Pengajuan KTA
28 Dec 2023

Renovasi Rumah Sempit dengan Konsep Open Plan

KTA bisa jadi pilihan sumber dana yang tepat bagi kamu yang sedang merencanakan renovasi rumah. Jika kamu saat ini memiliki rumah dengan ukuran yang mungil dan ingin merenovasinya, maka pinjaman ini bisa menjadi sebuah solusi yang tepat.

Rumah yang berukuran sempit atau mungil sebenarnya bisa dibuat lebih nyaman lagi dengan menerapkan konsep open plan. Mari cari tahu lebih banyak lagi tentang konsep rumah open plan ini dan bagaimana tips untuk mewujudkannya!

Apa Itu Konsep Rumah Open Plan?

Dikutip dari Bisnis.com, open plan merupakan sebuah konsep rumah yang tidak menggunakan sekat. Hal ini membuat beberapa ruang di dalam sebuah rumah berubah menjadi satu ruangan yang berukuran cukup besar.

Pada dasarnya open plan ini akan meminimalkan keberadaan dinding maupun penyekat apapun di dalam rumah. Tidak ada lagi sekat dan ruang-ruang berukuran sempit di dalam rumah.

Dari sini bisa diketahui bahwa konsep open plan memang cukup cocok untuk jenis rumah yang berukuran sempit. Tanpa adanya sekat, maka ruangan di dalam rumah akan terlihat jauh lebih lapang.

Open plan menjadi sebuah solusi yang cukup efektif untuk meningkatkan estetika rumah yang tidak terlalu besar. Ada ruang yang jauh lebih luas sehingga penataannya bisa fleksibel dan tidak terbatas.

Namun desain rumah open plan ini harus tetap memperhatikan keselarasan antara ruang satu dengan ruang yang lain. Jadi tidak hanya sekadar menghilangkan sekat-sekat di dalam rumah.

Selain itu pemakaian sekat tetap bisa dipertimbangkan. Misalnya saja di area private seperti kamar tidur dan kamar mandi serta ruang-ruang lain. Hanya saja pemakaiannya lebih minimal karena menganut konsep open plan.

Umumnya renovasi rumah dengan konsep semacam ini akan berfokus pada ruang tamu dan ruang tengah. Bagian ruang ini sangat memungkinkan untuk disatukan dan tidak diberi sekat yang membuat rumah tampak sempit.

Tips Renovasi Rumah dengan Konsep Open Plan

Jika kamu memiliki hunian dengan luas terbatas, konsep open plan ini bisa jadi sebuah solusi yang menarik. Hanya saja kamu harus benar-benar cermat menyusun rencana renovasinya agar memberi hasil yang optimal.

Demi mewujudkan rumah open plan, kamu harus melakukan beberapa hal penting. Berikut ini tips-tips renovasi rumah dengan konsep open plan yang perlu kamu lakukan dengan cermat:

  • Hilangkan Sekat yang Tidak Perlu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghilangkan sekat-sekat yang tidak penting. Rumah berukuran sempit akan terlihat jauh lebih kecil jika ada banyak sekat dan banyak ruang yang tidak penting.

Kamu bisa melihat desain rumah secara menyeluruh terlebih dahulu. Setelah itu pikirkan baik-baik bagian sekat mana yang sebaiknya dihilangkan karena tidak terlalu penting.

Pastikan sekat di rumah open plan hanya digunakan untuk ruang-ruang yang memang private. Hal ini bisa kamu diskusikan dengan desainer interior atau vendor yang akan mengerjakan proyek renovasi tersebut.

  • Sesuaikan Jumlah Ruang dengan Kebutuhan

Rumah dengan konsep open plan sebaiknya memiliki jumlah ruang yang tidak berlebihan. Seringkali kita tanpa sadar memiliki terlalu banyak ruang di dalam rumah yang padahal tidak dibutuhkan atau tidak terpakai sama sekali.

Cobalah untuk memahami dulu apa saja ruangan yang dibutuhkan di rumahmu. Setelah itu kamu bisa menghilangkan ruangan-ruangan yang tidak dibutuhkan dan membuatnya jadi satu ruang terbuka tanpa sekat.

Konsep open plan yang diterapkan di rumah-rumah sempit sebenarnya sangat relevan dengan gaya rumah minimalis. Dalam hal ini pemilik rumah harus benar-benar bijak menentukan kebutuhan mereka di rumah tersebut.

  • Gunakan Pintu Kaca

Jika memang dibutuhkan adanya sekat di dalam rumah maka cobalah untuk menggunakan pintu atau penyekat dari material kaca. Material seperti ini sangat populer digunakan di rumah-rumah berukuran sempit.

Selain bisa memberi kesan lebih luas pada rumah mungil, pintu kaca juga memiliki estetika yang jauh lebih baik. Rumah mungilmu jadi terlihat lebih estetik berkat adanya pintu atau sekat kaca tersebut.

Namun pastikan untuk memilih jenis kaca yang berkualitas demi mendapatkan tampilan yang bagus. Selain itu kaca yang berkualitas juga lebih tahan lama untuk dipakai dengan risiko kerusakan minim.

Di sini kamu mungkin harus menyediakan bujet yang lebih besar apalagi jika ada banyak sekat kaca yang ingin digunakan. Tidak masalah, kamu bisa melakukan pengajuan KTA dari bank untuk mendapat modal yang memadai.

  • Sediakan Ruang Hijau

Tips berikutnya yang bisa kamu terapkan saat ingin membuat rumah open plan adalah sediakan ruangan hijau. Ruang terbuka hijau di dalam rumah akan memperkuat kesan open plan itu sendiri.

Dari arti katanya saja sudah bisa kamu ketahui bahwa konsep rumah semacam ini terbuka. Jadi akan jauh lebih baik jika kamu menyediakan ruang terbuka hijau di salah satu sudut rumah.

Bagaimana jika ruangan di dalam rumah benar-benar terbatas? Sebenarnya ini bukan menjadi masalah besar jika kamu bekerja sama dengan desainer interior yang bisa mengoptimalkan ruang sebaik mungkin.

  • Aplikasikan Warna Terang

Cobalah untuk mengaplikasikan warna-warna terang di dalam rumah sempit dengan konsep open plan. Warna terang seperti putih dan warna pastel yang cerah bisa membuat konsep ini jadi lebih estetik.

Lebih dari itu, warna-warna terang juga akan memberi kesan lebih luas untuk rumahmu yang berukuran mungil. Penghilangan sekat dan pemakaian warna terang jelas akan menjadi kombinasi yang tepat pada rumah open plan.

  • Pilih Perabot Minimalis

Hal berikutnya yang juga perlu kamu lakukan adalah memilih jenis perabot yang minimalis. Open plan adalah konsep hunian yang sebenarnya cukup identik dengan gaya minimalis.

Cobalah untuk menggunakan perabot dengan desain yang sederhana namun tetap elegan. Kamu juga sebaiknya memilih jenis-jenis perabot yang paling sesuai kebutuhan. Hindari memasukkan terlalu banyak perabot di dalam rumah.

Pemakaian perabot yang minimalis dan sesuai kebutuhan tidak hanya baik untuk estetika. Lebih dari itu, hal ini juga akan membuat kamu sebagai penghuni rumah merasa lebih nyaman dan tidak direpotkan banyak perabot.

  • Optimalkan Pencahayaan Alami

Rumah dengan konsep open plan sebaiknya juga memiliki lebih banyak sumber pencahayaan alami. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan saat kamu ingin melakukan renovasi.

Demi mengoptimalkan pencahayaan alami di dalam rumah, kamu bisa memasang lebih banyak jendela besar. Ruang terbuka hijau yang sudah dibahas sebelumnya tadi juga bisa jadi sumber cahaya alami yang terlihat estetik.

Kesimpulan

Kamu bisa mulai merencanakan proyek renovasi rumah open plan sekarang juga. Dana untuk renovasi bisa kamu dapatkan melalui DBS KTA yang terbukti punya banyak kelebihan dan menawarkan beragam keuntungan.

Lewat kredit tanpa agunan ini, kamu bisa mencairkan dana dengan limit sampai Rp300 juta. Selain itu, masa cicilannya cukup fleksibel bisa sampai 36 bulan dan bunga flat mulai dari 0,88%.

DBS KTA ini akan menjadi pilihan produk kredit tanpa agunan yang tepat untuk menyelesaikan renovasi rumah mungilmu. Agar kamu bisa mendapat informasi lebih lengkap, klik di sini!

 

 

 

Apply digibank KTA