KEUNTUNGAN REKSADANA BISA KAMU DAPATKAN

KEUNTUNGAN REKSADANA BISA KAMU DAPATKAN

Salah satu tujuan utama melakukan investasi termasuk investasi reksadana tentunya adalah untuk mendapatkan imbal hasil atau keuntungan reksadana. Namun, tidak sedikit investor yang justru mengalami kerugian saat melakukan investasi. Kerugian tersebut merupakan hal yang sangat dihindari oleh para investor baik pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi. Sebisa mungkin segala risiko kerugian harus dihindari. Maka dari itu, berikut tips untuk bisa membantu kamu meminimalisir kerugian.

  1. Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum memulai investasi, pastikan kamu sudah memiliki tujuan yang jelas agar dapat menghasilkan keuntungan reksadana yang kamu inginkan. Misalnya untuk tabungan masa depan, dana pendidikan anak, tabungan masa tua, atau bahkan untuk melakukan liburan. Pentingnya menentukan tujuan agar investasi yang kamu lakukan tidak asal-asalan dan dapat berhasil mewujudkan tujuan yang dimaksud yaitu keuntungan reksadana. Ingat ya, investasi bukan trend yang bisa kamu lakukan hanya karena ikut-ikutan biar terlihat keren atau FOMO (Fear Out Missing Out), melainkan harus dipahami terlebih dahulu agar investasi kamu berakhir untung bukan buntung.

Terkadang, tujuan yang tidak jelas inilah yang membuat investasimu tidak menghasilkan keuntungan reksadana karena dilakukan asal-asalan tanpa semangat dan antusias yang tinggi. Selain itu, dengan memiliki tujuan yang jelas, dapat menjadi acuan kamu dalam menentukan instrumen investasi yang akan kamu pilih agar menghasilkan keuntungan reksadana. Kamu dapat langsung memulai investasi kamu melalui digital banking yang memberikan layanan perbankan melalui media digital seperti digital banking dari digibank by DBS yang memberi banyak kemudahan. Diantaranya dapat langsung melakukan jual, beli dan switch investasi secara mudah hanya dengan smartphone yang kamu genggam investasi sudah bisa dimulai hanya mulai Rp 100 ribu saja loh.

 

  1. Melakukan Riset

Hal penting lainnya yang kadang terlupakan adalah melakukan riset. Di tengah banyaknya kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan investasi, kadang membuat sebagian orang terlena untuk menanamkan uang begitu saja tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini kerap menjadi penyebab gagalnya seseorang meraih keuntungan reksadana. Meskipun nantinya dana kamu dikelola oleh Manajer Investasi (MI), namun tetap saja kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian agar tidak asal pilih. Masing-masing instrumen reksadana memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saat memilihnya, kamu dapat menyesuaikan dengan profil risiko keuangan kamu.

 

  1. Siapkan Mental Menghadapi Fluktuasi Nilai Investasi

Semua jenis investasi termasuk reksadana tak luput dari risiko, salah satunya risiko dari adanya fluktuasi atau naik turun harga. Artinya, kamu harus menyiapkan mental ketika investasi kamu mengalami penurunan nilai atau harga. Jika kamu panik saat portofolio investasi menjadi merah, artinya kamu belum siap untuk menjadi investor handal. Banyak orang panik saat investasinya mulai merah atau mengalami penurunan, kemudian menjualnya dalam keadaan minus atau rugi dengan maksud agar tidak mengalami kerugian yang lebih besar lagi. Padahal, masih ada kemungkinan portofolio investasinya akan kembali hijau lagi dan menghasilkan keuntungan reksadana. 

 

  1. Jangat Ngebet Dapat Untung Secara Instan

Tidak ada investor yang tidak menginginkan keuntungan reksadana. Namun, harus kamu pahami kalau investasi reksadana memerlukan proses yang tidak instan untuk dapat menghasilkan cuan dan tidak menghasilkan keuntungan saat itu juga. Jangan ragu untuk memulai investasi reksadana dengan dana yang kecil. Karena, jika dilakukan secara terus menerus, nilai investasimu akan semakin banyak dengan keuntungan reksadana yang tentunya lebih besar juga. Intinya, kamu harus memiliki komitmen dan konsisten untuk menyisihkan uang kamu untuk dijadikan investasi reksadana.

 

  1. Lakukan Diversifikasi Jenis Reksadana

 Diversifikasi adalah salah satu cara untuk meraup cuan dari reksadana. Karena setiap jenis reksadana memiliki aset dasar yang pergerakan nilainya tidak bersamaan antara satu dengan lainnya. Sebagai contoh, kamu dapat mencoba berinvestasi pada dua atau tiga jenis reksadana yang berbeda, sambil terus memperhatikan kinerjanya. Sehingga pada akhirnya kamu dapat memilih dan menentukan produk mana yang terbaik dan sesuai dengan tujuan awal kamu melakukan investasi.

 

  1. Jangan Gunakan Uang Panas untuk Investasi

 Hal penting lainnya yang jangan sampai kamu abaikan saat hendak melakukan investasi adalah mengatur anggaran keuangan kamu. Investasi memang bagus, namun perlu kamu ketahui kalau dana investasi jangan sampai mengambil dari anggaran kebutuhan pokok.

 

Investasi Reksadana Bersama digibank by DBS

digibank by DBS menyediakan ragam pilihan dan kemudahan bagi kamu yang sudah atau baru memulai investasi. Selain itu, melalui aplikasi digibank by DBS, kamu dapat melakukan riset sebelum memutuskan melakukan transaksi karena digibank by DBS menyediakan informasi yang lengkap mengenai setiap produk, berupa prospektus dan ringkasan informasi lainnya serta ketentuan dari Bank tersedia dalam dokumen di aplikasi. Adapun keuntungan reksadana yang akan kamu dapatkan jika melakukan investasi bersama digibank by DBS, seperti:

  • Terdapat 3 kategori yang disediakan yaitu kategori kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.
  • Menyediakan lebih dari 50 pilihan produk reksadana.
  • Bisa melakukan pembelian produk secara berkala dan fleksibel.
  • Proses pendaftaran SID, jual, beli, maupun switch produk bisa dilakukan lebih praktis hanya melalui 1 Aplikasi digibank by DBS.
  • Hanya dengan Rp 100 ribu saja kamu sudah dapat menikmati layanan investasi melalui digibank by DBS.

 

Selain mendapatkan keuntungan reksadana tersebut, kamu juga akan mendapatkan layanan supaya tetap up to date dengan mendapatkan akses untuk melihat daftar reksadana berdasarkan hasil pembelian terbanyak oleh nasabah selama satu bulan terakhir sampai tanggal tertera atas produk reksadana yang dijual melalui PT Bank DBS Indonesia.  Selanjutnya, sebagai salah satu pelopor perbankan digital banking di Indonesia, digibank by DBS merupakan bagian dari Bank DBS Indonesia senantiasa berupaya secara konsisten untuk menghadirkan produk serta layanan baru yang inovatif dalam memenuhi kebutuhan nasabah sehari-hari.

Nah, setelah membaca beberapa tips cara investasi reksadana dan beberapa keuntungan reksadana kamu pasti sudah yakin nih untuk memulai investasi bersama digibank by DBS!

Ayo segera download dan jangan lupa untuk follow akun instagram @digibankid untuk mendapatkan informasi menarik lainnya!

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /