Kesadaran untuk tinggal di rumah saja sebagai salah satu langkah mencegah penularan virus corona

Tetap Irit, Belanja Pakai Kartu Kredit digibank Saat Pandemi

Saat pandemi Covid-19 seperti ini, banyak dari kita yang lebih memilih untuk melakukan aktivitas di rumah dibandingkan menghabiskan waktu di luar. Kesadaran untuk tinggal di rumah saja sebagai salah satu langkah mencegah penularan virus corona baru telah membuat hampir sebagian besar aktivitas, mulai dari bekerja, belajar, menyalurkan hobi, hingga berinteraksi sosial dilakukan dari rumah. Semua itu dimungkinkan dengan bantuan teknologi internet yang kini menjadi salah satu kebutuhan pokok. Langganan internet, belanja gadget, laptop, PC, dan alat elektronik lainnya menjadi sangat penting untuk melangsungkan aktivitas sehari-sehari dibandingkan sebelum pandemi.
 
Sektor bisnis pun terus berinovasi untuk mengikuti perubahan perilaku tersebut untuk memudahkan kita memenuhi kebutuhan. Berbagai marketplace, misalnya, menambahkan fitur swalayan untuk memudahkan konsumen berbelanja kebutuhan sehari-sehari tanpa perlu pergi langsung ke pasar. Mulai dari bahan makanan pokok hingga sayuran segar semua bisa dibeli dengan mudah melalui aplikasi maupun website yang tersedia.
 
Konsumen jadi semakin dimudahkan untuk memenuhi kebutuhan dan membeli barang yang diinginkan hanya lewat sentuhan pada aplikasi smartphone dan tinggal menunggu paket sampai di depan rumah. Semua transaksi pun bisa dilakukan dengan praktis.
 
Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang banyak dipilih masyarakat karena selain praktis, juga sangat membantu untuk belanja online dari rumah. Kartu kredit adalah alat pembayaran yang diterbitkan bank atau lembaga pembiayaan lain yang dapat digunakan untuk membayar transaksi barang atau jasa secara non-tunai. Mau belanja langsung di toko maupun belanja online, semuanya bisa dibayar menggunakan kartu kredit.
 
Semudah penggunaannya, pembayaran untuk transaksi-transaksi kartu kredit pun cukup mudah. Setiap bulan Pemegang Kartu akan mendapatkan lembar tagihan untuk semua transaksi yang dilakukan plus bunga dan biaya lainnya jika ada. Selain itu kartu kredit memberikan fleksibilitas untuk pembayarannya, kamu bisa bayar lunas semua tagihan kamu, bayar minimum sesuai jumlah yang tertera di tagihan, atau transaksi-transaksi kamu diubah menjadi cicilan.
 
Dengan berbagai kemudahan itu tak jarang muncul keinginan impulsif untuk memiliki barang yang menarik, namun kadang tidak benar-benar dibutuhkan.
 
Bukan berarti membeli sesuatu yang diinginkan itu salah karena apapun yang membuat kamu merasa bahagia asalkan tidak melanggar hukum, sah-sah saja dilakukan. Namun, kamu tetap perlu mengontrol pengeluaran agar tagihan tidak membengkak dan kondisi keuangan tetap aman.
 
Beberapa tips berikut ini bisa kamu coba terapkan agar belanja online pakai kartu kredit selama pandemi bisa tetap irit dan menguntungkan:
 
  1. Pastikan Tagihan Kartu Kredit kamu Tidak Lebih Besar dari Pendapatan kamu

    Menggunakan kartu kredit memang begitu praktis dan mudah, sebagaimana layaknya ketika kamu bertransaksi menggunakan kartu debit ATM.
     
    Namun perlu diingat, transaksi yang kamu lakukan dengan menggunakan kartu kredit akan menjadi tagihan yang harus kamu bayar setiap bulannya. Pastikan pembelanjaan kartu kredit tidak melebihi pendapatan kamu.
     
    Untuk menjaga cash flow, kamu bisa memilih pembayaran minimum atau cicilan setiap bulannya. Tapi yang perlu diingat, untuk pembayaran selain pembayaran penuh akan dikenakan bunga. Selalu jaga pengeluaran kamu agar tidak telat bayar tagihan kartu kredit untuk menghindari biaya penalti.
     
  1. Jangan Sampai Over Limit

    Memiliki limit kredit yang besar memang menyenangkan karena kamu akan leluasa untuk melakukan berbagai transaksi. Namun semakin besar limit kredit, akan semakin besar pula jumlah tagihan yang ditimbulkan dari kartu kredit kamu.
     
    Pastikan kamu memahami hal ini dengan baik dan selalu menggunakan limit kredit dengan cara yang paling bijak. Jangan berpatokan pada jumlah limit kamu ketika bertransaksi, namun perhitungkan dan pertimbangkan yang tepat sebelum melakukan transaksi.
     
    Selain itu, pastikan juga tidak bertransaksi melewati limit kredit kamu karena akan menimbulkan sejumlah biaya. Idealnya, maksimal limit yang terpakai di kartu kredit adalah 70-75 persen dari total limit.
     
