tour travel
19 Nov 2023

Catat! Ini 5 Strategi Jitu Berbisnis Tour & Travel

Bisnis tour and travel bukan lagi usaha baru yang sepi pesaing. Justru sebaliknya, banyak pelaku usaha yang gulung tikar karena tidak mampu menghadapi kerasnya persaingan bisnis. Ditambah lagi jumlah wisatawan berkurang drastis sejak pandemi lalu, sehingga mempengaruhi bisnis.

Berdasarkan data dari kemenparekraf.go.id, sejak bulan Februari tahun 2020 lalu jumlah wisatawan mancanegara menurun sangat drastis. Meski sekarang sudah mulai membaik banyak pengusaha tour and travel yang tidak bisa mempertahankan bisnisnya.

Jika, tidak ingin mengalami hal yang sama kamu harus mempelajari strategi-strategi baru untuk kembali mengoptimalkannya. Dengan menggunakan pinjaman kilat kamu bisa menerapkan sistem pemasaran yang lebih efektif untuk memperbaiki kinerja bisnis.

Strategi Memenangkan Persaingan dalam Bisnis Tour & Travel

Persaingan bisnis merupakan tantangan utama yang akan terus mengikutimu sampai kapan pun. Tanpa persaingan sebuah bisnis tidak akan melakukan inovasi karena merasa di zona aman. Itu artinya, persaingan tidak selalu membawa dampak negatif karena melaluinya kamu bisa lebih kreatif dalam menciptakan inovasi baru.

Selain menciptakan inovasi, kamu juga perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis bisa terus berjalan. Berikut ini beberapa strategi memenangkan persaingan dalam bisnis tour and travel:

  • Bundling Package

Sebenarnya memenangkan hati pelanggan itu tidak sulit asalkan kamu tahu apa yang mereka inginkan. Membuat paket perjalanan dengan sistem bundling bisa menjadi ide yang bagus untuk meningkatkan pelanggan yang datang. Contoh, saat membeli paket Umroh biasanya tidak disertai tes kesehatan dan vaksin meningitis.

Sehingga pelanggan harus melakukannya secara mandiri. Dari masalah tersebut, kita bisa mengambil celah dengan membuat paket Umroh yang sudah termasuk vaksinasi dan tes kesehatan. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat vaksinasi dan check up kesehatan.

  • Early Bird Decisions

Strategi selanjutnya ini tidak hanya diterapkan di bisnis tour and travel tapi juga banyak dilakukan di bisnis lain. Metode pemasaran early bird decisions dilakukan dengan memberi bonus, merchandise, atau produk gratis ketika pelanggan membeli pada hari yang sudah ditentukan.

Strategi ini bisa juga bisa dilakukan dengan memberi promo khusus bagi 100 pelanggan pertama. Dengan menerapkan strategi ini, calon pelanggan akan berpikir cepat saat membeli paket perjalanan di tempatmu.

Meski tergolong efektif strategi ini memerlukan modal awal yang cukup besar. Tapi, kamu bisa menggunakan pinjaman kilat langsung cair untuk menyediakan modalnya.

  • Social Proof

Strategi pemasaran ini juga lumayan efektif untuk memenangkan persaingan pasar. Strategi social proof dilakukan dengan menampilkan siapa saja yang telah membeli paket wisata melalui media sosial, contohnya website dan Instagram.

Penerapan metode social proof mampu menambah kepercayaan calon pelanggan terhadap paket perjalanan yang akan mereka beli. Untuk mendapat hasil yang maksimal sebaiknya gunakan daftar orang-orang ternama yang memiliki banyak pengikut. Bila perlu lakukan kerja sama dengan beberapa influencer atau selebriti.

  • Viral Marketing

Melalui strategi ini kamu bisa meraup keuntungan yang lebih besar namun kesempatannya tidak datang setiap saat. Strategi viral marketing dalam bisnis tour and travel dilakukan dengan membuat paket wisata yang sedang viral saat ini

Untuk menerapkan strategi ini kamu harus update tentang tempat-tempat wisata terbaru yang sedang viral di masyarakat. Strategi bisa menjadi solusi yang tepat dan efektif untuk pengusaha tour and travel yang kekurangan modal pemasaran.

  • Pemberlakuan Batasan Waktu

Metode pemasaran ini wajib diterapkan ketika ingin menjual suatu paket wisata secara cepat dalam waktu singkat. Strategi ini dilakukan dengan memberi promo atau diskon dalam periode waktu tertentu.

