KTA
13 Apr 2023

Waspada! Ini Bahaya KTA Ilegal Online yang Harus Dihindari

Kasus penipuan online dengan modus investasi yang mampu menghasilkan profit berlipat ganda sebenarnya masih sangat marak. Begitu halnya dengan tawaran mengajukan KTA yang bahkan memakan korban akhir-akhir ini karena adanya jenis ilegal.

Berbagai kasus ini tentu menjadi gambaran jika sekarang masih banyak kalangan yang sangat mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan berkali-kali lipat. Hal ini juga menyadarkan kita bahwa literasi mengenai bahaya pinjaman online masih perlu digencarkan kepada masyarakat.

Bahaya Pinjaman KTA Ilegal

Kasus pinjaman ilegal memang semakin marak akhir-akhir ini. Tawaran kredit dalam jumlah besar menjadi salah faktor banyaknya masyarakat awam yang mudah tergiur dengan kredit abal-abal. Padahal, ada banyak masalah yang bisa mengintai mereka saat terjebak ke dalam pinjaman ilegal ini.

● Penawaran Kredit dengan Bunga yang Tinggi

Penyedia kredit tanpa agunan yang abal-abal juga kerap kali memberikan bunga yang sangat tinggi kepada calon nasabahnya. Bahkan ada yang sampai menawarkan bunga 4 persen setiap harinya.

Hal ini tentu berbeda dengan kredit bunga yang selalu ditawarkan oleh perbankan legal yaitu sebesar 12 hingga 13 persen untuk setiap tahunnya, bukan untuk hitungan harian.

● Menerapkan Biaya Administrasi Besar

Umumnya, pihak pinjaman ilegal menerapkan biaya administrasi kepada calon peminjam dengan tujuan keperluan materai dan kelengkapan berkas lainnya. Tak tanggung-tanggung biaya administrasi bisa mencapai angka jutaan oleh mereka.

● Tenor Singkat

Pemberian tenor yang singkat juga menjadi salah satu hal yang sangat berisiko kepada pihak debitur. Tentu saja, kondisi pemberian tenor seperti ini bisa membuat kamu akan kelabakan dan panik saat ingin mengembalikan dana pinjaman.

● Teror dan Intimidasi

Teror dan intimidasi adalah hal yang akan sering kamu dapatkan saat menerima tawaran kredit ilegal. Saat sudah tak mampu membayar jumlah pinjaman, pihak penyedia kredit abal-abal ini pun akan mengerahkan debt collector untuk menagih setiap debiturnya.

Proses penagihan pun kerap kali dilakukan dengan cara memberikan teror hingga intimidasi kepada para korban. Beberapa kasus di lapangan menunjukkan bahwa perlakuan intimidasi bisa berupa ancaman, penipuan, penyebaran informasi pribadi, hingga tindak pelecehan seksual.

Survei yang dilakukan oleh LBH juga menyebutkan, terdapat 72,08 persen pengguna kredit ilegal merupakan wanita. Sekitar 22 persen dari wanita tersebut telah mengalami kekerasan dari pihak penyedia kredit ilegal.

● Tidak Diawasi Otoritas Jasa Keuangan

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan lembaga yang memantau dan mengawasi setiap lembaga keuangan di tanah air termasuk perbankan yang menawarkan kredit. Jadi, pastikan untuk mengecek kreditur yang memberikan pinjaman kepada kamu terlebih dahulu.

Banyak kalangan yang menjadi frustasi setelah kehilangan uang dari lembaga pinjaman abal-abal. Pasalnya, mereka tidak memiliki lembaga yang harus dihubungi atau dimintai pertanggungjawaban.

Risiko penipuan pinjaman online akan sangat mudah dihindari jika kamu lebih teliti dan waspada saat membaca syarat yang diberikan. Dibalik iming-iming KTA cepat cair, kamu juga wajib mengecek rekam jejak penyedia kredit online tersebut, apakah telah terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan atau tidak.

Tips Agar Tidak Terjebak KTA Ilegal

Kemajuan teknologi memang memberikan banyak kemudahan dalam mengakses pinjaman kredit. Sayangnya, semakin berkembangnya teknologi digital juga dijadikan peluang bagi banyak oknum tak bertanggung jawab dalam melakukan pinjaman kredit ilegal.

Agar kamu tidak menjadi korban selanjutnya, cobalah untuk menerapkan tips berikut ini.

● Cek Izin Perusahaan

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah dengan mengecek perizinan perusahaan dari layanan kredit tersebut. Jika pinjaman online tersebut tidak terdaftar di dalam situs resmi Otoritas Jasa Keuangan, maka dapat dipastikan jika penyedia kredit tersebut adalah ilegal.

● Pilih Aplikasi Resmi

Setiap penyedia kredit online yang legal umumnya sudah memiliki aplikasi resmi. Para debitur bisa men-download aplikasinya lewat Play Store maupun App Store.

Jika kamu diminta untuk mendownload sebuah aplikasi kredit online yang tidak jelas dan mencurigakan, maka sebaiknya kamu mengabaikan pesan tersebut.

Pasalnya, aplikasi pinjaman online ilegal bisa saja mencuri data pribadi kamu dan kemudian disalahgunakan.

● Jangan Mudah Tertarik

Banyak kredit ilegal yang menawarkan KTA cepat cair dengan tujuan agar kamu lebih mudah tertarik dengan tawaran tersebut. Kebanyakan pinjaman online ilegal yang ada hari ini melakukan metode scamming lewat SMS hingga chat pribadi melalui media sosial.

Tentu saja sasarannya ialah kalangan yang masih awam menggunakan teknologi. Maka bila kamu mendapatkan banyak pesan berantai yang berisikan penawaran kredit, akan lebih baik untuk segera menghapusnya.

Jangan sampai handphonemu digunakan oleh orang lain dan dengan sengaja atau mungkin tidak sengaja mengklik lampiran link yang terdapat dari pesan penipuan pinjaman tersebut.

● Cek Bunga Pinjaman

Langkah selanjutnya adalah dengan selalu mengecek besaran bunga yang diberikan pihak kreditur. Jika cicilan bunga yang ditawarkan masih dalam batas wajar baik itu dalam hal persentase maupun masa cicilannya, maka silahkan untuk mempertimbangkannya.

Jangan sampai kamu juga tergiur dengan jumlah pinjaman yang ditawarkan. Tapi dari segi finansial, kamu belum mampu untuk membayar cicilan bunganya.

● Menjaga Data Pribadi

Bagian ini termasuk tips yang paling penting dalam menghindari bahaya pinjaman kredit online ilegal. Pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi kamu mulai dari e-KTP, KK hingga identitas pribadi lainnya yang dapat memicu munculnya penipuan kredit online.

Salah satu metode yang dilakukan oleh penipu pinjaman online untuk mendapatkan data pribadi korbannya adalah dengan terus mengirimkan link lewat pesan pribadi yang bertujuan untuk mencuri data pribadi. Oleh sebab itu, jangan mudah mengklik link dari pesan orang-orang yang tak dikenal.

Pengajuan KTA Lebih Aman dan Nyaman bersama digibank KTA

Tak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman online lewat digibank KTA. digibank KTA merupakan salah satu pinjaman aman dan terpercaya karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan. Adapun keunggulan yang bisa kamu dapatkan saat mengajukan kredit adalah sebagai berikut:

  • Online 24 jam, tanpa ribet karena apply online dimana saja dan kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS atau website go.dbs.com/kta yang bisa diakses melalui handphone.
  • Approval cepat dalam 60 detik.
  • Dana langsung cair ke rekening digibank by DBS hingga Rp200 juta.
  • Bebas mengatur jumlah dana yang diajukan.
  • Cicilan hingga 36 bulan.
  • Tanpa dokumen fisik.
  • Persyaratan mudah. Kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan minimum 5 juta.

digibank KTA terus menawarkan berbagai kemudahan kepada setiap nasabahnya saat melakukan pengajuan KTA. Selain proses yang mudah, nasabah pun berkesempatan untuk mendapatkan modal kredit bernilai ratusan juta. Menarik, bukan?

Untuk informasi lengkap mengenai cara pengajuan dan syarat lengkapnya bisa cek pada tautan berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.

 

 

Apply digibank KTA