Home Gym
20 Jun 2023

Ingin Tahu Cara Bangun Home Gym? Ini yang Dibutuhkan!

Apa kamu hobi olahraga? Olahraga memang bagus untuk kesehatan tapi kalau harus pergi ke gym setiap hari pasti ribet banget. Biar praktis coba bangun home gym sendiri di rumah pakai Kredit Tanpa Agunan (KTA). Selain praktis dan hemat waktu, punya home gym sendiri juga lebih hemat biaya loh.

Coba hitung berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk pergi ke gym, kalau dihitung-hitung lumayan besarkan? Sebenarnya ada banyak keuntungan memiliki home gym sendiri di rumah, jadi tidak ada salahnya kalau kamu mulai membangunnya sekarang.  

Apa Itu Home Gym?

Masih bingung apa itu home gym? Home gym adalah tempat untuk melakukan kegiatan olahraga yang dibuat secara khusus di rumah. Tujuan membuat home gym, yaitu untuk mempermudah kegiatan olahraga di rumah.

Kalau kamu tertarik membuatnya pastikan sudah menyiapkan ruangan khusus. Sebenarnya tidak perlu ruangan yang terlalu luas yang penting bisa dipakai sebagai tempat olahraga dan tempat meletakkan peralatan gym.

Budget yang dibutuhkan untuk membuat home gym sebenarnya bervariasi. Tergantung renovasi ruangan dan alat olahraga yang kamu inginkan. Jika belum memiliki dana kamu bisa menggunakan pinjaman tanpa agunan, sebaiknya pilih yang menawarkan persyaratan pengajuan KTA yang mudah dan praktis.

Manfaat Punya Home Gym Sendiri di Rumah

Apa kamu masih ragu membangun home gym di rumah? Sebenarnya punya home gym sendiri itu cukup menguntungkan karena ada banyak manfaat yang akan kamu dapat. Kalau masih ragu, coba simak beberapa manfaatnya pada penjelasan berikut ini.

●       Hemat Uang

Membangun home gym memang memerlukan biaya yang lumayan banyak. Tapi jika dibandingkan dengan pergi ke tempat gym tentu akan lebih hemat. Karena olahraga di tempat gym harus membayar iuran keanggotaan setiap bulan.

Lain halnya jika kamu punya home gym sendiri di rumah, tentu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan olahraga. Karena tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli bensin, membayar kendaraan, dan pengeluaran lainnya.

●       Hemat Waktu

Memiliki home gym bisa menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Karena kamu tidak perlu repot-repot pergi ke tempat gym dan bermacet-macetan di jalan.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan sedikit waktumu untuk berolahraga di rumah. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk malas atau tidak sempat berolahraga karena alasan sibuk bekerja.

●       Membantu Memulai Hidup Sehat

Membangun home gym sendiri di rumah bisa menjadi salah satu solusi yang tepat bagi kamu yang ingin memulai hidup sehat. Kapan pun kamu bisa melakukan latihan olahraga tanpa perlu repot-repot keluar rumah untuk pergi ke tempat gym.

Tentu ini akan sangat membantu dalam menjalani gaya hidup sehat karena kamu bisa berolahraga secara rutin. Selain membuat tubuh lebih sehat, melakukan olahraga secara rutin juga bisa memperbaiki penampilan dan menjaga berat badan tetap ideal.

●       Bersih dan Higienis

Kondisi alat-alat olahraga di tempat gym tidak bisa dipastikan kebersihannya karena ada banyak orang yang menggunakan alat-alat tersebut. Sehingga risiko terpapar virus dan bakteri akan semakin meningkat.

Kalau kamu tipe orang yang tidak suka dengan barang-barang kotor, sebaiknya buatlah home gym sendiri di rumah. Kebersihan alat-alat olahraga akan lebih terjamin karena hanya kamu dan orang rumah saja yang menggunakannya. Jadi tidak perlu khawatir terpapar bakteri maupun virus saat berolahraga.

●       Lebih Nyaman

Saat membuat home gym sendiri di rumah kamu bisa menentukan interior ruangan sesuai keinginan. Semua alat dan tata letaknya juga bisa kamu atur sendiri sehingga akan terasa lebih nyaman. Suasana ruangan yang nyaman akan membuat tubuh lebih bersemangat saat berolahraga

●       Privasi Terjaga

Berolahraga di tempat gym kadang membuat sebagian orang merasa tidak nyaman. Latihan di depan banyak orang memang terasa canggung terutama bagi perempuan. Sehingga tidak bisa leluasa saat melakukan gerakan olahraga di tempat gym.

Membangun home gym bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mengutamakan privasi. Kamu bisa melakukan gerakan olahraga dengan leluasa tanpa perlu merasa canggung ataupun malu dilihat banyak orang.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa lebih fokus karena suasananya lebih tenang dan tidak ada orang yang mengantre menunggu giliran.

●       Bisa Berolahraga Bersama Pasangan

Banyak orang yang malu melakukan latihan olahraga bersama pasangannya di tempat gym karena berbagai alasan. Olahraga bersama pasangan di depan banyak orang memang terasa canggung. Apalagi jika ada banyak temanmu di sana, tentu akan terasa tidak nyaman. 

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu membuat home gym sendiri di rumah. Agar bisa mengajak orang-orang terdekat untuk olahraga bersama dengan leluasa. Dengan begitu, kamu bisa fokus mengarahkan dan membimbing pasangan melakukan gerakan-gerakan dengan baik.

Tips Membangun Home Gym di Rumah dengan KTA

Dalam membangun home gym kamu butuh perencanaan yang matang agar hasilnya sesuai keinginan. Jika bingung memulainya dari mana, coba ikuti beberapa tips di bawah ini.

●       Tentukan Luas Ruangan

Langkah pertama tentukan seberapa luas ruangan yang akan dipakai. Sebaiknya jangan terlalu kecil agar kamu bisa lebih leluasa saat berolahraga. Sesuaikan luas ruangan dengan jumlah alat yang nantinya akan kamu beli.

●       Buat Daftar Alat Olahraga yang Ingin Dibeli

Selanjutnya kamu perlu menentukan alat olahraga apa saja yang dibutuhkan. Pilih alat yang berkualitas tinggi agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya hindari membeli alat gym bekas karena lebih mudah rusak.

●       Siapkan Budget

Setelah menentukan luas ruangan dan daftar alat-alat olahraga yang diinginkan. Selanjutnya kamu perlu menghitung jumlah budget yang dibutuhkan untuk membangun home gym.

Pastikan menghitungnya secara teliti agar kamu bisa mengajukan KTA dalam jumlah yang tepat. Agar lebih mudah, pilih pinjaman yang menawarkan syarat pengajuan mudah dan bisa dilakukan secara online. Dengan begitu, kamu tidak perlu ribet pergi ke bank untuk mengajukan pinjaman.

●       Pilih Flooring yang Tepat

Hal utama yang harus diperhatikan ketika membangun home gym adalah bagian lantainya. Jika kamu menggunakan lantai keramik sebaiknya lapisi dengan rubber flooring. Tujuannya agar lantai tidak retak dan tetap bagus meski terkena gesekan dan benturan dari alat-alat gym.

●       Jangan Sembarangan Membeli Alat Olahraga

Di luaran banyak beredar alat-alat olahraga tiruan yang harganya lebih murah namun kualitasnya tidak begitu bagus. Untuk mendapat alat olahraga yang berkualitas tinggi kamu harus membelinya di distributor resmi yang menawarkan garansi.

Peralatan Olahraga untuk Lengkapi Home Gym

Bingung beli alat olahraga yang tepat? Jangan khawatir berikut beberapa rekomendasi alat olahraga yang cocok untuk melengkapi home gym di rumah.

●       Bench Abdominal

Kalau kamu ingin latihan sit up tapi kesulitan melakukannya, coba gunakan alat ini. Bench abdominal merupakan alat gym yang bisa membantu membentuk otot perut.

Alat ini memiliki roller di bagian kakinya jadi  kamu bisa menggantungkan kaki dengan mudah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berolahraga dengan nyaman tanpa takut tergelincir.

●       Gym Ball

Alat olahraga ini cukup simpel karena berbentuk seperti bola namun ukurannya lumayan besar. Gym ball juga sering disebut sebagai swiss ball, alat ini berguna untuk melatih keseimbangan dan kekuatan otot-otot tubuh.

Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai latihan, contohnya melakukan:

  1. Pullovers
  2. Crunches
  3. Bench press
  4. Shoulder press
  5. Lateral raises
  6. dan lainnya

●       Barbell

Apa kamu ingin membentuk otot lengan? Kalau iya, kamu wajib punya alat olahraga ini. Barbell tidak hanya berguna untuk melatih otot lengan tapi juga otot-otot di bahu, punggung, kaki, dan dada. Kamu bisa dapat barbell berkualitas dengan pinjaman bank yang memiliki persyaratan pengajuan KTA mudah.

●       Elliptical

Selain alat-alat tadi, kamu juga bisa melengkapi home gym di rumah dengan elliptical. Alat ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang masih pemula. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu perlu meletakkan kaki di bagian pedal dan memegang bagian tiangnya. 

●       Sepeda Statis

Kalau hobi bersepeda, kamu wajib melengkapi home gym di rumahmu dengan sepeda statis. Dengan alat ini, kamu tetap bisa bersepeda meski cuaca di luar sedang tidak bersahabat. Sepeda statis juga direkomendasikan bagi pemula yang belum terbiasa melakukan olahraga dengan alat gym yang berat.

●       Treadmill

Suka jogging tapi malas ke luar rumah? Coba lengkapi home gym-mu dengan treadmill. Alat ini cocok banget buat kamu yang suka olahraga ringan, terutama bagi yang masih pemula. Selain memperkuat otot kaki, lari di treadmill juga cukup efektif untuk membakar lemak.

●       Leg Press Machine

Jika kamu ingin memperkuat otot kaki terutama di bagian paha dan betis. Coba beli alat ini untuk menunjang kegiatan olahraga di rumah. Berat beban dan tingkat kesulitan pada leg press machine bisa diatur sesuai keinginan, sehingga lebih mudah digunakan.

●       Lat Pulldown Machine

Alat olahraga ini bisa membantu melatih kekuatan otot punggung. Lat pulldown machine memiliki bentuk pegangan yang bisa ditarik dan bisa digunakan sambil duduk. Sehingga tidak hanya memperkuat otot punggung tapi juga bisa memperbaiki postur tubuh, membuat punggung lebih bidang, dan melangsingkan pinggang. 

●       Rowing Machine

Apa kamu suka latihan kardiovaskular? Kalau iya, sepertinya kamu perlu menyediakan rowing machine di home gym-mu. Cara menggunakannya seperti mendayung perahu tapi dengan menariknya menggunakan lengan lalu mendorongnya menggunakan kaki.

Tidak hanya membakar kalori, alat ini juga berguna untuk melatih koordinasi tubuh. Namun, kamu harus hati-hati saat menggunakannya karena tidak disarankan dipakai saat kondisi tubuh kurang sehat atau jarang melakukan latihan.

●       Tricep Bar

Alat home gym yang terakhir ini berguna untuk melatih otot tricep. Umumnya tricep bar berbentuk seperti oval yang dilengkapi dengan pegangan paralel di kedua sisinya. Untuk menggunakannya kamu perlu memegang bagian pegangannya lalu angkat tubuhmu ke atas.

Dari rekomendasi alat olahraga di atas, alat apa yang ingin kamu beli? Sebelum membeli alat dan membuat home gym pastikan kamu sudah memiliki dana yang dibutuhkan. Belum punya budget? Jangan khawatir kamu bisa mengajukan pinjaman di digibank KTA.

Ada banyak kemudahan yang akan kamu dapat saat mengajukan pinjaman. Mulai dari proses approval yang cepat, pengajuan secara online, hingga syarat yang mudah.

Mau tahu informasi lengkap tentang keunggulan dan tata cara pengajuannya? Klik di sini. Dapatkan KTA hingga Rp200 juta untuk mewujudkan home gym impianmu sekarang!

 

 

Apply digibank KTA