KTA
20 Nov 2023

Harus Tau! Tips Penggunaan KTA dengan Bijak

Setiap orang tentu selalu berupaya untuk bekerja lebih keras agar dapat memenuhi segala kebutuhan baik kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan investasi. Namun ada kalanya pendapatan rutin tidak dapat memenuhi kebutuhan terutama jika ada kebutuhan mendesak.

Di sinilah peran pinjaman bunga rendah dibutuhkan karena dapat menjadi jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan. Dalam salah satu hasil penelitian yang membahas tentang  Pengaruh KTA Terhadap Minat Masyarakat Ajukan Kredit, ditemukan bahwa adanya KTA cukup mempengaruhi minat masyarakat dalam mengajukan kredit.

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan pinjaman KTA secara maksimal? Jangan lewatkan pembahasan informatif berikut!

Tips Memanfaatkan Pinjaman Bunga Rendah tanpa Agunan

Ketika kamu mengajukan pinjaman KTA, pastikan untuk mengalokasikan dan memanfaatkan pinjaman tersebut secara bijak dan maksimal. Berikut ini beberapa tips yang harus kamu pahami:

●     Mendiskusikannya dengan Keluarga

Jika kamu sudah mengetahui berbagai syarat dan ketentuan dalam pengajuan KTA, pastikan untuk mendiskusikan terkait keputusan pengajuan pinjaman tersebut dengan keluarga atau pasangan.

Dengan begitu kamu dan pasangan dapat melakukan perencanaan keuangan bersama-sama serta tanggung jawab untuk melunasi pinjaman dapat dipikirkan oleh bersama-sama. Pengelolaan keuangan keluarga pun dapat dilakukan seefektif mungkin.

Jangan sampai kamu tidak membicarakan masalah pengelolaan uang pinjaman kepada pasangan karena berisiko menimbulkan masalah dalam rumah tangga. Maka dari itu sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan kredit, selalu diskusikan segala aspek dengan pasangan atau keluarga. 

●     Tentukan dengan Jelas Tujuan Pengajuan KTA

Perlu kamu sadari bahwa kredit tanpa agunan menerapkan suku bunga yang terbilang cukup tinggi, maka dari itu kamu tidak boleh sembarangan dalam mengajukan KTA. Hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan adalah memastikan tujuan keuangan yang diinginkan dengan mengajukan pinjaman tersebut.

Buatlah batasan-batasan mengenai berbagai kebutuhan yang memang boleh dipenuhi oleh uang hasil dari pengajuan pinjaman tersebut. Misalnya, uang pinjaman tersebut digunakan untuk kebutuhan yang sangat mendesak atau untuk kebutuhan investasi, dan kebutuhan lainnya.

Jangan sampai kamu menggunakan pinjaman KTA ini untuk tujuan yang tidak jelas, apalagi kebutuhan yang bersifat konsumtif tanpa memikirkan pengelolaan pinjaman tersebut dengan benar. Pastikan untuk memperhitungkan segala risiko dan tanggung jawab yang akan kamu hadapi nantinya.

●     Meninjau Kemampuan Ekonomi Keluarga

Tidak semua pasangan sama-sama memiliki penghasilannya sendiri. Jika kamu dan pasangan sama-sama memiliki penghasilan atau hanya salah satunya, kamu diharuskan menghitung perbandingan antara jumlah penghasilan dengan jumlah pengeluaran rutin.

Dengan membuat perhitungan semacam itu, kamu dan pasangan akan mengetahui kemampuan finansial keluargamu jika memutuskan untuk mengajukan pinjaman KTA. Jangan lupa untuk mengecek apakah ada kebutuhan lain yang sekiranya membutuhkan dana tambahan.

Untuk dapat mengatur keuangan atau pinjaman dengan baik, kamu dapat mengganti sejumlah kebutuhan dengan produk substitusinya dengan harga atau kualitas satu level di bawahnya namun memiliki fungsi yang sama. Dengan begitu, kamu dapat memperkuat kondisi keuangan untuk dapat melunasi tagihan pinjaman KTA.

●     Membuat Rencana Pelunasan KTA

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah membuat rencana pembayaran cicilan KTA bersama pasangan.

Tidak hanya berusaha mengatur pola keuangan, kamu juga dituntut untuk dapat menanamkan komitmen yang kuat untuk melunasi kewajiban tersebut. Jangan sampai kamu tidak mampu membayar di tengah cicilan KTA dan menimbulkan masalah keuangan yang baru.