Penjualan paket perjalanan dengan batasan waktu biasanya diberikan saat low season, yaitu antara bulan Maret sampai Mei dan Bulan Agustus sampai Oktober. Untuk menerapkan strategi ini kamu perlu menyiapkan modal awal yang lumayan.

Meski begitu, sebagai gantinya kamu akan mendapat kepercayaan dari pelanggan baru. Jika, keuangan bisnis tidak memungkinkan untuk memberi promo dan diskon, kamu bisa menggunakan pinjaman kilat untuk merealisasikannya.

Tips Mempertahankan Bisnis Tour & Travel

Selain menerapkan strategi-strategi pemasaran yang tepat kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal, agar bisnis bisa terus bertahan meski di tengah persaingan yang sengit. Berikut beberapa tips mempertahankan bisnis tour and travel.

  • Ciptakan Inovasi

Inovasi merupakan salah satu kunci utama dalam menjaga eksistensi bisnis, tanpa membuat inovasi bisnismu akan tertinggal jauh dari kompetitor. Apalagi di era serba modern seperti sekarang pasti banyak pengusaha baru yang bermunculan dengan inovasi kerennya.

Jika ingin terus bertahan, maka kamu harus menciptakan inovasi yang lebih visioner untuk menarik lebih banyak pelanggan. Tak ada salahnya meminta pendapat pelanggan untuk mendapat ide yang brilian yang mampu menjadi solusi atas permasalahan yang mereka alami selama menggunakan jasa tour and travel.  

  • Maksimalkan Media Sosial

Kemunculan media sosial di era sekarang tidak selalu membawa dampak buruk. Dalam kacamata bisnis media sosial menjadi tempat yang efisien untuk meningkatkan brand awareness.

Memasarkan paket perjalanan melalui media sosial akan membantumu memperluas jangkauan pasar. Semakin luas pasar yang dijangkau, maka akan semakin besar peluang mendapat pelanggan baru.

  • Bentuk Tim yang Solid

Sama seperti bisnis pada umumnya, kamu tidak bisa menjalankan dan mengelolanya sendiri. Di balik kebersihan dalam mencapai kesuksesan ada tim yang solid sebagai pendukungnya. Oleh karena itu, kamu harus merekrut karyawan yang kompeten dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk mereka.

  • Jadikan Pengalaman Sebagai Guru

Dalam menjalankan bisnis tour and travel pasti kamu pernah mengalami kegagalan atau peristiwa yang kurang mengenakkan. Entah itu terkait pelanggan ataupun kesalahan dalam sistem pengelolaan bisnis.

Namun, dari kesalahan tersebut kamu bisa belajar dan memperbaiki bisnis menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ingat, kegagalan bukan akhir dari segalanya justru titik tersebut merupakan awal dari perjuanganmu menuju kesuksesan.

  • Mulai Menjalin Kolaborasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pebisnis tidak bisa mencapai kesuksesan seorang diri. Kamu perlu melakukan kolaborasi untuk memberi nuansa baru ke pelanggan. Contoh kolaborasi dalam bisnis tour and travel yaitu bekerja sama dengan pengembang aplikasi dari bidang yang sama.

Selain itu kamu juga bisa meningkatkan citra bisnis dengan mensponsori suatu acara seperti seminar, workshop, event hiburan, dan acara lainnya. Tidak berhenti sampai disini, kamu juga bisa memperluas cakupan pasar dengan membuka membership. Dengan membuka layanan ini kamu bisa mendapat lebih banyak pelanggan setia.

  • Sabar dan Terus Melangkah ke Depan

Kesuksesan tidak bisa dicapai dalam hitungan hari, bulan, hingga tahun karena prosesnya tidak bisa ditebak. Jangan samakan bisnismu dengan orang lain yang hanya butuh waktu singkat untuk mendapat banyak pelanggan.

Justru bisnis yang seperti itu lebih mudah jatuh karena tidak sempat melewati banyak masa sulit, sehingga ketika mengalami penurunan mereka tidak bertahan.

Mempertahankan bisnis membutuhkan banyak pengorbanan dan konsistensi yang kuat. Dalam mempertahankan bisnis kamu pasti membutuhkan suplai dana untuk mendukung keberlangsungannya. Pinjaman tanpa agunan dari digibank KTA bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang memerlukan modal bisnis.

Limit pinjaman hingga Rp200 juta dan proses approval hanya dalam 60 detik. Tunggu apalagi? Segera ajukan pinjaman kilat secara online di digibank by DBS untuk menyuplai keuangan bisnismu! Detail syarat dan cara pengajuannya bisa kamu lihat di sini!

 

 

Apply digibank KTA