Mesir
05 May 2023

Menyusuri Keindahan Sungai Nil dengan KTA Online

Mesir menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan wisata yang paling diinginkan oleh wisatawan mancanegara. Salah satu alasannya adalah karena Mesir menyimpan sejuta sejarah peradaban dunia yang sangat menarik untuk ditelusuri.

Salah satu destinasi wisata paling populer yang ada di Mesir adalah Sungai Nil. Ya, sungai ini memang sangat bersejarah terutama bagi umat muslim, karena sungai ini sudah ada sejak zaman nabi dan masih ada hingga sekarang.

Untuk berlibur ke luar negeri seperti Mesir memang tak semudah jalan-jalan di dalam negeri, baik dari segi kondisi alam maupun biayanya. Namun tak perlu khawatir lagi mengenai biaya, hadirnya fasilitas KTA online dapat menjadi solusi terbaik untukmu.

10 Tips Travelling ke Luar Negeri Bersama KTA Online

Travelling ke luar negeri memang menyenangkan. Namun sebelum kamu berlibur, pastikan untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini terlebih dahulu :

●       Siapkan Kelengkapan Dokumen

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah menyiapkan berbagai dokumen penting yang diperlukan nantinya seperti KTP, paspor, visa dan dokumen lainnya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kamu ketika berada di luar negeri.

Khusus untuk visa, pastikan kamu mencari tahu terlebih dahulu apakah Negara yang akan kamu kunjungi tersebut perlu menyertakan visa atau tidak.

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa Negara yang mengizinkan warga Negara Indonesia untuk memasuki negaranya tanpa harus menyertakan visa, misalnya Malaysia, Singapura dan Maldives.

Pastikan untuk mengurus dokumen paspor dari jauh-jauh hari, minimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Begitu juga dengan visa, usahakan agar tidak mengurus pembuatannya ketika sudah mendekati waktu keberangkatan. Kamu dapat mengecek kembali kelengkapan dokumen yang dimiliki untuk memastikan bahwa kamu siap untuk pergi ke luar negeri.

●       Buatlah Itinerary Wisata

Kamu mungkin akan kebingungan berada di Negara orang terutama karena suasananya yang asing. Namun dengan banyaknya informasi yang bisa kamu dapatkan di internet mengenai Negara tersebut, akan lebih mempermudah kamu menentukan destinasi mana saja yang akan dikunjungi.

Jika sudah mengetahui destinasi yang akan kamu kunjungi, cobalah buat itinerary atau rincian perjalanan yang isinya mulai dari tujuan wisata, harga tiket masuk, transportasi, akomodasi, tempat makan hingga jarak dari satu destinasi ke destinasi lain.

Pastikan untuk mencari tahu dan membuat itinerary secara detail dan buatlah dari jauh-jauh hari agar perjalanan liburanmu menjadi lebih terarah. Terutama jika kamu pergi bersama keluarga besar.

●       Coba Pelajari Bahasa Negara Tujuan

Untuk lebih memudahkan kamu ketika berada di negeri orang lain, kamu bisa belajar bahasa Negara tersebut. Atau paling tidak, cobalah untuk menguasai bahasa internasional yaitu bahasa Inggris sehingga kamu dapat lebih mudah berkomunikasi dengan warga disana.

Tak usah mempelajari terlalu dalam, kamu dapat mempelajari cara komunikasi yang dasar terlebih dahulu seperti bertanya soal harga, informasi atau tempat. Kamu bisa mempelajarinya secara otodidak pada internet.

●       Memesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Tips lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah usahakan untuk memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari untuk meminimalisir risiko kehabisan tiket. Tidak hanya itu, memesan tiket lebih awal dapat menjadi cara kamu mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah.

Sering-seringlah mengecek platform pemesanan tiket online atau nyalakan notifikasi agar kamu dapat mengetahui dengan cepat jika terdapat informasi mengenai promo yang sedang berlangsung. Jika kamu mendapatkan harga yang lebih murah, tentu akan sangat menguntungkan bukan?

