cafe
29 Sep 2023

Ubah Konsep Coffee Shop Jadi Cat Cafe Kekinian

Cafe merupakan salah satu bisnis kuliner yang berpeluang besar mendatangkan keuntungan. Itu karena kebanyakan masyarakat Indonesia suka berkumpul bersama teman sembari minum kopi.

Selain warkop, cafe juga banyak dipilih karena menunya beragam dan suasananya lebih nyaman. Tak heran jika bisnis cafe sudah menjamur di mana-mana. Dengan banyaknya pesaing tentu kamu harus membuat sesuatu yang unik sebagai daya tarik.

Salah satunya dengan menerapkan konsep cat cafe di bisnis coffee shop-mu. Belum punya modal yang cukup untuk melakukannya? Coba ajukan KTA online untuk mengembangkan bisnismu.

Tips Jitu Ubah Coffee Shop Jadi Cat Cafe Kekinian

Apakah sistem bisnis cat cafe sama seperti coffee shop pada umumnya? Tentu agak berbeda karena cat cafe membutuhkan penanganan ekstra. Kamu harus mengelola bisnis sembari merawat beberapa kucing tentu ini bukan perkara yang mudah.

Tapi kalau kamu suka kucing mungkin hal tersebut tidak akan menjadi masalah besar. Agar bisnismu berjalan lancar, konsep coffee shop harus dirombak total. Berikut tips mengembangkan bisnis cat cafe dilansir dari hepper.com.

●       Gunakan Nama Cat Cafe yang Unik

Langka pertama yang perlu dilakukan adalah mencari nama yang tepat untuk brand cat cafe-mu. Penentuan nama tidak boleh sembarangan karena nantinya digunakan untuk membangun branding bisnis.

Cari nama yang unik agar orang-orang tertarik dan penasaran tapi jangan pilih nama yang terlalu rumit karena akan susah diucapkan. Jadi pilihlah nama yang unik dan simpel agar mudah diingat pelanggan, contohnya Whiskas & Whisky Cafe atau Cat Shelter Cafe.

●       Buat Rencana Bisnis

Setiap pemilik bisnis pasti ingin mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya. Untuk mewujudkannya kamu harus membuat rencana bisnis yang matang. Dengan perencanaan yang matang profit penjualan bisa meningkat drastis dari penjualan sebelumnya.

Di dalam rencana bisnis harus berisi rincian penting tentang bisnismu mulai dari ide bisnis, target pasar, tim dan staf, calon partner bisnis, strategi operasional, hingga tujuan bisnis. Agar tidak lupa kamu harus membuatnya secara tertulis agar nanti lebih mudah direalisasikan.

●       Siapkan Modal

Setelah melakukan langkah-langkah tadi selanjutnya kamu perlu menyiapkan modal untuk merealisasikan rencana bisnismu. Mengubah coffee shop biasa menjadi cat cafe kekinian memang tidak mudah karena dibutuhkan modal yang lumayan besar.

Karena harus mencari tempat baru yang lebih luas dan mendekorasi ulang interior cafe. Kalau kamu ingin menghadirkan cat cafe yang nyaman dan bagus, setidaknya diperlukan dana yang lumayan besar.

Tapi itu bukan perkara yang rumit karena kamu bisa melakukan pengajuan KTA online bank untuk mendapat tambahan modal.

●       Cari Lokasi yang Strategis

Sebelum mencari lokasi baru, kenali dulu siapa target pasarmu, kebanyakan pengunjung cat cafe adalah anak muda. Jadi idealnya kamu harus mencari tempat yang sering mereka dilalui, contohnya di dekat universitas, gedung perkantoran, dan di pusat kota.

Pemilihan lokasi tidak boleh sembarang karena akan mempengaruhi angka penjualanmu. Tidak masalah biaya sewanya lebih mahal asalkan lokasinya strategis. Karena percuma mendapat harga sewa murah jika lokasinya sepi dari lalu-lalang orang.

Kalau kamu terkendala masalah dana saat mencari tempat strategis sebaiknya gunakan KTA online agar mendapat lokasi bisnis yang tepat.

Jangan lupa pilih lokasi yang menyediakan area parkir agar pelanggan bisa memarkirkan kendaraannya. Selain itu, pertimbangan luas ukuran cafe agar kucing-kucingmu bisa bergerak bebas. 

●       Tentukan Metode Operasional Bisnis

Metode operasional bisnis cat cafe terdiri dari beberapa macam. Namun, sebagian besar menerapkan tarif per jam untuk bermain dengan para kucing. Tarif tersebut bisa dibuat terpisah dari harga makanan dan minuman atau dibuat sebaliknya.

Tapi sekarang banyak juga cat cafe yang mewajibkan pelanggan membeli makanan dan minuman untuk bermain dengan para kucing secara gratis.

Metode operasional ini tergolong lebih praktis karena kamu tidak perlu menghitung durasi pengunjung saat datang ke sana.

●       Buat Daftar Menu dan Harga

Sebagian besar cat cafe menawarkan minuman dan makanan ringan yang ramah di kantong. Untuk menentukan menu yang tepat kamu harus mencari tahu minuman dan makanan yang sedang tren di kalangan anak muda, berikut beberapa contohnya:

  • Croffle
  • Cinnamon roll
  • Roti bakar
  • Corn dog
  • Beef bowl
  • Sandwich
  • Aneka kopi
  • Smoothies
  • Milk tea

Dalam menentukan harga juga harus diperhitungkan dengan matang karena pengunjung cat cafe kebanyakan dari kalangan anak sekolah, anak kuliahan, dan sebagian sudah bekerja.

Oleh karena itu, sebaiknya buatlah daftar menu dengan harga terjangkau agar mereka sering datang ke cat cafe-mu.

●       Pilih Karyawan yang Kompeten

Pemilihan karyawan untuk  bisnis cat cafe tidak bisa sembarang karena konsepnya berbeda dengan coffee shop biasa. Pastikan para karyawan tidak memiliki kendala, contohnya seperti alergi bulu kucing, takut dengan kucing dan masalah lainnya.

Selain itu kinerja karyawan juga harus dipertimbangkan terutama dalam mengolah makanan. Mereka harus mengutamakan kehigienisan minuman dan makanan yang disajikan. Bila memungkinkan cari karyawan yang sudah berpengalaman di bisnis cat cafe.

●       Bekerja Sama dengan Shelter Kucing

Mengisi cat cafe dengan kucing-kucing ras memang terlihat menarik tapi akan lebih bagus jika kamu mengambil kucing dari tempat shelter. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan bisnis sekaligus merawat kucing-kucing terlantar.

Setiap kucing yang diselamatkan petugas shelter pasti memiliki cerita yang berbeda-beda. Kamu bisa menjadikan cerita tersebut sebagai daya tarik bisnis.

Karena pelanggan akan lebih bersimpati sehingga datang kembali untuk melihat dan bermain dengan kucing tersebut.

●       Datangkan Dokter Hewan secara Rutin

Semua kucing yang ada di dalam cat cafe harus dalam kondisi sehat agar tidak menularkan penyakit ke pelanggan dan karyawan.

Oleh karena itu, wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk menjaga kondisi tubuhnya. Hal ini termasuk kewajiban yang harus dipenuhi saat menjalankan bisnis cat cafe.

●       Promosikan Bisnis Melalui Media Sosial

Jika jumlah pengikut di akun media sosial lamamu sudah lumayan banyak sebaiknya cukup mengganti nama dan logonya saja. Atau bisa juga membuat akun media ulang untuk melakukan rebranding.

Media sosial merupakan platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis ini. Jika memiliki dana lebih kamu bisa bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikannya. Untuk meningkatkan jumlah pengikut di media sosial diperlukan unggahan konten yang menarik.

Untuk itu kamu perlu menyusun perencanaan konten dan mengikuti perkembangan tren di masyarakat. Jika tidak ahli di bidang pembuatan konten dan pemasaran digital kamu bisa menggunakan jasa perusahaan digital marketing professional.

Tertarik mengubah coffee shop biasa menjadi cat cafe kekinian? Jika iya kamu bisa menerapkan tips tadi untuk mewujudkannya. Jika butuh tambahan modal jangan lupa mengajukan pinjaman di digibank KTA.

Dapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp200 juta dengan proses cepat dan syarat yang mudah. Yuk kembangkan bisnis cat cafe kekinian dengan KTA online dari digibank by DBS sekarang. Mau tahu apa saja kelebihannya? Cek detail informasinya di sini ya.

 

 

Apply digibank KTA