kamar anak
20 Nov 2023

Ciptakan Kamar yang Nyaman dan Aman untuk Balita di Rumah

KTA online memang bisa jadi solusi bagi kamu yang membutuhkan dana untuk kebutuhan renovasi rumah. Salah satu contohnya untuk memenuhi kebutuhan renovasi kamar balita agar jadi lebih nyaman dan aman.

Ada banyak hal yang perlu disediakan jika kamu memiliki balita di rumah. Seperti kamar yang nyaman agar si kecil bisa bermain dengan tenang. Mari cari tahu bagaimana cara yang tepat agar renovasi kamar balita di rumahmu bisa berjalan lancar!

Manfaat Memiliki Kamar Sendiri untuk Balita

Mengutip The Asian Parent, ternyata anak-anak mulai usia 4 bulan dan selambat-lambatnya 12 tahun perlu tidur di kamar mereka sendiri. Hal ini bisa memberi banyak manfaat khususnya bagi perkembangan mental si anak tersebut.

Meskipun masih balita, mereka juga memiliki hak untuk mendapat ruang sendiri yang nyaman dan aman di dalam rumah. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika si kecil memiliki kamar sendiri di rumahnya:

  • Jadi Lebih Mandiri

Memiliki kamar sendiri akan membuat anak jadi lebih mandiri. Mereka terbiasa memiliki ruangan pribadi dan beraktivitas di sana secara mandiri. Bahkan mereka juga akan terbiasa tidur sendiri tanpa dibantu orang tua.

Tentunya dibutuhkan latihan yang konsisten agar si kecil bisa tidur sendiri di kamarnya secara mandiri. Mungkin terasa berat bagi orang tua maupun anak namun hal ini perlu dilakukan demi kemandirian si kecil.

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Adanya kamar sendiri juga akan membuat anak jadi lebih percaya diri. Mereka memiliki privasi dan ruang untuk berkembang sendiri. Ini akan berpengaruh besar pada kemampuan sosialisasinya di tengah teman-teman.

  • Kualitas Tidur Lebih Baik

Tidur di kamar sendiri ternyata bisa membuat si kecil jauh lebih nyaman. Kualitas tidur anak juga bisa lebih meningkat dan membuat pertumbuhannya berjalan optimal. Tentunya hal ini bisa terjadi jika kamar si kecil dibuat senyaman mungkin.

Lebih bagus lagi jika anak sudah memiliki kebiasaan dan jadwal tidur yang teratur. Tanpa dipaksa sekalipun, anak akan tidur di waktu yang tepat dan mendapatkan tidur yang jauh lebih nyenyak.

  • Melatih Keberanian

Tidur di kamar sendiri juga akan melatih keberanian sejak dini. Anak tentu saja jadi lebih berani meskipun pada awalnya akan merasa takut dan harus ditemani oleh orang tua terlebih dahulu.

Memupuk keberanian seperti ini akan memberikan begitu banyak manfaat bagi anak di masa depan. Anak jadi lebih berani beraktivitas sendiri, lebih mandiri, dan tidak perlu selalu bergantung pada orang tua terutama di waktu tidur.

  • Menumbuhkan Sikap Disiplin

Menyediakan kamar sendiri bagi anak juga bisa membantu orang tua untuk memupuk sikap disiplin. Ini bisa menjadi awal bagi orang tua untuk membimbing anak mereka lebih disiplin lagi dalam kesehariannya.

Misalnya, anak diajarkan untuk bermain di kamarnya sendiri dan merapikannya setelah selesai. Anak juga bisa belajar merapikan tempat tidur sendiri, mempersiapkan kamarnya sebelum tidur, dan lain sebagainya.

Ternyata ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika anak punya kamar sendiri. Jadi tidak ada salahnya untuk mengajukan KTA online bunga rendah agar bisa segera mendapat modal renovasi kamar balita yang nyaman dan aman.

Tips Renovasi Kamar Balita

Tentunya renovasi kamar untuk si kecil harus dipikirkan secara matang. Pastikan anak bisa merasa nyaman dan senang berada di kamar tersebut. Selain itu fasilitas di dalam kamar juga harus cukup aman dan mendukung kebutuhan anak.

Setiap anak juga pasti punya kebutuhan yang berbeda. Jadi orang tua butuh banyak pertimbangan agar kamar tersebut bisa jadi tempat yang disukai oleh anak. Dikutip dari Kompas, berikut beberapa tips renovasi kamar balita yang dapat dilakukan:

  • Buatlah Rencana Anggaran

Pertama-tama kamu perlu membuat rencana anggaran terlebih dahulu. Renovasi kamar bukanlah hal yang mudah dan pasti membutuhkan biaya. Buat rencana biaya dulu agar kamu bisa lebih mudah memenuhinya.

Besarnya anggaran renovasi tentu akan dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa dari ukuran kamar, konsep yang ingin digunakan, dan lain sebagainya. Pastikan perhitungannya akurat agar persiapan dana bisa lebih matang.

  • Buat Daftar Kebutuhan

Kamu juga bisa membuat daftar kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi saat proses renovasi. Daftar ini dibuat untuk mempermudah proses renovasi agar bisa selesai lebih cepat dan hasilnya juga lebih optimal.

Daftar kebutuhan ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah jenis kelamin anak dan hal-hal yang disukai oleh anak tersebut. Selain itu kamu juga harus mempertimbangkan kondisi ruang agar tahu apa saja yang dibutuhkan.

Sebenarnya daftar kebutuhan ini nanti bisa saja mengubah rencana anggaran yang sudah kamu buat. Jadi tinggal disesuaikan saja dan pastikan bahwa anggaran tersebut bisa memenuhi semua kebutuhan renovasi mengikuti rencana yang ada.

  • Pilih Vendor yang Tepat

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah memilih pihak vendor yang tepat untuk diajak bekerja sama. Proses renovasi bisa berjalan lebih lancar dan cepat jika kamu bekerja dengan pihak yang profesional.

Tentunya dalam hal ini kamu perlu memilih vendor yang sudah terbukti berkualitas dan punya banyak pengalaman. Pastikan vendor tersebut bisa menyelesaikan proyek renovasi kamar balita sesuai rencana yang sudah kamu buat.

Lebih bagus lagi jika kamu bekerja sama dengan kontraktor atau interior designer yang sudah sering membuat kamar balita. Jadi mereka paham betul apa saja yang harus dilakukan agar kamar tersebut terwujud dengan sempurna.

  • Gunakan Perabot yang Aman

Salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan baik saat membuat kamar balita adalah perabot atau furniture. Pastikan semua jenis perabot yang akan diletakkan di kamar balita memiliki desain yang aman dan kid friendly.

Tidak hanya faktor estetika dan fungsi yang dipikirkan dalam memilih perabot untuk kamar si kecil. Kamu juga harus memastikan bahwa perabot tersebut sesuai dengan karakter anak-anak dan tidak membahayakan kondisi mereka.

Kamar ini tidak hanya dipakai sebagai tempat untuk tidur namun juga tempat anak-anak bermain. Tentu akan sangat berbahaya jika anak bermain di sekitar perabot yang kurang kid friendly dan malah mengancam keamanan mereka.

Gunakan digibank KTA untuk Renovasi Kamar Balita

Proses renovasi kamar balita pasti membutuhkan modal dana yang mungkin tidak bisa dibilang murah. Kamu bisa memenuhi kebutuhan dana ini dengan mengandalkan produk KTA online yang ditawarkan oleh digibank by DBS.

digibank KTA ini menjadi pilihan produk pinjaman yang tepat karena menawarkan limit hingga Rp200 juta. Proses pengajuannya juga sangat cepat karena hanya butuh waktu approval 60 detik.

Melalui dana pinjaman ini kamu bisa mewujudkan kamar balita yang nyaman dan aman di rumah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang KTA online ini, langsung klik di sini!

 

 

Apply digibank KTA