Kredit tanpa agunan
05 May 2023

Bagaimana Cara Bijak Menghindari Kredit Macet?

Kredit tanpa agunan (KTA) adalah kredit yang tidak memerlukan agunan atau jaminan saat meminjamnya. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Antara lain untuk berbisnis, biaya pendidikan hingga meningkatkan skill.

Meski menawarkan kemudahan, bukan berarti kamu bisa seenaknya dalam melakukan pengelolaan. Sebaliknya, kamu harus bijak dalam menggunakan. Supaya tidak terkena kredit macet di kemudian hari.

Cara Mengelola Kredit Tanpa Agunan Secara Bijak

Setiap orang termasuk kamu, pasti menginginkan kelancaran saat melakukan kredit. Baik itu saat proses pengajuan kredit, terlebih saat melakukan pembayaran. Maka dari itu, sangat penting untuk menerapkan ilmu mengenai pengelolaan KTA. Supaya kamu tidak terjebak kredit macet yang membuat pusing tujuh keliling. Bagaimana caranya? Intip penjelasan di bawah ini.

●      Buatlah Anggaran dan Rencana Pembayaran yang Realistis

Langkah pertama, sebelum mengajukan kredit, pastikan kamu telah membuat anggaran dan rencana pembayaran yang realistis. Tentukan secara jelas tujuan kamu mengambil kredit ini. Lalu cermati kemampuan kamu dalam melakukan pembayaran.

Hal ini harus kamu lakukan secara seimbang dan realistis. Jangan sampai limit penghasilan kamu lebih kecil ketimbang cicilan. Tentu ini bisa menyebabkan kamu mengalami kredit macet.

●      Prioritaskan Pembayaran Kredit

Bisa dibilang, kredit ini merupakan beban kamu setiap bulan atau jangka waktu tertentu. Untuk itu, jadikan pembayaran kredit sebagai prioritas utama dalam rencana keuanganmu.

Ingat, hindari mengalihkan dana untuk pembelian barang-barang konsumsi atau hiburan lainnya. Apalagi jika itu bukan merupakan kebutuhan kamu. Sebab hal tersebut dapat memengaruhi kemampuan kamu dalam membayar kredit tepat waktu.

●      Pisahkan Dana Kredit

Tips ini untuk kamu yang menggunakan kredit tanpa agunan untuk modal bisnis. Sebaiknya pisahkan dana kredit untuk bisnis, dengan dana pribadi kamu. Dengan demikian, dana tersebut tidak terpakai untuk membeli keperluan selain untuk bisnis.

Sebagai saran, kamu bisa menggunakan rekening terpisah untuk hal ini. Apabila kamu kesulitan, pakailah layanan perbankan yang menyediakan kantong untuk memisahkan uang simpanan kamu.

●      Buatlah Pengingat Pembayaran

Tidak banyak orang yang mau untuk membuat pengingat pembayaran. Padahal hal yang satu ini penting sekali untuk menghindari kredit macet.

Buat pengingat pembayaran dengan menggunakan fitur pengingat pada telepon seluler atau dengan membuat catatan khusus pada kalender Anda. Beberapa layanan perbankan juga menyediakan fitur auto debit dan juga fitur pengingat. Kamu bisa menggunakan hal tersebut agar tidak lupa membayar kredit tepat waktu.

●      Hindari Membayar Hanya Jumlah Minimum

Siapa sih yang menginginkan memiliki tanggungan? Maka dari itu, apabila kamu memiliki pendapatan berlebih, sebaiknya usahakan untuk membayar kredit dengan jumlah di atas minimum.

Hal ini akan membantu kamu untuk mempercepat pembayaran kredit. Sehingga apabila nominal segera terkumpul, kamu bisa bersantai menikmati hidup.

Cara ini juga bisa kamu manfaatkan apabila di kemudian hari kamu memiliki masalah keuangan. Kamu tidak perlu bingung akan meminjam kemana untuk membayar. Sebab, kamu sudah memiliki ‘tabungan’ dari apa yang kamu sisihkan setiap minggu tersebut.

●      Buat Catatan Pengeluaran

Untuk mendukung keuangan kamu, sebaiknya buat catatan pengeluaran. Catatlah serapi mungkin, supaya kamu bisa mengetahui penggunaan dari KTA ini. Selain itu, kamu juga bisa menemukan nominal yang harus kamu bayarkan setiap waktunya.

