Upgrade Jok Mobil
05 Dec 2023

Kenali Jenis Bahan Berikut sebelum Upgrade Jok Mobil!

Tiap-tiap pengguna mobil, baik penumpang maupun pengemudi, pasti ingin merasakan kenyamanan selama perjalanan. Salah satu hal yang bisa menunjang kenyamanan tersebut ialah komponen jok atau kursinya.

Oleh karena itu, apabila jok mobil sudah mengalami kerusakan yang membuat tidak nyaman ketika diduduki, ada baiknya perlu dilakukan perbaikan hingga penggantian. Dengan memperhatikan kualitas jok mobil, maka kamu jadi bisa meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

Bagi kamu yang telah apply kartu kredit, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk bertransaksi apabila tertarik meng-upgrade jok mobil ke model yang lebih baru dan tentunya lebih nyaman.

Bahan-Bahan Jok Mobil

Ada beberapa pilihan bahan yang umumnya digunakan sebagai bahan jok mobil. Sebelum melakukan upgrade, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu jenis bahan yang umumnya sering digunakan sebagai bahan jok mobil.

Dengan mengetahui macam-macam materialnya, kamu jadi bisa menentukan bahan seperti apa yang sesuai dengan selera dan kenyamananmu. Nah, berikut adalah referensi bahan-bahan jok yang bisa digunakan:

●     Bahan Kulit Sintetis

Bahan pertama yang biasanya digunakan untuk jok mobil yaitu bahan kulit sintetis. Sesuai dengan namanya, bahan kulit sintetis ini terbuat dari material dasar berupa kain yang diolah melalui proses kimia melibatkan pewarna dan juga lilin sehingga pada akhirnya menghasilkan bahan yang menyerupai material kulit.

Meski bukan jenis kulit premium, namun bahan kulit sintetis ini juga menawarkan kelebihan yang menarik. Ketika digunakan sebagai bahan jok mobil, ia begitu fleksibel sehingga mudah dibentuk, tahan terhadap suhu panas, cenderung tidak mudah rusak, dan tidak gampang menyerap kotoran.

Kemudian untuk kisaran harganya sendiri, bahan kulit sintetis juga lebih murah apabila dibandingkan dengan kulit asli. Kamu perlu menyiapkan budget mulai dari Rp800 ribu – Rp2 juta apabila ingin memiliki jok mobil dengan bahan ini. Rentang harga ini umumnya akan berbeda tergantung pada jenis mobil masing-masing.

Untuk mendukung transaksi upgrade jok mobil menjadi lebih mudah, kamu dapat menggunakan kartu kredit. Dengan apply kartu kredit, biasanya kamu juga akan merasakan beberapa keuntungan yang menarik.

●       Bahan Kulit Asli

Sesuai dengan namanya, bahan kulit asli yang sering digunakan untuk jok mobil umumnya berasal dari kulit hewan seperti sapi maupun domba. Oleh karena merupakan kulit asli, maka kamu bisa mengekspektasikan bahwa harga yang membanderolnya akan lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga jok mobil dari bahan kulit sintetis.

Bahan kulit asli memiliki kelebihan berupa materialnya yang terasa lebih lembut, mudah dibentuk, dan memiliki daya tahan yang kuat di berbagai cuaca.

Kemudian untuk kekurangannya, material kulit asli lebih mudah retak dan memerlukan perawatan khusus seperti menggunakan pelembab dan conditioner apabila ingin tahan lama. Bahkan mengutip dari laman Otomotif Tempo, perawatan yang dianjurkan pada jok mobil dari bahan kulit asli ini patut dilakukan setidaknya dua bulan sekali.

●       Bahan Fabric

Salah satu bahan yang juga banyak ditemukan penggunaannya pada jok mobil ialah bahan fabric. Untuk bahan ini sendiri, materialnya berupa kombinasi dari bahan kanvas, cotton, dan juga kain.

Banyak orang memilih bahan fabric sebagai bahan untuk jok mobilnya karena ada beberapa keunggulan yang bisa dirasakan. Keunggulan tersebut antara lain ialah bahannya yang cenderung tahan lama dan dapat tahan terhadap suhu terik.

Tidak hanya itu, keunggulan utamanya yaitu harga bahannya yang lebih terjangkau. Untuk memasang jok mobil dengan bahan fabric kamu perlu mempersiapkan biaya di kisaran angka Rp2 juta.

Selain memiliki keunggulan, bahan fabric pada jok mobil juga memiliki beberapa kekurangan seperti materialnya yang gampang menyerap kotoran sehingga berakibat jok menjadi akan lebih sulit dibersihkan.

●       Bahan Suede

Bahan suede bisa dibilang berada di urutan pertama sebagai bahan paling premium untuk jok mobil. Umumnya bahan ini digunakan pada jenis mobil sport. Dengan menggunakan bahan suede, mobilmu jadi akan menampilkan kesan berkelas.

Kelebihan lainnya yang juga bisa dirasakan dengan menggunakan jok mobil berbahan suede, yaitu bahan lembutnya yang bisa memberikan kenyamanan, memiliki kualitas premium, dan bobotnya yang cenderung ringan.

Sementara kekurangannya, yaitu apabila ingin dibersihkan kamu perlu menggunakan vacuum agar lapisan bahan suede tidak lecet dan rusak.

Itu dia penjelasan tentang bahan-bahan yang biasanya digunakan sebagai jok mobil. untuk kamu yang tertarik untuk meng-upgrade jok mobil, saat ini kamu bisa memanfaatkan kartu kredit agar transaksi yang dilakukan bisa lebih praktis. Dengan manfaat kartu kredit yang berlimpah, kemudahan bertransaksi jadi bisa dengan lebih mudah terwujud.


Rekomendasi Model Jok Mobil yang Populer

Setelah mengetahui bahan-bahan untuk jok mobil, maka kamu bisa melakukan upaya pada bagian kursi supaya mobilmu tidak menampilkan kesan yang monoton. Berikut akan dibahas tentang rekomendasi model jok mobil yang populer dan bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan untuk mengupgrade kursi pada mobilmu:

●     Model Wajik

Rekomendasi model jok mobil yang pertama yaitu model wajik. Motif dari model ini memiliki bentuk desain jajar genjang yang beraturan. Desainnya yang unik tersebut dapat memberikan kesan interior mobil yang keren. Untuk kamu yang menginginkan mobil terlihat rapi, kamu bisa mempertimbangkan model jok ini.

●       Model Dual Tone

Sesuai namanya, model dual tone menawarkan desain jok berupa kombinasi dua warna yang bisa dipilih.

Pemilihan warna untuk jok mobil dual tone ini umumnya menggabungkan warna dengan kesan hard dan juga soft. Sebagai referensi, kamu bisa mempertimbangkan kombinasi seperti warna putih dan biru, hitam dan putih, maupun ungu dan juga hitam.

●       Model Kerut

Apabila kamu ingin menampilkan kesan mobil yang elegan, maka kamu bisa mempertimbangkan memilih jok dengan model kerut. Tidak hanya itu, dengan memilih model jok kerut, kamu juga akan bisa merasakan kenyamanan karena sedikitnya jahitan.

●       Model Ilis

Kemudian untuk kamu yang ingin menampilkan kesan sport namun tetap elegan, maka kamu bisa memilih model jok mobil ilis.

Model ini memiliki desain berupa menggabungkan warna hitam dengan warna terang seperti merah maupun biru. Dengan kombinasi warna tersebut maka hal ini tidak akan membuat mobil menjadi terlihat ramai terlebih norak.

●       Model Garson

Untuk kamu yang sangat mempertimbangkan kenyamanan, maka model jok garson dapat dipilih. Pasalnya model garson ini memiliki desain seperti sofa. Dengan desainnya yang demikian, model ini juga menawarkan jok mobil yang lebih tebal dan berisi. Umumnya jok mobil garson ini menggunakan isian berupa dakron.

Nah, itulah beberapa poin yang menjelaskan tentang jenis bahan yang umumnya dipakai pada jok mobil dan juga rekomendasi model jok yang cukup populer.

Apabila kamu tertarik untuk melakukan upgrade terhadap jok mobilmu, kamu dapat memanfaatkan kartu kredit sebagai metode pembayarannya! Bicara soal kartu kredit, salah satu produk rekomendasi yang terkenal menawarkan keunggulan dan manfaat menarik ialah Kartu Kredit Digital digibank.

Kartu Kredit Digital pertama di Indonesia ini menawarkan proses approval 60 detik. Menariknya lagi, kamu dapat ubah transaksi menjadi cicilan hingga 60 bulan melalui Aplikasi digibank by DBS. Apabila kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dan ingin apply Kartu Kredit Digital digibank, segera klik di sini!