Senang Koleksi Vinyl Keren? Pakai digibank KTA Aja
24 Jul 2020

Senang Koleksi Vinyl Keren? Pakai digibank KTA Aja

Mengoleksi piringan hitam (vinyl) seperti tak pernah lekang oleh zaman. Setiap masanya, mendengarkan musik dengan piringan hitam seperti membawa kita nostalgia ke masa lalu. Mengoleksi piringan hitam juga memiliki nilai jual tinggi, terutama bagi kamu yang sangat gandrung mendengarkan musik.
Apalagi sekarang, masa pandemi ini membuat kita lebih fokus dengan hobi kita yang kurang terurus pada saat sebelum pandemi. Dengan berdiam diri dirumah, kita punya waktu lebih yang bisa kita gunakan untuk menjalin hobi kita seperti mendengarkan musik. Sebetulnya, apa sih istimewanya mendengarkan musik dari piringan hitam ini? Apa bedanya dengan menggunakan Compact Disc (CD) atau layanan music streaming?
Jikakamu mendengarkan vinyl, ada sedikit keunikan tersendiri karena adanya sedikit 'noise', tapi percayalah, piringan hitam adalah medium pertama yang digunakan untuk mendengarkan musik di dunia. 

Menilik historisnya, pada sekitar tahun 1880, orang harus datang ke sebuah pertunjukan musik atau bar untuk mendengarkan live music. Tapi, dengan piringan hitam, dengan alat pemutarnya yang disebut phogograph atau gramophone, music akhirnya bisa didengarkan oleh orang-orang tanpa harus datang ke suatu acara.

Tidak sedikit, musisi-musisi dunia merilis rekaman dalam bentuk piringan hitam dan diburu banyak kolektor di dunia karena memiliki nilai jual yang tinggi. Sebagai contoh, harga satu vinyl untuk album 21 karya Adele dijual seharga Rp 425 ribu. Semakin klasik, legendaris dan langka, maka harganya akan semakin mahal. Sebuah piringna hitam klasik harganya bisa mencapai 5juta bahkan lebih. Maka itu, tidak heran, jika banyak kafe yang memasang banyak koleksi vinyl dan menyediakan alat pemutar music piringan hitam atau turntable biar menambah kesan vintage.

Nah, apa saja nih yang dibutuhkan untuk memulai hobi koleksi vinyl keren? Pertama, kamu harus membeli turntable. Banyak situs e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee yang menjual produk turntable, dari harga Rp 1,25 juta hingga di atas Rp 50 juta. Tentunya kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu ya!

Sebagai referensi saja, untuk merek pemutar vinyl merek Audio Technica yang sudah cukup lama terkenal, kamu bisa membelinya dengan harga di kisaran Rp 3 juta untuk seri LP3, LP60 dan LP120. Pemutar vinyl ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti phono amplifier, automatic play dan cartridge dengan kualitas tinggi.

Tak hanya itu, ada juga merek Lenco seri L-3808 yang bisa kamu boyong dengan harga Rp 3,7 jutaan saja. Fitur drive system membuat kualitas audio pemutar vinyl ini sangat baik. Jika kamu suka bepergian, merek Crosley tidak bisa kamu lewatkan. Pemutar vinyl satu ini dilengkapi koper khusus dengan corak warna-warni yang menarik. Harganya mulai Rp 2,5 jutaan saja, ya guys. Nah dari beberapa merek yang direkomendasikan tadi, membuktikan kalau hobi vinyl ini memang butuh dana yang tidak sedikit, ya.

Terus, kalau sudah dibeli bagaimana sih cara merawatnya, apakah rumit? Tentu tidak.

Untuk vinyl, kamu hanya perlu menghindarinya dari gesekan benda tajam karena bisa menyebabkan player tidak bisa memutar dengan baik. Kalau berjamur, vinyl juga bisa dibersihkan dengan cleaning kit yang bisa kamu beli di toko vinyl. Sama halnya, untuk pemutar piringan hitam, hindari tempat-tempat yang berdebu dan rajin bersihkan stylus. Vinyl juga bisa awet sampai puluhan tahun lho.

Kamu sudah mendapatkan referensi mengenai vinyl, untuk kamu yang begitu gandrung mengoleksi berbagai karya vinyl musisi-musisi kenamaan dunia atau idolamu, terkadang membutuhkan kocek yang tidak sedikit.

Eits! tidak perlu khawatir, ya. Karena sekarang kamu bisa mengajukan pinjaman cepat tanpa agunan melalui aplikasi digibank by DBS. Apa itu? digibank KTA adalah salah satu platform yang bisa memudahkan kamu mendapat fasilitas kredit dengan cepat dan mudah, persyaratannya juga tidak terlalu susah.

Hanya perlu waktu 60 detik saja, kamu bisa mendapat persetujuan pinjaman online dengan hanya menyertakan e-KTP dan NPWP saja, produk ini tanpa jaminan, lho. Kamu bisa mendapatkan pinjaman ke rekening digibank by DBS hingga Rp 80 juta.

Suku bunga yang ditawarkan pun rendah yaitu mulai dari 0,95%. Tentunya produk ini aman karena karena digibank by DBS sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). digibank KTA bisa membantu mewujudkan mimpimu mengoleksi vinyl-vinyl keren!

 

Bagi kamu yang sebelumnya belum menjadi nasabah digibank KTA dan akan apply, ini lima tahapannya:

  1. Apply di dbs.com/kta
  2. Persetujuan dalam 60 detik
  3. Download Aplikasi digibank by DBS
  4. Verifikasi Biometrik dengan agen digibank
  5. Cair langsung ke rekening digibank hingga Rp 80 juta

 

Kalau kamu sudah menjadi nasabah digibank, ini langkahnya ya:

  1. Klik Personal Loan di menu utama Aplikasi digibank by DBS
  2. Lengkapi data diri
  3. Tunggu konfirmasi persetujuan kredit dalam 60 detik
  4. Pilih limit pinjaman dan tenor yang diinginkan
  5. Dana cair secara real-time hingga Rp 80 juta.