Cafe
05 May 2023

Ubah Warnet Jadi iCafe Kekinian dengan KTA Online

Pada tahun 2010-an menjamur usaha warnet di Indonesia. Sayangnya, warnet perlahan-lahan mulai surut. Namun, sejak pandemi berakhir mulai bermunculan usaha iCafe atau internet cafe yang menyerupai warnet akan tetapi dalam sentuhan lebih modern dan estetik.

Jika kamu tertarik untuk menghasilkan pundi-pundi cuan lewat usaha iCafe tapi terhalang modal, cobalah memanfaatkan KTA online.

Meski saat ini setiap orang sudah memiliki internet dan laptop di rumah masing-masing, bisnis ini jika dikembangkan dengan baik dan tepat sasaran akan mendatangkan banyak peluang.

Apa itu iCafe dan Bagaimana Sejarahnya di Tanah Air?

Pada dasarnya, warnet tidak jauh berbeda dengan iCafe. Perkembangan iCafe hari ini tidak lepas dari kehadiran warnet. Jika warnet adalah singkatan dari warung internet maka iCafe merupakan akronim dari internet café. Sejak tahun 90-an awal hingga 2000-an, warnet adalah tempat favorit banyak kalangan dalam mengakses internet.

Mulai dari mencari referensi tugas-tugas kampus di internet hingga untuk hiburan seperti bermain game online, menonton Youtube hingga bermain Facebook. Namun, seiring perkembangan zaman, warung internet mulai kehilangan popularitasnya. Kehadiran gadget berupa laptop, iPad, hingga smartphone membuat warnet semakin ditinggalkan.

Kondisi ini membuat banyak pebisnis warnet mulai fokus kepada industri gaming. Terbukti, hingga hari ini banyak anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menggunakan warnet untuk menyalurkan hobi mereka untuk bermain game. Target audience warnet pun mulai fokus kepada gamers.

Fasilitas komputer yang dulunya belum mampu menampung spesifikasi game kini semakin di upgrade. Oleh sebab itu, jika kamu berencana membuka iCafe maka pastikan untuk memenuhi spesifikasi PC gamers saat ini. Kehadiran KTA online proses cepat bisa menjadi pilihan untuk membeli puluhan PC pada usaha iCafe kamu.

Transformasi warnet menjadi iCafe pun disambut dengan respon positif oleh para gamers di tanah air. Seiring dengan menjamurnya esports, makna iCafe juga semakin berkembang ke dalam berbagai istilah seperti esports arena, gaming space, dan lain sebagainya.

Berhubung esports semakin naik daun, banyak bisnis iCafe mulai berlomba dalam menghadirkan iCafe yang berkualitas dan juga unik. Beberapa bisnis iCafe tak hanya fokus meningkatkan desain atau interior iCafe mereka. Agar semakin dilirik oleh para gamers, banyak iCafe menaikkan fasilitas PC mereka agar sesuai dengan spesifikasi PC gamers yang sedang trend.

Saat ini, kamu bisa melihat para atlet esport biasanya berkumpul dan bertanding pada sebuah iCafe yang memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan para gamers. Meskipun warnet sudah tak lagi populer seperti dahulu kala, akan tetapi warnet sangat berperan besar akan hadirnya iCafe modern dan trendy saat ini.

Strategi Mengembangkan Bisnis iCafe dengan Memanfaatkan KTA Online

Sama halnya dengan mengembangkan bisnis lainnya, mengembangkan bisnis iCafe juga membutuhkan strategi yang tepat agar bisa bertahan di tengah gempuran bisnis iCafe lainnya yang tengah menjamur.

●       Lokasi yang Strategis

Lokasi iCafe yang strategis menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan bisnis iCafe. Lokasi yang jauh dari tempat keramaian tentu akan sulit mendatangkan banyak pengunjung. Sebelum memilih sebuah lokasi maka ada baiknya untuk melakukan survey atau riset lokasi lebih dulu.

Hal ini penting untuk dilakukan untuk mengetahui potensi bisnis iCafe ke depannya. Jangan sampai modal yang kamu gunakan untuk menyewa sebuah ruko atau gedung menjadi sia-sia karena salah memilih lokasi.

