teras cantik
28 Dec 2023

Catat! 6 Tips Bangun Teras Cantik & Instagramable

Rumah yang ideal, selain perlu memiliki ruangan yang lengkap juga ternyata perlu memiliki sebuah teras. Pasalnya dengan memiliki teras, kamu jadi memiliki ruang terbuka di rumah yang juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Adanya teras baik di bagian depan maupun di belakang rumah ini bisa kamu gunakan mulai dari sebagai tempat berkebun, tempat berolahraga, atau sekadar sebagai tempat untuk bersantai.

Tentunya agar bisa dimanfaatkan secara maksimal, teras perlu dibangun dengan apik. Untuk bisa mewujudkan kepemilikan teras yang tidak hanya fungsional tetapi juga memiliki desain instagramable dan cantik, saat ini kamu bisa mempersiapkan dananya dengan mengajukan pinjaman bunga rendah!

Fungsi-Fungsi Teras

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana tips-tips untuk bisa mewujudkan memiliki teras dengan desain cantik dan instagramable di rumah, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu tentang apa itu teras dan fungsinya.

Mengutip dari KBBI, teras merupakan sebidang tanah atau lantai yang umumnya terletak di depan rumah. Sama seperti bagian-bagian lain yang ada di rumah, teras juga memiliki fungsi atau kegunaan yang menarik. Adapun, berikut ini akan dibahas tentang fungsi-fungsi yang dimiliki oleh sebuah teras:

●       Tempat Olahraga

Salah satu fungsi dari sebuah teras, yaitu bisa dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga. Dengan kamu memiliki teras, kamu jadi bisa memiliki tempat untuk melakukan latihan pemanasan sehari-hari.

Terlebih apabila kamu memiliki teras yang luas, kamu jadi bisa meletakan beberapa alat olahraga yang kamu miliki, seperti barbel, dumbbell, maupun sekadar matras yoga.

●       Tempat Bersantai

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga, kamu juga bisa menyulap teras sebagai tempat untuk sekedar bersantai.

Apabila kamu ingin menjadikan teras sebagai area bersantai, kamu perlu meletakan beberapa interior pendukung seperti kursi dan meja. Dengan begitu kamu jadi bisa merasakan suasana di luar rumah dengan nyaman.

●       Teman Bermain

Apabila kamu memiliki area teras yang luas, kamu juga bisa membuat teras pada rumahmu menjadi area bermain untuk anak. Untuk fungsi ini, kamu dapat meletakan beberapa mainan anak seperti ayunan hingga perosotan.

Membangun area bermain untuk anak di teras itu juga artinya kamu perlu memperhatikan material-material yang akan digunakan supaya tidak berbahaya ketika anak bermain di teras.

●       Tempat Tanaman Hias

Teras juga dapat difungsikan sebagai tempat untuk meletakan beberapa tanaman hias. Jadi untuk kamu yang gemar mengoleksi macam-macam tanaman hias, kamu bisa meletakan koleksi tanamanmu di teras tersebut.

Apabila kamu memiliki teras di depan rumah, maka supaya tampilan rumahmu tetap rapi, kamu perlu mengatur tata letak dari tanaman hias yang kamu koleksi.

Sebagai rekomendasi, kamu dapat menggunakan rak sebagai tempat untuk meletakan pot-pot tanaman hiasmu di teras. Dengan begitu kamu jadi bisa menampilkan kesan teras yang tidak hanya rapi tapi juga terawat.

Bagi kamu yang sedang merencanakan pembuatan teras di rumah, saat ini kamu dapat mengajukan pinjaman dari bank untuk kebutuhan ini!

Tips Mewujudkan Teras Instagramable

Setelah mengetahui fungsi-fungsi teras, apakah kamu tertarik untuk memiliki rumah dengan teras yang nyaman?

Apabila kamu memiliki rencana untuk membangun sebuah teras atau berencana mendekorasi ulang teras di rumahmu, pada poin ini akan dijelaskan tentang tips-tips yang bisa kamu aplikasikan untuk mewujudkan sebuah teras rumah yang cantik dan juga instagramable. Tips-tips tersebut ialah sebagai berikut.

●       Menggunakan Keramik Bertekstur

Tips pertama yang bisa diaplikasikan ketika kamu ingin membuat teras dengan desain yang apik dan instagramable, ialah dengan memasang keramik bertekstur di bagian lantainya. Dengan memilih keramik bertekstur untuk lantai, hal ini akan membuat menjadi lebih nyaman karena tidak licin.

Selain perlu memperhatikan teksturnya, kamu juga perlu memperhatikan desain dan warna dari keramik tersebut. Agar lebih nyaman dipandang dan menampilkan kesan yang menarik, hindari memilih baik desain maupun pewarnaan keramik yang norak.

●       Membuat Vertical Garden

Kamu juga bisa mempertimbangkan membuat vertical garden apabila tertarik memiliki jenis teras yang tergolong instagramable.

Hal ini sangat bisa kamu aplikasikan apabila jenis hunian yang kamu miliki merupakan rumah bergaya minimalis. Dengan membuat vertical garden di salah satu sisi teras, kamu jadi akan bisa menampilkan kesan hunian asri.

●       Meletakan Tanaman Hias

Selain bisa membuat vertical garden, kamu juga bisa meletakan beberapa tanaman hias di teras agar lebih aesthetic.  Untuk tujuan ini, kamu juga perlu mempertimbangkan pemilihan pot untuk tanaman hias tersebut.

Sebagai referensi, kamu dapat menggunakan pot-pot yang terbuat dari material rotan. Sementara untuk tanamannya, salah satu rekomendasi tanaman hias yang cantik dan bisa membuat tampilan terasmu menjadi lebih cantik ialah philodendron.

●       Mengaplikasikan Warna-Warna Pastel

Pewarnaan sangat penting untuk diperhatikan dalam perwujudan memiliki teras cantik dan instagramable. Rekomendasi warna-warna yang bisa kamu aplikasikan di area teras tentunya dapat dipertimbangkan sesuai dengan konsep teras yang kamu miliki.

Namun apabila kamu ingin menampilkan kesan teras yang simple namun ada unsur feminine-nya, maka kamu dapat mengaplikasikan warna-warna pastel.

Patut diingat bahwa apabila kamu membutuhkan biaya tambahan untuk mewujudkan kepemilikan teras cantik di rumah, saat ini kamu dapat memanfaatkan pinjaman bunga rendah. Dengan begitu, proses pengerjaan teras juga bisa dilakukan dengan cepat.

●       Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan adalah faktor yang penting untuk diperhatikan di sebuah hunian, termasuk pada area teras. Pasalnya apabila kamu sudah menerapkan tips-tips di atas namun kamu melupakan unsur pencahayaan yang bagus di teras, maka tentunya terasmu tidak akan menampilkan kesan hidup akibat cahaya yang redup.

Oleh karena itu, meski teras umumnya terletak di area luar rumah, maka kamu perlu memperhatikan faktor pencahayaannya. Perhatikan desain rumah sedemikian rupa agar cahaya alami dari matahari dapat dengan sempurna diterima di teras rumahmu.

Selain mengutamakan cahaya alami, kamu juga bisa menambahkan pencahayaan seperti lampu untuk di malam hari. Gunakanlah lampu yang tidak hanya menawarkan penerangan tetapi juga unsur dekoratif.

●       Memperhatikan Desain Furnitur

Tips lainnya yang juga perlu kamu perhatikan untuk mewujudkan teras instagramable yaitu memperhatikan desain dari furnitur yang digunakan, mulai dari kursi, meja, maupun sekedar hiasan dinding.

Selain memperhatikan unsur fungsional, kamu juga perlu mempertimbangkan desain dari furnitur-furnitur tersebut agar terasmu terlihat lebih aesthetic dan instagramable.

Kesimpulan

Mewujudkan desain teras yang cantik dan instagramable tentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari pemilihan keramik hingga furniturnya. Pemilihan unsur-unsur yang akan mengisi teras tersebut selain perlu memperhatikan pewarnaannya perlu juga mempertimbangkan desainnya.

Tidak hanya itu saja, agar bisa memenuhi segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mewujudkan teras dengan desain cantik dan instagramable, tentunya modal yang perlu kamu persiapkan harus cukup.

Kamu dapat mempertimbangkan mengajukan kredit tanpa agunan apabila membutuhkan dana tambahan untuk kebutuhan membuat teras ataupun untuk tujuan merenovasi rumah secara umum.

Salah satu produk kredit tanpa agunan yang bisa kamu pertimbangkan ialah digibank KTA. Produk pinjaman ini memiliki beberapa keunggulan menarik mulai dari apply yang tidak membutuhkan dokumen fisik, proses approval dalam 60 detik, limit dana hingga Rp200 juta, dan juga pembayaran cicilan hingga 36 bulan.

Pembahasan lengkap tentang pinjaman bunga rendah dari digibank KTA ini bisa kamu dapatkan dengan klik di sini!

 

 

Apply digibank KTA