●       Memesan Hotel Sejak Masih di Indonesia

Hal lain yang perlu kamu siapkan sejak jauh-jauh hari adalah memesan hotel atau penginapan yang akan kamu jadikan tempat tinggal sementara selama berlibur. Memang bisa kamu memesan penginapan secara langsung saat tiba disana, tapi hal ini bisa sangat berisiko.

Risiko yang bisa terjadi adalah harga kamar hotel yang mahal, tidak tersedia kamar kosong, hingga mengharuskan kamu mencari penginapan yang lebih jauh.

Saat ini, kita semakin dimudahkan dengan hadirnya berbagai aplikasi pemesanan hotel secara online, sehingga kamu tidak perlu takut tidak bisa mendapatkan hotel yang diinginkan.

Pastikan untuk memilih hotel yang jaraknya dekat dengan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Dengan begitu kamu dapat lebih menghemat untuk biaya transportasi.

●       Pastikan untuk Menukarkan Uang

Selanjutnya adalah menukarkan uang rupiahmu menjadi mata uang Negara tujuan wisatamu. Penukarannya sendiri dapat kamu lakukan di bank atau tempat khusus money changer.

Pastikan untuk memilih tempat penukaran uang yang terpercaya dan aman untuk menghindari adanya kecurangan saat penukaran uang.

Hal penting yang perlu kamu ingat juga adalah, sebaiknya membawa uang tunai dalam jumlah yang secukupnya saja, dan sisa uangnya dapat kamu simpan di ATM untuk berjaga-jaga jika uang cash milikmu habis.

●       Pahami Cara Mengakses Internet

Pada saat kamu berada di luar negeri, tentu kamu tetap ingin berhubungan dengan orang-orang yang kamu sayangi seperti keluarga, teman atau kerabat lain yang ada di Indonesia.

Maka dari itu penting untuk kamu mencari SIM card local disana yang dapat mendukung akses internet. Kamu dapat membeli setibanya di Negara tersebut agar harganya dapat lebih murah.

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan WiFi portable sehingga dapat digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus. Lebih efektif dan efisien, bukan?

●       Download Aplikasi Pendukung yang Penting

Hal lain yang penting kamu lakukan juga adalah mendownload aplikasi pendukung yang penting untuk digunakan saat berlibur di negeri orang.

Misalnya kamu dapat mendownload Google Maps sebagai alat navigasi perjalanan selama di luar negeri. Atau mendownload aplikasi transportasi yang tentu berguna untuk bepergian ke destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi.

●       Membawa Barang Secukupnya Saja

Ketika berlibur, pastikan untuk membawa barang secukupnya saja sehingga kamu tidak perlu repot membawanya. Pastikan untuk membawa barang yang memang penting dan diperlukan saja selama berlibur.

Hal ini juga bertujuan untuk memberikan space agar ketika kamu membeli barang atau oleh-oleh dari Negara tersebut masih dapat dimasukkan ke dalam koper.

●       Persiapkan Kondisi Fisik

Ini menjadi hal yang paling penting untuk kamu persiapkan. Bagaimana pun saat berlibur tentu kamu ingin menikmatinya dengan bahagia, apa jadinya jika saat berlibur tubuh kamu malah terasa tidak fit, tentu tidak mengasyikkan.

Persiapkan tubuhmu sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Caranya kamu bisa berolahraga rutin dan konsumsi makanan yang bernutrisi. Jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tetap terhidrasi.

Khusus untuk berlibur ke Mesir, perhatikan juga beberapa hal berikut ini :

✔     Pilih Waktu yang Terbaik

Kamu tentu mengetahui bahwa Mesir merupakan wilayah dengan cuaca yang panas. Namun kamu bisa memilih mengunjungi Mesir di bulan Oktober hingga April, karena di rentang bulan tersebut, sinar mataharinya tidak terlalu menyengat. Sesuaikan juga dengan kondisi fisikmu ya.

✔     Ketahui Hari Perayaan di Mesir

Agar liburanmu ke Mesir semakin berkesan, kamu dapat mengikuti beberapa perayaan besar yang ada di Mesir, seperti perayaan keagamaan atau festival rutin lainnya.

