mesin risograph
30 Aug 2023

Digital Illustrator 101: Mengenal Mesin Risograph

Profesi digital illustrator sering kali mengeluarkan produk berupa prints dan zines. Jika kamu merupakan salah satu dari mereka, maka kamu memerlukan mesin risograph yang memiliki banyak keunggulan dari mesin cetak lainnya. Banyak digital illustrator yang kini mengandalkan kredit tanpa agunan untuk memiliki alat ini.

Mesin risograph bisa dijumpai dalam bisnis percetakan, terutama skala besar. Hal ini karena mesin tersebut dapat bekerja lebih efisien dan cepat. Selain itu, masih banyak keunggulan risograph yang bisa dijadikan pertimbangan pertimbangan. Sebelum membelinya, mari intip informasi selengkapnya di sini.

Apa itu Mesin Risograph?

Risograph merupakan mesin yang digunakan untuk beberapa keperluan, seperti fotocopy hingga menyalin dokumen atau gambar. Umumnya, mesin ini memiliki kecepatan hingga 120 lembar per menit. Mesin ini sangat mendukung pekerjaan sebagai digital ilustrator yang banyak melakukan pekerjaan cetak mencetak.

Dibandingkan printer biasa, risograph juga memiliki kualitas yang dapat bersaing. Jadi, tidak heran jika banyak orang mengandalkan kredit tanpa agunan untuk memiliki teknologi ini.

Mesin yang biasa disebut dengan nama Riso ini ditemukan oleh Riso Kagaku Corporation pada tahun 1980-an di Tokyo, Jepang. Mesin risograph memiliki beberapa model yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Adapun beberapa model risograph dan harga masing-masing unit yaitu:

●       Single Risograph

Single risograph sudah memungkinkan untuk mencetak lebih dari satu warna. Tersedia 20 warna yang dapat diterima oleh mesin ini. Oleh karena itu, terdapat dua drum tinta. Satu drum berfungsi menampung warna hitam sedangkan yang lain digunakan untuk warna tertentu.

Risograph ini memiliki fitur ink saving sehingga menghemat tinta. Mesin juga dapat dikoneksikan pada komputer. Satu unit single risograph ini dibanderol mulai Rp60 juta.

●       Mono Color

Seperti namanya, mono color hanya bisa mencetak warna hitam. Walau begitu, mesin ini memiliki beberapa fitur, antara lain cetak hingga kertas B4, mampu memperbesar dan memperkecil ukuran, tentunya dengan kualitas yang baik. Tipe risograph ini memiliki harga mulai Rp25 jutaan.

●       Multi Risograph

Multi risograph dapat mencetak dengan kecepatan 150 lembar permenit. Jenis ini juga memiliki dua drum tinta. Untuk sekali jalan, mesin dapat mencetak dua warna. Selanjutnya, mesin dapat mencetak empat warna dalam dua kali jalan.

Multi risograph lebih canggih dari tipe sebelumnya. Mesin ini telah dilengkapi touch screen, resolusi tinggi 600 dpi, ink saving serta kualitas cetak yang lebih halus. Harga multi risograph dibanderol mulai Rp150 juta.

●       Full Color Risograph

Full color risograph banyak disebut sebagai mesin fotocopy berwarna. Risograph ini dapat mencetak dengan kecepatan 150 lembar permenit. Selain itu, cetak full color dapat dilakukan otomatis. Mesin ini juga memiliki harga mulai Rp150 juta.

Alat ini pada dasarnya merupakan mesin modern atau printer stensil. Stensil tersebut diletakkan pada bagian atas drum tinta dan bekerja memutar dengan kecepatan tinggi. Proses ini memungkinkan risograph menghasilkan cetakan bertekstur yang unik.

Kebutuhan dalam percetakan ini tentu berbeda. Oleh karena itu, risograph juga memiliki perkembangan sesuai kebutuhan konsumen.

Itulah informasi tentang mesin risograph beserta model yang sering digunakan. Mesin ini dapat kamu miliki dengan pengajuan kredit tanpa agunan. Dengan risograph, pekerjaan menjadi lebih cepat dan berkualitas!

Bagaimana Sistem Kerja Mesin Risograph?

Risograph memang memiliki kinerja yang mirip mesin fotocopy. Mesin riso menyatukan beberapa fitur yang sebelumnya belum ada. Risograph juga memiliki cara kerja tersendiri.

