Tips Tetap Merdeka Finansial Selama Pandemi

Tips Tetap Merdeka Finansial Selama Pandemi

Sahabat digibank, kita tahu kalau menjaga kesehatan tubuh dan mengikuti protokol pemerintah di masa pandemi ini menjadi begitu penting untuk dilakukan setiap hari. Namun, ada hal lain yang tidak kalah penting untuk dijaga juga lho, yaitu menjaga kondisi keuangan kita tetap sehat dan lancar. Mungkin bagi sebagian orang, pandemi ini menjadi momen yang begitu challenging karena diharuskan menghadapi tekanan bisnis dan kemungkinan kehilangan pekerjaan kapan saja. Ditengah tahun yang Penuh ketidakpastian ini, ada baiknya kita menyiapkan kiat-kiat agar kondisi keuangan tetap aman hingga tahun depan. Apa sih yang harus dilakukan menjelang akhir tahun ini? Simak tipsnya berikut ini ya.

  1. Cek arus keluar-masuk pengeluaran dengan teliti.

Dengan mengetahui secara pasti setiap pengeluaran dan pemasukan kita setiap hari, kita jadi bisa mengetahui pengeluaran terbesar berasal dari mana dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Selain itu juga, kebiasaan ini membuat kita lebih mudah mengontrol arus kas keuangan dengan lebih baik dibandingkan mengabaikan kedua hal ini lho.

  1. Ketahui skala prioritas keuangan dan susun budgetnya.

Selain mengetahui arus keluar-masuk keuangan, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mengetahui skala prioritas kebutuhan kita saat ini, tentunya di masa pandemi ini adalah kebutuhan primer, yaitu makanan dan minuman untuk dikonsumsi sehari-hari, sekunder, yaitu pakaian dan tempat tinggal yang layak untuk kita huni, dan terakhir adalah tersier yang merupakan kebutuhan mewah seperti mobil, tas mewah dan lain-lain. Dengan fokus pada kebutuhan primer tentu pengeluaran kita akan lebih mudah dikontrol, bukan?

  1. Siapkan dana darurat setidaknya 3 sampai 6 kali gaji.

Dana darurat adalah dana yang kita siapkan jauh-jauh hari untuk digunakan apabila kita berada di posisi yang benar-benar tidak terprediksi seperti kehilangan pekerjaan, sakit parah yang memakan waktu berminggu-minggu untuk sembuh, atau kehilangan barang berharga. Dianjurkan untuk memiliki dana darurat setidaknya 3 kali gaji kita untuk dapat terus bertahan hidup hingga kita mendapatkan pekerjaan baru, lebih aman lagi tentu apabila kita menyiapkan dana darurat hingga 6 sampai 12 kali gaji.

  1. Cari sumber penghasilan tambahan sedini mungkin.

Selain itu juga kita wajib untuk punya pemasukan tambahan lewat pekerjaan sampingan kita selagi kita bisa mengatur waktu dan pekerjaan agar tidak bentrok satu sama lain atau membuat kita burn out. Hal Ini baik dilakukan untuk menambah pundi-pundi tabungan dan dana darurat dan mencukupi kebutuhan lainnya saat kita butuhkan.

  1. Lakukan investasi berkala secara rutin.

Rutin berinvestasi dalam jangka panjang akan memberikan keuntungan untukmu lho, karena harga saham, emas dan reksadana lainnya cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun. Ini juga baik kita lakukan untuk menghindari nilai mata uang kita terdampak inflasi dan terpotong bunga bank.

  1. Hindari berbelanja impulsif, pilih sitem cicilan bila kondisi urgent

Terakhir, pastikan kamu tidak berbelanja secara impulsif apabila melihat gadget impian ataupun barang-barang sale ya. Sebaliknya, apabila kamu dalam kondisi mendesak yang mengharuskan kamu membeli elektronik, gadget, dan sejenisnya karena pekerjaan, sebaiknya kamu membeli dengan cara menyicil agar cash-flow kamu tetap terjaga. Kamu bisa memanfaatkan fitur cicilan Pay Your Way pada Aplikasi digibank by DBS yang dapat membantu kamu mencicil hingga 5 transaksi sekaligus dan kamu juga bisa mengatur tenor sesuai dengan preferensi kamu.

Bagaimana menurut kamu? Semoga tips diatas bisa membantu menstabilkan dan menjaga cash-flow tetap aman di masa pandemi ini.

Terima kasih atas masukan Anda

Apakah informasi ini bermanfaat?

Terima kasih atas masukan Anda
Bagaimana informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini
Beri kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!>$&-()',./

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /