Butik

Tips Aman Lakukan Renovasi Tempat Usaha Butik Milikmu!

Desain tempat usaha seperti butik harus dipikirkan dengan baik karena berpengaruh langsung pada kesan konsumen. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengajuan KTA online agar bisa mendapatkan modal untuk renovasi butik.

Jika butik yang kamu kelola direnovasi dan memiliki tempat yang lebih bagus maka calon pelanggan juga pasti lebih tertarik. Tidak bisa dipungkiri bahwa butik yang lokasinya nyaman dan estetik pasti akan lebih mudah menarik minat konsumen.

Jadi keputusan untuk melakukan renovasi memang bisa dianggap tepat, apalagi jika kamu ingin bisnis tersebut terus berkembang. Mari cari tahu lebih jauh apa saja yang harus kamu lakukan saat proyek renovasi ini akan direalisasikan.

Persiapan Renovasi yang Harus Dilakukan

Rencana renovasi butik bisa diwujudkan dengan baik jika kamu punya persiapan yang matang. Hal ini memang sangat penting untuk dipersiapkan mengingat butik tersebut akan menjadi tempat kamu menghasilkan uang.

Jangan sampai uang renovasi terbuang percuma karena perencanaan yang kurang matang. Berikut adalah beberapa jenis persiapan yang penting untuk dilakukan saat renovasi butik:

  • Perhitungkan Biaya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhitungkan biaya atau budget renovasi. Ini adalah poin penting yang harus dilakukan karena akan menjadi acuan pelaksanaan proyek renovasi tersebut. Jika tidak ada perhitungan biaya yang memadai maka renovasi bisa berantakan dan kamu bahkan bisa kekurangan banyak biaya di tengah jalan.

Coba buat list dulu apa saja bagian yang akan direnovasi sehingga kamu tahu apakah ini merupakan renovasi berat atau ringan. Setelah itu kamu bisa memperkirakan berapa banyak biaya yang dibutuhkan sampai renovasi selesai.

Sebaiknya perkiraan biaya ini dilebihkan sedikit supaya tidak terjadi kekurangan karena biasanya biaya renovasi justru akan membengkak. Saat memperhitungkan biaya ini, kamu bisa membuat rencana dari mana saja sumber dana yang akan dipakai.

Jika dana pribadi tidak bisa mencukupi maka langsung cari KTA yang bisa menutupi kekurangan dana tersebut. Langkah seperti ini akan membantu kamu mendapatkan kecukupan dana yang matang.

  • Cari Konsep Renovasi

Berikutnya silahkan cari konsep renovasi butik yang diinginkan. Ini menjadi salah satu tahap yang cukup sulit dan menantang karena kamu harus menyesuaikan banyak hal. Pertama, tentu saja kamu harus menyesuaikan budget dan kedua kamu harus menyesuaikan dengan konsep bisnis butik yang kamu kelola.

Saat menentukan konsep ini kamu juga harus memperhatikan sisi konsumen. Pastikan konsep butik yang akan dibuat bisa memenuhi keinginan konsumen, terutama target pasar.

Misalnya, kamu menjalankan bisnis butik dengan koleksi baju-baju yang resmi dan elegan. Jadi lebih baik kamu mengusung konsep interior butik yang juga elegan supaya cocok dengan target konsumennya.

  • Lakukan Survei Material

Persiapan berikutnya adalah melakukan survei material untuk kebutuhan renovasi. Ini juga cukup menantang dan biasanya akan menguras tenaga tapi sangat penting untuk dilakukan. Kamu sangat disarankan untuk mencari material yang berkualitas tapi harganya masih masuk dengan budget yang kamu miliki.

Pilihan material untuk renovasi ini bisa juga didiskusikan dengan pihak vendor yang akan melakukan renovasi. Ini jauh lebih baik apalagi jika kamu sama sekali tidak paham tentang material bangunan.

Namun, pastikan juga bahwa kamu selalu memperhatikan kualitas material yang akan dipakai supaya bisa memberi hasil renovasi yang optimal. Tahap ini memang akan menguras waktu dan tenaga.

