapat lulus sekolah penerbangan. Di Indonesia sendiri telah menerapkan batasan jam terbang untuk pilot yaitu dilarang terbang berturut-turut lebih dari 9 jam dalam 1 hari.

Adanya batasan perlindungan lembur bagi pilot membuat pilot hanya memiliki waktu kerja tidak boleh lebih dari 1.050 jam setahun, atau tidak boleh lebih dari 110 jam dalam sebulan dan tidak boleh lebih dari 30 jam selama seminggu.

Hal ini berlaku untuk pilot pesawat komersial, helikopter maupun pilot penyalur barang-barang logistik. Tujuannya adalah agar keamanan saat bertugas tetap maksimal dan segala macam bentuk human error dapat diminimalisasi.

●       Memiliki Moral dan Tanggung Jawab Baik

Apakah kamu tahu? Pada bulan Desember tahun 2016, publik dikejutkan dengan berita pilot maskapai komersial tertentu diketahui sedang mabuk ketika menjalani tugas. Berita ini dimuat oleh Tempo, yang mana oknum pilot tersebut langsung dipecat segera.

Hal tersebut membuktikan bahwa menjadi pilot wajib memiliki tanggung jawab dan moral yang tinggi. Karena profesi apapun memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan mewajibkan orang yang menjalaninya memiliki kredibilitas terbaik.

Sehingga, jika kamu ingin menjadi pilot terbaik maka tips jitunya adalah menjadi pribadi yang memiliki moral dan rasa tanggung jawab tinggi. Terlepas dari nantinya kamu akan menjadi pilot pesawat komersial maupun pilot pesawat jenis lainnya.

Wujudkan Mimpi Menjadi Pilot dengan Pinjaman Bunga Rendah

Sekarang mewujudkan mimpi menjadi seorang pilot bukan lagi masalah besar yang membuat kamu ragu. Berbagai cara dapat kamu lakukan, terlebih lagi dengan adanya bantuan KTA yang bertujuan untuk memenuhi biaya pendidikanmu.

Pinjaman dana bunga rendah dapat dimanfaatkan untuk biaya pendidikan asalkan kamu memiliki produk KTA paling tepat dan cicilannya tidak membebani keuanganmu. Satu rekomendasinya adalah digibank KTA.

Produk KTA yang unggul dibandingkan produk lainnya dibuktikan dengan berbagai manfaat yang dapat dinikmati olehmu. Dengan approval hanya 60 detik, kamu sudah bisa mendapatkan pencarian dana sebesar Rp 200 juta. Selain itu, tenor hingga 36 bulan.

Maka dari itu, pilih pinjaman bunga rendah dari digibank KTA untuk mewujudkan cita-cita muliamu sebagai pilot. Jadilah bagian dari kemajuan transportasi udara dalam negeri! Untuk informasi lengkap dan cara pengajuan klik di sini!

 

 

Apply digibank KTA