barang antik
29 Sep 2023

Suka Koleksi Barang Antik? Sebelum Beli Perhatikan 5 Hal Ini

Mengoleksi barang antik termasuk hobi yang menguntungkan, ini karena nilai jualnya cukup bagus setiap tahunnya. Selain menjadi hobi, koleksi barang antik juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Seperti yang kamu tahu, semakin tua umur barang tersebut maka semakin mahal harganya. Belum punya dana untuk menambah koleksi? Jangan khawatir kamu bisa pakai pinjaman kilat untuk berburu barang antik idaman.

5 yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Barang Antik

Orang yang sekedar hobi biasanya tidak berpikir panjang saat membeli barang antik. Tapi lain halnya jika ingin mendapat keuntungan saat menjualnya kembali, kamu harus lebih cermat sebelum terlanjur membelinya.

Kalau kamu mencari barang antik bernilai tinggi untuk dijual kembali sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini.

●       Cari Penjual Terpercaya

Hindari membeli barang antik secara online karena kamu tidak bisa memastikan kondisi dan keasliannya. Sebaiknya keluarkan ongkos lebih untuk mencari penjual barang antik terpercaya.

Bila perlu bergabunglah ke komunitas pecinta barang antik untuk mendapat informasi tentang penjual yang berkredibilitas. Melalui komunitas tersebut kamu juga bisa melakukan transaksi jual-beli dengan sesama kolektor.

●       Periksa Kualitasnya Lebih Dulu

Langkah selanjutnya yaitu memastikan seberapa bagus kondisi barang tersebut. Kebanyakan kondisi barang antik memang tidak sebagus barang baru. Tapi bukan berarti kamu harus memaklumi barang yang dijual dalam kondisi rusak parah.

Jika membeli barang elektronik kuno sebaiknya pertimbangkan terlebih dulu. Pastikan barang tersebut dapat berfungsi dengan baik agar kamu tidak perlu repot-repot memperbaikinya. Apalagi komponen mesin barang kuno susah dicari di pasaran kalaupun ada pasti harganya mahal.

Untuk mendapat barang antik bernilai jual tinggi kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Usia barang, semakin tua usianya semakin mahal harganya.
  • Keindahan desainnya, tampilan barang antik juga akan mempengaruhi nilai jualnya.
  • Kondisi barang, semakin bagus kondisinya maka harganya juga semakin tinggi. Contohnya tidak ada goresan, retak, dan bisa berfungsi dengan baik.
  • Siapa yang menjualnya? harga barang antik juga dipengaruhi dari tempat kamu membelinya. Barang antik di pasar loak pasti lebih murah dibandingkan membelinya di kolektor ternama meskipun jenis barangnya sama.
  • Kualitas, nilai jual barang antik juga dipengaruhi kualitasnya.
  • Kelangkaan, barang antik yang susah dicari pasti memiliki nilai jual yang lebih tinggi.
  • Bentuk dan ukuran, perhatikan juga hal ini karena juga berpengaruh pada harga jualnya.

Jadi sebelum membeli suatu barang pastikan kamu memperhatikan poin-poin di atas. Dengan memperhatikan hal tersebut kamu bisa mendapat barang antik bernilai jual tinggi.

●       Pastikan Keasliannya

Kolektor barang antik yang sudah berpengalaman pasti bisa membedakan mana barang asli dan palsu. Tapi kalau kamu masih baru dalam bidang ini sebaiknya lebih hati-hati saat membelinya. Sebaiknya jangan langsung membeli barang antik bernilai puluhan hingga ratusan juta.

●       Cari Tahu Cara Merawatnya

Sebelum membeli barang antik pastikan menanyakan masalah perawatannya lebih dulu. Karena tidak semua orang punya banyak waktu dan biaya untuk merawat barang tersebut.

Jika memerlukan perawatan khusus secara rutin yang menghabiskan banyak uang sebaiknya pikiran matang-matang sebelum membelinya.

●       Tawar Dulu Harganya

Saat menemukan barang incaran jangan langsung membelinya tanpa melakukan negosiasi harga.

Dengan melakukan negosiasi kamu bisa berkesempatan mendapat harga yang lebih murah. Tapi ingat, jangan sampai menawar terlalu murah karena akan membuatmu malu di depan kolektor/penjual.

Itulah beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli barang antik. Mau jadi kolektor barang antik tapi terkendala masalah uang? Tenang, kamu bisa pakai KTA online untuk membeli barang kuno idamanmu.

Jenis-jenis Barang Antik Bernilai Ratusan Juta

Apa kamu bingung mencari jenis barang antik yang bagus untuk investasi jangka panjang? Sebenarnya ada banyak jenis barang antik yang harganya terus naik dari tahun ke tahun, berikut beberapa di antaranya.

●       Uang Kuno

Dikutip dari situs betv.disway.id, uang kuno termasuk barang antik yang paling digandrungi para kolektor. Mungkin karena uang mempunyai nilai sejarah sebagai alat tukar dalam jual-beli di masa lalu. Uang kuno hiasan di letakkan di dalam bingkai kaca sebagai hiasan.

Harganya memang bervariasi tapi untuk jenis uang kuno langka bisa mencapai ratusan juta. Dengan pinjaman online KTA kamu bisa mengoleksi beragam uang kuno untuk dijadikan investasi.

●       Jam Dinding Jaman Dulu

Jaman dulu jam dinding merupakan produk teknologi canggih yang bisa menunjukkan waktu. Meski sekarang bukan hal yang canggih nilai jual jam dinding kuno cukup tinggi.

Karena teknologi di masa itu masih terbatas, maka ukurannya cukup besar, sehingga lebih cocok dijadikan hiasan di ruang tamu. Selain karena nilai historisnya, harga jam dinding kuno juga dipengaruhi oleh bahan pembuatannya.

Jam dinding jaman dulu terbuat dari material kayu, besi, bahkan emas berkualitas tinggi. Ciri khas jam dinding kuno ditandai dengan munculnya suara unik seperti bunyi lonceng.

●       Cangkir Antik

Para kolektor cangkir antik biasanya tidak menggunakannya sebagai tempat minum melainkan untuk pernak-pernik dekorasi. Kamu bisa memajangnya di lemari kaca agar lebih aman.

Harga cangkir antik sangat bervariasi tergantung desain dan kelangkaannya namun bisa mencapai ratusan juta.

●       Replika Miniatur Kendaraan

Kolektor barang antik juga sering memburu replika miniatur kendaraan karena nilainya jualnya tinggi. Biasanya barang antik ini dijadikan panjang di atas meja sudut ruang tamu.

Meski banyak miniatur kendaraan keluaran terbaru, nyatanya banyak orang tertarik membeli replikasi miniatur kendaraan kuno. 

●       Prangko

Selain uang kuno, prangko juga menjadi salah satu barang antik yang paling disukai kolektor. Selain karena nilai jualnya tinggi, prangko juga memiliki nilai sejarah dalam dunia komunikasi jaman dulu. Pada saat itu, orang-orang saling berkirim kabar melalui surat.

●       Guci Antik

Salah satu barang antik yang paling tinggi nilai jualnya yaitu guci antik yang berasal dari kekaisaran jaman dulu.

Kebanyakan guci langka berharga mahal berasal dari kekaisaran Tiongkok dan Jepang. Contohnya guci peninggalan Kaisar Qianlong di jaman Dinasti Qing yang sekarang dijual dengan harga selangit.

●       Lukisan Kuno

Selain karena keindahannya, harga lukisan kuno juga dipengaruhi oleh nilai historisnya. Selain sebagai barang koleksi lukisan kuno juga sering kali dijadikan sebagai hiasan dinding di rumah-rumah orang kaya.

Salah satu contoh lukisan kuno yang hingga kini dijual dengan harga fantastis adalah Christ Mocked karya pelukis Italia.

Apa kamu tertarik mengoleksi barang antik langka? Jangan lupa memperhatikan hal-hal tadi sebelum membelinya. Kalau butuh dana untuk menekuni hobi ini kamu bisa mengajukan pinjaman di digibank KTA dengan limit hingga Rp200 juta.

Tak hanya itu, kamu tidak perlu repot-repot lagi pergi ke bank soalnya bisa diajukan secara online, praktiskan? Mari lengkapi koleksi barang antikmu dengan mengajukan pinjaman kilat di digibank KTA sekarang. Kalau ingin tahu langkah-langkah pengajuannya kamu bisa melihat detailnya di sini.

 

 

 

Apply digibank KTA