●       Menyediakan Fasilitas PC Spek Gahar

PC dengan spek gahar adalah suatu keharusan saat bermain game. Para gamers tentu akan mempertimbangkan kualitas PC sebuah iCafe saat bermain game. PC dengan spek rendah tentu sangat tidak nyaman digunakan terutama bagi para gamers profesional yang telah memiliki jam terbang tinggi mengikuti event esports.

PC yang disediakan juga sebaiknya terdiri atas puluhan PC. Perlu kamu tahu, para gamers saat ini gemar bertanding secara berkelompok dibandingkan secara individu. Bermain game tentu akan semakin seru saat gamers yang bertanding terdiri atas beberapa tim.

Tak hanya persoalan kualitas dan kuantitas PC. Kamu juga perlu menyediakan properti gaming lainnya seperti meja, kursi dan peralatan game lainnya yang telah sesuai dengan standar khusus perangkat gaming internasional.

●       Desain Ruangan Futuristik

Penampilan yang menarik tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Agar bisnis iCafe kamu lebih kekinian dan tampil beda dari jenis bisnis iCafe lainnya cobalah menerapkan desain ruangan yang futuristik.

Namun, kamu perlu tahu bahwa budget yang dibutuhkan untuk menyulap sebuah ruangan biasa menjadi ruangan luar biasa tentulah tidak sedikit. Kamu harus mempertimbangkan biaya material hingga properti atau peralatan yang akan digunakan.

Tak hanya itu saja, agar konsep futuristik ala dunia game lebih maksimal maka tak ada salahnya untuk menggunakan jasa designer. Kamu bisa berdiskusi dan meminta saran mengenai konsep iCafe yang ingin diterapkan dalam menciptakan vibes iCafe yang lebih estetik dan kekinian.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis iCafe-mu, silahkan memanfaatkan KTA online proses cepat sekarang juga. Saat ini, banyak perbankan telah menawarkan proses pengajuan kredit tanpa agunan dengan proses yang lebih mudah dan praktis.

Selain itu, modal yang ditawarkan super besar yaitu mencapai ratusan juta rupiah. Menarik, bukan?

●       Karyawan yang Kompeten

Karyawan yang kompeten dan profesional juga menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha. Begitu halnya dalam bisnis iCafe, kamu memerlukan orang-orang yang kompeten dan ahli di bidang yang bergelut dengan teknologi ini.

Pada dasarnya, karyawan pada sebuah internet café memiliki job desk utama yaitu sebagai operator. Mereka bertindak selaku operator yang mengontrol dan menjaga sistem di dalam iCafe.

Oleh sebab itu, saat merekrut karyawan pastikan jika mereka juga melek dengan dunia teknologi khususnya yang berkaitan dengan dunia gaming.

Selain karyawan yang bertugas sebagai operator, kamu juga perlu menyediakan karyawan yang bertugas untuk menjaga kebersihan dan kerapihan iCafe. Dengan begitu, para pengunjung juga merasa lebih nyaman saat berada di dalam iCafe. 

Semakin menjamurnya event-event esports membuat industri bisnis iCafe juga semakin diburu oleh para pebisnis. Melihat potensi iCafe yang terus berkembang, maka momen ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang tertarik menggeluti bisnis gaming. Terlebih lagi jika kamu memiliki warnet yang sudah tak pernah difungsikan lagi maka cobalah menyulapnya untuk menjadi bisnis iCafe.

Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mengembangkan bisnis iCafe tidak semudah yang dilihat. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan termasuk untuk urusan budget.

Jika dalam waktu dekat ini kamu berencana untuk mengembangkan bisnis iCafe tapi terkendala masalah modal, maka silahkan mengajukan digibank KTA.

Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai kemudahan dan keuntungan yang diberikan kepada nasabahnya. digibank KTA memberikan dana hingga Rp200 juta. Untuk syarat dan pengajuan KTA online secara lebih jelasnya bisa kamu cek lewat tautan berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.

 

 

Apply digibank KTA