Cara Aman Investasi Reksadana Agar Pendapatan Tetap Terjaga

Cara Aman Investasi Reksadana Agar Pendapatan Tetap Terjaga

Saat ini investasi mulai diminati oleh banyak orang, termasuk investasi reksadana. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya informasi seputar investasi reksadana yang beredar di berbagai media. Apalagi banyak rekomendasi yang menginfokan dengan berinvestasi seperti reksadana bisa memperoleh keuntungan tinggi yang akhirnya bisa memperbaiki kondisi financial. Namun, sudahkah kamu tahu cara aman investasi reksadana?

Sebagai pemula wajar saja bila kamu mudah tergiur dengan postingan yang memperlihatkan hasil dari seseorang yang berinvestasi. Siapa sih yang gak ingin mendapatkan keuntungan tinggi? Hampir setiap orang ingin memperoleh keuntungan besar di setiap investasi. Namun, semua itu butuh perhitungan dan analisa yang baik agar tidak mengalami kerugian.

Saat ini, reksadana menjadi instrumen investasi yang sedang trending. Banyak investor pemula memilih reksadana untuk memulai berinvestasi. Namun, tak sedikit yang berinvestasi karena ikut-ikutan agar terlihat memiliki nilai plus. Kamu tentu tak masuk kategori ini. Karena itu penting bagimu untuk memahami beberapa hal mendasar dari investasi reksadana agar bisa memaksimalkan cuan tanpa mengganggu pendapatan yang ada.

Berikut cara aman investasi reksadana yang cocok untuk investor pemula

1. Tentukan persentase

Sebelum menentukan modal yang akan dikeluarkan untuk investasi, pastikan kamu sudah menyisihkan sebagian penghasilan untuk berbagai keperluan penting. Jangan sampai uang untuk tagihan bulanan, membeli bahan pokok, hingga menyiapkan dana darurat justru dialokasi untuk investasi.

Sebagai panduan, kamu bisa bisa menyisihkan 10-30 persen dana yang ada untuk mulai berinvestasi reksadana. Kamu bisa menyesuaikan jumlah maksimal yang bisa digunakan sesuai dengan kondisi keuangan.

Hal yang harus diingat juga untuk tidak menggunakan seluruh dana yang ada, karena bisa mengganggu kondisi keuangan. Apalagi bila ternyata ekspektasi yang kamu buat melenceng jauh dari yang diharapkan.

2. Gunakan uang dingin

Berinvestasi memang menjanjikan banyak keuntungan. Namun, tak sedikit ditemui orang yang stres karena berinvestasi. Salah satu penyebabnya karena tidak taat dalam penggunaan dana. Agar tenang dalam berinvestasi, setialah untuk selalu menggunakan uang dingin.

Uang dingin adalah uang yang telah disisihkan dari pengeluaran utama tiap bulan yang tidak akan berdampak pada kondisi keuangan apabila terpakai atau berkurang nilainya akibat risiko investasi. Yang namanya investasi itu untuk mendapatkan passive income setelah memiliki sumber penghasilan utama.

Investasi memang cukup bahkan sangat potensial keuntungannya. Namun, kita tidak tahu juga kan apa yang terjadi di masa depan? Bagaimana kalau ternyata mengalami kerugian karena salah analisa gara-gara tidak memahami produk investasi yang dipilih? Ada baik untuk kamu memastikan hanya menggunakan uang dingin untuk berinvestasi. Dengan begitu, pikiran jadi lebih tenang tanpa perlu merasa khawatir berlebihan.

3. Upgrade ilmu investasi

Banyak yang mengatakan, bahwa investasi terbaik adalah investasi leher ke atas atau investasi dengan belajar berbagai ilmu pengetahuan baru. Karena di sini yang dibahas adalah investasi, jadi kamu juga harus banyak belajar tentang ilmu dalam berinvestasi.

Sebagai pemula, jangan terburu-buru bertindak semaunya agar bisa meraup keuntungan yang banyak. Ketidak hati-hatian dalam investasi biasanya malah akan membuat kamu terjerumus dengan berinvestasi tanpa melakukan analisa lebih lanjut,

Saat memutuskan mulai terjun berinvestasi kamu harus mulai belajar memahami produk yang dipilih. Investasi ke produk tertentu hanya karena ikut-ikutan saja akhirnya malah mengakibatkan kerugian besar. Kamu perlu banyak belajar lagi pengetahuan terkait investasi hingga akhirnya menemukan formula terbaik bagaimana sih cara investasi reksadana yang aman dan benar.

Selanjutnya, bila kamu sudah memahami tips agar aman saat berinvestasi reksadana, kini saatnya eksekusi. Kamu tidak perlu repot karena bisa berinvestasi melalui digital banking dengan aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini merupakan inovasi dari DBS Bank untuk memudahkan para pengguna.

Cara investasi reksadana di digital banking digibank by DBS. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi dan melakukan pendaftaran. Khusus untuk investor pemula jangan lupa untuk segera membuat Single Investor Identification atau SID yang bisa diakses langsung dari aplikasi. Bila telah mengantongi SID, kamu bisa mulai berinvestasi reksadana dengan tenang dan nyaman.

Menggunakan aplikasi digibank by DBS untuk investasi reksadana akan sangat menguntungkan. Teruma untuk investor pemula yang masih perlu mendapat cukup informasi sebelum memilih dan membeli reksadana. Di Aplikasi digibank by DBS kamu bisa membaca prospektus perusahaan penerbit obligasi atau saham yang akan kamu pilih sebagai instrumen investasi. Selain itu kamu bisa melihat daftar reksadana pilihan yang banyak diburu investor dalam sebulan.

Memanfaatkan aplikasi digibank by DBS untuk investasi reksadana memberi banyak manfaat dan kemudahan. Kamu tinggal memilih fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan ibarat sajian lengkap rumah makan padang. Jadi kamu bisa memilih menu investasi yang dipilih lalu diperkuat manfaatnya dengan memanfaatkan fitur yang ada seperti update data pasar.

Jadi makin penasaran kan, apa saja sih manfaat yang bisa diperoleh dengan berinvestasi reksadana lewat aplikasi digibank by DBS? Yuk simak 5 manfaat berikut: :

a. Terdapat tiga pilihan kategori yaitu reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik

Menggunakan aplikasi digibank by DBS kamu akan mudah pilih investasi reksadana terbaik. Meski masih awam di dunia investasi saham, kamu tidak perlu khawatir dalam memilih reksadana terbaik. Di digibank by DBS kamu akan dipandu dan mendapat petunjuk cara investasi reksadana. Kamu bisa memanfaatkan daftar reksadana terbaik yang telah disiapkan tim DBS Bank yang didasarkan pada scoring dan kinerja.

Kamu juga bisa dengan mudah melihat trend pasar melihat daftar reksadana pilihan yang banyak diborong oleh investor. Biasanya trend investor ini bisa dijadikan acuan dalam memilih reksadana terbaik.

b. Terdapat lebih dari 50 pilihan reksadana

Saat berinvestasi di reksadana, kamu bisa saja mencoba berinvestasi pada beberapa produk reksadana sekaligus. Kamu tidak perlu khawatir karena di aplikasi digibank by DBS terdapat lebih dari 50 jenis produk reksadana yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih investasi sesuai dengan kebutuhan dan sesuai target investasi yang ingin dicapai.

c. Pembelian berkala dan fleksibel

Saat kamu merasa cocok dalam investasi reksadana dan ingin menambahkan modal atau meningkatkan pembelian, kamu bisa segera melakukan perubahan nominal pembelian. Selain itu kamu bisa setting pembelian berkala untuk memudahkan pendebetan tanpa kamu perlu bolak balik mengecek aplikasi.

d. Mudah beli, jual, dan switch investasi dari dari satu aplikasi

Saat berinvestasi reksadana dari aplikasi digibank by DBS, kamu tidak perlu repot untuk mengunduh aplikasi lain. Kamu juga tidak perlu bolak-balik membuka mobile banking karena aplikasi digibank by DBS memangkas alur yang panjang dan merepotkan.

Hanya dari satu aplikasi digibank by DBS kamu bisa dengan mudah melakukan jual dan beli reksadana. Bila ingin mencoba investasi lain seperti obligasi kamu hanya tinggal switch fitur tanpa harus keluar aplikasi. Kemudahan dan fleksibilitas ini akan membuat transaksi investasimu menjadi lebih lancar.

e. Terjangkau

Membeli reksadana di digibank by DBS tidak akan memberatkan karena bisa dimulai dari Rp 100 ribu. Nilai ini bahkan sangat cocok untuk kamu yang masih tahap coba-coba dalam investasi reksadana. Nilai yang terjangkau juga akan meningkatkan level confidence kamu karena tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian atau capital loss.

Saat menggunakan aplikasi digibank by DBS kamu bisa tenang terutama terkait data pribadi. Alasannya, aplikasi digibank by DBS merupakan inovasi dari DBS Bank yang telah mendapat predikat “Bank Teraman di Asia” selama 12 tahun berturut-turut oleh Global Finance.

Selain aman, kamu juga bisa melakukan transaksi investasi dari mana saja dan kapan saja. Kamu tidak perlu lagi repot ke kantor cabang hanya untuk verifikasi transaksi. Dengan layanan yang inovatif, investasi reksadana di Aplikasi digibank by DBS akan memberi keuntungan reksadana  secara maksimal.

Agar tidak ketinggalan, ada baiknya kamu segera mengambil langkah. Daripada membuang waktu untuk berpikir untung dan rugi, kenapa tidak mulai saja dulu. Saatnya download aplikasi digibank by DBS, dan rasakan berbagai kemudahan transaksi investasi reksadana hanya dengan sentuhan jari.***

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /