Menyiapkan Dana Darurat Dengan Deposito

Menyiapkan Dana Darurat Dengan Deposito

Siapa yang dapat menyangka Indonesia dan seluruh dunia terdampak dari pandemi Covid 19. Dampak dari pandemi ini sangat besar, terutama di sektor ekonomi. Banyak bisnis yang tidak dapat beroperasi karena lockdown. Tidak sedikit juga bisnis yang harus gulung tikar karena pandemi ini. Banyak karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja sehingga semakin banyak pengangguran di tengah pandemi ini. Ada juga yang harus mengalami pemotongan gaji dengan jangka waktu yang tidak diketahui demi mempertahankan bisnis.

Di situasi seperti ini pentingnya dana darurat. Apabila terjadi pemutusan hubungan kerja, setidaknya ada dana darurat yang bisa digunakan untuk membiayai pengeluaran bulanan. Dana darurat ini diharapkan bisa membantu membayar pengeluaran sampai mendapat pekerjaan kembali.

Dana darurat juga bisa digunakan untuk hal darurat lainnya. Misalnya saja biaya untuk membantu keluarga yang sakit, rumah bocor mendadak, handphone rusak, dan lain-lain. Untuk Anda yang masih single sebaiknya menyiapkan dana darurat minimal 3-6 bulan pengeluaran bulanan. Setidaknya apabila terjadi situasi darurat seperti pemutusan hubungan kerja diharapkan dalam jangka waktu 3-6 bulan sudah mendapatkan pekerjaan baru. Bagi Anda yang sudah berkeluarga sebaiknya menyiapkan dana darurat minimal 6-12 bulan pengeluaran bulanan.

Untuk menyiapkan dana darurat, Anda bisa memulainya dengan menyisihkan minimal 5% dari penghasilan setiap bulan untuk dimasukan ke dalam pos dana darurat. Cara lain untuk menambahkan dana ke pos dana darurat yaitu dengan mengalokasikan Tunjangan Hari Raya atau bonus tahunan ke pos dana darurat agar dana tersebut cepat terpenuhi.

Untuk menyiapkan dana darurat diperlukan instrumen yang aman dan memiliki resiko yang rendah. Selain itu instrumen tersebut harus mudah dicairkan dan mudah diakses. Instrumen yang memenuhi ketiga syarat tersebut adalah deposito.

Kelebihan mengumpulkan dana darurat dengan deposito selain untuk investasi deposito,  dana tersebut aman karena dijamin LPS maksimal Rp 2.000.000.000.

Bila menggunakan deposito sebagai instrumen untuk menyiapkan dana darurat maka sebaiknya mengambil tenor 1 bulan dan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa menyiapkan dana darurat menggunakan digibank deposito dari Aplikasi digibank by DBS. Buka deposito online hanya lewat aplikasi tanpa harus ke bank. Pembukaan rekening deposito dapat dilakukan 24/7 hanya lewat smartphone yang Anda miliki.

Bunga deposito yang ditawarkan juga sangat kompetitif hingga 5,25%. Anda bisa memulai menyiapkan dana darurat di digibank deposito mulai dari Rp 1.000.000 dan tenor mulai dari 1 bulan.

Mengumpulkan dana darurat di deposito tentunya memiliki kelebihan tersendiri yaitu mendapatkan bunga deposito. Pastikan bunga deposito tersebut tidak digunakan untuk kebutuhan konsumtif namun didepositokan kembali agar nilai dana darurat Anda lebih cepat terkumpul.

Bagi yang belum memiliki rekening digibank berikut cara untuk membuka rekening digibank

  1. Unduh aplikasi digibank dari AppStore®️ maupun Google Play®️
  2. Pilih BUKA REKENING
  3. Isi informasi  yaitu nama, nomor telepon, dan email
  4. Buat username dan password untuk login digibank dan jawab beberapa pertanyaan untuk pembuatan rekening baru
  5. Jika Anda berada di wilayah Jabodetabek, jadwalkan waktu bertermu dengan agen digibank by DBS untuk melakukan proses verifikasi biometric. Jika Anda berada di wilayah Bandung dan Surabaya, Anda bisa kunjungi coffee shop untuk proses verifikasi
  6. Setelah verifikasi, rekening digibank by DBS Anda siap digunakan

Bagi yang sudah memiliki rekening digibank berikut cara investasi deposito di Aplikasi digibank by DBS

  1. Login digibank by DBS
  2. Klik ”DEPOSITO”
  3. Klik buka deposito baru
  4. Klik dari beberapa option sesuai kebutuhan Anda, lalu klik ”Setuju”
  5. Tulis nominal yang diinginkan dan pilih rencana deposito yang sesuai
  6. Klik “OK! Mari kita mulai”
  7. Klik pilihan jatuh tempo, lalu klik OK
  8. Masukkan nama nasabah, pilih symbol yang diinginkan, lalu klik ”Otentikasi”
  9. Masukan password Digibank by DBS Anda
Pandemi covid ini mengajarkan kepada kita bahwa situasi darurat yang berskala besar dapat terjadi kapan saja dan tidak dapat ditentukan kapan berakhirnya. Pandemi covid ini juga mengingatkan kita untuk selalu berjaga-jaga dan memiliki dana darurat. Ayo mulai siapkan dana darurat Anda dengan menyisihkannya di deposito lewat Aplikasi digibank by DBS.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /