KTA online
05 May 2023

Catat! Ini Dia Tips Melunasi KTA Tanpa Kendala

Jika sudah melakukan peminjaman KTA online, maka kamu juga harus patuh pada kesepakatan cicilan tenor yang dibuat di awal. Jangan sampai terjadi tumpukan penunggakan. Tumpukan cicilan justru bisa menjadi boomerang.

Agar proses pelunasan kredit kamu bisa berjalan sesuai rencana silahkan simak tips-tipsnya berikut ini.

Tips Lancar Mencicil Pelunasan KTA

Utang yang tersendat bisa menjadi beban dan menghimpit alokasi finansial untuk kebutuhan sehari-sehari. Oleh sebab itu, bijaklah dalam mengatur cicilan pelunasan kredit agar risiko beban hutang bertumpuk dapat dihindari.

1.     Buatlah Rekapitulasi Utang

Agar proses pembayaran cicilan KTA berjalan dengan lancar maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat rincian daftar atau rekapitulasi utang. Hal ini perlu dilakukan untuk memahami skema terbaik saat membayar kredit.

Saat membuat rekapitulasi utang, pastikan untuk memberikan informasi rincian total utang serta cicilan setiap bulannya. Masukkanlah semua jenis cicilan yang sedang berjalan baik itu cicilan rumah, kendaraan, kartu kredit dan lain-lainnya.

Setelah itu, buat kembali skala prioritas pelunasan kredit agar kondisi finansialmu menjadi lebih stabil.

2.     Perkuat Niat dan Tekad

Proses pelunasan KTA yang lancar juga sangat dipengaruhi oleh niat dan tekad. Setelah menyusun rincian cicilan yang harus dibayarkan maka cobalah untuk merilekskan sejenak pikiranmu.

Jangan sampai beban utang di dalam total rekapitulasi yang kamu buat malah semakin menambah beban pikiran.

Rasa khawatir dan cemas adalah hal yang manusiawi saat menghadapi sebuah tantangan termasuk dalam urusan pelunasan kredit. Oleh sebab itu, pikiran yang jernih dan positif adalah salah satu cara untuk meredam rasa pesimis tersebut.

Tumbuhkan niat dan tekad dan yakinkan diri bahwa kamu mampu untuk melunasi cicilan utang yang sedang berjalan.

Saat pikiranmu bijaksana dalam menghadapi beban utang yang berjalan maka tentu kamu pun akan lebih disiplin untuk membayar cicilan setiap bulannya. Konsekuensi finansial sehari-hari yang terganggu memang menjadi risiko utama saat berkomitmen dengan utang.

Namun, jika kamu memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk segera melunasi cicilan maka proses pelunasan cicilan pun tidak akan menjadi beban yang begitu berat. Memilih produk KTA online bunga rendah bisa menjadi solusi untuk proses pelunasan cicilan yang lebih ringan.

3.     Membayar dengan Skala Prioritas

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, selain membuat rekapitulasi utang kamu juga perlu membuat skala prioritas utang. Masukkanlah beban utang mana saja ke dalam skala prioritas. Setelah itu, pastikan untuk benar-benar membayar utang di dalam skala prioritas tersebut secara disiplin.

Selain utang pada skala prioritas, umumnya setiap orang juga memiliki cicilan di luar skala prioritas. Utang yang masuk kategori terakhir ini bisa kamu bayarkan setelah utang di dalam skala prioritas telah selesai.

Jadi, pintar-pintarlah untuk memilah jenis beban utang mana yang masuk ke dalam skala prioritas dan di luar skala prioritas.

4.     Menjual Barang yang Tak Terpakai

Jika penghasilan yang kamu miliki memang belum bisa menutupi pembayaran cicilan yang dimiliki, maka opsi yang bisa kamu lakukan selanjutnya ialah dengan menjual barang yang sudah tak digunakan lagi.

Pastikan jika barang yang tak digunakan tersebut juga memiliki nilai jual yang bagus. Hal tersebut dapat dilihat dari segi fungsi dan kondisinya.

