Masakan
24 Jul 2023

Tips Mengubah Bisnis Masakan Rumah Jadi Produk Instan

Trend mengubah masakan rumah menjadi produk instan memang tengah ramai saat ini. Usaha ini cukup menjanjikan karena kebanyakan orang saat ini menginginkan makanan yang dapat disiapkan secara cepat. KTA Online dapat menjadi solusi kamu membuka bisnis satu ini.

Biasanya makanan sejenis ini dibuat oleh restoran yang memiliki makanan yang memiliki ciri khas kemudian buatlah dalam bentuk instan agar lebih praktis dapat dibawa ke mana-mana. Sehingga tak heran jika bisnis digeluti banyak orang karena peminatnya pun sangat banyak.

Tips Membuka Bisnis Produk Makanan Instan

Jika kamu berminat memulai bisnis yang menguntungkan ini, pastikan untuk memperhatikan tips-tips berikut ini terlebih dahulu.

1.   Tentukan Target Pasar

Hal utama yang perlu dilakukan adalah kamu harus dapat menentukan target pasar seperti apa yang dirasa cocok untuk produk yang kamu buat. Apakah berasal dari kalangan anak-anak, remaja, ataukah dewasa.

Dengan mengetahui secara pasti target pasar seperti apa yang kamu inginkan, tentu akan mempermudah kamu dalam memasarkan produk tersebut.

Setelah menentukan target pasar yang diinginkan, pastikan kamu  menganalisa kebutuhan pasar agar bisnis yang hendak kamu jalankan dapat berjalan dengan baik.

 

2.   Buatlah Produk yang Inovatif

Agar bisnismu dapat berjalan dengan lancar dan dapat bertahan lama, salah satu kunci keberhasilannya adalah dengan membuat produk dengan inovasi baru.

Namun cobalah untuk melakukan riset mendalam akan inovasi yang hendak kamu lakukan. Inovasi ini dapat berupa modifikasi resep, mengubah dekorasi gerai makanan, mengubah desain kemasan, dan berbagai inovasi lainnya.

Lakukan inovasi produk secara berkala agar dapat mengikuti trend dan kebutuhan pasar yang dapat berubah. Namun jangan sampai kamu kehilangan ciri khas dari produk atau brand yang kamu miliki.

3.   Pemilihan Bahan Baku

Membuat makanan instan memang memiliki tantangan tersendiri. Hal yang paling penting dalam membuat makanan instan adalah proses pemilihan bahan bakunya.

Pemilihan bahan baku yang segar tentu akan memengaruhi kualitas produk yang akan dibuat. Semakin baik dan segar bahan baku yang digunakan tentu akan semakin baik pula kualitas produk yang dihasilkan.

4.   Gunakan Strategi Promosi Terbaik

Satu hal lain yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan strategi promosi yang tepat. Dengan strategi promosi yang tepat, produk yang kamu miliki akan lebih mudah untuk dikenali orang banyak dan tentu akan membantu penjualan semakin meningkat.

Pemilihan sarana promosi yang tepat juga dapat menjadi penentu keberhasilan penjualan produk milikmu. Kamu dapat menggunakan sarana promosi seperti brosur hingga media sosial.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Produk Instan

Ketika hendak memulai bisnis membuat makanan instan, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

●       Lakukan Penelitian

Penting bagi kamu untuk melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memulain bisnis satu ini. Tak hanya bisnis ini saja, membuka bisnis lain pun membutuhkan penelitian yang mendalam terlebih dahulu.

Dengan penelitian yang mendalam, tentu akan memudahkan kamu membuat gambaran secara lebih detail mengenai usaha yang hendak kamu buat.

●       Target Pasar

Kamu perlu menentukan target pasar yang tepat untuk produk yang kamu miliki. Sekalipun hamper semua kalangan menyukai produk instan,, tetapi tetap saja kamu perlu menentukan target pasar yang sekiranya paling tepat terlebih dahulu.

●       Menentukan Konsep dan Jenis Makanan

Hal lain yang perlu diperhitungkan adalah konsep dan jenis makanan yang diinginkan. Mengubah masakan rumah menjadi makanan instan memang memiliki tantangannya tersendiri.

Jika kamu sudah memiliki pelanggan, pada saat memutuskan untuk membuat makanan versi instannya, pastikan untuk tidak menghilangkan ciri khas dari masakan tersebut.

●       Kebersihan

Terkadang hal ini selalu dianggap remeh oleh beberapa pelaku bisnis. Padahal perlu disadari bahwa kebersihan merupakan hal yang teramat penting.

Dengan memperhatikan betul kebersihan dari restoran atau proses pembuatan produk makanan tersebut, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli produk milikmu.

Kebersihan dapat membuat kamu dan konsumen merasa nyaman. Jangan sampai kamu kehilangan pelanggan hanya karena tidak memperhatikan kebersihan.

Keuntungan Bisnis Makanan Instan

Selain dapat menambah pendapatan dari hasil menjual makanan instan, terdapat beberapa keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan, diantaranya:

1.    Tidak Memerlukan Pegawai yang Terlalu Banyak

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dari bisnis makanan instan adalah kamu tidak membutuhkan terlalu banyak pegawai untuk memproduksinya.

Kamu bisa memanfaatkan pegawai yang sudah ada untuk membantu membuat makanan instan tersebut.  Kamu hanya perlu menambah beberapa peralatan lain yang digunakan untuk mengemas makanan tersebut agar dapat bertahan lama dan memiliki kualitas yang baik.

2.    Penyajiannya yang Lebih Praktis

Membuka bisnis makanan instan terbilang mudah karena makanan instan tersebut  dapat disajikan secara lebih praktis.

Kamu tidak membutuhkan waktu yang terlalu banyak untuk menghidangkannya karena hanya perlu mengemas makanan yang sudah dibuat sebelumnya.

3.    Berpeluang Besar untuk Mengembangkan Usaha

Jika  kamu sudah memiliki restoran sebelumnya dan ingin menjadikan bisnis tersebut semakin berkembang, kamu dapat membuat menu makanan yang ada di restoranmu menjadi versi instannya.

Untuk membantu mempercepat pengembangan usaha, carilah KTA online proses cepat untuk mendapatkan modal sesegera mungkin.

Produk yang Cocok Dijadikan Makanan Instan

Mengubah masakan rumahan menjadi makanan instan memang dapat menjadi bisnis  yang menjanjikan. Berikut ini beberapa rekomendasi produk masakan rumahan yang cocok untuk dijadikan sebagai makanan instan.

●      Bakso

Mungkin kamu sering menemukan pedagang bakso, entah itu pedagang bakso gerobakan maupun yang memiliki tempat khusus. Ternyata bakso juga dapat menjadi salah satu makanan yang bisa dibuat versi instannya.

Bakso dengan versi instan tentu akan lebih praktis bagi konsumen karena konsumen hanya perlu menyeduhnya saja menggunakan air panas. Kamu dapat menyediakan berbagai topping beserta bumbunya saja kemudian kemasannya di press menggunakan mesin khusus agar dapat bertahan lebih lama.

●       Rawon

Jika kamu menganggap rawon adalah makanan yang tidak dapat dibuat instan, kamu salah besar. Nyatanya dengan berbagai teknologi yang sudah ada saat ini dapat memungkinkan kamu membuat rawon versi instan.

Kamu dapat mengemas rawon dalam kemasan kaleng yang ditutup rapat sehingga konsumen hanya perlu memanaskannya saja. Cukup praktis bukan?

●       Cemilan Instan

Banyak orang yang senang sekali mengonsumsi cemilan untuk teman bersantai. Dengan kebiasaan semacam itu, membuat cemilan instan tentu diminati oleh banyak orang. Cemilan instan yang dapat dibuat seperti berbagai jenis keripik, kerupuk atau bahkan berbagai makanan manis lainnya.

Bisnis cemilan instan ini berpotensi dapat bertahan lebih lama pada berbagai situasi karena permintaan akan cemilan tidak pernah surut. Terutama bagi kalangan anak muda, rasanya cemilan menjadi makanan wajib di setiap harinya.

●       Cemilan Sehat

Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan kesehatan, sedikit demi sedikit membuat banyak masyarakat beralih mengonsumsi cemilan sehat. Permintaan akan cemilan sehat pun semakin tinggi dengan adanya fenomena semacam ini.

Jenis cemilan sehat yang seringkali dicari oleh banyak orang seperti keripik sayur atau buah, granola dan masih banyak lagi.

●       Minuman Segar Kemasan

Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi kadang kala membuat orang menjadi lebih tertarik untuk membeli minuman segar dibandingkan harus membuatnya sendiri di rumah.

Kondisi semacam ini dapat kamu manfaatkan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kamu dapat membuat minuman segar berbagai rasa kemudian menyimpannya pada kemasan kedap udara.

●       Saus dan Bumbu Masak Instan

Memasak tentu tak lengkap jika tidak menggunakan bumbu. Terkadang membuat bumbu saja sudah memakan waktu yang cukup banyak. Itu mengapa kini banyak ibu rumah tangga yang lebih memilih menggunakan bumbu masak yang instan dibandingkan harus membuatnya sendiri.

Dengan begitu tentu akan lebih praktis. Bahkan kamu dapat membuat berbagai bumbu instan seperti bumbu nasi goreng, bumbu rendang, bumbu opor, bumbu soto, dan masih banyak lagi.

Indonesia yang kaya akan berbagai jenis masakan dengan berbagai cita rasa membuat bisnis ini semakin menjanjikan. Kamu dapat bereksperimen mengenai rasa hingga menemukan cita rasa yang sekiranya dapat disukai kebanyakan orang Indonesia.

●       Makanan Beku Siap Saji

Makanan instan lainnya yang diminati banyak orang adalah makanan beku yang tinggal menggoreng atau memanaskan di microwave selama beberapa menit saja.

Makanan instan beku yang cukup banyak diminati seperti ayam goreng, rendang, nugget dan masih banyak lagi. Dengan semakin mudahnya pembuatan makanan instan semacam ini diiringi dengan tingginya permintaan dari konsumen, tak menutup kemungkinan bahwa jumlah competitor pun semakin banyak.

Namun tak perlu terlalu khawatir, selama kamu tetap mempertahankan kualitas juga rasa, pelayanan pengiriman, memasang harga yang bersaing dan aspek lainnya tentu akan membuat pelanggan tetap setia membeli produk milikmu.

Dengan begitu, bisnis makanan instan yang kamu jalankan ini akan tetap bertahan dan mampu menemukan titik keberhasilan juga mendatangkan lebih banyak lagi konsumen.

●       Makanan Khas Daerah

Selain masakan rumahan, kamu juga dapat mencoba untuk membuat makanan khas daerah dalam bentuk instan. Hal ini tentu akan sangat menarik. Makanan khas daerah yang bisa kamu buat diantaranya pempek, ayam taliwang, ayam kalasan dan masih banyak lagi.

Cobalah mencari inspirasi makanan daerah lainnya yang sekiranya dapat dibuat menjadi beku dan dijadikan makanan instan. Pilihlah menu-menu unik yang biasanya dirindukan perantau dari berbagai daerah.

●       Sambal

Orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sambal. Ya, teman makan satu ini memang seringkali menjadi pelengkap saat makan. Bahkan saat ini sudah banyak inovasi jenis sambal yang menarik seperti sambal cumi, sambal teri dan masih banyak lagi.

Jika kamu berminat untuk membuat masakan satu ini dalam bentuk instan, pastikan untuk menggunakan kemasan yang kedap udara agar tidak mudah basi dan rasanya tetap sama.

Memulai bisnis tentunya membutuhkan modal bukan? Kamu bisa dapatkan modal usaha dengan pengajuan KTA untuk memulai bisnis membuat masakan instan. Pilih KTA terpercaya seperti digibank KTA. Proses pengajuannya sangat mudah karena dilakukan secara online pakai e-KTP.

Di sini kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan limit hingga Rp200 juta. Kamu juga dapat langsung melakukan pencairan secepatnya begitu approval selesai.

KTA online satu ini akan menjadi pilihan terbaik untukmu yang ingin membuka usaha makanan instan yang tentu sangat menjanjikan. Langsung saja klik di sini untuk informasi lebih lengkapnya.

 

 

Apply digibank KTA