Apabila dalam catatan mengalami penurunan omzet atau pemasukan, kamu bisa langsung mengetahui dan mencari tahu permasalahan. Kemudian bisa segera melakukan perbaikan agar pemasukan jadi lebih baik lagi. 

Jangan lupa untuk membuat catatan ini menjadi rangkap dua. Menyimpan secara manual sekaligus memanfaat teknologi informasi untuk menyimpannya di udara. 

Manfaat dan Keuntungan KTA

KTA adalah bentuk kredit yang disukai oleh banyak orang. Namun tak sedikit pula yang masih belum mengetahui apa saja keuntungannya. Sehingga cenderung menggunakan KTA dengan asal-asalan. Supaya lebih paham, mari kita simak manfaat dan keuntungan KTA berikut ini:

●      Tidak Memerlukan Jaminan

Salah satu keuntungan utama dari kredit tanpa agunan adalah bahwa kamu tidak perlu memberikan jaminan seperti rumah atau mobil sebagai syarat untuk mendapatkan kredit. Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan kredit meskipun tidak memiliki aset yang dapat dijadikan jaminan.

Namun demikian, ada syarat dan ketentuan yang berlaku ya. Jadi meski tanpa agunan, layanan yang memberikan kredit ke kamu juga tidak was-was. Sebab kamu adalah orang yang ‘jelas’’ dengan bukti identitas hingga slip gaji misalnya.

●      Proses yang Lebih Cepat

Tahukah kamu jika pengajuan kredit pada layanan perbankan atau pihak ketiga itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Ada proses cek lokasi rumah, antre pemberkasan, wawancara hingga berhari-hari bahkan bulan.

Berbeda dengan KTA yang cenderung memiliki proses persetujuan yang lebih cepat dibandingkan dengan kredit yang memerlukan jaminan. Hal ini karena bank atau lembaga keuangan tidak perlu mengevaluasi dan memeriksa nilai jaminan yang diajukan.

●      Fleksibilitas Penggunaan Dana

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan apabila memanfaatkan kredit ini adalah fleksibilitas dalam penggunaan dana. Kredit tanpa agunan adalah fasilitas yang biasanya memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam penggunaan dana yang diperoleh.

Kamu bisa menggunakan dana tersebut untuk berbagai macam hal. Mulai dari biaya pendidikan, renovasi rumah, travelling, atau bahkan membeli barang elektronik.

Meski demikian, kamu tetap harus bijak dalam penggunaan dana ini ya. Dengan begitu, hal ini tidak membuat kamu kebingungan di kemudian hari.

●      Tidak Ada Risiko Kehilangan Aset

Pada layanan perbankan lain, apabila kamu melakukan kredit dan macet, ada risiko penyitaan dengan agunan kamu. Berbeda jika kamu memanfaatkan KTA. Risiko kehilangan aset yakni tidak ada.

Tentu saja manfaat ini hanya bisa kamu dapatkan di KTA. Aset kamu aman sebab tidak dijadikan jaminan. Memang semua memiliki risiko sendiri. Namun dalam KTA ini, risiko yang bisa kamu dapatkan lebih kecil.

●      Bunga Masuk Akal

Bisa dibilang, bunga dalam KTA ini masih sangat masuk akal atau bahkan lebih rendah dari yang lain. Tentu saja hal ini sangat menggembirakan. Sebab, kamu tidak perlu khawatir untuk membayar bunga kredit yang besar.

●      Syarat Lebih Mudah

Terakhir, syarat dari mengajukan kredit yang satu ini lebih mudah ketimbang bank lain. Bahkan apabila kamu memutuskan untuk apply kredit secara online, maka seluruh dokumen bisa diunggah tanpa perlu ke kampung halaman.

Syarat yang dipenuhi pun biasanya cukup mudah. Antara lain adanya kartu identitas sampai slip gaji. Sehingga memudahkan kamu dalam melengkapi syarat.

Selain memperhatikan beberapa hal tersebut, kamu juga wajib memahami siapa yang memberikan KTA. Salah satu yang bisa memenuhi hal tersebut adalah digibank KTA. Syaratnya mudah dan prosesnya cepat.

Apabila kamu masih ingin bertanya mengenai kredit tanpa agunan, sebaiknya langsung menuju website dan pilih mengobrol dengan agen atau marketing. Informasi lebih lanjut bisa kamu akses di sini.

 

 

Apply digibank KTA