sekolah
29 Sep 2023

Deretan Poin Plus Bersekolah di SMA Internasional

KTA ternyata juga bisa jadi solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak. Seperti kita tahu bahwa biaya pendidikan di zaman sekarang ini cukup mahal. Apalagi jika ingin memasukkan anak ke sekolah internasional.

Bicara soal sekolah internasional, banyak sekali orang tua yang memilih untuk mulai memasukkan anaknya ke sekolah tersebut saat sudah masuk SMA. Hal ini menjadi salah satu upaya agar anak bisa mendapat tempat kuliah terbaik nantinya.

Poin Plus Bersekolah di SMA Internasional

SMA internasional menjadi pilihan banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk bersiap kuliah di kampus terbaik. Apalagi jika berencana berkuliah di kampus-kampus luar negeri.

Selain itu memang ada banyak poin plus yang bisa dirasakan jika anak bersekolah di SMA internasional. Dikutip dari laman germanschooljakarta.id, berikut ini beberapa keuntungan bersekolah di SMA internasional:

●     Mendapat Kualitas Pendidikan Kelas Dunia

Bersekolah di SMA internasional membuat siswa bisa mendapatkan kualitas pendidikan terbaik kelas dunia. Jika dibandingkan dengan kualitas sekolah nasional, tentu saja ada banyak perbedaan di dalamnya.

Seperti kita tahu bahwa kualitas pendidikan akan sangat berpengaruh pada output yang diterima oleh anak nantinya. Jika kualitasnya bagus maka anak juga bisa mendapatkan bekal ilmu terbaik untuk masa depan.

Demi mendapatkan pendidikan dengan kualitas kelas dunia, anak tidak perlu langsung bersekolah di luar negeri. Anak bisa mulai mengenal dan merasakan pendidikan tersebut di Indonesia dengan adanya sekolah internasional.

●     Bisa Menguasai Bahasa Asing

Anak yang bersekolah di SMA internasional tentu saja akan lebih mudah menguasai bahasa asing. Selain bahasa Inggris, biasanya siswa di sekolah internasional juga akan belajar beragam jenis bahasa asing lainnya.

Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi siswa saat mulai menghadapi kehidupan profesional di masa depan. Mereka bisa memperluas jangkauan koneksi ke kancah internasional karena paham beragam jenis bahasa asing.

Ini juga bisa jadi bekal yang bagus bagi anak jika ia memang ingin berkuliah atau bekerja di luar negeri. Masalah bahasa tidak akan jadi kendala karena mereka sudah mempelajari dan menguasainya.

●     Fasilitas Lengkap dan Memadai

Sekolah-sekolah dengan status internasional biasanya sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Perlu diketahui bahwa fasilitas sekolah yang memadai ini menjadi salah satu faktor kesuksesan sistem pendidikan.

Jika ada banyak fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar, anak juga pasti akan merasa jauh lebih nyaman. Proses belajar mereka juga berjalan lebih mudah dan efektif berkat semua fasilitas tersebut.

●     Wawasan Lebih Terbuka

Keuntungan lain dari bersekolah di SMA internasional adalah terbukanya wawasan lebih luas lagi. Saat bersekolah di sekolah dengan taraf internasional, maka anak akan bertemu dengan banyak hal yang tidak terbatas pada negara kita saja.

Anak juga berkesempatan untuk bertemu guru-guru dari negara lain. Bahkan biasanya sekolah internasional akan mengadakan outing ke luar negeri agar wawasan anak terbuka lebih lebar.

Hal-hal semacam ini bisa membuat anak jadi lebih terbuka akan perbedaan dan keberagaman yang ada di dunia. Nantinya anak bisa lebih mudah beradaptasi dan memahami bahwa kita hidup di tengah keragaman yang indah.

●     Peluang Kuliah di Luar Negeri Lebih Besar

SMA internasional memang menjadi pilihan tepat bagi orang tua yang ingin anaknya bisa berkuliah di luar negeri. Lulusan SMA internasional biasanya memiliki peluang lebih besar untuk diterima di kampus-kampus asing.

Apalagi mereka yang belajar di sekolah semacam ini juga sudah menguasai bahasa asing. Artinya bahasa tidak akan menjadi kendala dan kemampuan mereka juga sudah di atas rata-rata.

Lebih dari itu anak-anak dari SMA internasional juga biasanya lebih mudah beradaptasi dengan kehidupan di negara lain. Mereka juga sudah akrab dengan sistem pendidikan yang bertaraf internasional.

Ternyata ada begitu banyak poin plus yang bisa didapat jika menyekolahkan anak di SMA internasional. Biayanya memang tidak bisa dibilang murah namun bisa dipersiapkan, salah satunya dengan mengajukan KTA instan dari bank.

Tips Mempersiapkan Anak Bersekolah di SMA Internasional

Tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan jika anak ingin bersekolah di SMA internasional. Berikut ini beberapa tips persiapan yang bisa diterapkan menurut Bisnis.com:

●     Biaya Pendidikan

Sudah pasti persiapan biaya harus dilakukan sejak awal. Sekolah internasional memiliki fasilitas dan kualitas pendidikan terbaik. Namun perlu diketahui juga bahwa biaya sekolah di sana tidaklah murah.

Sebaiknya mulai persiapkan sumber biaya pendidikan agar tidak repot nantinya. Jika memang perlu tambahan dana, maka KTA dari bank menjadi salah satu solusi yang bisa diambil.

●     Pahami Karakter dan Pola Pikir Anak

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memahami karakter dan pola pikir anak. SMA internasional memang punya kualitas bagus, tapi faktanya tidak semua anak bisa bersekolah di sana.

Ada sebagian anak yang memang karakter serta pola pikirnya tidak sesuai untuk bersekolah di SMA internasional. Jadi lebih baik pahami dulu seperti apa karakter mereka supaya tidak salah ambil keputusan.

Jika memaksakan diri untuk bersekolah di SMA internasional pada pola pikir serta karakter tidak sesuai, maka anak akan kesulitan sendiri. Masukkan anak ke SMA internasional hanya jika pola pikir dan karakternya sesuai.

●     Berikan Pemahaman Budaya dan Keagamaan

Tips berikutnya, berikan pemahaman budaya kepada anak sebelum mulai bersekolah. Hal ini seringkali dilupakan padahal sangat penting. Jangan sampai anak lupa pada budaya negara sendiri karena bersekolah di SMA internasional.

Pastikan anak tetap paham akan budaya ketimuran meskipun nanti bergaul dengan teman-teman maupun guru-guru dari negara asing. Anak memang perlu mengenal budaya asing namun tidak seharusnya lupa pada budaya sendiri.

Selain budaya, anak juga harus mendapat pengenalan agama. Budaya dan agama menjadi hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada anak sebelum masuk ke dunia internasional.

●     Siapkan Mental Anak

Tentu saja mental anak juga harus dipersiapkan dengan matang. Berikan pemahaman bahwa ia akan bersekolah di lingkungan sekolah internasional. Ajak anak untuk mengenali lingkungan tersebut.

Tentunya akan sangat bagus jika anak juga sudah mengenal dan mencari tahu soal sekolahnya. Bagi anak lulusan SMP yang akan masuk SMA, hal ini tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Mereka sudah cukup mandiri untuk mencari informasi sendiri mengenai sekolah yang akan didatangi. Selain itu, mereka juga bisa mulai mempersiapkan mental agar lebih percaya diri bergaul dengan teman-teman dari berbagai latar belakang.

Siap menyekolahkan anak di SMA internasional? Langsung saja persiapkan dana sekolahnya pakai digibank KTA yang pengajuannya mudah secara online dan bisa pakai e-KTP. Limitnya pun besar, mencapai Rp200 juta.

Pendidikan menjadi kebutuhan utama anak yang penting sekali untuk dipenuhi. Jadi jangan ragu untuk memberikan yang terbaik meskipun biayanya besar. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai digibank KTA.

 

 

Apply digibank KTA