universitas
29 Sep 2023

Tips Penting Kuliah Psikologi Di Universitas Top Dunia

Dekade terakhir ini, jurusan psikologi menjadi jurusan yang jumlah peminatnya meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya di berbagai universitas di Indonesia, namun juga universitas top dunia. Salah satu alasannya adalah semakin banyak orang yang peduli dan aware dengan kesehatan mental.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan studi jurusan psikologi, khususnya di universitas top dunia, maka Anda harus menyiapkan beberapa hal penting seperti pendanaan, yang mana Anda dapat memanfaatkan pinjaman kilat untuk melanjutkan studi Anda.

5 Tips Calon Mahasiswa Saat Memilih Jurusan Psikologi

Sebelum membahas tentang aspek pendanaan ketika melanjutkan studi psikologi di universitas terbaik. Sebaiknya Anda mengetahui apa saja tips yang perlu Anda kuasai sebagai calon mahasiswa jurusan psikologi.

Hal ini agar Anda dapat mudah beradaptasi dan lancar melaksanakan studi psikologi. Ada beberapa tips penting bagi Anda calon mahasiswa yang memilih jurusan psikologi. Berikut ini tips bermanfaat dari IIK Bhakti Wiyata yang wajib diperhatikan:

●     Riset Tentang Jurusan

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah riset tentang jurusan psikologi. Sebelum memilih jurusan ketika melanjutkan kuliah, tentu Anda wajib meriset berbagai jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Riset jurusan ini dapat dilakukan ketika Anda berada di bangku sekolah. Anda dapat lakukan riset secara mandiri atau meminta bantuan dari guru pembimbing. Tujuan untuk melakukan riset ini adalah agar Anda mendapatkan informasi yang akurat tentang jurusan yang Anda pilih.

●     Memiliki Kecerdasan Emosi

Kedua, tips ini lebih kepada soft skill yang Anda miliki yaitu memiliki kecerdasan emosi. Ketika memilih jurusan psikologi, salah satu hal yang wajib dimiliki adalah kecerdasan emosi. Karena psikologi erat kaitannya dengan memahami emosi dan tingkah laku orang lain.

Maka dari itu, sudah menjadi hal yang wajib bagi Anda untuk memiliki kecerdasan emosi. Anda dapat meningkatkan soft skill tersebut sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan banyak mengikuti kegiatan sekolah yang tujuannya untuk meningkatkan hard dan soft skills.

●     Dapat Berpikir Kritis

Ketika masuk ke dalam dunia perkuliahan, Anda akan otomatis dituntut untuk berpikir kritis. Maka dari itu, kemampuan untuk berpikir kritis menjadi tips yang wajib Anda perhatikan ketika memilih jurusan psikologi.

Terutama jika Anda memilih jurusan psikologi di universitas top dunia. Berpikir kritis menjadi soft skill vital yang dapat membantu Anda untuk beradaptasi dan mengerti dengan studi yang sedang dijalani.

●     Pilih Jurusan Bukan Karena FOMO

Tips keempat adalah jangan memilih jurusan perkuliahan hanya karena ikut teman atau FOMO (Fear of Missing Out). Menentukan jurusan saat kuliah sangat memengaruhi masa depan Anda, sehingga selain memiliki nilai yang baik dan menyesuaikan minat serta bakat.

Anda juga wajib memastikan untuk memilih jurusan sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan ketahui. Hal tersebut dapat memengaruhi proses belajar dan integritas Anda ketika menjadi mahasiswa kedepannya.

●     Persiapkan Biaya Kuliah

Tips terakhir adalah mempersiapkan biaya kuliah, yang mana menjadi aspek yang tidak kalah penting dari empat poin sebelumnya. Ketika berencana untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan, Anda wajib mempersiapkan biaya selama kuliah.

Namun, banyaknya bank yang menawarkan pinjaman kilat langsung cair dengan syarat yang mudah membuat Anda tidak perlu khawatir tentang aspek satu ini. Anda cukup mempersiapkan hard dan soft skills Anda agar dapat menjadi mahasiswa psikologi di universitas top dunia.

5 Poin Penting Ketika Kuliah Jurusan Psikologi

Tips-tips sebagai calon mahasiswa yang sudah dibahas di atas wajib Anda perhatikan dan persiapkan sedini mungkin. Selanjutnya, ketika Anda sudah menjadi mahasiswa psikologi di universitas top dunia, Anda wajib memerhatikan poin-poin penting lainnya.

Seperti yang dikutip pada situs universitas123, terdapat 5 poin penting yang wajib Anda ketahui ketika berkuliah di jurusan psikologi universitas dunia. Berikut ini penjelasan mengenai poin-poin penting tersebut:

●       Jurusan dengan Pengetahuan Aplikatif

Pertama, Anda wajib mengetahui bahwa jurusan psikologi ini menjadi jurusan kuliah dengan pengetahuan aplikatif. Artinya, mempelajari psikologi dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari dan terus mengikuti perkembangan jaman.

Misalnya, Anda harus menghadapi orang dengan tingkat narsisme tinggi. Maka dari itu, Anda dapat secara tidak langsung meneliti latar belakang orang dapat berperilaku tersebut hanya dengan pengamatan sehari-hari.

●       Prospek Karier yang Luas

Hal penting kedua adalah prospek karier yang luas, yang mana penting bagi Anda yang ingin menerapkan ilmu psikolog di dunia kerja. Lulusan jurusan psikologi memiliki lapangan pekerjaan yang bervariasi.

Tentunya hal ini dapat membantu Anda untuk membangun karier kedepannya. Ada banyak pilihan lapangan pekerjaan untuk lulusan psikologi, misal sebagai psikolog, market research, dosen dan sebagainya.

●       Menjadi Ahli dalam Membantu Manusia

Dewasa ini, tingkat masyarakat yang aware terhadap kesehatan mental semaking tinggi. Hal ini tentu menjadi poin penting Anda sebagai mahasiswa jurusan psikologi yaitu ahli dalam membantu manusia.

Artinya, membantu berbagai permasalahan mental dan psikis masyarakat menjadi aspek vital yang wajib ditekankan oleh Anda. Semakin Anda mempelajari psikologi, maka semakin banyak ilmu dan pengetahuan tentang psikis manusia yang Anda ketahui.

●       Dapat Membantu Memahami Diri Sendiri

Berikutnya, poin penting yang Anda dapatkan ketika mempelajari psikologi adalah dapat membantu memahami diri sendiri. Anda dapat mengetahui karakter, sifat dan lain-lain dari dalam diri Anda sendiri.

Tidak hanya mengamati perilaku dan sifat orang lain. Ketika Anda menempuh pendidikan psikologi, Anda akan diajarkan untuk membangun kedewasaan dan kecerdasan emosi dari diri sendiri. Jika hal tersebut sudah dikuasai, maka Anda dapat mengamati dan mengatasi permasalahan emosi orang lain.

●       Jurusan Kuliah yang Menyenangkan

Terakhir, jurusan psikolog merupakan jurusan kuliah yang menyenangkan. Mengapa? Hal tersebut karena dengan belajar studi psikologi, Anda akan dihadapkan pada realita bahwa pribadi masing-masing manusia adalah beragam.

Hal tersebut dapat membantu Anda untuk berpikir secara kritis dan luas. Artinya, Anda tidak hanya berpikir tentang diri sendiri, namun ternyata terdapat manusia dengan sifat yang lebih kompleks lainnya di luar sana.

Lanjutkan Studi Psikologi Di Universitas Top Dunia dengan KTA

Apakah Anda sudah semakin mantap memilih jurusan psikologi? Jika iya, maka sudah saatnya Anda mempersiapkan segala kebutuhan untuk berkuliah jurusan psikologi di universitas terbaik dunia. Untuk aspek budgeting, Anda dapat memanfaatkan pinjaman KTA dari digibank.

Salah satu produk pinjaman yang memiliki keunggulan dan kemudahan bagi Anda. Keunggulan pertama adalah nominal dana yang cair hingga Rp 200 juta. Nominal yang besar tersebut didukung oleh tenor cicilan yang tidak memberatkan, yaitu hingga 36 bulan.

Maka dari itu, Anda dapat berkuliah jurusan psikologi dengan tenang dan baik. Mulai realisasikan jurusan impian Anda dengan pinjaman kilat dari digibank KTA. Untuk informasi lebih lengkap dan cara pengajuan, klik di sini.

 

 

Apply digibank KTA