pinjaman
29 Sep 2023

Harus Tahu! Jenis dan Kelebihan Pinjaman Tunai

Pinjaman tunai memang menjadi salah satu produk lembaga pembiayaan yang diincar banyak orang. Hal ini karena dengan pinjaman tersebut dapat menjadi solusi tercepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan terutama jika adanya pinjaman bunga rendah.

Umumnya, pinjaman tunai ini mencakup dua hal, yaitu yang disertai agunan dan tanpa agunan. Dengan adanya pilihan semacam ini tentu nasabah dapat lebih fleksibel untuk memilih sesuai kebutuhan dan kesanggupannya.

Namun saat ini, pinjaman tanpa agunan tengah diminati oleh masyarakat karena tidak perlu memberikan jaminan apapun untuk mendapatkan pinjaman dana.

Jenis-jenis Pinjaman Tunai Termasuk Pinjaman Bunga Rendah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pinjaman tunai mencakup dua hal. Berikut ulasan lengkapnya.

●     Pinjaman Tunai dengan Disertai Agunan

Pinjaman jenis ini mengharuskan nasabah untuk mengajukan pinjaman dengan menyertakan agunan atau jaminan seperti:

●       Kredit Multiguna

Ini merupakan salah satu jenis produk kredit yang diberikan perbankan untuk memberikan fasilitas pinjaman tunai dengan memberikan jaminan tertentu. Besarnya pinjaman yang didapatkan akan disesuaikan dengan harga jaminan yang dimiliki.

Umumnya, persyaratan untuk mendapatkan pinjaman semacam ini yaitu memiliki pendapatan rutin setiap bulanan, usia pemohon di atas 21 tahun dan di bawah 55-60 tahun saat masa pelunasan dan masih banyak persyaratan lainnya.

●       Tempat Gadai

Lembaga pembiayaan satu ini juga mengharuskan nasabahnya menyertakan agunan atau jaminan untuk dapat mengajukan pinjaman tunai. Cukup banyak pula persyaratan yang perlu disiapkan untuk mengajukan pinjaman di lembaga semacam ini.

Baik tempat gadai yang berada di bawah naungan BUMN maupun swasta, ada baiknya kamu melihat status atau izin yang dimiliki lembaga tersebut. Hal tersebut untuk memastikan keamanan bertransaksi di lembaga tersebut.

●     Pinjaman Tunai Tanpa Disertai Agunan

Berbeda dengan sebelumnya, pinjaman jenis ini tidak mengharuskan nasabah menyerahkan jaminan atau agunan untuk mengajukan pinjaman. Berikut beberapa klasifikasinya:

●       Pinjaman Online

Produk pinjaman online ini cukup digemari oleh banyak orang terutama bagi mereka yang tengah membutuhkan dana ekstra. Biasanya disediakan oleh penyedia jasa keuangan yang berbasis online.

Kamu dapat mengaksesnya melalui aplikasi yang ada di smartphone dan biasanya mengharuskan kamu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan seperti KTP, data diri nasabah, kartu keluarga dan dokumen lainnya.

Pastikan untuk memilih pinjaman dengan bunga rendah agar tidak memberatkan kamu di kemudian hari.  Dan juga pastikan dahulu bahwa lembaga tersebut terdaftar di OJK.

●       Kartu Kredit

Solusi pinjaman tunai lainnya yaitu fasilitas kartu kredit. Kartu kredit umumnya merupakan produk yang dikeluarkan oleh lembaga perbankan baik bank milik BUMN maupun swasta.

Kartu kredit juga dapat digunakan untuk penarikan uang tunai seperti di ATM. Untuk besarannya sendiri menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank.

Pastikan kamu mengetahui segala syarat dan ketentuan yang berlaku pada pinjaman jenis ini. Perhatikan biaya yang akan dikenakan, suku bunga hingga limit atau batas tarik tunai.

●       Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Ini merupakan salah satu jenis pinjaman tunai yang tidak mengharuskan nasabah menyerahkan agunan atau jaminan. Tak heran jika kredit jenis ini diminati oleh banyak orang.

Untuk dapat mengajukan pinjaman jenis ini, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan yang berlaku agar pinjaman dapat disetujui. KTA semacam ini juga seringkali memberikan pinjaman bunga rendah yang tentunya akan meringankan nasabahnya.

Kelebihan Pinjaman Tunai yang Harus Diketahui

Terdapat beberapa kelebihan yang patut kamu ketahui dari pinjaman tunai, diantaranya adalah sebagai berikut:

●     Persyaratan Lebih Mudah

Kelebihan pertama adalah pinjaman jenis ini biasanya memberlakukan persyaratan yang lebih mudah dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya.

Perlu kamu pahami bahwa setiap lembaga keuangan yang menyediakan produk pinjaman tunai memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing.

Secara umum, dokumen yang biasanya dijadikan persyaratan adalah KTP, KK, STNK atau BPKB, NPWP, buku nikah (bagi yang sudah menikah), jaminan (jika memilih pinjaman dengan agunan), kartu kredit, surat izin usaha perdagangan (SIUP) jika digunakan untuk kebutuhan modal, dan dokumen lainnya.

●     Dana Dapat Cair Lebih Cepat

Kelebihan lainnya dari pinjaman semacam ini adalah biasanya pinjaman dana yang diajukan akan lebih cepat cair terutama bagi produk KTA, bahkan ada yang hanya membutuhkan waktu pencairan dalam hitungan menit.

Agar pengajuan pinjamanmu dapat lebih cepat cair, pastikan kamu melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Semakin cepat kamu memenuhi semua persyaratan, semakin cepat pula kemungkinan dana pinjamanmu cair.

●     Dana Pinjaman yang Beragam

Berbeda dengan jenis pinjaman lainnya, pinjaman tunai dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih beragam. Misalnya saja untuk kebutuhan pernikahan, membeli rumah atau mobil dan masih banyak lagi.

Dengan begitu kamu terasa lebih leluasa menggunakan pinjaman tunai tersebut untuk kebutuhan apapun. Namun tetap gunakan secara bijak.

Bijak disini memiliki arti bahwa kamu harus mengetahui dan menyusun daftar kebutuhan sesuai prioritasnya dan mengalokasikan dana secara benar pada setiap pos pengeluaran termasuk tagihan nantinya.

●     Data Privasi Nasabah Lebih Aman

Di tengah banyaknya tindak kejahatan yang mengatasnamakan lembaga pinjaman. Kamu tidak perlu khawatir karena privasi dan data yang kamu miliki sebagai nasabah akan lebih aman.

Namun sebelum itu, tetap pastikan bahwa kamu memilih lembaga pembiayaan yang legal dan terpercaya untuk menghindari berbagai risiko tindak kejahatan. Karena jika sampai kamu menggunakan lembaga peminjam yang illegal, risiko kebocoran data akan semakin besar.

Pastikan juga kamu mengetahui kontak darurat dari lembaga peminjam tersebut agar dapat membantu kamu jika sewaktu-waktu mengalami kendala. Nomor call center atau email pengaduan dari lembaga peminjam tersebut dapat kamu simpan untuk dihubungi pada saat mendesak.

●     Pemilihan Tenor Pinjaman Lebih Fleksibel

Kelebihan lainnya dari pinjaman tunai adalah pemilihan tenor pembayaran pinjaman lebih fleksibel. Kamu dapat menyesuaikan kemampuan membayar tagihan yang sekiranya tidak memberatkan kamu.

Itu mengapa penting bagi kamu untuk melakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman. Hitung mulai dari pendapatan rutinmu setiap bulan hingga biaya apa saja yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Dari situ kamu akan mengetahui berapa besar nominal yang dapat kamu bayarkan untuk melunasi pinjaman tersebut.

●     Bisa Mendapatkan Berbagai Promo Menarik

Kamu juga biasanya akan mendapatkan beberapa penawaran menarik seperti promo dari penyedia pinjaman. Misalnya promo diskon cicilan yang tentunya dapat sangat menguntungkan bagi kamu sebagai peminjam.

Bagaimana, tertarik untuk mengajukan pinjaman tunai? Tetap pastikan untuk memilih pinjaman yang tepat dan tidak memberatkanmu seperti pinjaman dari DBS KTA yang tepercaya.

Agar dapat apply pinjaman bunga rendah dengan limit hingga Rp300 juta rupiah ini, langkah dan syaratnya cukup mudah hanya perlu menunggu approval 60 detik saja. Lebih lanjut terkait produk DBS KTA, kamu bisa lihat informasi lengkapnya di sini.

 

 

Apply digibank KTA