  1. Gunakan Kartu Kredit Saat Ada Promo

    Banyak keuntungan serta beragam promo yang sangat menarik, seperti cashback, cicilan hingga 60 bulan, point rewards, diskon, dan lainnya.
     
    Karena itu, sangat penting untuk selalu mencari informasi terkait syarat dan ketentuan yang berlaku terkait berbagai penawaran menarik tersebut. Setelah kamu memahaminya, segera manfaatkan penawaran menarik dari kartu kredit sehingga kamu bisa berhemat.
     
    Pastikan kamu hanya mengikuti promo dan penawaran yang benar-benar menguntungkan dari barang yang dibutuhkan. Misalnya, manfaatkan cashback per bulan yang bisa digunakan untuk belanja kebutuhan agar kamu mendapatkan manfaat maksimal dari penawaran itu sekaligus menambah point rewards kamu.
     
    Manfaatkan pula point rewards kamu untuk berbelanja atau mendapatkan diskon di berbagai merchant yang bekerja sama dengan penerbit sehingga kamu makin untung pakai kartu kredit.
     
    Ikuti akun media sosial kartu kredit dan brand-brand favorit kamu agar tidak ketinggalan untuk memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan.
     
  1. Disiplin Bayar Tagihan secara Penuh dan Tepat Waktu

    Disiplin membayar tagihan penting dilakukan pengguna kartu kredit untuk menghindari biaya penalti dan pemblokiran kartu kredit kamu . Perhatikan pula tanggal jatuh tempo dan pastikan kamu melakukan pembayaran sebelum tanggal tersebut.
     
    Terutama jika kamu menggunakan layanan pembayaran (transfer) dari bank yang berbeda karena pembayaran tagihan yang terlambat dan melewati tanggal jatuh tempo akan dikenakan denda.  Membayar tagihan beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo merupakan keputusan bijak agar kamu terhindar dari masalah denda keterlambatan dan biaya bunga.
     
    Untuk menjaga pembayaran tagihan kartu kredit kamu selalu lancar dan cashflow juga tetap terjaga, kamu bisa melakukan pembayaran secara penuh (lunas) maupun pembayaran minimum setiap bulannya.
     
    Kamu juga dapat mendaftarkan seluruh tagihan rutin bulanan kamu ke dalam kartu kredit seperti telepon, listrik, keanggotan gym, dan lainnya agar tidak lupa. Dan untuk pembayaran kartu kredit yang lebih ringan, kamu bisa merubah transaksi-transaksi atau total tagihan kartu kredit kamu menjadi cicilan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
     
     
    Dalam situasi pandemi ini, memang cukup sulit mengendalikan keinginan belanja saat semua bisa dilakukan dengan praktis dan mudah dari rumah saja. Setidaknya, kamu perlu memaksimalkan semua keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan kartu kredit agar belanja tetap irit.
     
    Kamu bisa memilih Kartu Kredit digibank Live Fresh yang memberikan berbagai penawaran menarik agar belanja di saat pandemi tetap irit dan menguntungkan.
 
Berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Kartu Kredit digibank Live Fresh :
 
 
  1. Welcome BONUS!

    Dapatkan tambahan cashback Rp50.000 dan Bebas Iuran Tahunan untuk 1 tahun pertama khusus untuk pemegang kartu kredit baru yang telah melakukan aktivasi dan melakukan minimum pembelanjaan Rp1 juta dengan menggunakan 6-digit PIN dalam 60 hari pertama sejak kartu disetujui.
  1. Cashback Kapan pun

    Belanja makin untung karena kamu bisa menikmati cashback 5% hingga Rp 500.000 dari transaksi online setiap bulannya.
     
    - Cashback 5% hingga Rp300.000 untuk transaksi pembelanjaan online menggunakan kartu utama
    - Cashback 5% hingga Rp200.000 untuk transaksi pembelanjaan online menggunakan kartu tambahan
  1. Ubah Transaksi Menjadi Cicilan Kartu Kredit hingga 60 Bulan

    Dengan 4 kali klik di Aplikasi digibank by DBS, kamu sudah dapat mengubah transaksi menjadi cicilan hingga 60 bulan.
  1. Keuntungan Ganda dengan Point Rewards

    Banyak rewards yang bisa kamu dapatkan dengan terus menggunakan Kartu Kredit digibank Live Fresh karena di setiap transaksi Rp10.000, kamu akan mendapatkan 1 Poin Rewards digibank.
     
    Akumulasi 1.600 Poin Rewards digibank setara dengan Rp100.000 yang bisa kamu pakai untuk membayar transaksi online apapun dan kapanpun.
     
    Lebih untung dengan nilai e-voucher yang lebih tinggi hanya dengan menukarkan 5.000 Poin Rewards untuk e-voucher BliBli dan Traveloka senilai  Rp200.000 melalui Aplikasi digibank by DBS.
     
    Kamu juga bisa menukarkan 5.000 Poin Rewards digibank untuk mendapatkan voucher MAP atau Shell sebesar Rp100.000 melalui Aplikasi digibank by DBS.
     
  1. Hemat hingga 50% di dalam dan luar negeri
    Hemat hingga 50% di lebih dari 250 di berbagai kategori baik di dalam dan diluar negeri ya.
 
Apply kartu kredit digibank Live Fresh sekarang dan Experience sesukamu.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /