pelayaran
29 Sep 2023

Punya Hobi Berlayar? Terapkan 6 Tips Aman Selama di Laut

Apakah kamu tertarik untuk memulai hobi berlayar? Jika demikian, agar bisa aman selama melakukan hobi tersebut, kamu perlu tahu aturan dan tipsnya. Tidak hanya itu, untuk bisa mendukung hobi berlayar dengan aman dan nyaman, tentu kamu perlu memiliki budget yang mencukupi.

Bicara soal biaya untuk melakukan hobi, saat ini kamu bisa memanfaatkan pinjaman bunga rendah, seperti misalnya untuk berlayar dari pulau ke pulau.

Untuk kamu yang tertarik memulai hobi berlayar, artikel ini akan mencoba membahas tentang rekomendasi pulau untuk berlayar hingga tips-tips aman yang bisa diterapkan selama di laut. Lebih lanjutnya, intip pembahasan berikut.

Rekomendasi 6 Pulau Terindah untuk Berlayar

Berlayar mengarungi danau hingga lautan akan semakin menyenangkan apabila didukung dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Apabila kamu sedang mencari lokasi untuk berlayar, beberapa rekomendasi pulau terindah di berbagai belahan dunia yang cocok dijadikan sebagai destinasi untuk melakukan pelayaran ialah sebagai berikut:

●     Ilawa di Polandia

Merujuk pada laman booking.com, Ilawa merupakan salah satu kawasan yang masuk ke dalam daftar destinasi terbaik untuk melakukan pelayaran. Lokasi tepatnya berada di tepi salah satu danau di Great Lake District di Polandia.     

Berlayar di sekeliling kawasan Ilawa ini akan memberikanmu pemandangan dalam bentuk perumahan rapi yang didominasi warna putih seperti di Hollywood yang memanjakan mata.

Untuk kamu yang tertarik, waktu paling tepat berlayar di Ilawa ini dapat dilakukan pada awal bulan Mei hingga penghujung bulan September. Jangan khawatir, apabila kamu masih pemula di kawasan ini juga menyediakan sekolah untuk kursus berlayar yang bisa diikuti.

●     Bahama

Pulau-pulau di Bahama bisa menjadi tujuan terbaik untuk melakukan pelayaran entah untuk para pelayar yang sudah mahir dan handal maupun pelayar yang masih baru.

Salah satu kepulauan di sana yang bisa kamu pilih menjadi lokasi untuk melabuhkan kapal adalah pulau Abacos. Selain memiliki pemandangan indah dan perairan jernih, kamu juga bisa mempelajari terkait sejarah di pulau tersebut saat merapatkan kapal pesiarmu di sana.

●     Pag di Kroasia

Rekomendasi pulau berikutnya yang juga menarik untuk dijadikan sebagai destinasi pelayaran, ialah pulau Pag di Kroasia. Berlayar di kawasan ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk kamu yang tidak hanya ingin menyaksikan pemandangan indah tetapi juga area yang tenang.

Agar bisa lebih leluasa selama berlayar di kawasan pulau Pag ini, kamu bisa menghindari pekan pertama di bulan Juli. Pasalnya waktu tersebut merupakan waktu diselenggarakannya festival musik internasional yang sudah pasti ramai pengunjung.

●     Antigua di Karibia

Terkenal sebagai salah satu surga untuk melakukan pelayaran, kamu bisa mencoba menjadikan pulau Antigua di Karibia sebagai destinasi berlayar dan melabuhkan kapalmu di sana.

Kemudian apabila kamu tertarik untuk menyaksikan acara tahunan Pekan Pelayaran Antigua, kamu dapat berkunjung ke sana pada penghujung bulan April. Pada waktu ini, kamu bisa sekaligus melihat keindahan laut dan juga kapal-kapal mewah yang berhenti dan memenuhi pelabuhan-pelabuhan yang ada di pulau ini.

●     Riviera Prancis di Prancis

Kawasan elit di Prancis ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu melabuhkan kapal saat berlayar. Meski populer sebagai kawasan yang kerap kali dikunjungi oleh para crazy rich dan bintang terkenal, namun kamu tetap bisa. Menjelajahi perairan di kawasan ini dan menikmati pemandangan surgawinya.

●     Gocek di Turki

Satu lagi rekomendasi kawasan yang menarik dikunjungi saat berlayar ialah kota Gocek di Turki. Di pelabuhannya, kamu tidak hanya bisa menyaksikan perahu-perahu kecil, namun terdapat juga yacht mewah yang turut menepi di sana.