Misalnya saat Idul Fitri akan dibuka pameran kecil di beberapa kota yang ada di Mesir. Ada juga Abu Simbel Sun Festival yang diadakan setiap tanggal 22 Februari. Atau perayaan Sungai Nil yang dilakukan setiap bulan Agustus.

Adanya perayaan-perayaan besar juga tentu akan berpengaruh pada jalannya transportasi umum juga kenaikan harga penginapan maupun akomodasi lainnya.

✔     Kenali Transportasi di Mesir

Agar mempermudah kamu bepergian selama di Mesir, pastikan untuk mengetahui berbagai transportasi yang ada disana. Di Mesir kamu dapat menemukan jenis transportasi seperti kereta, bus, taksi, hingga perahu. Tidak direkomendasikan bagi kamu menyewa mobil dan mengemudi sendiri apalagi jika kamu belum berpengalaman, ini karena lalu lintas Mesir yang tidak begitu teratur.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sepanjang Sungai Nil

Untuk memudahkan kamu memilih destinasi wisata di Mesir, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata yang ada di Sungai Nil :

●       Kuil Karnak

Merupakan salah satu situs bersejarah yang ada di Mesir dan terdiri dari berbagai bangunan dan patung yang berusia ratusan tahun dan terletak di sebelah timur Sungai Nil.

●       Lembah Para Raja

Tempat dimana bersemayamnya tokoh kerajaan Mesir yang dikenal sebagai Firaun. Terletak di sepanjang tepi barat Sungai Nil, tepatnya di seberang Thebes.

Disana juga terdapat sebuah desa kecil yang dulunya ditempati oleh masyarakat golongan pekerja. Dari sekian banyaknya makan para tokoh besar di Mesir, sampai saat ini baru 16 makan yang dapat ditemukan.

●       Abu Simbel

Tempat wisata lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Abu Simbel. Tempat ini sangat bersejarah karena menyimpan cerita pada masa kerajaan Mesir kuno. Yang membuatnya semakin menarik adalah adanya patung berukuran sangat besar yang ada di bagian depan tempat ini.

●       Kuil Luxor

Kuil ini menjadi salah satu saksi bisu dari keberadaan kerajaan Firaun yang melegenda. Dahulu, kuil ini berfungsi sebagai tempat diselenggarakannya Festival Opet. Dengan KTA bank online cepat cair, kamu dapat segera berkunjung ke tempat bersejarah satu ini.

●       Kuil Philae

Kuil ini dibuat sebagai bentuk dedikasi untuk pemakaman dewa Oziris yang dipercaya oleh rakyat Mesir kuno.

●       Kuil Hatshepsut

Merupakan salah satu bangunan megah peninggalan dinasti Mesir kuno ke-18 yang berfungsi sebagai maka.

●       Museum Luxor

Merupakan rumah untuk kuburan pada zaman Theban Necropolis sehingga menjadikannya lebih antik. Suasana sejarah Mesir pun semakin terasa di tempat ini.

●       Kuil Medinat Habu

Merupakan sebuah kuil yang dibangun pada masa kepemimpinan Ramses III yang dikenal sebagai firaun paling kuat di Kerajaan Baru. Disini juga bersemayam jasad Ramses III beserta keluarganya.

●       Tomb of King Tutankhamun

Ini merupakan tempat dimana disemayamkannya jasad raja Mesir yaitu Tutankhamun.

●       Tomb of Ramses VI

Disini kamu akan menemukan sebuah bangunan megah yang dijadikan sebagai tempat disemayamkannya Ramses VI.

Untuk dapat berlibur ke Mesir dengan membawa keluarga, tentu kamu perlu menyiapkan dana sedikit lebih besar. Kamu perlu menyiapkan dana kurang lebih sebesar Rp150 hingga Rp200 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk tiket pulang-pergi, pembuatan visa dan paspor, makan, penginapan, transportasi hingga tiket masuk objek wisata.

Biaya yang dibutuhkan memang cukup besar, sebagai solusinya, gunakan fasilitas KTA online dari digibank KTA dan wujudkan liburanmu yang berkesan ke Mesir menyusuri Sungai Nil dan tempat bersejarah lainnya bersama orang tersayang. Untuk lebih jelasnya, klik laman berikut ini  https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.