KTA
29 Oct 2023

KTA yang Kilat Resmi atau Tidak? Simak Informasi Lengkapnya

Pertanyaan seperti KTA kilat resmi atau tidak tentu banyak ditanyakan oleh para masyarakat. Terlebih lagi dewasa ini banyak sekali penipuan berdasarkan pinjaman kilat. Maka dari itu, sebagai salah satu cara agar masyarakat teliti dan aware terhadap pinjaman resmi atau tidak resmi sudah saatnya memberikan informasi terpercaya terkait pinjaman KTA.

Pada artikel di bawah ini akan dijelaskan secara lebih rinci mengenai perbandingan pinjaman KTA kilat yang resmi dan ilegal beserta ciri-cirinya. Sehingga, masyarakat mendapat informasi tepat mengenai pinjaman kilat terlebih lagi pinjaman bunga rendah dalam bentuk KTA.

5 Poin Penting Membandingkan KTA Resmi dan Tidak Resmi

Ancaman berbagai penipuan pinjaman KTA kilat semakin marak dan merugikan masyarakat yang membutuhkan pinjaman cepat. Maka dari itu, kamu yang berencana untuk mengajukan pinjaman KTA pada bank tertentu wajib mengetahui informasi perbedaan antara KTA resmi dan tidak.

Perbandingan antara pinjaman KTA resmi dan tidak wajib kamu ketahui karena informasi tersebut dapat membuat kamu terhindar dari penipuan dan kerugian. Berikut ini 5 poin penting bagi kamu yang ingin membandingkan KTA resmi dan tidak seperti yang dikutip oleh Kumparan, yaitu:

●     Aspek Perizinan

Poin pertama yang wajib kamu perhatikan adalah aspek perizinan yang mana antara KTA kilat resmi dan tidak resmi memiliki perbedaan paling signifikan. Salah satu indikator pinjaman KTA kilat tersebut resmi adalah izin terdaftar dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Berbeda dengan pinjaman KTA kilat yang tidak resmi maka tidak memiliki izin terdaftar di OJK. Maka dari itu, jika kamu ingin mengajukan pinjaman KTA terbaik, hal pertama yang kamu lakukan adalah memeriksa nomor izin bank atau platform peminjam di situs OJK.

●       Perhitungan Suku Bunga

Perhitungan suku bunga pinjaman KTA resmi dan tidak resmi pun berbeda. Hal ini yang wajib kamu pahami dan teliti. Karena jika KTA resmi, perhitungan suku bunga akan lebih transparan sehingga calon peminjam mengetahui secara jelas mengenai suku bunga.

Sedangkan, pinjaman KTA ilegal atau tidak resmi tidak menyediakan transparansi perhitungan suku bunga. Jika kamu mendapatkan pengalaman pengajuan pinjaman dan bertanya tentang perhitungan suku bunga yang dirahasiakan oleh pihak peminjam. Maka waspada KTA kilat yang tidak resmi.

●       Batasan Bunga Pinjaman

Terdapat perbedaan batasan bunga pinjaman pada KTA kilat resmi dan tidak resmi. Berdasarkan ketentuan dari AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia), bunga pinjaman maksimal 0,4% per hari yang mana harus diikuti oleh berbagai macam platform peminjam.

Jika kamu mengajukan pinjaman KTA kilat dengan bunga lebih dari yang ditetapkan oleh AFPI, maka sudah dapat dipastikan pinjaman tersebut ilegal. Inilah pentingnya kamu banyak bertanya atau mencari informasi sebelum mengajukan pinjaman.

●       Adanya Kantor dan Layanan Pelanggan

Keberadaan alamat kantor dan pelayanan pelanggan yang jelas memang terkesan sederhana tapi justru vital. Pinjaman KTA kilat ilegal terkadang tidak memiliki alamat yang jelas dan terkesan “bodong”.

Bahkan, untuk layanan pelanggan KTA ilegal tidak menyediakan, sehingga membuat peminjam jadi kesulitan jika ingin menghubungi customer service.

Berbeda dengan KTA kilat yang resmi, yang mana alamat kantor dan layanan pelanggan tersedia dengan jelas. Hal ini bertujuan agar peminjam dapat lebih mudah menghubungi apabila terjadi beberapa kendala teknis atau keluhan.

●       Perlindungan Privasi Pengguna

Perlindungan privasi pengguna yang menjadi peminjam KTA wajib dijaga dengan baik. Maka dari itu, perbedaan antara KTA resmi dan ilegal terletak pada perlindungan data pribadi peminjam. Pada sistem KTA kilat yang resmi, pengambilan data pribadi hanya sebatas kamera, microphone dan lokasi.

Sedangkan pinjaman KTA tidak resmi cenderung mengambil data pribadi tanpa izin dari peminjam. Hal ini dapat berakibat fatal, seperti adanya kebocoran data pribadi ke masyarakat umum.

4 Informasi Penting Penggunaan KTA Untuk Kebutuhan Hidup

Apabila kamu sudah mengetahui berbagai poin penting perbedaan antara KTA kilat yang resmi dan tidak resmi. Maka dari itu, saatnya kamu mengetahui manfaat atau benefit apa saja yang dapat kamu gunakan apabila mengajukan pinjaman KTA. Berikut ini 4 pentingnya penggunaan KTA untuk kebutuhan yaitu:

●     Sebagai Dana Darurat

Kamu dapat menggunakan pinjaman KTA kilat sebagai dana darurat, seperti perbaikan kendaraan yang rusak atau kebutuhan gadget yang tiba-tiba mati. Hal ini berkaitan dengan banyaknya orang yang terkadang menyepelekan dana darurat.

Alasan kamu dapat menggunakan pinjaman KTA untuk dana darurat adalah bunga yang tidak memberatkan serta pengajuannya yang cepat. Maka dari itu, jika kamu belum menyiapkan dana darurat, memanfaatkan pinjaman KTA menjadi salah satu alternatif terbaik.

●     Sebagai Pendukung Dana Pendidikan

Terkadang para orang tua bingung ketika terdapat keperluan biaya sekolah anak-anaknya. Biaya seperti uang gedung, SPP dan banyak lainnya. Keuntungan dari KTA kilat yang resmi adalah dapat diandalkan untuk biaya pendidikan.

Sehingga, para orang tua tidak perlu khawatir tentang masalah biaya untuk menyekolahkan anak di sekolah terbaik. Pinjaman KTA kilat resmi tidak akan memberikan beban bunga kepada orang tua yang sedang mencari biaya pendidikan bagi anaknya.

●     Sebagai Dana Awal Mengembangkan Bisnis

Pinjaman KTA kilat juga dapat dimanfaatkan sebagai dana awal mengembangkan bisnis. Hal ini tentu menjadi keuntungan yang wajib kamu manfaatkan. Terlebih lagi jika saat ini mengembangkan bisnis terkadang sulit karena terganjal persoalan budget.

Kemudahan pinjaman KTA kilat resmi dapat membantu para pebisnis untuk memperluas pasar bisnisnya. Salah satu alasannya adalah karena bunga pinjaman yang tidak memberatkan sehingga para pebisnis dapat fokus untuk memperluas bisnisnya.

●     Sebagai Biaya Travelling

Last but not least, penggunaan pinjaman KTA untuk kebutuhan travelling atau hiburan. Sekarang kamu tidak perlu lagi menabung dalam waktu lama untuk berkunjung ke destinasi wisata impian. Adanya pinjaman KTA kilat dan bersifat online sangat memudahkan para generasi muda untuk healing.

Menggunakan pinjaman KTA kilat membuat kamu dapat terus menjelajahi tempat-tempat indah. Tentunya tanpa perlu khawatir tentang cicilan atau bunga pinjaman. Hal tersebut karena bank atau platform resmi tidak akan memberikan beban bunga berlebih.

Percayakan Pinjaman Bunga Rendah dengan Pinjaman KTA

Pembahasan tentang pinjaman KTA kilat resmi dan tidak resmi di atas merujuk pada simpulan bahwa kamu wajib memilih bank atau platform terbaik jika ingin mengajukan pinjaman. Salah satu rekomendasi bank terbaik yang dapat kamu andalkan adalah digibank KTA.

Pinjaman digibank KTA memiliki berbagai macam keunggulan, seperti proses approval yang sebentar hanya 60 detik dan kebebasan peminjam untuk mengatur nominal dana hingga Rp200 juta rasanya sayang sekali jika dilewatkan.

Jika kamu mengajukan pinjaman bunga rendah dari digibank KTA, kamu dijamin akan dijaga kerahasiaan dan kredibilitas sebagai peminjam. Hal tersebut karena digibank by DBS merupakan bank penyedia pinjaman KTA kilat resmi dan terbaik. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan cara pengajuan, klik di sini.

 

 

Apply digibank KTA