Ada banyak destinasi menarik yang patut dikunjungi saat berlayar di kota kecil ini. Mulai dari Twelve Island hingga Pulau Domuz yang masing-masing tentunya menawarkan pemandangan indah tidak hanya hamparan lautan tetapi juga perkebunan zaitun.

Itulah beberapa rekomendasi pulau terindah yang dapat kamu jadikan sebagai destinasi berlayar. Untuk kamu yang ingin mencoba berlayar mengunjungi pulau-pulau di atas, saat ini kamu bisa memanfaatkan pinjaman KTA online untuk mendukungmu melakukan hobi berlayar ini.

Tips agar Selalu Aman Selama Berlayar

Setelah mengetahui beberapa pulau menarik sebagai destinasi berlayar, pada poin ini akan dibahas mengenai tips-tips yang bisa diaplikasikan agar bisa selalu aman selama berlayar di laut.

●     Memahami Alat Keselamatan

Agar supaya tetap aman selama berlayar di laut, tentu saja tips yang perlu kamu lakukan ialah memahami alat-alat keselamatan yang bisa dimanfaatkan saat keadaan darurat terjadi.

Hal ini penting dan patut menjadi bekal yang dimiliki apabila kamu hendak memulai hobi berlayar. Kenali fungsi dan juga lokasi dari masing-masing alat keselamatan yang bisa membantumu selama pelayaran berlangsung.

●     Perhatikan Budget Penyewaan Kapal

Saat kamu berencana untuk berlayar sendiri, pastikan kamu menyewa kapal dengan kondisi yang baik dan biaya yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Apabila kamu tertarik, pinjaman bunga rendah bisa menjadi solusi yang tepat untuk mendukung rencana berlayarmu mengarungi lautan ini.

●     Memperhatikan Cuaca Selama Berlayar

Keselamatan berlayar sangat berpengaruh pada cuaca. Maka dari itu, tips penting berikutnya saat hendak melakukan pelayaran ialah memperhatikan perkiraan cuaca yang mungkin saja terjadi.

Sebelum melakukan pelayaran, pastikan kamu sudah mencari tahu terkait detail dari arah hingga kecepatan angin, intensitas hujan, jarak pandang dan tinggi rendahnya gelombang air. Dengan terbekali oleh hal-hal tersebut, kamu jadi bisa mengetahui langkah apa yang sebaiknya dilakukan selama berlayar.

●     Kenakan Pakaian yang Nyaman

Kemudian agar kamu bisa berlayar dengan nyaman, penting untuk menggunakan pakaian yang membuatmu tidak risih selama melakukan perjalanan laut tersebut. Pakaian yang tepat ini juga bisa kamu ketahui dengan memperhatikan perkiraan cuaca selama berlayar.

Namun yang pasti, kamu perlu menggunakan alas kaki anti licin. Alas kaki ini penting digunakan demi menjaga keselamatanmu. Pasalnya pergerakan kapal yang naik turun dan juga peralatan di kapal bisa saja membuatmu celaka apabila alas kaki yang digunakan tidak tepat.

●     Kuasai Area Berlayar

Supaya pengalaman berlayarmu bisa menyenangkan, maka kamu perlu menguasai area berlayar yang menjadi rute pelayaranmu. Cari tahu kemungkinan tantangan dan juga bahaya yang bisa saja terjadi selama berlayar.

Pelajari juga navigasi kapal. Kemudian sama dengan penggunaan transportasi darat, kamu juga perlu memperhatikan jarak aman antara kapal yang satu dengan kapal yang lain.

●     Selalu Bawa Perlengkapan P3K

Kemanapun perginya, termasuk melakukan hobi berlayar, kamu perlu membawa perlengkapan P3K. Selain peralatan medis darurat, sediakan juga obat-obatan, seperti obat mabuk laut maupun obat pereda nyeri yang biasa dikonsumsi untuk berjaga-jaga apabila kamu merasa kondisi tubuh mulai tidak enak saat berlayar.

Bagaimana? Dari beberapa poin di atas terkait destinasi terindah hingga tips aman selama berlayar, apakah membuatmu tertarik untuk mulai menekuni hobi ini?

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas, saat ini kamu dapat mengandalkan pinjaman bank demi mendukungmu menjalankan hobi yang diminati. Nah, satu rekomendasi pinjaman yang bisa kamu percayai untuk merealisasikan hobi berlayar yakni DBS KTA.

Agar dapat melakukan apply pinjaman bunga rendah dengan limit hingga Rp300 juta rupiah ini, langkah dan syaratnya cukup mudah bahkan tanpa dokumen fisik. Lebih lanjut terkait produk DBS KTA, kamu bisa dapatkan informasi lengkapnya di sini.

 

 

Apply digibank KTA