Ketika memindai, proses akan melalui mesin dan master paper. Jadi, master tersebut akan melilit pada drum sehingga tinta keluar melalui rongga. Selanjutnya, master paper akan berjalan datar dan drum tinta berputar cepat untuk mencetak setiap gambar atau teks pada kertas.

Teknologi risograph ini sangat diandalkan, terlebih karena kecepatan yang terlampau tinggi. Kecepatan yang mencapai 150 lembar per menit ini tentu akan memudahkan pekerjaan, terutama dalam bidang ilustrasi yang harus menghasilkan banyak gambar percetakan.

Selain cara kerja secara umum, kamu juga perlu mengetahui komponen dan pengoperasian risograph. Mesin ini memiliki beberapa bagian antara lain meja atau paper feeder, bagian printing yang meliputi drum dan press roll serta meja pengeluaran kertas.

Untuk mengoperasikan risograph, kamu hanya perlu menghidupkan mesin dan tunggu selama lima menit. Selanjutnya, atur posisi kertas dan periksa hasil cetak atau copy. Terakhir, kamu perlu mengatur jumlah photocopy dan copy yang dihasilkan. Seperti mesin cetak pada umumnya, risograph memiliki tombol on/off yang memudahkan penggunaan.

Mesin cetak unggul sekelas risograph memiliki umur mencapai 5.000.000 lembar cetak. Lembar yang dicetak oleh risograph dapat bersaing dengan percetakan laser yang memiliki resolusi hingga 600 dpi.

Agar dapat terus bekerja dengan baik, risograph juga memerlukan perawatan yang rutin. Adapun cara merawat mesin ini antara lain membersihkan tinta screen dan press roll drum, membersihkan meja scanner, serta membersihkan bagian thermal print head.

Penjelasan di atas merupakan cara kerja dari mesin risograph yang perlu kamu ketahui. Mesin ini memang memiliki kecanggihan tinggi dari percetakan dan mesin copy biasa. Dengan perawatan dan pengoperasian yang benar, risograph dapat bekerja maksimal dan memiliki kualitas cetak yang baik.

Setelah mengetahui informasi dan cara kerja mesin, kamu juga perlu mengetahui keunggulan yang ada. Apa saja keunggulan mesin risograph? Intip informasi berikut ini.

Apa Saja Keunggulan yang Ditawarkan Mesin Risograph?

Seperti yang telah disinggung, mesin ini memang memiliki sejumlah keunggulan. Apa saja itu? Berikut adalah poin-poin beserta penjelasannya:

●       Waktu yang Lebih Singkat

Kecepatan dalam memproses pekerjaan ini membawa dampak besar untuk efisiensi waktu. Kamu tidak perlu khawatir ketika menerima banyak permintaan cetak ataupun copy. Mesin yang mampu memproses ratusan lembar per menit ini juga memiliki ketahanan yang tinggi.

Risograph tentu jauh lebih baik dari printer biasa. Mesin printer dapat mencetak 1000  halaman dengan waktu 25 menit. Mesin risograph dapat memproses pekerjaan yang sama kurang dari 10 menit.

Risograph tidak rawan macet selama dirawat dengan baik. Hanya dengan duduk manis, sejumlah dokumen dan gambar dapat terselesaikan dengan cepat tanpa gangguan. Kemampuan ini juga membuat bisnis atau pekerjaan menjadi lebih produktif.

●       Keunggulan Ink Saving

Mesin risograph bertipe multi ataupun single telah dilengkapi oleh teknologi ink saving. Ini merupakan teknologi untuk mendeteksi warna secara otomatis.

Jadi, mesin tidak akan mengeluarkan tinta dengan mode deteksi tersebut. Kamu bisa mengatur fitur ini melalui laptop ataupun komputer sebelum proses copy dan cetak. Fitur ink saving akan menghemat tinta hingga 40%.

●       Menghemat Lebih Banyak Energi

Mesin riso juga dibekali dengan konsumsi daya rendah. Risograph hanya membutuhkan 700 hingga 1000 watt. Konsumsi daya ini cukup hemat karena mesin memiliki mode tidur, siaga serta fitur mematikan mesin otomatis atau penjadwalan.

Dengan risograph, kamu bisa memangkas pemakaian energi. Sebab, mesin ini memang fokus pada keramahan energi. Selain daya, mesin juga memiliki fitur penghapusan halaman yang kosong. Hal tersebut mengurangi pemakaian waktu, kertas dan operasional secara menyeluruh.

●       Multi Fungsi

Risograph adalah mesin yang multifungsi. Mulai melipat booklet hingga menjepit kertas dapat dilakukan dengan mudah. Mesin ini juga memungkinkan kamu untuk memilih finishing antara staples ataupun pelubang kertas.

Alat percetakan ini sangat user friendly atau mudah dioperasikan. Layar LCD touchscreen yang tertera akan memudahkan kita melakukan pengaturan. Keamanan risograph juga didesain dengan saksama. Mesin ini dilengkapi kode PIN sehingga hanya pemilik atau administrator yang dapat mengoperasikannya.

●       Kualitas yang Baik

Selain efektivitas, kecepatan dan pengoperasian yang mudah, risograph juga mampu menghasilkan cetakan yang berkualitas. Alat ini dapat menghadirkan warna dan tekstur yang baik. Kualitas tinta yang dikeluarkan juga memiliki kepekatan tinggi. Walaupun begitu, tinta tidak akan menembus kertas.

●       Tinta Risograph Ramah Lingkungan

Perlu diketahui, tinta risograph terbuat dari bahan dasar minyak nabati. Dikutip dari dribble.com, tinta mesin riso tidak mengering karena panas dari bahan kimia, melainkan melalui penyerapan ke dalam kertas. Hal ini juga membuat konsumsi energi rendah saat proses percetakan.

Tinta dalam drum atau wadah tersendiri dapat dipindahkan masuk dan keluar sesuai kebutuhan. Drum mesin juga dapat dikeluarkan dan disimpan dalam waktu yang lama.

Hal ini sejalan dengan konsep daur ulang. Mesin riso dapat meminimalisir bahan kimia serta limbah tinta. Inilah yang menjadikan risograph adalah alat yang menyadari kelestarian lingkungan.

Itulah beberapa keunggulan dari risograph. Bagaimana? Tertarik untuk membelinya? Walaupun memiliki harga yang mahal, kamu bisa memilikinya dengan pengajuan kredit tanpa agunan. Ini adalah upaya yang cerdas untuk kemajuan bisnis dan pekerjaan.

Bagaimana Proses Desain untuk Mesin Cetak Risograph?

Mesin risograph memiliki popularitas di kalangan ilustrator digital. Kepopulerannya bermulai di pertengahan tahun 80-an yang dipelopori oleh Knust Press, sebuah studio di Belanda. Lewat mesin riso, ilustrator mampu menerbitkan cetakan, buku hingga zine.

Untuk merancang desain, kamu dapat menemukan inspirasi di berbagai platform, terutama portofolio seniman yang telah ada. Selanjutnya, kamu bisa memilih palet warna yang diinginkan. Pada risograph, setiap warna dapat dicetak lapis demi lapis.

Sebagai desainer, lapisan warna ini dapat direncanakan dan dikontrol untuk menghasilkan gambar yang diinginkan. Berbagai efek grafis juga bisa kamu temukan pada aplikasi-aplikasi desain.

Itulah sekilas tentang proses mendesain gambar yang akan dicetak melalui risograph. Setiap seniman tentu memiliki proses desain dan gaya yang berbeda. Bagaimana? Mari mulai mendesain sekarang.

Risograph dapat menjadi alat untuk menunjang karir dan bisnis sebagai digital ilustrator. Permintaan pasar pada bidang ini meningkat pesat sehingga kamu memerlukan alat yang canggih.

Memiliki mesin risograph dapat terwujud dengan mudah. Kamu perlu memiliki dana sebesar Rp200 juta untuk membeli mesin ini beserta biaya operasional lain. Besarnya biaya juga didukung dengan kualitas yang bersaing. Melalui kredit digibank KTA, hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

Dengan e-KTP dan tanpa memerlukan berkas fisik, kamu bisa mengajukan kredit yang memiliki banyak keunggulan ini. tunggu apalagi? Dapatkan informasi selengkapnya di sini. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik.

Bersama kredit tanpa agunan digibank KTA, pekerjaan kamu sebagai digital ilustrator dapat berjalan produktif. Oleh karena itu, mari ajukan kredit ini sekarang. digibank KTA memang kredit praktis dengan beragam keunggulan dan kemudahan.

 

 

 

Apply digibank KTA