Jika kamu memiliki banyak tas misalnya. Pilihlah beberapa jenis tas yang sudah jarang kamu gunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Berhubung kemajuan industri e-commerce semakin berkembang pesat maka cobalah menjual barang-barang tersebut lewat toko-toko online. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan barang yang ingin dijual.

Namun, jika kamu kurang yakin dengan orang-orang yang tertarik untuk membeli barang tersebut lewat media sosial dan e-commerce, maka cobalah menawarkan barang tersebut kepada teman ataupun keluarga terdekat. 

5.     Mencari Penghasilan Tambahan

Menggunakan KTA online banyak dipilih karena memberikan kemudahan kepada nasabah saat melakukan cicilan. Namun, jika kamu merasa masih sulit untuk melakukan pembayaran cicilan, maka tips selanjutnya yang bisa kamu coba ialah dengan mencari penghasilan tambahan.

Saat ini sudah banyak situs yang memberikan kesempatan untuk bekerja freelance. Kamu bisa memilih beberapa jenis part time job yang sesuai dengan bidang yang dikuasai, menjadi translator atau content writer misalnya.

Jika kamu memiliki skill dalam dunia kuliner maka tak ada salahnya untuk membuka bisnis kuliner baik itu cemilan ataupun makanan berat.

Profesi tambahan ini bisa saja menjadi bisnis utama kamu di masa depan jika benar-benar menemukan pangsa pasar yang tepat. Ketika kredit KTA lunas, pundi-pundi penghasilan pun semakin bertambah.

Cara Pembayaran Cicilan Kredit

Saat memutuskan untuk mengambil KTA online bunga rendah maka terdapat proses pembayaran cicilan yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa langkahnya.

1.      Layanan Auto Debit

  1. Pertama-tama, isilah saldo rekening tabungan kredit kamu melalui menu transfer/pemindahbukuan antar bank di ATM Bersama/Prima atau Mobile/Internet Banking.
  2. Selanjutnya, pilih bank tujuan atau masukkan kode bank tujuan yang diikuti nomor rekening tabungan kredit KTA kamu. Sebagai contoh; 000 + Nomor rekening tabungan kredit-mu.
  3. Silahkan mengikuti instruksi selanjutnya.
  4. Untuk bisa melihat nomor rekening tabungan kamu, silahkan mengeceknya pada   halaman utama di aplikasi kredit tanpa agunan yang digunakan.

2. Jaringan ATM Bersama / Prima

  1. Pilih opsi "Transfer/Pemindahbukuan" lalu masukkan Kode Bank diikuti Nomor Rekening Tujuan. Sebagai contoh yaitu dengan memasukkan kode 000 + Nomor Rekening kredit KTA yang dimiliki.
  2. Ikuti semua instruksi yang diminta selanjutnya.

    3. Outlet Supermarket

  1. Saat berada di kasir, silahkan menyebutkan nomor rekening tabungan kamu atau nomor pinjaman kredit KTA.
  2. Selanjutnya, konfirmasilah nomor rekening tabungan atau nomor pinjaman KTA tersebut dan pastikan jumlah yang ditagihkan telah sesuai.
  3. Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan uang tunai atau kartu debit.
  4. Simpanlah struk yang diberikan oleh kasir sebagai bukti pembayaran KTA kamu.
  5. Kamu bisa melakukan pembayaran angsuran di seluruh outlet Supermarket di Indonesia, dan akan diproses paling cepat dalam waktu 3 hari kerja.
  6. Kamu dapat memeriksa riwayat pembayaran terakhir kamu melalui aplikasi pinjaman KTA yang digunakan.

Jika kamu berencana untuk mengambil KTA online dengan nominal hingga Rp200 juta Rupiah dalam waktu dekat ini, maka silakan memilih digibank KTA. Proses pengajuan KTA dijamin lebih aman dan nyaman. Informasi lebih lengkap bisa kamu cek di sini.

 

 

Apply digibank KTA