Demi mendapatkan material terbaik dengan harga yang cocok, kamu harus melakukan survei dari satu toko ke toko yang lain. Bandingkan saja dan cari mana yang terbaik sesuai anggaran yang tersedia supaya proyek renovasi bisa berjalan dengan lancar.

  • Pilih Jasa Renovasi Terpercaya

Keberhasilan proyek renovasi butik ini akan sangat ditentukan oleh jasa renovasi yang kamu pakai. Oleh sebab itu, pilihlah jasa renovasi yang tepat dan terpercaya.

Pastikan juga bahwa jasa tersebut sudah profesional dan memiliki banyak pengalaman sebelumnya. Ini bisa menjadi acuan agar kamu tidak salah pilih jasa atau vendor renovasi yang mengecewakan.

Saat ini kamu mungkin bisa dengan mudah menemukan jasa renovasi baik lewat media online maupun pencarian langsung. Namun sebaiknya jangan mudah percaya dengan penawaran yang mereka berikan.

Cobalah untuk mencari tahu sendiri dan membandingkan jasa satu dengan yang lain supaya bisa dapat yang terbaik. Jauh lebih baik jika kamu mendapatkan rekomendasi jasa renovasi dari teman atau keluarga yang sudah punya pengalaman sebelumnya.

Diskusikan juga berapa dana KTA yang harus diajukan serta dikeluarkan untuk renovasi dan jangan lupa untuk konsultasi dulu. Saat berkonsultasi, kamu bisa mendapatkan banyak insight mengenai proyek renovasi yang akan dijalankan.

  • Buat Timeline Pengerjaan

Supaya proyek renovasi bisa selesai tepat waktu sesuai perkiraan, maka buatlah timeline pengerjaan. Hal ini memang harus didiskusikan terlebih dahulu dengan vendor yang kamu ajak kerja sama.

Coba tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek renovasi sesuai keinginanmu. Selanjutnya kamu bisa membuat timeline dan memastikan bahwa vendor tersebut bisa memenuhi target yang kamu buat.

Ini akan membantu kamu untuk mempersiapkan re-opening butik dengan baik setelah renovasi selesai. Usahakan untuk tidak terlalu lama agar butik bisa kembali beroperasi seperti biasa.

Ide Konsep untuk Butik

Kira-kira konsep butik seperti apa yang cocok untuk kamu aplikasikan? Tadi sudah disebutkan bahwa salah satu tahap persiapan renovasi yang harus dilakukan adalah mempersiapkan konsep. Supaya tidak bingung, berikut ada beberapa ide konsep renovasi butik yang bisa dijadikan sebagai referensi:

  • Industrial Style

Konsep industrial untuk bangunan memang sedang tren saat ini. Tidak hanya cocok untuk hunian pribadi, konsep seperti ini ternyata juga pas untuk tempat bisnis seperti butik.

Apalagi jika produk yang kamu jual adalah produk baju casual. Industrial style juga bisa kamu terapkan jika target konsumen masih masuk ke kalangan anak muda.

Mereka biasanya menganggap konsep bangunan dengan industrial style sebagai tempat yang estetik. Demi mewujudkan konsep butik seperti ini kamu akan melibatkan banyak komponen bata ekspos dan lebih banyak dominasi warna hitam serta abu-abu.

  • Minimalis Modern

Konsep ini juga bisa jadi pilihan tepat di zaman modern seperti sekarang. Minimalis modern sudah sering diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan, terutama hunian pribadi.

Selain terlihat estetik, konsep seperti ini juga memiliki kesan effortless dan bisa memberikan kenyamanan bagi para pelanggan. Minimalis modern cocok jadi pilihan jika kamu adalah tipe orang yang tidak suka ribet.

Meskipun minimalis, namun jika kamu memilih furniture yang tepat maka butik bisa terlihat jauh lebih elegan dan mewah. Kamu juga bisa menerapkan beberapa warna yang bisa menonjolkan kesan minimalis modern tersebut.

Ada beberapa jenis warna yang cocok untuk digunakan pada konsep seperti ini. Warna putih, hitam, abu-abu, krem, dan warna pastel bisa dijadikan pilihan. Jangan gunakan terlalu banyak furniture atau aksen dekorasi supaya kesan minimalis bisa lebih terasa.

  • Classic Style

Konsep classic style juga bisa jadi pilihan tepat untuk sebuah butik. Biasanya gaya seperti ini diterapkan pada rumah-rumah mewah. Gaya klasik umumnya akan melibatkan sentuhan ukiran dan berbagai aksen pada bagian dinding serta langit-langit.

Ini bisa jadi pilihan tepat jika kamu ingin memiliki butik dengan konsep yang mewah dan elegan. Selain konsep bangunannya, jangan lupa untuk memperhatikan pilihan furniture yang akan dipakai.

Pastikan pilihan furniture-nya sesuai dan bisa melengkapi konsep klasik yang kamu harapkan. Ini bisa jadi ide konsep yang tepat jika butikmu memiliki target konsumen wanita dewasa dengan gaya berpakaian yang elegan.

  • Natural Japanese

Ide konsep butik menarik lainnya yang bisa dicoba adalah natural Japanese. Konsep ini terinspirasi dari rumah-rumah Jepang yang mengusung konsep minimalis dan natural.

Ini cocok untuk diaplikasikan jika kamu suka dengan nuansa natural yang tidak berlebihan. Selain itu ide ini juga pas jika kamu ingin suasana butik yang jauh lebih hidup.

Warna krem, cokelat, dan hijau bisa menjadi pilihan tepat untuk mewujudkan konsep semacam ini. Perpaduan ketiga warna ini sangat cantik dan bisa memberi kesan natural yang tidak berlebihan.

Kamu juga bisa memperkuat kesan natural dengan menambahkan beberapa tanaman dekorasi yang cocok diletakkan di indoor.

  • Monokrom

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah monokrom, bukan? Monokrom adalah konsep yang melibatkan warna-warna netral seperti hitam, putih, dan terkadang abu-abu.

Konsep seperti ini juga cocok sekali diterapkan di butik yang ingin mengusung gaya modern tapi tetap minimalis. Sudah banyak contoh rumah pribadi maupun tempat umum yang menerapkannya.

Jauh lebih pas lagi jika kamu memang khusus menjual baju-baju dengan konsep warna monokrom. Ini bisa memperkuat branding bisnis butik yang kamu jalankan.

Namun pastikan untuk mengatur komposisi warnanya dengan tepat agar tidak terkesan aneh. Jangan lupa, libatkan juga furniture yang tepat supaya konsep monokrom tidak memudar.

Pengajuan KTA Online Mudah dan Cepat untuk Renovasi Butik Impian

Kamu bisa segera melakukan renovasi butik tanpa perlu menunda lagi. Lakukan pengajuan KTA online dari digibank KTA untuk mewujudkannya. Produk pinjaman ini menawarkan banyak kelebihan yang pasti akan menguntungkanmu.

Proses pengajuan produk pinjaman ini bisa kamu lakukan secara online selama 24 jam baik lewat website go.dbs.com/kta atau lewat Aplikasi digibank by DBS. Prosesnya cepat dan approval-nya hanya butuh 60 detik. Dana pinjaman bisa langsung dicairkan segera sampai Rp80 juta.

Kamu juga bisa mengatur jumlah pinjaman dengan mudah dan mendapatkan tenor cicilan sampai 36 bulan. Lewat produk pinjaman ini, kamu tidak perlu mengumpulkan dokumen fisik karena pengajuannya praktis tanpa ribet.

Persyaratannya juga mudah, asalkan kamu punya e-KTP dan NPWP serta berdomisili di area Jabodetabek, Surabaya, Semarang, atau Bandung. Pastikan juga kamu memiliki penghasilan minimal Rp5 juta.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Kamu bisa merasakan kualitas layanan mereka lewat produk KTA online ini. Manfaatkan dana pinjaman ini untuk mewujudkan proyek renovasi butik sesuai keinginanmu. Segera lakukan pengajuan KTA online sekarang juga karena prosesnya mudah dan cepat tanpa berbelit-belit.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /