toko mainan

Ingin Mengembangkan Bisnis Toko Mainan? Ini Dia Tipsnya!

Toko mainan anak masih menjadi prospek usaha yang sangat menggiurkan hingga hari ini. Target penjualan mainan di tanah air pun terbilang cukup tinggi. Tak hanya untuk anak-anak, target pasar mainan saat ini juga telah menyasar para remaja hingga orang dewasa. Oleh sebab itu, mengembangkan toko mainan bisa menjadi pilihan bisnis yang mampu menghasilkan banyak cuan.

Berhubung modal untuk mengembangkan toko mainan anak cukup besar maka cobalah memanfaatkan kehadiran kredit tanpa agunan untuk memenuhi segala kebutuhan awal bisnis kamu. Saat ini, sudah banyak lembaga perbankan yang menawarkan KTA dalam jumlah besar dan dengan proses pengajuan yang terbilang sangat cepat dan praktis.

Tips Mengembangkan Bisnis Mainan Anak dengan Kredit Tanpa Agunan

Mengembangkan toko mainan anak tidaklah semudah yang dibayangkan, terdapat beberapa hal penting yang perlu kamu pertimbangkan saat ingin memulainya. Berikut panduan lengkapnya untuk kamu.

  • Menyiapkan Modal Terlebih Dulu

Budget menjadi hal yang paling utama untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Perlu kamu tahu bahwa harga mainan saat ini sangatlah fantastis. Meskipun beberapa jenis mainan terlihat simple dan berukuran kecil akan tetapi bentuk dan ukuran tersebut bisa berbanding jauh dengan harga yang dipasarkan.

Tak hanya untuk modal mainan, kamu juga harus menyiapkan modal untuk keperluan operasional bisnis. Sebut saja modal untuk membayar gaji karyawan pada bulan-bulan awal bisnis berjalan, biaya listrik dan air hingga biaya pengeluaran yang tak terduga lainnya.

  • Menetapkan Harga yang Kompetitif

Pastikan untuk menentukan harga jual mainan yang kompetitif kepada konsumen. Harga yang terlalu tinggi tentu akan membuat konsumen berpaling dan mencari tempat lain. Namun, harga yang terlalu rendah juga sangat berisiko dalam usaha yang dijalankan.

Alih-alih ingin menggaet banyak konsumen dengan harga rendah, malah bisa jadi bisnis kamu mengalami kerugian. Oleh sebab itu, tetapkanlah harga jual mainan yang sesuai dengan kondisi dan harga pasar saat ini.

  • Menerapkan Promosi yang Menarik

Untuk menarik pelanggan maka kamu perlu melakukan promosi yang unik dan menarik. Kamu bisa memberikan potongan harga dan diskon atau memberikan promo beli satu gratis satu. Tentu promosi selalu menjadi bagian yang ditunggu oleh banyak pelanggan.

Namun, sebelum menerapkan strategi promosi ini, pastikan jika kamu telah menghitung dan mempertimbangkan jumlah modal yang dikeluarkan dan keuntungan yang didapatkan. Jangan sampai kamu malah buntung dibandingkan untung saat menerapkan promosi.

Untuk semakin memaksimalkan strategi ini maka cobalah melakukan promosi lewat akun bisnis toko mainan kamu. Dengan begitu, bisnis kamu pun akan memiliki jangkauan konsumen yang lebih luas lagi. Manfaatkan momen-momen spesial saat melakukan promosi atau diskon seperti saat hari libur ataupun saat perayaan hari tertentu.

  • Mencari Lokasi Strategis

Lokasi bisnis toko mainan juga turut mempengaruhi kesuksesan bisnis yang dijalankan. Pilihlah lokasi yang strategis yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang termasuk anak-anak.

Kamu bisa menyewa ruko atau toko di sekitar wilayah sekolah, kampus hingga di pusat perkotaan. Jika kamu terkendala budget sewa toko atau ruko silahkan memanfaatkan kredit bunga rendah yang sudah banyak ditawarkan oleh pihak perbankan.

  • Mengevaluasi Jenis Mainan Secara Berkala

Pastikan untuk selalu mengevaluasi jenis mainan yang akan kamu pasarkan. Rajinlah mengamati dan mengikuti trend perkembangan jenis mainan yang paling banyak diburu oleh banyak kalangan. Dengan begitu, kamu pun bisa mempertimbangkan pilihan mainan apa saja yang akan kamu jual kepada konsumen.

Total Modal yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan Bisnis Mainan Anak

Untuk memudahkan kamu dalam mengelola dana, maka berikut kami berikan rincian estimasi budget yang perlu kamu siapkan.

Meja kasir 1 buah                               = Rp. 2.000.000

Kursi 5 buah                                       = Rp. 500.000

Rak besar 5 buah                                = Rp. 5.000.000

Etalase 4 buah                                     = Rp. 8.000.000                     

Boneka                                                = Rp. 5.000.000

Puzzle dan lego                                   = Rp. 10.000.000

Mobil-mobilan                                    = Rp. 5.000.000

Aneka mainan tradisional                   = Rp. 3.000.000

Aneka mainan edukatif                       = Rp. 5.000.000

Aneka jenis mainan lainnya               = Rp. 2.000.000

Komputer administrasi 1 unit                         = Rp. 5 .000.000

Plastik                                                 = Rp. 200.000

Kertas pembungkus                            = Rp. 300.000

Gaji 2 orang karyawan                       = @ Rp. 2.000.000

Biaya Operasional                              = Rp. 17.500.000

Biaya tak terduga lainnya                   = Rp. 1.000.000

Jika ditotalkan secara keseluruhan maka modal awal yang perlu kamu siapkan ialah kurang lebih sebanyak Rp73.500.000. Jumlah yang terbilang fantastis, bukan? Namun, kamu tak perlu khawatir. Kehadiran kredit bunga rendah bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk kamu yang membutuhkan modal besar dalam waktu singkat.

Rekomendasi Jenis Mainan yang Paling Banyak Dicari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika saat ini mainan tak hanya diburu oleh kalangan anak-anak saja. Orang dewasa pun banyak yang mengoleksi berbagai jenis mainan yang mereka gemari sejak kecil. Lalu, apa saja jenis mainan yang paling banyak dicari saat ini? Berikut ulasannya untuk kamu.

  • Mainan Edukatif

Banyak orang tua yang mencari jenis mainan untuk anak mereka yang tak hanya untuk sebagai sarana hiburan. Lebih dari itu, para orang tua juga mencari jenis mainan yang edukatif. Dengan begitu, perkembangan motorik verbal anak pun dapat berjalan secara maksimal pada periode usia emasnya.

Beberapa jenis mainan edukatif yang paling banyak dicari di antaranya seperti puzzle, balok kayu, kartu alfabet hingga lego. Mainan-mainan seperti ini tentu akan sangat mendukung sensor perkembangan sang anak.

  • Mainan Excavator dan Jenis Mobil-mobilan

Perlu kamu tahu bahwa trend perkembangan mainan yang paling banyak diburu saat ini ialah jenis mainan berupa excavator dan mobil-mobilan. Menariknya, banyak orang dewasa yang juga mencari mainan mobil-mobilan untuk dikoleksi secara pribadi.

Beberapa orang menganggap jika kebanyakan orang dewasa gemar mengoleksi berbagai jenis mobil-mobilan sebagai bentuk kepuasan batin tersendiri karena saat anak-anak mereka belum bisa membelinya.

Tak heran jika saat ini kamu akan menjumpai banyak pria dewasa yang mengoleksi mobil-mobilan sebagai bagian dari hobi mereka. Sedangkan bagi anak-anak, mainan jenis excavator dan mobil-mobilan membuat mereka lebih betah saat memainkannya.

  • Mainan Rentengan dan Aksesoris

Jenis mainan dan aksesoris dengan harga murah meriah yang berada di kisaran seribu hingga sepuluh ribu juga sering dicari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Jenis mainan rentengan yang dimaksud dapat berupa bongkar pasang dari kertas hingga jenis permainan kartu yang bergambar kartun.

Bagi perempuan, umumnya mereka cenderung mencari kuncir rambut, jepitan, gantungan kunci dan jenis aksesoris khusus anak perempuan lainnya. Sekalipun memiliki harga murah jika dibandingkan dengan jenis mainan lainnya, mainan dan aksesoris rentengan ini selalu dibutuhkan oleh banyak kalangan sehingga tetap akan menghasilkan cuan untuk bisnis kamu.

  • Boneka

Boneka juga termasuk jenis mainan yang selalu laris manis di pasaran. Meskipun identik untuk kaum perempuan, akan tetapi banyak juga loh anak lelaki yang mengincar jenis boneka yang mereka favoritkan. Sebut saja boneka dari karakter kartun atau anime yang mereka gemari.

Harga boneka juga terbilang fantastis. Meskipun memiliki ukuran mini dan bentuk yang sederhana, harga di pasarannya bisa menembus ratusan hingga jutaan rupiah. Tentu kualitas bahan dan proses pembuatannya membuat beberapa brand boneka memasang harga yang cukup mahal.

Kamu bisa bekerja sama dengan supplier boneka dari luar negeri untuk memasarkan boneka dengan kualitas yang bagus dan tentu saja dengan harga jual yang kompetitif kepada konsumen. Tidak bisa dipungkiri jika beberapa boneka produk import memang memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan boneka keluaran lokal.

Namun, meskipun demikian tak ada salahnya juga untuk memasarkan beberapa jenis boneka buatan lokal yang memiliki harga yang cenderung lebih murah. Dengan menghadirkan boneka import dan lokal maka jangkauan target pasar pada bisnis kamu tentu menjadi lebih luas.

  • Mainan Tradisional

Jangan salah, mainan tradisional masih tetap menjadi primadona di kalangan anak-anak. Sekalipun jenis mainan modern makin ramai, mainan seperti congklak, bekel, layangan hingga keleren tetap selalu dicari pada musim-musim tertentu.

Umumnya, anak-anak akan mencari layangan saat musim libur sekolah tiba. Begitu juga untuk jenis mainan seperti bekel dan kelereng. Sekalipun mainan tradisional lebih laku saat musim libur tiba, akan tetapi keuntungan di musim-musim tersebut bisa mendatangkan keuntungan yang berkali-kali lipat.

  • Kolam Portable

Kolam portable termasuk jenis mainan yang kini tengah naik daun. Pasalnya, kehadiran kolam portable bisa menjadi pilihan alternatif bermain air atau berenang bersama anak. Dibandingkan harus mengunjungi kolam renang atau waterpark, maka tak ada salahnya menggunakan kolam portable saja saat berada di rumah.

Kembangkan Bisnis Toko Mainan dengan digibank KTA

Jika sedang berencana mengembangkan atau membuka toko mainan tapi terkendala budget yang cukup besar maka cobalah mengajukan kredit tanpa agunan lewat digibank KTA. DBS Indonesia terus berkomitmen untuk menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik di tanah air.

Berikut merupakan beberapa kemudahan sekaligus keunggulan yang bisa kamu dapatkan saat mengajukan digibank KTA.

  • Proses apply KTA berlangsung secara online selama 24 jam penuh. Tanpa ribet karena pengajuan bisa kamu lakukan lewat Aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta bisa diakses melalui handphone.
  • Approval KTA hanya membutuhkan waktu 60 detik saja.
  • Dana berjumlah 80 juta akan langsung cair ke rekening digibank by DBS yang kamu miliki.
  • Nasabah bebas mengatur jumlah pinjaman.
  • Cicilan kredit berlangsung hingga 36 bulan.
  • Tanpa memerlukan berkas fisik saat mengajukan kredit KTA.
  • Persyaratan cukup mudah, kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang. Pastikan kamu memiliki e-KTP, NPWP, dan berpenghasilan minimum 5 juta.

Proses pengajuan kredit tanpa agunan terasa semakin mudah dan praktis bersama digibank KTA. Jadi, tunggu apa lagi? Ajukan kredit KTA sekarang juga dan segera wujudkan bisnis toko mainan skala besar yang kamu impikan selama ini.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /