pengajuan pinjaman kilat
28 Dec 2023

Pahami Mindset Penting dan Bijak sebelum Ajukan KTA!

Mengajukan pinjaman kilat seperti pinjaman tanpa agunan (KTA) tentu menggiurkan bagi banyak orang. Hal yang membuat banyak orang terjebak dalam cicilan berbagai pinjaman terkadang bukan karena bank peminjam yang tidak kredibel atau tidak tepat.

Masalah yang muncul terkadang ada pada mindset peminjam yang tidak bijak dalam mengatur finansial. Lalu, bagaimana cara mengatur mindset bijak agar pengajuan pinjaman membuat finansial lebih aman? Intip ulasannya berikut!

Tips Mindset Bijak saat Ajukan Pinjaman Kilat

Tujuan adanya pinjaman KTA adalah untuk membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai masalah finansial. Misal, kamu terbebani dengan biaya pendidikan yang semakin tinggi dan ingin mengembangkan bisnis lebih luas.

Namun, keberadaan pinjaman seharusnya bukan menjadi beban baru untuk kehidupan finansial kamu. Untuk menghindarinya, terapkan tips membangun mindset bijak sebelum mengajukan pinjaman berikut ini:

●     Hapus Mindset “Gali Lubang, Tutup Lubang”!

Pinjaman memang mudah didapat, tetapi jangan sampai mindset tidak bijak seperti “Gali Lubang, Tutup Lubang” juga dilestarikan. Untuk meminimalisasi hal ini terjadi, pergunakan pinjaman dengan bijak dan jangan sampai mencari pinjaman lain untuk melunasi pinjaman lainnya.

Ketika kamu sudah memiliki mindset satu ini, maka kondisi finansial kamu tidak akan pernah membaik. Maka dari itu, hapus terlebih dahulu mindset kuno tersebut dan buat komitmen pada diri sendiri.

●       Jadikan Pinjaman sebagai Solusi Finansial

Mindset yang bijak dalam mengajukan pinjaman adalah menjadikan pinjaman tersebut sebagai solusi finansial. Artinya, kamu berkomitmen pada diri sendiri bahwa akan memanfaatkan pinjaman untuk suatu hal yang positif.

Misal, pengajuan pinjaman kilat untuk biaya pendidikan lebih tinggi agar membuat kamu punya kesempatan berkarir yang lebih cemerlang. Mindset positif tersebut akan membawa kamu pada kondisi finansial yang terbebas dari ketergantungan akan utang.

●       Pilih Pinjaman dengan Bunga Terbaik

Salah satu tips penting sebelum melakukan pengajuan pinjaman adalah riset tentang produk pinjaman tersebut. Kamu dapat mencari pinjaman yang memiliki cicilan dan bunga terbaik dan tidak mencekik. Kamu dapat mengecek bunga pinjaman tersebut apakah sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak.

Syarat bunga pinjaman tanpa agunan tidak boleh lebih dari 1% per harinya. Jika kamu menemukan produk pinjaman yang mematok bunga lebih dari 1% per hari atau sampai 30% ketika kamu melakukan keterlambatan bayar, ada baiknya tidak memilih produk pinjaman tersebut.

●       Selalu Membayar Cicilan Tepat Waktu

Membayar cicilan tepat waktu merupakan mindset yang harus kamu tanamkan secara tanggung jawab sebelum mengajukan cicilan. Atur pemikiran bahwa ketika kamu mengajukan pinjaman, berarti kamu “meminjam” dan sudah bertanggung jawab untuk membayarnya.

Selain itu, membayar cicilan secara tepat waktu juga dapat membantu kamu untuk lebih disiplin dan akan meringankan beban cicilan kamu. Plus, kamu akan mendapatkan image baik sebagai peminjam.

●       Tidak Mewariskan Pinjaman

Tanamkan mindset, “Pinjamanmu adalah tanggung jawabmu!”. Ketika meminjam tentu kamu pergunakan untuk memenuhi tujuan dan keinginan kamu. Maka dari itu, jangan limpahkan beban pinjaman kamu kepada orang lain.

Mewariskan pinjaman kepada orang lain merupakan bukti lepas tanggung jawab. Hal ini seharusnya tidak boleh dilakukan. Misal, kamu mewarisi pinjaman kepada anak, orang tua, pasangan atau bahkan teman.

Ini Waktu Ideal untuk Meminjam KTA

Nah, untuk membentuk mindset yang bijak sebelum meminjam pinjaman KTA. Maka, sebaiknya kamu mengetahui waktu yang ideal untuk meminjam dana tersebut. Tujuannya, agar kamu tidak terjebak pada kondisi yang memberatkanmu. Berikut ini waktu-waktu ideal saat ingin mengajukan pinjaman:

●       Rencana Renovasi Rumah

Pertama, jika kamu berencana untuk renovasi rumah pribadi maka pilihan yang tepat adalah gunakan dana pinjaman KTA. Karena ketika merenovasi rumah dibutuhkan dana yang cukup besar dan tidak mungkin kamu menunggu hingga dana tabungan mencukupi.

Maka dari itu, pinjaman kilat dapat kamu andalkan pada momen untuk merenovasi rumah ini. Selain itu, beberapa produk pinjaman lebih kecil dari aspek bunganya daripada kamu mengandalkan kartu kredit.

●       Menempuh Pendidikan Tinggi

Waktu yang ideal untuk mengajukan pinjaman berikutnya adalah ketika kamu ingin menempuh pendidikan tinggi, misal pendidikan spesialis dalam kedokteran atau S2. Jika kamu memanfaatkan dana pinjaman untuk aspek ini, maka kamu telah mengaplikasikan mindset yang baik.

Hal tersebut karena kamu mempergunakan pinjaman untuk kesempatan memiliki jenjang karir yang lebih tinggi. Seperti yang kamu ketahui bahwa jenjang karir yang tinggi akan memberikan kesempatan yang tinggi pula untuk mendapatkan penghasilan yang lebih optimal.

●       Mengembangkan Bisnis Baru

Selanjutnya, secara ideal waktu untuk mengajukan pinjaman adalah ketika kamu mengembangkan bisnis baru. Misal, kamu sudah memiliki satu bisnis yang stabil dari sisi operasional dan finansial. Namun, kamu ingin memperluas jangkauan bisnis kamu agar pendapatan mengalami peningkatan.

Di satu sisi, kamu tidak perlu menggunakan dana operasional dari bisnis sebelumnya. Maka, inilah waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan. Kamu akan memiliki kesempatan untuk sukses dan bisnis akan lebih bergerak dengan cepat dengan mengandalkan pinjaman.

●       Meningkatkan Skor Kredit

Kamu wajib tahu jika ketika kamu mengajukan pinjaman KTA dan membayar cicilan secara disiplin alias tepat waktu. Maka, hal tersebut dapat membantu meningkatkan skor kredit kamu. Terlebih jika kamu memiliki riwayat tidak baik dari pinjaman-pinjaman sebelumnya.

Pinjaman tanpa agunan akan menambahkan variasi riwayat kredit kamu, selain riwayat pinjaman kartu kredit. Jika kamu ingin memiliki reputasi skor kredit baik di mata bank peminjam, maka sudah waktunya kamu untuk memanfaatkan pinjaman dengan tanggung jawab penuh.

●       Rencana Pernikahan

Waktu ideal terakhir yang dapat kamu manfaatkan untuk pengajuan pinjaman adalah ketika kamu merencanakan pernikahan. Terkadang, terdapat momen yang mana kamu butuh dana cepat dan besar untuk melangsungkan pernikahan sesuai dengan impianmu.

Inilah waktu yang tepat untuk kamu memanfaatkan pinjaman tanpa agunan dan menciptakan pernikahan yang tak terlupakan dalam seumur hidup. Namun, tentu kamu wajib bertanggung jawab dan berpikir panjang sebelum mengajukannya, ya!

Kesimpulan

CNBC Indonesia melaporkan jika selama tahun 2023 saja sebanyak 173 pinjaman ilegal yang menjebak masyarakat Indonesia. Hal ini semakin menitikberatkan pada kamu yang ingin meminjam dana pada platform atau bank peminjam, Menanamkan mindset bijak untuk mengajukan pinjaman pada bank atau platform legal, menjadi salah satu contoh konkretnya!

Rekomendasi pinjaman legal yang dapat kamu percaya adalah digibank KTA. Pinjaman ini menawarkan benefits terbaik. Proses approval singkat yaitu 60 detik saja. Kamu bisa apply dengan tidak memerlukannya dokumen fisik. Selain itu, limit dana dapat mencapai Rp200 juta dengan tenor cicilan 36 bulan.

Hal ini tentu mendukung finansial kamu ke arah yang lebih positif dan tentunya tidak menjebak kamu untuk terjerat dalam lingkaran pinjaman. Maka dari itu, tunggu apalagi! Ajukan pinjaman kilat kamu kepada digibank. Informasi lengkap dan cara pengajuan dapat klik di sini!

 

 

 

Apply digibank KTA