Cara membuat perencanaan pelunasan pinjaman ini bisa dimulai dengan menentukan jumlah keseluruhan dana yang akan dipinjam, mencatat tenor pelunasan dan juga besaran cicilan yang dibayar sesuai dengan kemampuanmu. Dengan adanya catatan seperti ini tentunya membuat rencana pelunasan cicilan menjadi lebih terarah.

●     Memperhatikan Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman KTA, pastikan kamu mencari tahu dan memahami segala syarat dan ketentuan yang berlaku dari produk pinjaman tersebut.

Jangan sampai kamu terburu-buru dalam mengambil keputusan. Beberapa informasi yang perlu diperhatikan adalah berbagai biaya yang dikenakan, denda keterlambatan dan juga berbagai informasi penting lainnya. Dengan adanya aplikasi pinjaman dana, tentu memudahkan kamu dalam mengajukan KTA.

Manfaat Pinjaman KTA untuk Berbagai Situasi

Pinjaman KTA tentu memberikan banyak manfaat terutama dalam pemenuhan berbagai jenis kebutuhan. Berikut ini beberapa manfaat pengajuan KTA dalam berbagai situasi: 

●       Pergi Berlibur Jika Stres karena Pekerjaan

Liburan memang bukanlah kebutuhan yang utama. Namun dengan berlibur, dapat mengurangi tingkat stress yang kamu alami setelah rutin bekerja. Dengan liburan akan menyegarkan pikiran dan mengembalikan kembali semangat diri.

Namun faktanya, pergi berlibur tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit karena untuk kebutuhan biaya transportasi dan akomodasi. Disinilah pinjaman bunga rendah KTA berperan sangat penting.

●       Kebutuhan Merenovasi Rumah

Merenovasi rumah juga tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka dari itu KTA dapat menjadi solusi bagi kamu untuk mendapatkan dana. Karena rumah merupakan kebutuhan primer maka apabila terjadi kerusakan, tentu perlu segera diperbaiki.

●       Ingin Mengembangkan Usaha

Jika kamu bermaksud ingin mengembangkan usaha, kamu juga dapat memanfaatkan KTA sebagai modal untuk pengembangan usaha. Jika berhasil, tentu kamu tidak perlu khawatir untuk melunasi cicilan KTA.

●       Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Apa hubungannya antara pinjaman KTA dengan meningkatkan produktivitas kerja? Hubungannya adalah karena pinjaman KTA bisa digunakan untuk membeli berbagai peralatan yang lebih memadai seperti laptop, kursi, meja atau mungkin jenis gadget lainnya.

Jika produktivitasmu semakin meningkat, tentu akan memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi. Penghasilan yang lebih tersebut dapat kamu gunakan untuk melunasi pinjaman.

●       Membayar Biaya Sekolah

Terkadang cukup banyak orang yang kesulitan dalam membayar biaya sekolah entah untuk anaknya atau dirinya sendiri. Agar biaya sekolah dapat terpenuhi, kamu dapat memanfaatkan pinjaman KTA untuk melunasi biaya sekolah. Dengan begitu kamu tidak perlu terlalu pusing memikirkan cara membayar uang sekolah.

●       Digunakan untuk Kebutuhan Hiburan

Menjelang akhir tahun biasanya banyak acara-acara seperti konser musik dan sebagainya yang sayang untuk dilewatkan. Maka dari itu, agar kamu tidak melewatkannya, kamu dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman KTA untuk dapat membiayaimu menonton konser entar di dalam maupun diluar negeri.

Setelah mengetahui berbagai tips dalam mengelola pinjaman KTA dan juga manfaat pengajuan pinjaman tersebut, diharapkan kamu dapat lebih bijak dalam menggunakan pinjaman dana KTA. Terlebih lagi dengan mengandalkan DBS KTA, kamu bisa mendapatkan dana pinjaman dengan limit hingga Rp300 juta dengan cicilan hingga 36 bulan, serta bunga flat mulai 0.88% saja.

Jika kamu tertarik melakukan pengajuan pinjaman bunga rendah DBS KTA dan ingin mengetahui informasi lengkap juga promo lainnya, caranya cukup mudah yaitu dengan klik di sini!

 

 

Apply digibank KTA