kuliner timur tengah
20 Nov 2023

Kembangkan Bisnis Kuliner Timur Tengah dengan Tips Berikut

Mengembangkan bisnis makanan dengan menu Timur Tengah memang tidak mudah. Selain harus bersaing dengan usaha kuliner lokal dan western, kamu juga memerlukan modal yang cukup besar. Namun, keberadaan pinjaman KTA bisa menjadi pilihan terbaik untuk menunjang segala keperluan bisnismu.

Tips Mengembangkan Bisnis Kuliner Timur Tengah

Jika bingung untuk memulai langkah dari mana, tips berikut mungkin bisa membantu kamu dalam mengembangkan usaha makanan khas Timur Tengah:

●      Matangkan Konsep 

Berhubung kamu akan mengembangkan bisnis kuliner ala Timur Tengah, maka langkah awal yang dipertimbangkan secara matang ialah mengenai konsep makanan. Apakah kamu akan fokus pada jenis makanan atau juga memasukkan minuman khas Timur Tengah ke dalam usahamu.

Tak hanya itu, kamu juga perlu menentukan apakah usahamu menerima pesanan delivery atau tetap fokus pada satu jalur penjualan saja. Hal ini perlu untuk dipikirkan secara detail agar kamu bisa menentukan jadwal masak dan pembuatan menu secara on time kepada pelanggan.

●       Survei, Riset, Kumpulkan Informasi tentang Peluang Pasar

Menurut youtap.id, memulai ataupun mengembangkan bisnis, survei ataupun riset pasar adalah hal yang tak boleh kamu lupakan. Begitu halnya untuk bisnis kuliner, kamu tetap perlu menambah informasi tentang makanan Timur Tengah, target pasar, hingga pesaing di sekitarmu,

Dengan melakukan riset dan survei, maka kamu akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang konsep dan arah usaha kuliner Timur Tengah kamu ke depannya.

●       Memilih Tempat Usaha yang Tepat dan Strategis 

Lokasi bisnis juga turut mempengaruhi bisnis yang kamu jalankan. Oleh sebab itu, pilihlah tempat usaha yang strategis dan ramai pengunjung. Berhubung biaya sewa tempat atau ruko di area yang strategis cukup mahal, maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan pinjaman KTA terbaik.

Carilah lokasi yang memang selalu ramai dilalui oleh warga. Pastikan juga untuk memilih tempat usaha yang bisa dijangkau oleh banyak kendaraan maupun pejalan kaki. Akan lebih bagus lagi jika lokasi bisnis kuliner memiliki lahan parkir yang cukup luas.

Dengan begitu, konsumen pun akan merasa aman dan nyaman tanpa perlu memikirkan keadaan kendaraan mereka saat bersantap di rumah makan. 

●       Promosikan Produk Anda

Perkembangan teknologi dan informasi tidak boleh kamu lewatkan. Gunakan seluruh sosial media yang kamu miliki untuk mempromosikan bisnismu.

Bagaimanapun juga pengguna sosial media di seluruh dunia cenderung bertambah, sebut saja pengguna Instagram, Facebook, Twitter, hingga TikTok yang menjadi platform paling populer di dunia saat ini.

Bagikanlah berbagai menu yang kamu pasarkan kepada konsumen lewat sosial media tersebut. Kamu juga bisa membagikan info atau fakta seru lainnya tentang menu khas Timur Tengah untuk menarik perhatian pengikutmu.

Membuat giveaway atau challenge berupa posting foto ataupun video juga mampu menaikkan engagement media sosial bisnismu, loh.

Dengan begitu bisnis kuliner Timur Tengah yang sedang kamu kembangkan akan semakin ramai oleh pelanggan. Biar semakin dilirik oleh banyak konsumen, maka tak ada salahnya bekerjasama dengan food vlogger atau food influencer di berbagai platform sosial media dalam mempromosikan bisnismu.

Manfaatkan pinjaman KTA terbaik untuk menunjang keseluruhan bisnismu termasuk dalam hal promosi dan pemasaran!

5 Makanan Timur Tengah yang Cocok Dengan Lidah Indonesia

Loveusaha.com membagikan 5 referensi menu Timur Tengah yang cocok kamu kembangkan  dengan memanfaatkan pinjaman KTA:

●       Kebab 

Kebab termasuk menu kuliner Timur Tengah yang sangat populer di tanah air. Banyak pelanggan menggemari makanan yang satu ini karena isiannya yang kaya rasa. Mulai dari potongan daging ayam, daging sapi, daging kambing, keju, mayones, saos, tomat, timun, bawang bombay, hingga selada bisa kamu rasakan dalam satu gigitan.

Proses pembuatannya yang tak terlalu lama serta sangat mengenyangkan membuat orang gemar mengantri demi menu kebab dibandingkan jenis menu berat lainnya.

●       Nasi Kebuli

Rekomendasi menu Timur Tengah selanjutnya adalah nasi kebuli. Makanan ini menghasilkan taste gurih dan lezat, tak heran jika banyak masyarakat di Indonesia juga ketagihan dengan nasi kebuli.

Rasa gurih ini sendiri dihasilkan dari kaldu daging kambing, susu kambing , dan minyak samin. Perpaduan bahan makanan ini menjadikan nasi kebuli selalu mengundang selera saat disantap. Agar lebih menarik dan tambah lezat, cobalah menambahkan potongan kurma dan kismis sebagai topping.

Jangan lupa menyediakan sambal goreng hati dan irisan daging kambing goreng pada menu spesial di rumah makan khas Timur Tengah milikmu. 

●       Malabari Paratha

Menu malabari paratha juga tak boleh kamu lewatkan pada daftar menu usaha kulinermu. Roti yang berbentuk bulat dan pipih ini sendiri juga dikenal dengan nama roti canai atau roti maryam.

Untuk penyajiannya bisa dihidangkan dengan cita rasa manis ataupun gurih. Untuk menghasilkan rasa yang manis, kamu bisa menyediakan krim. Sedangkan untuk penyajian menu malabari paratha yang lebih terasa gurih, silakan menyajikan tambahan kuah kari daging domba ataupun daging kambing.

Salah satu alasan mengapa banyak masyarakat tanah air gemar dengan roti canai dikarenakan mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebut saja mampu mengendalikan gula darah, melancarkan saluran pencernaan, serta termasuk ke dalam menu makanan yang rendah lemak.

●       Samboosa/ Samosa

Samboosa atau samosa termasuk jajanan khas Timur Tengah yang disukai oleh seluruh kalangan dan usia di tanah air. Makanan berbentuk segitiga ini juga memiliki tekstur yang kering dengan isian yang beragam seperti daging, telur, kentang, dan lain sebagainya. Sehingga, saat disantap, samosa akan menghasilkan rasa gurih dan renyah.

Jika dilihat sekilas, cemilan samosa juga menyerupai pastel yang merupakan makanan khas di tanah air. Jika dibandingkan menu makanan Timur Tengah lainnya, samosa termasuk jenis kuliner yang masih jarang dijumpai. Jadi, tak ada salahnya untuk memasukkan menu yang satu ini ke dalam daftar kulinermu.

●       Baklava

Baklava merupakan jenis pastri dengan rasa yang menggugah selera. Pasalnya, kamu akan merasakan sensasi manis hingga gurih saat mencicipinya. Beberapa orang menyebut baklava sebagai bolen Bandung, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Perbedaan tersebut dapat dilihat dari bahan pembuatannya. Jika baklava terbuat dari kacang-kacangan, sedangkan bolen Bandung dibuat dari buah pisang. Perbedaan ini bisa menjadi dasar untuk kamu dalam membuat menu baklava pada rumah makan khas Timur Tengah milikmu.

Berhubung mengembangkan bisnis kuliner Timur Tengah membutuhkan banyak modal termasuk untuk urusan pembelian bahan serta biaya sewa tempat, maka tak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan yang ditawarkan oleh banyak perbankan hari ini.

Salah satu jenis pinjaman KTA yang bisa kamu gunakan ialah KTA dari DBS KTA. Selain cicilan hingga 36 bulan dan bunga flat mulai 0.88%, total jumlah pinjaman yang ditawarkan juga mencapai Rp300 juta. Jika kamu tertarik, dapatkan informasi lebih lengkap di sini!

 

 

Apply digibank KTA