renovasi foyer rumah
28 Dec 2023

Renovasi Foyer Rumah Elegan dengan Gaya Victorian

Renovasi rumah dapat dilakukan dengan mudah bersama kredit tanpa agunan, contohnya saat mendesain foyer yang elegan. Foyer adalah bagian rumah yang berfungsi sebagai area transit atau penghubung sebelum memasuki ruang tamu. Ruang ini juga bisa menjadi tempat berbincang untuk tamu yang berkunjung dalam waktu singkat.

Foyer menjadi penentu penting image rumah. Oleh karena itu, berbagai desain kerap digunakan untuk menciptakan interior yang cantik dan elegan.

Salah satu gaya yang bisa kamu terapkan sebagai desain area foyer yaitu Victorian interior. Gaya ini memiliki tampilan klasik yang mewah, elegan, dan berkelas. Lantas bagaimana mewujudkannya? Intip informasi lengkapnya pada tulisan kali ini!

Seberapa Penting Foyer Rumah? Miliki Desain Terbaik dengan Kredit tanpa Agunan!

Laman Narmadi Properti mengatakan bahwa konsep foyer pada umumnya berkembang pada arsitektur barat, yang berfungsi untuk memisahkan ruang akibat suhu yang dingin. Namun, sekarang ini foyer menjadi kebutuhan dan banyak dijumpai pada desain rumah mewah.

Foyer atau ruang penghubung ini memiliki fungsi penting untuk rumah kita. Salah satu yang paling menonjol yaitu untuk mengakomodir tamu saat acara besar yang ramai. Selain itu, foyer bisa menjadi tempat singgah jika kamu memiliki tamu yang datang bersamaan dengan tujuan atau maksud yang berbeda.

Ruangan ini juga masih memiliki fungsi lain, salah satunya untuk mengurangi polusi atau debu masuk ke dalam rumah. Dengan adanya foyer, suhu rumah juga menjadi lebih terkendali dan tidak panas, lho!  Seperti yang telah disebutkan, foyer juga menjadi penentu karakter dan tema rumah milikmu dengan desain yang tepat.

Pada dasarnya, terdapat banyak gaya interior yang cocok diterapkan pada area foyer. Jika kamu menyukai desain simple yang clean, gaya seperti skandinavia atau japandi bisa menjadi pilihan. Namun, desain Victorian akan menjadi ciri khas kuat bagi kamu yang menyukai ruang mewah dan elegan.

Apa itu Victorian Interior?

Lifetime Design mengatakan bahwa Victorian interior berkembang pada abad ke-19. Victorian style adalah gaya interior yang cukup klasik, dengan keunikan dan nilai seni tersendiri. Desain ini memiliki ciri penggunaan ornamen dan dekorasi yang detail.

Desain ini merupakan perkembangan dengan interior gothic yang megah. Keindahan desain banyak ditonjolkan lewat pemilihan furnitur. Gaya ini juga lebih menitikberatkan pada unsur dekoratif.

Desain interior ini kini mulai diaplikasikan pada rumah yang lebih modern. Banyak orang menjadikan gaya interior ini sebagai andalan mereka untuk menciptakan ruang klasik yang hangat dan mewah.

Interior ini cocok bagi kamu yang menginginkan detail tinggi pada ruang. Dengan kemegahan dan kemewahannya, interior Victorian adalah opsi tepat untuk mengekspresikan karakter rumah yang lebih kuat.

Tips Mendesain Foyer Rumah dengan Gaya Victorian

Gaya Victorian memiliki karakteristik dan ciri tersendiri yang bisa menjadi acuan dalam mendesain foyer. Langsung saja, mari ketahui tips lengkapnya berikut ini!

●     Menentukan Dekorasi yang Sesuai

Gaya Victoria memiliki dekorasi dengan ciri khas lengkungan, ornamen, hingga plasterwork. Ciri ini menjadikan interior lebih detail dengan aksen yang cukup kental.

Banyaknya detail pada interior juga membuat tampilan rumah terlihat mahal. Palet warna pada gaya Victoria dapat disesuaikan dengan keinginan. Umumnya, warna netral dan lebih cerah seperti putih tulang, abu, hingga krem banyak dijadikan pilihan.

Jika kamu menginginkan tampilan yang lebih sederhana dan minim detail pada foyer, maka dekorasi seperti wallpaper cetak juga bisa menjadi ide yang simple.

●     Memilih Furnitur Khas Gaya Victorian

Umumnya, foyer menyediakan furnitur seperti meja dan kursi dalam jumlah terbatas. Hal ini sebagai formalitas dan area singgah tamu. Pemilihan furnitur ini juga harus disesuaikan dengan gaya yang diusung.

Dalam interior Victoria, furnitur yang kaya akan ukiran dengan bahan beludru adalah elemen yang penting. Pada pemilihan kursi, jenis dengan sandaran lengan, bantalan yang empuk, dan desain mewah banyak diterapkan.

Furnitur meja dan kursi juga dapat kamu lengkapi dengan aksen lampu klasik khas, side table, dan ornamen rajut sebagai taplak meja. Hal tersebut bisa menambah suasana hangat dari desain interior yang kamu pilih.

●     Lantai dan Karpet yang Tepat

Pada area foyer, lantai dapat menjadi titik fokus utama yang menampilkan image ruang. Untuk menerapkan desain Victoria yang kental, lantai dengan pola atau motif yang mewah harus dipilih dengan saksama.

Namun perlu diketahui, pemilihan motif lantai harus seimbang dengan aksen pada dinding. Dikutip dari okezone.com, jika lantai interior Victorian memiliki desain dan motif yang rumit, pastikan aksen dinding lebih simple agar ruang tetap seimbang.

Setelah menentukan lantai yang tepat, kamu juga bisa menambahkan karpet untuk menampilkan kesan yang lebih elegan. Namun, perlu diperhatikan agar karpet tidak menutupi keindahan desain lantai yang diterapkan.

●     Ceiling Tinggi Menjadi Ciri Penting Gaya Victorian

Banyak dari arsitektur klasik memiliki ceiling tinggi, termasuk gaya Victorian. Ketinggian ceiling ini berperan dalam menghadirkan kesan yang megah dan mewah. Namun, kamu bisa menyesuaikan ketinggian ceiling dengan bagian rumah lainnya.

Ketinggian ceiling juga bisa diciptakan lewat ilusi dari pemilihan palet warna, lho! Ceiling akan terkesan lebih tinggi dengan desain yang simple dan warna yang cerah.

●     Menambahkan Partisi

Foyer adalah bagian publik atau ruangan yang bisa diakses secara umum meskipun bukan anggota keluarga. Dengan begitu ruangan ini memiliki sifat terbuka dan memerlukan pembatas sebagai penanda area umum dan ruang yang lebih privat.

Partisi untuk memisahkan area foyer juga bisa menjadi ide desain yang memperkuat suasana ruang. Lifetimedesign.co mengatakan bahwa ide partisi dapat berupa kaca, rak hiasan, hingga showcase. Partisi yang didesain dengan baik bisa menjadi dekorasi cantik pada ruang.

●     Beri Highlight pada Tekstur Dinding

Pada umumnya, foyer banyak dibuat dengan bentuk menyerupai Lorong atau untuk menuju ke ruang tamu. Oleh karena itu, dinding berperan penting untuk menonjolkan kesan ruang yang didesain.

Gaya Victorian sendiri memiliki ciri dengan dinding bertekstur. Tekstur ini bisa kamu buat dengan list, pahatan kayu, ataupun material batu. Memiliki banyak detail, kamu perlu menyesuaikan desain agar tetap elegan dan tidak tumpang tindih.

Kesimpulan

Foyer memiliki fungsi penting dari sekadar ruang penghubung. Bagian rumah ini kini banyak diterapkan pada hunian mewah yang terinspirasi dari arsitektur barat. Dalam mendesain foyer dengan gaya Victorian, kamu perlu menyesuaikan setiap elemen agar tercipta nuansa yang diinginkan.

Tenang saja, renovasi foyer atau bagian rumah lain kini bisa dilakukan bersama digibank KTA, dengan syarat kredit tanpa agunan yang praktis dan mudah dipenuhi.

Perlu kamu tahu, digibank KTA adalah kredit dengan limit Rp200 juta dan approval 60 detik. Kamu bisa apply tanpa perlu melampirkan dokumen fisik. Selain itu, kamu dapat melakukan cicilan kredit hingga 36 bulan lamanya! Kredit ini memang sangat sesuai untuk berbagai kebutuhan, salah satunya dalam hal renovasi rumah.

Mari segera wujudkan desain foyer rumah dengan gaya Victorian yang elegan dan mewah seperti tips di atas. Bersama kredit tanpa agunan digibank KTA, renovasi menjadi lebih lancar. Ayo ketahui persyaratan lengkapnya di sini!

 

 

 

Apply digibank KTA